tag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post357155143247006959..comments2023-11-03T15:56:51.149+07:00Comments on Catatan Kecilku: Belajar dari kasus Ibu Prita Mulyasarirenihttp://www.blogger.com/profile/17168555689255764890noreply@blogger.comBlogger37125tag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-51465981626754307982009-06-14T21:09:41.892+07:002009-06-14T21:09:41.892+07:00@blog watcher : dari segi pelayanan, RS OMNI jauh ...@blog watcher : dari segi pelayanan, RS OMNI jauh dari kata memuaskan. Karena RS OMNI tak bisa melayani pasien dg baik dan tak mampu menerima keluhan/pengaduan dengan baik pula. Intinya, RS OMNI harus banyak berbenah !!renihttps://www.blogger.com/profile/17168555689255764890noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-88624945488413465032009-06-14T20:28:01.499+07:002009-06-14T20:28:01.499+07:00MATINYA KEBEBASAN BERPENDAPAT
Biarkanlah ada tawa...MATINYA KEBEBASAN BERPENDAPAT<br /><br />Biarkanlah ada tawa, kegirangan, berbagi duka, tangis, kecemasan dan kesenangan... sebab dari titik-titik kecil embun pagi, hati manusia menghirup udara dan menemukan jati dirinya...<br /><br />itulah kata-kata indah buat RS OMNI Internasional Alam Sutera sebelum menjerat Prita dengan pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik.<br /><br />.......................................................................................................<br /><br />Bila kita berkaca lagi kebelakang, sebenarnya pasal 310 KUHP adalah pasal warisan kolonial Belanda. Dengan membungkam seluruh seguruh teriakan, sang rezim penguasa menghajar kalangan yang menyatakan pendapat. Dengan kejam penguasa kolonial merampok kebebasan. tuduhan sengaja menyerang kehormatan, nama baik, kredibilitas menjadi ancaman, sehingga menimbulkan ketakutan kebebasan berpendapat.<br /><br />Menjaga nama baik ,reputasi, integritas merupakan suatu keharusan, tapi alangkah lebih bijaksana bila pihak-pihak yang merasa terganggu lebih memperhatikan hak-hak orang lain dalam menyatakan pendapat.<br /><br />Dalam kasus Prita Mulyasari, Rumah sakit Omni Internasional berperan sebagai pelayan kepentingan umum. Ketika pasien datang mengeluhjan pelayanan buruk pihak rumah sakit, tidak selayaknya segala kritikan yang ada dibungkam dan dibawah keranah hukum.<br /><br /><br />Kasus Prita Mulyasari adalah presiden buruk dalam pembunuhan kebebasan menyatakan pendapat.Blog Watcherhttps://www.blogger.com/profile/11378856951090304169noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-45011091585137137422009-06-08T23:02:58.448+07:002009-06-08T23:02:58.448+07:00@fanda : perlu training khusus kayaknya utk para p...@fanda : perlu training khusus kayaknya utk para pemberi jasa ya ?<br />@yudie : aku sendiri tak paham bener tentang UU itu mas.<br />@dunia polar : setuju...<br />@patahati : harusnya utk yang udah benar-2 profesional, kepuasan pelanggan adalah prioritas utama.<br />@inuel : yuk kita belajar dari kasus bu Prita ini, agar kita lebih mampu memberikan pelayanan yg memuaskan.<br />@farrell : beritanya gak bisa nyebrang laut ya, mbak >=? Hehehe..<br />@ande fuadi : amin...<br />@ferdivolutions : iyaaa...!!<br />@kak ega : semoga besok murid-2 kak ega mampu memberikan pelayan prima sesuai ilmu yg telah mereka dapat...<br />@tukang komen : itulah Indonesia..<br />@dinoe : makasih.<br />@ari : PRnya harus dikerjakan bersama biar lebih ringan ya ?<br />@rangga : semoga ada perubahan ke arah yg lebih baik.<br />@penny : itulah yg aku harapkan juga, mbak.<br />@budiawan : ngeri juga ya baca UU ITE ?<br />@awal sholeh : moga pihak RS belum datang.<br />@erik : setuju...!!<br />@kuyus : semoga dapat segera terjadi perubahan, mbak.renihttps://www.blogger.com/profile/17168555689255764890noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-88492106886462027322009-06-08T22:10:17.573+07:002009-06-08T22:10:17.573+07:00kalau Kasus Ibu Prita sampai gagal, berarti indone...kalau Kasus Ibu Prita sampai gagal, berarti indonesia mengalami kemunduran. Itu sudah pasti. Bukankah manusia berhak mengutarakan keluhannya? keinginannya? Suaranya?<br /><br />Kalau memang Ibu Prita dipersalahkan atas dasar sarana yang salah dalam mencurahkan keluhan, lalu familiarisasikan dimana baiknya konsumen dan masyarakat bisa mengadu. Dan perkenalkan kepada kita arti respond yang benar benar megerti keluhan rakyat kecil. Bukankah sesuatu yang besar tidak akan ada artinya tanpa dukungan dan kerjasama kita yang kecil kecil ini?Kuyus is cutehttps://www.blogger.com/profile/14761707274461817689noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-10812780074316387282009-06-08T19:14:06.316+07:002009-06-08T19:14:06.316+07:00Undang-undang tersebut mestinya ada kontrolnya, ba...Undang-undang tersebut mestinya ada kontrolnya, bagaimana implementasinya di lapangan...<br />Nice post mbakHarishttps://www.blogger.com/profile/13229431887786243702noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-60350822126537238802009-06-08T18:58:21.035+07:002009-06-08T18:58:21.035+07:00dukungan buat ibu prita..moga keadilan berpihak ke...dukungan buat ibu prita..moga keadilan berpihak kepadanya...Dinoehttp://dinoe-dasbos.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-6006442525991009462009-06-08T17:25:52.051+07:002009-06-08T17:25:52.051+07:00itu menurut saya hak kebebasan berbicara, perlunya...itu menurut saya hak kebebasan berbicara, perlunya ada tempat pelayanan kritik dan saran diRS. dan yg harus disikapi oleh pihak RS terhadap pelayanan RS. nah akibatnya jeleknya pelayanan. jangan salahkan ibu prita. salahkan pelayanan nya. jika tidak ingin diprotes harus berubah tuh RSnya. he3... kok jadi ngomel saya<br /><br />http://awalsholeh.blogspot.com/2009/06/dukungan-bagi-ibu-prita-mulyasari.htmlAwal Sholehhttps://www.blogger.com/profile/15759744315522869300noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-55500574612636442682009-06-08T16:25:27.515+07:002009-06-08T16:25:27.515+07:00setuju bahwa pelayanan di rumah sakit ditingkatkan...setuju bahwa pelayanan di rumah sakit ditingkatkan.<br />tapi yang jadi pokok persoalan dalam kasus Prita adalah, pihak rumah sakit tidak bisa menerima kritik/komplain. bahwa komplain dianggap mencemarkan nama baik. kalau saja RS tsb mau menggunakan cara yg lebih persuasif (cara Bob Sadino menangani komplain sangat elegan), dan tidak langsung membawa ke ranah hukum, pasti kasus ini tdk akan berkepanjangan.<br />sekarang kasus ini sudah mendunia (RS tsb mungkin tdk tau, bahwa sekarang ini era internet).<br /><br />satu hal lagi adalah, UU ITE No. 11 tahun 2008, khususnya pasal 27 ayat 3. Pasal karet ini harus direview dan direvisi - baik itu ditambah atau dikurangi - sehingga tidak multitafsir.<br />coba liat skearang...Polisi salahkan Jaksa. Jaksa salahkan Polisi. masih mending sidang pertama Hakimnya menunda.. kalau tidak, pasti Hakim juga akan disalahkan.<br />akhirnya..tinggal mencari kambing hitam..<br /><br />btw, nama international yang disandang RS tsb, katanya tanpa izin ya?<br /><br />mudah2an komen saya in tdk dianggap mencemarkan nama baik..hehebudiawanhutasoithttp://budiawan-hutasoit.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-39613498879103670072009-06-08T14:51:45.695+07:002009-06-08T14:51:45.695+07:00maaf.. baru bisa berkunjung mba..
seminggu kemarin...maaf.. baru bisa berkunjung mba..<br />seminggu kemarin nemanin anak2 UAS jadi ngga bisa blogging...<br /><br />semoga kita semua dapat memetik hikmah dan pelajar berharga dari kasus ini.Pennyhttp://jengpeniimoet.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-20405011094688586632009-06-08T10:34:00.908+07:002009-06-08T10:34:00.908+07:00yaah.. indonesia... pelayanan masih nol disegala b...yaah.. indonesia... pelayanan masih nol disegala bidang,...RanggaGoBloGhttps://www.blogger.com/profile/17641528389941718490noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-72515038011902124002009-06-08T10:06:24.333+07:002009-06-08T10:06:24.333+07:00Penyedia Jasa butuh Konsumen, Konsumen butuh Penye...Penyedia Jasa butuh Konsumen, Konsumen butuh Penyedia jasa/Produsen.<br /><br />Sebenarnya ini Hubungan yang seharusnya seimbang dan harus dijaga karena saling membutuhkannya.<br /><br />Tapi yang sering, karena keterbatasan Kemampuan SDM, dan karena merasa sudah Laku. Produsen/Penyedia jasa cenderung seenaknya, dan Konsumen yang Rugi.<br /><br />Memang ada YLKI, UU Perlindungan Konsumen dan sebagainya. Tapi Kurang bertaji. YLKI tak didukung kekuatan yang membumi kepada Konsumen, sedang bila mau bersandar pada UU, harus ditelaah juga UU-nya pro Konsumen tidak karena kita sama-sama tahu bahwa sebagian Produk UU kita ada muatan dari Para Empu kepentingan, entah Penguasa maupun Pengusaha.<br /><br />PR yang berat.Adminhttps://www.blogger.com/profile/14503975397363424799noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-68803102729841637052009-06-08T00:26:25.436+07:002009-06-08T00:26:25.436+07:00Benar mbak..jika pelayanan yang bersahabat..maka a...Benar mbak..jika pelayanan yang bersahabat..maka akan ada loyalitas yg tingi dari para pelanggan...nice post..Dinoehttp://dinoe-dasbos.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-34372763374188365552009-06-08T00:06:06.250+07:002009-06-08T00:06:06.250+07:00keadilan dan kebebasan beropini memang masih sanga...keadilan dan kebebasan beropini memang masih sangat terbatas di negeri kita ini, bahkan bagi mereka yang jelas-jeas telah dirugikan, kalah dengan suatu sistem yang sebenarnya malah tidak jelas mengacu pada aturan yang mana.T.Yonaskummenhttps://www.blogger.com/profile/10283670980258660034noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-30862262143482596172009-06-07T23:44:04.164+07:002009-06-07T23:44:04.164+07:00wah ini mah pelajaran saya yang dkasi ke murid2......wah ini mah pelajaran saya yang dkasi ke murid2...<br />pada dasarnya Pelayanan Prima tercipta karena adanya kebutuhan manusia yang selalu ingin dipuaskan baik secara fisik, maupun emosional...<br /><br />seandainya semua pihak pemberi jasa mau berpikir bahwa customer adalah jantung perusahaan, maka ga da kejadian kaya' gini..yang selama ini terjadi karena pemberi jasa menganggap 'customer' lah yang butuh merekakak_ega_punya ceritahttps://www.blogger.com/profile/12546851303298969204noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-58005247838327725822009-06-07T22:55:55.054+07:002009-06-07T22:55:55.054+07:00prihatin bgt deh sama buk prita...
iya kaan???!!!!...prihatin bgt deh sama buk prita...<br />iya kaan???!!!!Ferfauhttps://www.blogger.com/profile/01684305356863092618noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-77390144176473559862009-06-07T21:55:15.803+07:002009-06-07T21:55:15.803+07:00Memang betul, pelayanan terhadap pelanggan di kita...Memang betul, pelayanan terhadap pelanggan di kita sangat memprihatinkan, jikapun komplen, yang jadi terdakwa malahan pelanggan... <br />mudah2n semuanya bisa berubah...adminhttps://www.blogger.com/profile/04730239845017224223noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-77348677000936969812009-06-07T21:38:45.822+07:002009-06-07T21:38:45.822+07:00wahhh dimana2 lagi bahas bu Prita neh..sebenernya ...wahhh dimana2 lagi bahas bu Prita neh..sebenernya keluhan bu prita itu seperti apa sihh sampe dia masuk penjara???Farrell De Mohammadhttps://www.blogger.com/profile/02075170684352108812noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-80364351156736159172009-06-07T20:41:45.705+07:002009-06-07T20:41:45.705+07:00wah mbak,klo soal membuat pelanggan seneng,bukan c...wah mbak,klo soal membuat pelanggan seneng,bukan cuma kasusnya yang di alamin mba prita,sepertinya ini jadi motifasi aku dech,aku juga tiap hari berhadapan ama pelanggan,,<br />OP kan gtu,wehehehehheheinuelhttp://jombloku.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-66363317767822645012009-06-07T20:01:44.819+07:002009-06-07T20:01:44.819+07:00kadang memang kita tidak bisa berbuat banyak saat ...kadang memang kita tidak bisa berbuat banyak saat kejadian berlangsung, apalagi keadaan sakit yg butuh perawatan cepat, selalu saja manggut isi ini itu utk administrasi, kebanyakan birokrasi kale....patahatihttp://patahatiku.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-40223867432946729702009-06-07T18:16:44.073+07:002009-06-07T18:16:44.073+07:00seharusnya tu rmh skt trima kasih ke ibu prita cz ...seharusnya tu rmh skt trima kasih ke ibu prita cz dg kritikan/keluhan spt itu, rmh sakit jd smkin trpacu tuk meningkatkan playanannya, bnr ndak?<br />smg aja bu prita bebas tnpa syarattDunia Polarhttps://www.blogger.com/profile/05945947572608387538noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-84865786993111799062009-06-07T18:08:49.900+07:002009-06-07T18:08:49.900+07:00Aku kurang paham sebenarnya masalah UU-ITE ini, tp...Aku kurang paham sebenarnya masalah UU-ITE ini, tp tadi nonton talkshow di TV, ada bagian dari UU itu yg "abu-abu". Inilah yg menjerat Ibu Prita 3 minggu di penjara dan sampe sekarang kasusnya masih menggantung.<br />Hendaknya DPR dan Depkoinfo meninjau ulang UU-ITE tersebut...Yudiehttp://yudie-unforgetable.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-8815704445402863102009-06-07T18:01:52.546+07:002009-06-07T18:01:52.546+07:00@piet : andai pengaduan dan keluhan sebelumnya dit...@piet : andai pengaduan dan keluhan sebelumnya ditanggapi dg baik, kasusnya tidak akan berkembang spt itu.<br />@buwel : kita doakan aja..<br />@seti@wan : pengetahuan pak guru tentang pelayanan publik bagus juga.<br />@ajie : sama, mas...<br />@ardhiansyam : entahlah, aku juga heran.<br />@ana : yg menyangkut swalayan aku kok gak tahu ya ? Tapi yg jelas RS Omni sdg berkasus dg mantan pasien lainnya (sdh meninggal) saat ini.<br />@eri : bener bang, membuat orang lain jadi takut mengungkapkan kebenaran.<br />@attayaya : makanya pelayanan prima harus semakin digalakkan pada institusi yg memberikan pelayanan.<br />@devianty : amin..<br />@kang dwi : kalau di blog yg lain, gak boleh ya ngoceh semaunya ? xixixi..<br />@sang cerpenis : setuju...<br />@masudiyanto : terima kasih, pak.<br />@jonk : semoga Bu Prita memperoleh keadilan..<br />@newsoul : bener sekali mbak.renihttps://www.blogger.com/profile/17168555689255764890noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-60489110678512880352009-06-07T17:57:32.282+07:002009-06-07T17:57:32.282+07:00Pelanggan adalah raja bisa jadi cuma slogan aja, m...Pelanggan adalah raja bisa jadi cuma slogan aja, mbak. Karena klo gak dilakukan dengan hati, percuma ajaFandahttp://bukufanda.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-52240312849404599222009-06-07T17:18:29.598+07:002009-06-07T17:18:29.598+07:00Ya beginilah kalau tjd disorientasi tujuan. Penyed...Ya beginilah kalau tjd disorientasi tujuan. Penyedia jasa seharusnya berfokus pd kepuasaan user/pelanggan, karena pelanggan telah mengeluarkan uang utk membayar jasa tsb. Ada banyak hal yang bs kita petik hikmahnya dr kasus ini.ellysuryanihttps://www.blogger.com/profile/17889421577982820603noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2605329002044947082.post-89352942191433274092009-06-07T15:42:55.460+07:002009-06-07T15:42:55.460+07:00wah tapi kalau misalnya mba prita gak berhasil men...wah tapi kalau misalnya mba prita gak berhasil mengalahkan RS itu bisa2 perusahaan yang lain pada gak memperhatikan Pelayan Prima mba<br /><br />kan mereka bisa berpikir : ngapain melakukan pelayanan prima, tenang aja deh, kalau ada yang ngadu ke surat kabar, nanti kita tungtut aja ke pengadilan :D<br /><br />UU ITE nya dulu kali ya ...J O N Khttps://www.blogger.com/profile/18090693606026505620noreply@blogger.com