Rabu, 01 April 2009

Buku dan Toko Buku

Aku sangat suka buku. Sejak kecil aku sudah suka buku. Tapi bedanya dulu aku harus betul-betul memilih buku yang harus aku beli. Kalau untuk buku pelajaran, orang tuaku tak pernah membatasinya. Tapi untuk membeli buku di luar buku-buku pelajaran sekolah, orang tuaku tak akan semudah itu membelikannya untukku. Untuk bisa membeli buku-buku itu seringkali aku harus "berjuang". Aku harus menabung dulu untuk bisa membeli buku yang aku inginkan.

Karena seringkali tak mampu membeli buku-buku yang aku inginkan, orangtuaku memberikan alternatif lain padaku. Mereka mengusulkan padaku untuk meminjam buku pada persewaan buku, yang saat itu belum ada banyak di kotaku. Usul itu tentu saja langung aku setujui. Sehingga, hampir di setiap Sabtu aku berangkat ke persewaan buku untuk meminjam buku.

Sebenarnya aku ingin sekali memiliki sendiri buku-buku yang benar-benar aku suka. Tapi saat itu aku harus puas hanya dengan meminjam lewat persewaan buku. Aku sependapat dengan sebagian besar orang yang mengatakan bahwa harga buku tergolong mahal. Bukan hanya dulu waktu aku kecil, tapi sampai sekarang pun harga buku masih mahal. Harga buku-buku yang ada selama ini tak mampu dijangkau oleh golongan menengah ke bawah. Tentu saja ini dilihat dari sudut pandangku. Mungkin bagi orang lain yang lebih mampu, harga buku-buku yang ada masih sangat terjangkau oleh mereka.

Kondisi yang ada saat ini mengakibatkan banyak sekali anak-anak yang tak mampu membeli buku. Padahal, buku adalah jendela dunia. Dari buku akan banyak sekali ilmu yang didapat. Sayang sekali buku masih berupa barang mewah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Masih banyak dijumpai keadaan dimana uang untuk membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari saja tidak ada. Apalagi untuk membeli buku !!

Aku suka buku dan aku ingin membeli banyak buku. Tapi karena aku menilai harga buku banyak yang masih mahal, maka aku lebih suka membeli buku dengan harga diskon !! Sayang sekali di Madiun tak banyak toko buku yang besar dan lengkap. Kondisi tersebut seringkali membuatku harus minta tolong pada teman yang tinggal di Jakarta / Surabaya untuk membelikan buku untukku.

Tapi tetap saja aku lebih suka membeli buku yang ada diskonnya. Soalnya, dengan diskon yang ada bisa membuatku membeli lebih banyak buku. Makanya, aku dulu seringkali mengangankan di Madiun ada toko buku yang tak segan-segan ngasih diskon !! Aku iri dengan penduduk di kota-kota besar, karena di kota-kota besar seperti itu justru banyak sekali toko buku yang tak segan-segan memberi diskon.

Karena harapan itu lama tak terwujud, makanya aku cari buku diskonan lewat acara-acara pameran buku. Pernah suatu kali di Yogyakarta ada pameran buku yang besar. Kebetulan saat itu ada teman yang sedang ke Yogyakarta. Maka aku tanpa sungkan-sungkan menitipkan padanya daftar buku yang ingin kubeli lewat acara pameran itu. Dan, ternyata tidak mengecewakan karena ternyata diskon yang diberikan rata-rata 15%-25%.

Sayang sekali di Madiun tak pernah ada pameran buku. Makanya waktu Ponorogo mengadakan pameran buku, aku segera berangkat ke Ponorogo. Dan, tentu saja seperti biasa aku lapar mata. Apalagi melihat buku-buku yang semuanya sudah didiskon.

Lebih senang lagi waktu di Madiun akhirnya digelar acara Pameran Buku. Kegiatan ini bekerja sama dengan Gramedia. Dan sebagaimana pameran buku pada umumnya, buku-buku yang dijual sebagian besar sudah didiskon. Tentu saja kebiasaan buruk lapar mata berlangsung lagi.

Tapi tentu saja dari satu pameran ke pameran lain kurang memuaskan. Karena kegiatan pameran biasanya hanya berlangsung 7-10 hari. Setelah itu...., kemana lagi aku harus cari buku diskon ?? Maka, aku kembali merasa iri dengan kota-kota besar yang punya toko buku diskon (bahkan bukan hanay 1 toko buku, tapi beberapa toko buku sekaligus!).

Tapi ternyata kesabaran itu ada ujungnya juga. Karena kini di Kota Madiun sudah berdiri Toko Buku Toga Mas !! Asyiik... Aku senang sekali. Walaupun tentu saja buku-bukunya tidak selengkap dengan yang di kota-kota besar, tapi bagiku itu sudah kebih dari cukup. Apalagi pihak pengelola Toga Mas yang di Madiun sudah menyatakan kesediaan untuk mencarikan buku-buku sesuai dengan pesanan. Na na na..., asyik bukan ??

Kini dengan keberadaan Toga Mas di Kota Madiun membuatku makin semangat lagi. Aku tak perlu pusing-pusing lagi mencari buku yang aku inginkan. Aku tak perlu lagi nitip untuk beli buku kepada teman-temanku yang ada di kota-kota besar. Dan yang jelas..., buku-bukunya ada diskonnya !! Walau diskonnya juga tak banyak, tapi tetap aja membuatku seneng...

Kesannya aku perhitungan banget ya untuk beli buku ?? Hehehe, biarin saja. Pokoknya kalau bisa beli yang ada diskonnya, why not ?!? Baru deh kalau ternyata harus beli buku yang tak ada diskonnya, maka dengan terpaksa (hehehe...) toh buku tetap aku beli juga. Soalnya kalau sudah naksir suatu buku, apapun yang terjadi tetap nekad dibeli juga.

Jadi intinya, kesukaanku akan buku akan lebih tersalurkan karena sekarang di Kota Madiun sudah ada Toko Buku Toga Mas yang rela memberikan diskon untuk buku-buku yang dijualnya. Tepuk tangan......

14 komentar:

  1. Bener mbak,gimana bangsa kita bisa cerdas kalo buku harganya selangit..Mimpi saya adalah pengen sekali bikin perpustakaan gratis (doakan ya mbak)

    BalasHapus
  2. Semoga.... semakin banyak koleksi bukunya Mbak...

    Buat Mbak Ajeng, semoga mimpi mbak jadi kenyataa.

    BalasHapus
  3. berarti di sana ada peluang bisnis buat buka toko buku ya? he3...

    BalasHapus
  4. waaa kalo wen baca buku sukanya mood-moodan hehehe
    tulll emang buku sekarang tu mahal2, wen suka ngences2 kalo maen ke toko buku cuma bisa nyawang2 ajah, tapi tak bisa memiliki hiks
    oia mbak tapi di toga mas itu koleksinya gak lengkap mbak, tp kalo yg di jogja tu baru kumplit bangettt:( waduw jadi curhat begene yak

    BalasHapus
  5. @ajeng : Semoga aja mimpi mbak Ajeng jadi nyata. Amien.....

    @dhie : Amien. Emang ngarep sih punya banyak buku ^_^

    @mila said : ada rencana mau buka toko buku di Madiun nih ?? Janji ya.. ngasih diskon yang banyak heheheh

    @wendy : Tuh kan bener, harga buku emang mahal !! Seneng ada yang sependapat hehehe. Iya sih, di Toga Mas yg di Madiun juga kecil tokonya dan tidak lengkap juga. BTW, lumayanlah daripada gak ada ^_^

    BalasHapus
  6. betul mbak..
    di medan juga hampir sama.
    jika saya bandingkan sama jkt, maka sy juga suka iri.
    tapi untunglah Gramedia udah mulai banyak buka cabang di Medan.
    kalo ga salah sudah ada sekitar 3 outlet.
    jadi cukup memuaskan dahaga kita yg haus akan buku bacaan.
    btw, udah coba beli dari toko buku online mbak..
    mereka juga suka menawarkan harga diskon lho..

    saya suka beli dari toko buku online ini : www.bukukita.com

    BalasHapus
  7. Jangan lupa bikin perputakaan kecil di rumah, mbak. Itu impian saya dan suami kelak. Jadi anak anak tetap bisa bermain dengan mengajak teman teman ke rumah, sambil membaca buku.

    Wah senangnya ...

    BalasHapus
  8. @budiawan : belum pernah sih nyoba beli buku lewat toko buku online. Karena dulu takut kalo kecewa. Tapi kayaknya menarik juga utk dicoba. Thanks infonya, ya.

    @kuyus : pengen juga sih punya perpustakaan. Apalagi Shasa pernah bercita-cita punya persewaan buku anak-anak. Semoga aja suatu saat terlaksana. Makasih ya.

    BalasHapus
  9. hobby baca buku ditularkan ke Shasha ngga mba??

    BalasHapus
  10. @Penny : Shasa udah ketularan seneng baca, mbak. Termasuk juga ketularan gak mau diganggu kalo udah baca. Suamiku seringkali harus "pasrah" kalau aku dan Shasa udah asyik dengan buku ^_^

    BalasHapus
  11. Memang harga buku sekarang terasa jauh lebih mahal mbak, rata rata diatas 50 ribu

    BalasHapus
  12. @erik : Memang buku yang "bagus" sekarang rata-2 di atas 50 ribu ya, mas. Kalau sekedar buku-buku yang "biasa" sih emang agak murah harganya.

    BalasHapus
  13. @ semuanya : terima kasih banyak bagi yang telah berkunjung ke togamas madiun. saran dan kritik telah kami terima. saat ini togamas madiun terus menambah koleksi buku, sesuai dengan permintaan pasar dan kapasitas toko kami. kami juga terus berupaya untuk memuaskan "dahaga" masyarakat madiun akan buku murah. saat ini di toko kami sedang diadakan acara grand opening dengan mengobral buku terbitan gramedia dan ANDI OFFSET dengan harga mulai 7.500!! buku andi offset dan yayasan andi juga disc 30!! tidak hanya itu dengan pembelanjaan min. 25.000 anda berhak mendapatkan 1 kupon undian (berlaku kelipatan) yang akan diundi SETIAP MINGGU!! acara ini berlangsung hingga tanggal 09 mei 2009. berkunjung ya ke tempat kami..
    salam hangat,,,,
    TOGAMAS MADIUN

    BalasHapus
  14. Saya datang berkunjung :), saya kutip beberapa baris untuk melengkapi testimoni saya tentang togamas, semoga tidak berkeberatan. Terimakasih

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)