Rabu, 04 Maret 2009

Blog dan Anak-anak

Ini cerita tentang Shasa dan blognya. Akhir-akhir ini Shasa memang sedang patah arang dalam ngeblog. Dia merasa tak bersemangat lagi untuk ngeblog karena pengunjung blognya hanya aku dan suamiku aja. Kalaupun ada orang lain, paling juga cuma 1 atau 2 orang, itu aja juga jarang sekali. Sementara kalau Shasa melihat blogku, dia merasa iri karena setidaknya ada 4-6 orang yang berkomentar di postinganku.

Aku sudah coba jelaskan kepada Shasa bahwa anak-anak yang ngeblog tak sebanyak orang dewasa. Selain itu, anak-anak juga ngeblog hanya untuk bersenang-senang dan belajar mengarang saja. Tak ada aktifitas lain seperti blogwalking dan sebagainya. So..., blog anak-anak jadi kurang dikenal. Kalaupun ada orang dewasa yang tahu, biasanya mereka juga males mampir karena tahu yang punya blog masih anak-anak.

Sebenarnya, menurutku siy..., kemampuan Shasa dalam hal menulis sudah mulai meningkat. Itu semua tentu saja hasil dari ngeblog. Walaupun Shasa sangat tergantung padaku dalam segi teknis ngeblog, tapi semua tulisan murni karya Shasa. Memang belum bagus, tapi itu sudah istimewa bagiku. Makanya aku sangat mendukung waktu Shasa minta kubuatkan blog juga untuk belajar mengarang.

Menurutku saat itu, kalau Shasa punya media yang menarik untuk belajar mengarang, pasti dia akan lebih semangat. Tak pernah kusangka bahwa keberadaan blogku yang ternyata (dalam kaca mata Shasa) lebih dikenal daripada blog Shasa justru menyebabkan Shasa patah arang. Malah, dia sempat minta blog-nya dihapus saja. Walah...!!

Aku sudah mencoba segala macam bujuk rayu dan berbagai macam upaya agar Shasa semangat untuk ngeblog lagi. Apalagi setelah guru di sekolahnya tahu Shasa punya blog, aku mencoba untuk membakar semangatnya lagi untuk terus update blognya. Tapi ..., tetap aja belum berhasil sampai sekarang. *curhat mode on*

Shasa sendiri sebenarnya masih ingin belajar nulis. Shasa sendiri masih tertarik dengan blog. Tapi..., dia takut kecewa karena apa yang dia tulis tak ada yang mau baca. Walaupun selama ini aku dan suami rajin memberikan komentar tentang kemajuannya dalam menulis, tetap saja tidak banyak berarti bagi Shasa. " Dia ingin orang lain yang memberikan komentar untuknya.

Ya.. ya, namanya juga anak-anak. Aku tak bisa memaksanya. Aku hanya akan terus mencoba membangkitkan semangatnya untuk belajar menulis lagi. Mendorongnya untuk melakukan hal positif tidak salah bukan ?? Semoga saja Shasa akan kembali bersemangat untuk ngeblog. Amien.... *sambil berharap banyak pihak yang mau ikut bantu doa* Tapi seandainya Shasa sudah benar-benar mau meninggalkan blognya untuk selamanya, aku tetap tidak bisa berbuat apa-apa.

20 komentar:

  1. Ayo shasa..semangat terus nulis di blog..siapa tau nanti bisa jadi penulis..kalo boleh tau blog nya shasa apa ya... thanks..

    Harus sabar mbak..

    BalasHapus
  2. @embun_pagi : Aduh seneng sekali ada yang bantu untuk nyemangati Shasa... Makasih ya mbak....

    BalasHapus
  3. betul mbak kata embun pagi, eh..sp tau besok2 tulisan ibunya kalah !! hhee...

    BalasHapus
  4. @mbah_koeng : Amien... Aku malah seneng kalau ternyata tulisan ibunya kalah suatu saat nanti, mbah. Bantu doa ya, kali aja doa dari mbah koeng mujarab hehehehe

    BalasHapus
  5. yah jangan surut donk sha semangatnya, nte aja dulu stengah taun gak ada yg ngunjungi juga, sepi pi hehehe soalnya masih asal, masih bodo gak tau teknik ngblog tu gemana tp cuek aja yg penting nulis, kita hepi2 sendir deh hehehe
    sha enak ada papa mama yg jadi pembaca setianya, asik tu
    jangan dihapus yah blognya, tetep ngblog, tetep semangat;)

    BalasHapus
  6. @wendy : makasih mbak Wen..., semoga Shasa bisa bangkit lagi semangatnya kalo baca koment dari mbak Wendy. Bantu doa juga ya ?? Heheheh

    BalasHapus
  7. Wah, udah pandai mengarang ya. Hebat nih Sasha.

    Diajarin jalan-jalan mbak, pasti nanti jadi ramai kok

    BalasHapus
  8. ayo shasa...jangan putus asa..keep on blogging..
    biar pengunjung cuman 1 atau 2, gpp..yang penting nge-blog..belajar untuk menulis..
    satu saat pasti blogmu lebih beken dari blog mama-mu..hehe

    btw, blognya shasa apa mbak..

    BalasHapus
  9. oh ya .. jadi inget sesuatu mbak. Waktu itu saya mampir ke pameran kompas muda. Tadinya saya mau join, rupanya anggotanya anak2 muda sampai usia 22 tahun.

    Kenapa shasa gak di ikutsertakan dalam kompas muda. Register dulu, biasa dengan membuka email saja .. lalu persyaratan email tadi buat daftar di kompas muda.

    http://www.mudaers.com/ << ini webnya

    Trus juga ada penulis indonesia .com >> http://www.penulisindonesia.com.
    Mampir ke webnya mbak, cari tahu, buat mengasah ilmu mengarangnya shasa, disana teman2nya sudah banyak kok. Saya juga ikutan, cuman belum sempat mengembangkan diri disana.

    BalasHapus
  10. terusin dong Shasa.. namanya latihan, pokoknya niatnya nulis apa aja.. lama2 banyak teman2 yg terinspirasi loh..
    .. semangatin terus bu.. anak2ku malah gak ada yg ngeblog.. senengnya FB aja..

    ayooo semangat yaaa

    BalasHapus
  11. @erik : oke mas.., Shasa akan kuajak jalan-jalan. Semoga dia bisa menikmatinya.

    @budiawan : makasih doanya, bang. Semoga Shasa makin semangat sekarang karena banyak yg dukung. Oya, blog shasa : shasaimutz.blogspot.com. Berkunjung kesana ya ??

    @kuyus : makasih masukannya, mbak. Semoga aja Shasa mau ikutan. Aku akan cari infonya juga. Makasih lho masukannya.

    @amalia : makasih bu..., semoga Shasa bisa bersemangat lagi sekarang.

    BalasHapus
  12. terimakasih deh untuk semua yang telah mendukung shasa. terimakasih juga untuk doanya. shasa akan semangat sekarang.

    BalasHapus
  13. wah, masih kecil sudah pinter nulis, sudah besar kebayang deh bu.

    Semangat buat shasha-nya Bu reni :)

    BalasHapus
  14. @jonk : aduh Shasa bisa besar kepala kalau dipuji begitu. Baru latihan nulis kok, mas. Semoga aja Shasa makin semangat utk terus berlatih. Makasih dukungannya.

    BalasHapus
  15. Wah perlu dicontoh ini utk keponakan saya, supaya nulis blog sendiri, sekarang ini blog utk mencatat ttg mereka mmg sudah ada, tapi itu tulisan saya yg menceritakan ttg mereka, blum ada yang mereka sendiri yang menulis di blog.

    Semangat aja Sha, jgn tergantung sama "pengunjung" yg lebih penting Shasa punya keinginan untuk menulis dan dilatih terus, serta blog Shasa menjadi dokumentasi pribadi bagi Shasa untuk masa2 yad. Ada "jejak" Shasa yg bisa Shasa amati kembali suatu saat kelak, dan dari sana akan kelihatan progres tulisan Shasa, juga pengalaman2 yg pernah dialami. Dan jgn lupa, kalau sering apdet, maka dengan sendirinya akan terekam oleh mesin pencari google dan bukan tidak mungkin justru suatu saat akan ramai pengunjung karena isinya menarik atau informasi yg ada di dalamnya dibutuhkan oleh pencari informasi. Jadi, tetap semangat ya!

    BalasHapus
  16. @G : Wah.. makasih banget nih udah ikut nasehatin Shasa. Banyaknya dukungan akhirnya membuat Shasa ada sedikit keinginan utk nulis lagi. Tadi malah dia sudah posting hasil karangan dia sendiri. Balum bagus siy mbak..., tapi lumayan utk latihan Shasa. Sekali lagi makasih banyak.

    BalasHapus
  17. mbak Reni, aku kagum banget ama Shasa n blognya. Salah satu cara cepat belajar bahasa, ya baca n speaking atau, ya itu...nulis. Dulu waktu aku belajar Perancis n Jerman, aku jg sering nulis artikel apa aja ke dlm bhs itu. Jadinya cepet bisa. Semangat terus buat mbak dan Shasa ya!

    BalasHapus
  18. @Fanda : Makasih banget utk dukungannya. Semoga kami (terutama Shasa) makin semangat utk belajar nulis. Makasih banget and salam kenal.

    BalasHapus
  19. aku mau follow blognya shasa aja akhhhhh....

    BalasHapus
  20. @trimatra : makasih ya Om Tri...

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)