Selasa, 24 Maret 2009

Hollahop

Siapa yang belum tahu permainan hollahop ini ? Rasanya, permainan (sekaligus olah raga) ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Bukan hanya orang dewasa, tapi anak-anak pun sudah banyak yang tahu bahkan mahir dalam memainkannya.

Beberapa bulan terakhir ini, memang permainan hollahop sedang "musim" lagi di Madiun. Beda dengan buah pisang, yang bisa terus berbuah tanpa mengenal musim.... Ternyata pemainan hollahop ini mengenal musim !! Mengingat sudah lama sekali permainan ini "hilang" dan kini... hop... !! Dia datang lagi.... Senengnya punya mainan baru.



Shasa sedang semangat berlatih main hollahop

Terus terang, aku dari dulu belum pernah memainkannya. Makanya, waktu Shasa minta dibeliin hollahop ini, aku langsung setuju aja. Selain Shasa ingin belajar memainkannya.., aku juga punya keinginan yang sama. Hehehehe *gak mau kalah ceritanya* So.., sekarang aku dan Shasa sedang hobby maen hollahop nih. Asyik juga ternyata. Dan.., capek juga. Gak apa-apa.., hitung-hitung olah raga ringan hehehe.

Aku punya cerita menarik tentang penjual hollahop ini. Kebetulan ada seorang penjual hollahop yang tiap hari berjualan tak jauh dari sekolah Shasa. Hollahop yang dijualnya itu ditaruhnya di atas sepedanya, yang disandarkannya pada sebuah pohon dekat sekolah Shasa.

Setiap waktu anak-anak pulang sekolah, penjual hollahop itu "laris". Eits.. jangan salah sangka..., bukan laris terjual hollahop-nya. Tapi..., hollahop itu laris dipinjem anak-anak yang baru pulang sekolah. Anak-anak itu bebas mengambil dan memilih sendiri hollahop yang ada di sepeda penjualnya. Sambil menunggu jemputan, anak-anak itu bermain hollahop sepuasnya !!

Untuk anak-anak yang "ngerti" setelah selesai bermain, mereka mengembalikan hollahop itu di atas sepeda penjualnya. Tapi, tak jarang ada anak-anak yang gak "ngerti" juga. Setelah tahu penjemputnya datang, hollahop itu diletakkan begitu saja di tanah. Kalau sudah begitu, sang penjual hollahop harus mengumpulkan kembali hollahop yang sudah selesai dipinjam gratis itu.

Padahal.., jadwal pulang anak-anak SD berbeda-beda. Untuk anak-anak kelas rendah, jadwal pulangnya tentu lebih pagi dibanding dengan anak-anak kelas yang lebih tinggi. Jadi bisa dibayangkan, betapa sibuknya sang penjual hollahop itu meladeni anak-anak yang meminjam hollahop dagangannya. Belum lagi kalau dia harus mengumpulkan kembali hollahop yang berserakan, yang tidak dikembalikan ke tempatnya semula oleh si peminjam.

Aku salut dengan si penjual hollahop itu. Saat ini kulihat banyak orang yang berusaha mencari celah untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Bagi orang lain yang menangkap "peluang" itu, maka mungkin saja timbul dalam benaknya untuk "menyewakan" hollahop itu. Mungkin saja ongkos yang ditarik dari para penyewa tak akan mahal. Mungkin hanya berkisar antara Rp. 500 s/d Rp. 1.000 sekali pakai. Tapi ini mungkin lho...

Sementara si penjual di dekat sekolah Shasa ini enjoy aja membiarkan barang dagangannya dipinjem untuk dipakai anak-anak bermain. Dia membiarkan anak-anak memilih sendiri hollahop yang diinginkannya untuk dipakai bermain. Bahkan..., dia rela mengumpulkan kembali hollahop dagangannya yang lupa dikembalikan oleh si peminjam. Salut benar aku.... Padahal penjual itu masih sangat muda (eh.., nyambung gak sih whekekeke).

Selama aku menunggu Shasa pulang sekolah, aku melihat bahwa para peminjam hollahop lebih banyak dibandingkan dengan pembeli hollahop. Selama aku mengamati kejadian itu, aku hanya melihat ada 1 orang pembeli yang membeli dagangannya. Sementara..., yang meminjam hollahopnya tak terhitung jumlahnya !! Aku jadi mikir.., berapa keuntungan yang didapatnya dari menjual sebuah hollahop itu ya ??

Ternyata, dari penjual hollahop ini aku mendapat pelajaran kehidupan. Tak semua orang bernafsu untuk mengejar lebih banyak harta. Tak semua orang berambisi untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Ada kebahagiaan dan kepuasan lain yang ingin diraihnya. Sesuatu yang mungkin bagi orang lain kalah penting oleh kebutuhan ekonomi.

Tak ada yang patut dipersalahkan. Semua orang berhak untuk meraih kebahagiaannya sendiri-sendiri. Semua orang berhak untuk memilih jalannya sendiri. Namun..., rasanya akan lebih sempurna hidup ini apabila keberadaan kita juga memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi orang lain.

Ternyata, untuk membuat hidup kita berarti tak perlu harus melakukan hal yang sulit. Tak perlu pula harus menunggu melakukan sesuatu hal yang "besar". Ada banyak cara sederhana yang mampu membuat orang lain tersenyum bahagia.... Tak ada salahnya belajar dari si penjual hollahop itu. Sebagaimana orang bijak pernah mengatakan : mutiara itu darimana pun asalnya tetap mutiara juga.

23 komentar:

  1. aduh sa jgn main hulahup...ntar km kurus lagi...hehehe...
    salam syg buat Shasa yaa...(hugs)

    BalasHapus
  2. apa itu Hollahop ???
    sungguh aq ga mngenalnya....
    muat ga ya dipinggang ku...
    hihihi..

    BalasHapus
  3. memang terkadang kita pun "bahagia" bila melihat orang lain bahagia. begitu pula dg si penjual hollahop ini. dia bahagia dan senang bukan krn dagangannya laris terjual, tp karena anak2 senang menikmati hollahop dagangannya..

    BalasHapus
  4. main hollahop?????...... kalo sy ikut main gimana ya????

    Shasa salam kenal ya.....om boleh pinjem gak hollahopnya......??

    BalasHapus
  5. hiks gak bisa maen hollahop, pernah belajar tp gak pernah bisa hiks piye seh jal, mbak:( apa perlu ambil kursus ma shasa aja kali yah hihihi
    waaa kebahagiaan terbesar si abang bukan terletak pd laku apa enggaknya jualannya yah tapi pd kesenangan anak-anak yg bisa gratisan maen hollahop, aw cenangnyah jadi pengen beli hollahop deh:D

    BalasHapus
  6. aku suka banget maih hulahup. dulu mahir banget. katanya bikin langsing tuh. tapi hulahup aku dah hilang. enak lho main begituan.

    BalasHapus
  7. waduh sasha jago banget main hollahopnya
    saya pernah coba mbak, tapi ga pernah bisa
    malah ponakan saya yg baru berumur 5 thn, pinter banget memainkannya

    BalasHapus
  8. wah sasha pintar main hulahop...ajarin dong..hahahahah

    BalasHapus
  9. @Li : Shasa justru sangat berharap utk kurus mbak hehehehe

    @sungaikuantan : Belum tahu hollahop ? Coba aja main ke sini, maen hollahop bareng Shasa.

    @Penny : Memang ukuran kebahagiaan tiap orang beda-beda ya, mbak.

    @Jhoni : Shasa mau ngajakin Om Jhoni maen hollahop tuh.

    @wendy : ayo mbak.., buruan beli hollahop. Kursus sama Shasa boleh juga kok hehehe.

    @sang cerpenis : bener nih bisa bikin langsing ?? *segera kabur ambil hollahop dan maen hollahop sepuasnya*

    @kejujurancinta : Mbak Linda juga belum bisa ? Aku juga baru belajar kok. Yuk sama-sama maen hollahop..

    @katobengke : Beneran nih mau diajarin maen hollahop ?? Segera meluncur kemari dunk.. :)

    BalasHapus
  10. yuup hollahop hik hik..waktu kecil sering sih main ini mbak,tapi sampai sekarang masih ada ya mbak.Si avin aja di Playgroupnya masih main..permainan yang nggak dimakan zaman ya mbak..

    BalasHapus
  11. @loly : permainan ini emang asyik ya, mbak. Bermain sekaligus olahraga.

    BalasHapus
  12. rencana mo bisnis sewa hollahop ya mbak ... hehe

    BTW permainan tradisional seperti dah jarang2 di mainin anak2 jaman sekarang, mereka lebih senang dengan PS, game online atopun maenan FB, FS dan chating ... sayang

    BalasHapus
  13. @aRai : makanya sekarang maen hollahop lagi aja yuk. Sekalian olahraga ringan hehehehe

    BalasHapus
  14. Jadi inget masa kecil he he he.

    Yups, tentu kita akan ikut senang, jika karya atau produk kita dipakai dan dinikmati orang lain.

    Sekalian mau ambil awardnya nih

    BalasHapus
  15. Mbak, Shasa lucu banget hehehe...
    Boleh minjem gak hollahop-nya?

    wekekek...kaboooooorrrrrr....

    BalasHapus
  16. Semua kembali pada diri masing2.. karena kebahagiaan tidak diukur dengan banyaknya harta...

    Sipp mbak..

    BalasHapus
  17. wah imut tuh yang main hula hop..khehehehehe

    BalasHapus
  18. @erik : Memang membahagiakan bisa membuat orang lain bahagia, mas. Ingat masa kecil ya ?? Yuk main hollahop aja. Bisa gak ??

    @Lies : La.. la, mbak jangan kabur. Katanya mau minjem hollahop. Ini lho mau dipinjemi Shasa. Dah kecape'an dia ^-^

    @embun pagi : betul mbak, tak semua hal bisa diukur dengan harta. Salah satunya kebahagiaan.

    BalasHapus
  19. @kakve-santi : masih keliatan imut ya ?? Hehehe, kegirangann tuh anaknya yg lagi main hollahop. ^-^

    BalasHapus
  20. hohoho jadi kepingin nyoba, holahop di tengah pasar, pasti saya langsung di liput oleh termehek-mehek sebagai di next blablabla hahaha

    BalasHapus
  21. @jonk : Yuk maen hollahop... tapi jangan di tengah pasar ^-^

    BalasHapus
  22. suka hollahop ya mbak? suamiku juga suka tuch. katanya mengenang masa kecil. aku gak bisa bisa, mungkin karena badanku kekecilan ya. jadi gak pede dech, he he

    tapi ngeliatin orang berhollahop, lucu juga ya, badannya jadi ikutan muter muter. sembari olahraga ..tapi kalau bisa lama, seru juga tuch ..

    BalasHapus
  23. @kuyus : sst... aku juga gak bisa holahop kok mbak. Aku iri dengan anak-2 yang pinter main hollahop, meski badan nyaris gak bergerak, tuh hollahop masih aja muter !!

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)