Jumat, 02 Oktober 2009

Perayaan Batik Indonesia

Sebenarnya saat aku ngetik postingan ini aku sudah mengantuk dan capek. Ceritanya, tadi siang (tgl 1 Oktober 2009 jam 14.00 WIB) aku ada acara mendadak ke Solo. Suami temanku sekantor mengalami kecelakaan dan dirawat di Solo. Aku dan 6 orang teman kantor berangkat ke Solo sebagai perwakilan dari kantor untuk membezuk.

Karena berangkatnya saja sudah siang, maka sampai Solo pun sudah sore. Sesampainya di Solo kami tak langsung bisa menuju lokasi, karena kami sama-sama tak tahu tempatnya. Untung saja, setelah sempat bertanya arah, kami sampai juga di rumah sakit tersebut. Namun karena rumah sakit itu berada di 2 lokasi yang berbeda, kami sempat salah masuk. Untungnya kemudian sewaktu kami sampai di rumah sakit yang kami tuju, kami bertemu dengan putra dari teman yang ingin kami bezuk. Sehingga kami tak perlu muter-muter mencari kamarnya.

Kehadiran kami tentu saja mengagetkan teman kami, dia tak menyangka kalau kami sampai menyempatkan diri datang ke Solo untuk membezuk suaminya. Maklum, karena dia datang dari Madiun maka yang datang membezuk ke Solo tentu saja hampir dibilang tak ada (kecuali keluarga sendiri), sementara tetangga-tetangga kamarnya banyak banget yang mengunjungi. Oleh sebab itu, kehadiran kami benar-benar membuatnya terharu dan senang.

Aku masuk ke rumah jam 22.30 WIB, karena sebelum pulang tadi kami sempat mampir untuk belanja. Dan mumpung di Solo, aku dan 2 orang temanku menyempatkan diri belanja baju batik. Aku beli 1 batik untukku, 1 daster batik untuk Shasa dan 1 tempat tissue batik untuk ibuku. Sebenarnya sesampainya di rumah ingin langsung tidur, tapi "batik" yang kubeli di Solo itu mengingatkan aku untuk mengetik postingan ini untuk aku publikasikan tanggal 2 Oktober 2009.


Inilah baju, daster dan tempat tissue batik itu....

Sehubungan dengan pengesahan Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009, beberapa Blogger berencana memajang foto dengan baju batik. Lewat postinganku (Batik Indonesia) beberapa saat yang lalu, Mbak Fanda dan Mas Trimatra meninggalkan komentarnya sebagai berikut :
Mbak, gimana kalo kita pas tgl. 2 Okt rame2 posting foto kita pake baju batik? Aku dah janjian ama mbak Elly juga nih.. Boleh foto pas hari itu, ato hari lainnya, tp postingnya barengan, gimana? (Mbak Fanda)


makasih, eniwei...diriku ngarasa dah keduluan ide jadinya, maunya sih ngajakin make batik jugah tgl 2 oktober di postingan.
wookeh..yuk yak yuk, gunakan batik pada saat2 paling bahagia dalam keseharianmu. (Mas Trimatra)
Dirasa belum cukup, mas Trimatra dalam postingannya yang berjudul Ekspress Your Mood Part 2 mengajak rekan-rekan blogger untuk mengenakan baju batik dan diposting bareng pada tanggal 2 Oktober.
Nah, sebagai warga negara yang berbudaya, kayaknya asyik bener tuh ajakan mbak fanda untuk ramai-ramai posting foto narsis di blog dengan busana batik pada tgl 2 oktober nanti. Trimatra, Mas Nurrahmat, Setiawan dirgantara dan beberapa temen lainnya dah siap ikutan.
Mudah2han temen2 mbak reni yang di tag jugah ikutan.
Makanya, sekarang aku sempatkan untuk mempersiapkan postingan plus fotoku yang memakai batik. Foto ini kuambil beberapa hari yang lalu saat di kantor diadakan halal bihalal bersama Walikota Madiun dan jajarannya. Dress code untuk acara itu adalah baju batik. Dan, setelah acara halal bihalal selesai aku meminta teman-teman untuk berfoto bersamaku. Kukatakan pula kepada mereka bahwa foto tersebut akan aku publikasikan di blogku pada tanggal 2 Oktober 2009.

Awalnya permintaanku itu membuat teman-temanku heran, mengapa untuk mempublikasikan foto tersebut aku harus menunggu tanggal 2 Oktober 2009 ? Setelah aku jelaskan alasannya, mereka jadi bersemangat berfoto bersamaku untuk ikut menyemarakkan 'perayaan' terhadap pengakuan dunia atas batik Indonesia. Malah kemudian muncul ide juga dari beberapa temanku untuk mengupload foto mereka yang berbaju batik di Facebook...!! Dan inilah fotoku yang menggunakan baju batik bersama dengan teman-teman kantor.


Bersama teman-teman sekantor ber-batik ria....

Ayo Indonesia.... tanggal 2 Oktober adalah hari istimewa... pamerkan batik kita kepada dunia sekarang juga...!!

35 komentar:

  1. sama punya adik tuh mba batik yg di pic...
    setelah tinggal disini, jadi seneng pakai batik, padahal waktu tinggal di kampung dulu jarang banget kecuali kalau ada acara resmi saja.
    makasih sharingnya mba.

    BalasHapus
  2. wah, sebelumnya salute tuk mbak yang begitu perhatian ama temennya......
    tentang batiknya buwel belum foto buwel berbatik mbak....hehehehehe...
    Moga BATIK mendunia ya....:-)

    BalasHapus
  3. MAJU TERUS BATIK INDONESIA.....
    dan moga suami temennya embak cepet sembuh ya...

    BalasHapus
  4. Ikut prihatin atas musibah suami temannya...
    Semoga cepat sembuh

    Selamat mencoba batik barunya...

    BalasHapus
  5. baca posting ini aku juga lg pake batik, mbak..hehehe...
    (daster batik mksdnyah)..

    hari ini, aku emang udah rencana mo pake batik lho... :)
    yuuk, budayakan memakai batik indonesia...

    BalasHapus
  6. Hidup batik ! hehehe..

    Aku ikut berpartisipasi juga mbak yuk,aku sama2 anak2ku mejeng berbatik ria di blog hehehe....

    BalasHapus
  7. wah... batik emang keren ya mbak... tuch buktinya mbak Reni kelihatan beda banget pas pake batik...

    BalasHapus
  8. he..he.. baru inget aku,...
    tapi hari ini aku posting juga deh.

    BalasHapus
  9. Batik Indonesia Warisan Budaya Dunia.

    BalasHapus
  10. Hehehe, pokoknya dirimu yang paling ayu mbak. Ya, mari cintai dan hargai batik kita. Bila dunia saja mengakuinya, apalagi kita.

    BalasHapus
  11. keren-keren mbak. tapi aku kok nggak di ajak ya? hehehe...
    ada info di blogku mbak, mbak reni kesebut lo.. :)

    BalasHapus
  12. hehehe...jadi juga kita posting barengan pake batik!

    BalasHapus
  13. ini nih yang sip..fotonya sekalian sama teman-teman sekantor. kali ini henny udah yakin banget yang mana mbak reni. hehehe

    BalasHapus
  14. Aku juga pake batik hari ini.....

    BalasHapus
  15. Posting kedelapan tentang batik yang kubaca pagi ini dan semua menunjukkan betapa besarnya cinta kita terhadap batik.
    Hidup batik dan mari berbatik ria

    BalasHapus
  16. aku gk punya batik mbak hehe....mau doong batiknya :D

    BalasHapus
  17. hahaha...mbak reni dan temen2nya narsis KELEWATAN!!
    ya iya kan, klo ga kelewatan bukan narsis namanya.
    eniwei, emang di solo tempat ngumpulnya pengrajin batik menjual produknya.

    BalasHapus
  18. maju terus budaya indonesia.. nice post...

    BalasHapus
  19. salam sobat
    wah saya jugasuka batik mba,,berhubung disana kalau diluaran harus gamis hitam,,,jadi batiknya baju tidur untuk didalam apartemen saja.
    BATIK INDONESIA..
    SUKSES SELALU.

    BalasHapus
  20. iya mbak, hari ini kami dikantor pake baju batik semua. Wah tapi gak sempat berfoto Ria nih.

    Alhamdulillah, batik sudah diakui dunia sebagai budaya asli Indonesia.

    BalasHapus
  21. Patut dibanggakan batik kita jadi salah satu world heritage. Menjadi hak paten kita supaya tidak dibajak negara lain.
    .
    Btw, hari ini semua bangga memakai batik ke kantor. Di facebook juga banyak teman yang upload foto pakai baju batik. Hmm, membanggakan juga. Cuma bagi saya tidak begitu istimewa, karena tiap jumat saya kerja memang pake batik, hehehe
    .
    Salam kenal Mb Reni, maen juga yuk ke blog saya :-)
    .
    Edwin

    BalasHapus
  22. semoga perbatikan nasional bisa go internasional :)

    Ganbatte ! :)

    BalasHapus
  23. Mbak Reni,

    I've been looking for BATIK in Dublin but I didn't get one :(. So really, really sorry there will no my photo with a batik uploaded on my blog :(. But I promise you, next time when I go home, I will buy one and wear it in Dublin ;).

    Long time no see, how are you, anyway? Have I said to you: "Minal Aidzin Walfaidzin?", Mohon maaf lahir dan batin, Mbak Reni ;).

    BalasHapus
  24. batik...hemm dimana2 batik ya mba :)
    bangga deh jadi warga Indonesia yg memiliki warisan budaya kain batik ini...

    BalasHapus
  25. Indonesia berbatik.....
    Selamat Pagi!

    BalasHapus
  26. pengumuman,,,,, "sayah belon punya batik... hihihihi" *berharap ada yang mau maketin batik ke sini*

    BalasHapus
  27. hidup batiiikkk.... tapi kulitku ndiri dah belang belang mba... jadi ga perlu pake batik keknya huhuhuuuu...

    BalasHapus
  28. maaf ya mba posting batiknya lum saya bikin tapi pasti akan saya posting!!!! soalnya lagi ada sembahyangan di rumah jadi sibuk deh!?!?!

    btw mab minta tolong poling untuk komik naruto kemaren ya ini linknya thanks hehehehe.......

    http://dokterkomik.blogspot.com/2009/10/hf-competition-1-polling.html

    BalasHapus
  29. saya juga udah foto pake piyama batik baru aja tapi gak bisa ditransfer ke kompi. kyknya kabel utk transfer foto dari hp ke kompi lagi problem. mesti dibenerin dulu.

    BalasHapus
  30. Moga batik kita terkenal di dunia... Oh ya mbak..klu tau kemaren mau juga ikutan posting foto saya menggunakan batik

    BalasHapus
  31. Semoga suami temen mbak reni lekas sembuh. Dan, salut atas batiknya :). semoga kita semakin menghargainya...

    BalasHapus
  32. Saya jg pernah posting batik sebelumnya..yang pasti dan semoga,kekayaan Alam dan budaya negeri kita masih banyak yang menjadi perhatian dunia.
    Horas batik...

    BalasHapus
  33. hehehe gak sempet poto-poto pake batik, la wis batiknya daster kutung gitu, lak yo wen isin kalo musti publikasi mbak:p tapi hampir tiap hari daster batikan, love too much batik seh!!!

    BalasHapus
  34. huaaaaaaaaa serunya ikutan merayakan hari batik juga, pake janjian pula gitu loh ama blogger yang lain. seruuuuuuuuu

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)