Minggu, 14 Juni 2009

Kreativitas

Dalam Wikipedia disebutkan bahwa yang dimaksud dengan kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Seseorang yang kreatif akan mampu untuk selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru, yang biasanya tidak dilihat oleh orang lain.

Orang yang kreatif, pada umumnya mengetahui permasalahan dengan sangat baik dan disiplin, biasanya dapat melakukan sesuatu yang menyimpang dari cara-cara tradisional. Oleh karena itu, biasanya orang yang kreatif cenderung lebih mampu keluar dari suatu permasalahan lebih cepat daripada orang lain. Orang yang kreatif juga mampu melihat setiap peluang yang ada.

Untuk menjadi kreatif, seseorang tidak dapat melakukannya begitu saja. Ada proses yang harus dilalui. Proses kreativitas melibatkan adanya ide-ide baru, berguna, dan tidak terduga tetapi dapat diimplementasikan. Tahap yang biasa dilalui dalam suatu kreativitas yaitu :
  1. menyelidiki (peluang) : proses mengidentifikasi hal-hal apa saja yang ingin dilakukan. Jika jawaban atas suatu pertanyaan telah didapat maka proses kreativitas sudah dimulai.
  2. menemukan (ide-ide) : proses melihat dan menilai berbagai teknik dan metode yang mungkin dapat membantu dalam menyelesaikan masalah, tanpa menggunakan cara berpikir yang traditional.
  3. memilih (ide yang paling berpeluang) : proses untuk mengidentifikasi dan memilih ide-ide yang paling mungkin untuk dilaksanakan.
  4. melaksanakan : bagaimana membuat suatu ide dapat diimplementasikan.

Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru. Oleh sebab itu, untuk menadapatkan hasil yang lebih baik di segala hal, kreativitas sangat penting dan orang yang kreatif sangat dibutuhkan.

Membicarakan masalah kreativitas, aku melihat bahwa dalam dunia blogger banyak sekali orang-orang yang memiliki krativitas tinggi. Melalui beragam blog yang ada, aku melihat beragam isi (tema yang diangkat, gaya penulisan, cara pandang dalam melihat suatu masalah) dan penampilan blog (template dan widget). Semuanya memberiku banyak sekali ilmu dan pemahaman yang baru akan sesuatu hal.

Selain itu, yang marak terjadi antara sesama blogger adalah ... award. Untuk memajang award dalam sebuah blog, terlihat sekali perbedaannya. Ada yang suka memasukkannya dalam postingan (seperti aku hehehe), ada yang lebih suka menyimpannya dalam sidebar (aku juga melakukannya), dan ada juga yang menyimpannya di tab menu atau di tempat/blog yang terpisah.

Mengenai award ini, aku juga melihat kreativitas yang berbeda-beda. Kretivitas pembuat award benar-benar kuacungi jempol. Aku pernah beberapa kali menerima award langsung dari pembuatnya. Award spesial seperti itu, yang aku terima langsung dari si pembuatnya, antara lain dari : ac3nk, Marcellino Agatha, mas Ari (Metungkul), Adrianz, Agus Fauzi (Sahabat Pena), Mbak Elly (Newsoul), Seti@wan Dirgantara (Fatamorgana) (yang telah 2 kali membagikan award buatan sendiri), dan terakhir mbak Anazkia.

Dan.., yang terbaru aku menerima 3 buah award lagi, yang terdiri dari 2 buah award baru dan 1 buah award lama. Aku tentu saja senang menerima pemberian ini. Semua award, baik yang baru maupun yang lama, aku terima dengan senang hati. Terima kasih telah membagikan awardnya untukku. Inilah ketiga award itu...

Award yang didesain sendiri olehHenny ini terinspirasi oleh Kue Ulang Tahun. Award ini cantik sekali, secantik orangnya yang pinter sekali memasak. Terima kasih banyak, Hen... Untuk award yang cantik ini aku ingin membagikan dengan mbak Narti, mbak Dwina, mbak Anazkia, mbak Fanda, mbak Sinta, mbak Irma, mbak Elly, mbak Kuyus dan Shasa Imutz.

Selanjutnya adalah award spesial yang dibuat olehKang Dwi ini menggotong tema persahabatan. Terima kasih Kang Dwi... Meskipun penerima award ini tidak dibebani dengan kewajiban untuk memajang award tersebut pada posting khusus, tapi aku suka sekali memajangnya. Tapi karena pesan Kang Dwi bahwa award ini tidak untuk di bagikan kepada siapapun, maka kali ini award ini akan kusimpan untukku sendiri.

Yang terakhir adalah award darinotnine. Meskipun aku sudah pernah menerimanya, aku tetap suka menerimanya. Terima kasih Notnine.... Kali ini award ini akan aku bagikan lagi kepada : Rizky, Rangga, Dunia Polar, Cahyadi, Kir31 dan Ajie. Semoga diterima dengan senang hati ya...

Semoga award-award ini membuatku dan sahabat-sahabat lainnya lebih kreatif lagi dalam berkarya. Semangat...!!

42 komentar:

  1. Horreee,..akhirnya dapet juga kesempatan komen pertama di artikelnya bunda reni..:)

    Selamet ya bunda, atas awardnya,nambah terus nih koleksi awardnya,.smoga kreativitas dlm mnulis artikelnya tetap ok...

    untuk teman2 blogger yg dpt award tak lupa sy kasih selamat juga..

    Hapy blogging,.

    BalasHapus
  2. kira kira aku tergolong kreatip ndak yah,hueheheh...
    selamat yah buat awardnya n makasih aku uda di kasih award lagi

    BalasHapus
  3. Setelah baca postingmu, baru sadar kalo menjadi kreatif tuh lama2 jd sulit ya? Karena kita sdh terjebak pada rutinitas dan zona nyaman. Inspiratif deh...
    Btw, makasih ya mbak buat awardnya! Segera dipajang deh..

    BalasHapus
  4. Woooow siiip mbak, mbak reni kalau posting award kreativitasnya tinggi....
    Btw selamat ya awardnya...

    BalasHapus
  5. Tulisan mbak reni ngingetin ma sebuah pepatah, "Penemuan terjadi karena seseorang melihat apa yang telah dilihat oleh setiap orang namun memikirkan apa yang tak seorang pun pikirkan_Albert Szent-Gyorgyi"

    ya, kreativitas adalah penemuan yang tidak terpikirkan oleh yang lain

    makasih esainya mbak reni

    BalasHapus
  6. kreativitas... hmm mungkin berpengaruh juga dari mood ya Bu..
    Kalo otak lagi jernih kayanya muncul begitu aja, mengalir...
    Sekarang kreatif blogging ku masih turun (hahahah..emang dari dulu seh gak kreatif).. masih ngurus kerjaan Bu...

    Btw, selamat award-nya...keren-keren

    BalasHapus
  7. eh..ternyata award dari henny juga dipajang. yang kecipratan award ini juga selamat ya!

    BalasHapus
  8. ouh gitu yah, thanks. sangat inspiratif...

    sukses yah

    BalasHapus
  9. Ngeblog ini juga berkreativitas khan mbak. selamat ya mbak atas award yg diterima

    BalasHapus
  10. makasih mbak awardnya...aku ambil ya..

    BalasHapus
  11. nah inilah yang disebut dunianya maya.. seperti kisah cintanya luna maya dan ariel peterpan, semuanya terasa ada ikatan kekeluargaan yang solid diantara blogger. walaupun setidaknya kita tidak pernah sama sekali melakukan kopi darat, padahal kalau dirasakan secara fisik kita hanya duduk sendirian didepan komputer, terasa seperti bertemu berjuta orang mengelilingi kita. kreativitas seorang blogger yang berupa award adalah hal nyata yang diberikan antara seorang blogger dalam aktivitasnya melakukan blogwalking, saling komentar dan lain sebagainya. ok keep share and cheers. thanks

    BalasHapus
  12. wah makasih ni y mba reny buat awardnya,,memacu semangad ngeblog ni jdny,,hehe"

    BalasHapus
  13. embak terimakasih atas awardnya tapi saya akan mengalihkan award ini ke blog saya yang baru karna blog saya ajie tips mempunya masalah besar yaitu masalah akun google makanya saya alihkan ke blog ini
    http://ajie-hilang.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. Mbak Reni, makasih banyak atas awardnya. Duh, jadi seneng ternyata, dah beberapa kali saya dapet award dari mbak Reni. Jadi serasa di hargai...:)

    Selamat juga atas award2 yang mba dapatkan.

    Semoga setelah ini saya semakin aktif ngeblog lagi. Dan gak ada males2an lagi. Insya Allah... sekali lagi, makasih banyak...

    Oh ya mbak, pertanyaan sama seperti dunia polar, saya kreatif gak yah mbak...??? hehehe...

    BalasHapus
  15. Waduh... nggak nyangka nih aku dapat award lagi... makasih banyak ya mbak... awardnya akan segera kupajang di rumahku... oke, salam persahabatan...

    BalasHapus
  16. Selamat atas award2nya. Ah, saya juga dapat ya, wah terimakasih ya mbak Reni. Semoga terus kreatif.

    BalasHapus
  17. Benar mbak...kreatifitas memang dibutuhkan saat kita berkarya...and..selamat ya mbak atas awardnya..

    BalasHapus
  18. wah semoga saya bisa jadi orang2 yang kreatif :D

    ternyata sambil bagi2 awardnya , selamat-selamat :)

    BalasHapus
  19. wah sebuah kreativitas yang bernilai tinggi dan dengan tulus diberikan kepada sobat-sobat semua..

    BalasHapus
  20. tapi keliatanya susah ya mbak jadi orang yang kreatif, nietha sendiri merasa ga punya kreatifitas, diatambah kemalasan, jadilah ga pernah terasah kreatifitasnya

    BalasHapus
  21. keren nih awardnya mbak reni, slamet ya mbak

    BalasHapus
  22. ewotnya banyak banget? bagus bagus lagi. kreatif itu tergantung orangnnya sich.

    BalasHapus
  23. makin rame ja neh bunda. ttg award ysh. ;) kreativitas award macem2 yah. semoga nanti dapet lagi. amien, ngarep he3..

    BalasHapus
  24. orang yang mempunyai kreatifitas tinggi adalah ciri-ciri orang bertipe climber artinya tak pantang menyerah...

    BalasHapus
  25. Award lagi,.... kayaknya Mbak Reni setiap hari deh ketiban Award.

    Selamat yah mbak...

    BalasHapus
  26. Namanya kreativitas kalau dpt penghargaan .. asik juga & seneng buaaaanget... hehehe... mbak Boleh kasih saran ya warna Tulisan postingnya jangan coklat dong, kurang tajam utk dibaca, ok Enjoy aja n' tetep berkreatif. jangan lupa ya mampir diblogku.

    BalasHapus
  27. selamat ya mbak reni untuk ewotnya
    hehehehhehe

    BalasHapus
  28. siang mba... maaf baru bisa berkunjung lagi nih...
    tapi bukan sok sibuk lho ya....

    selamat atas hujan award nya ya..
    semoga makin semangat nge-blog nya ya...
    Amin...

    BalasHapus
  29. @nopi : makasih ya...
    @dunia polar : emmm.., kreatif kok
    @fanda : memang repot melihat sesuatu di luar rutinitas, mbak
    @buwel : makasih ya...
    @penikmat buku : pepatahnya mengena banget, mbak.
    @yudie : emang segalanya tergantung mood, mas
    @henny : takut lupa kalo kelamaan, makanya award Henny langsung dipajang deh
    @panca : makasih kembali
    @eri : blog salah satu kretaivitas juga, bang.
    @narti : oke mbak
    @apih yayan : award salah satu wujud kreativitas juga
    @kir31 : ayo... semangat !!
    @ajie : kok blognya bisa hilang ?
    @anazkia : semoga makin semangat sekarang
    @cahyadi : segera dipajang ya.
    @newsoul : makasih doanya mbak Elly
    @dinoe : kreativitas penting dalam berkarya
    @jonk : kalo Jonk sih... kreatif banget !!
    @piet : berbagi kreativitas ada baiknya tuh.
    @nietha : sekarang gimana ngusir rasa malas, mbak
    @JengSri : makasih JengSri..
    @rampadan : bener juga...
    @awal sholeh : orang kreatif emang lain-2 idenya
    @iwan : Yups... setuju banget
    @seti@wan : Alhamdulillah, dapat rejeki terus
    @DJ Tri : kaln tulisane bukan coklat, tapi putih..
    @yanuar : makasih ya..
    @penny : hujan deras mbak... ^_^

    BalasHapus
  30. wah tul banget tuh...orang kreatip biasanya lebih cepat menemukan jalan keluar dari masalah dibandingkan orang yg kurang kreatip......

    (meskipun kadang kreatip dan "licik" setipis kertas) hehehehe

    BalasHapus
  31. semakin kreatif
    semakin mantap
    sekalian ikutan KONTES SEO BERTUAH
    hadiah total 15 juta
    mayan untuk lebaran

    BalasHapus
  32. selamat yah mbak. aku masih ada award dari mbak yg lom aku pajang. huhu maaf yah :(

    BalasHapus
  33. Selamat malam, berjalan di malam hari, capek mampir ke blognya sobat. Semangat Pertukaran kunjungan.

    BalasHapus
  34. @jhoni : emangnya kreatif dan licik batasnya tipis ?!
    @attayaya : ikutan kontes juga ? Semoga menang aja deh..
    @uke poet : mask mbak ? Aku aja malah udah lupa hehehe.......
    @iklantehobeng : makasih dah mampir..

    BalasHapus
  35. walah.....
    wis ga kebagian koment.
    --------------------------
    komentnya:
    ewod kalah kreatif ma yang koment
    wkkkkkkk

    BalasHapus
  36. he he he, kapan ya aku bisa bikin award sendiri?
    Makasih ya mbak, tugas dilaksanakan segera. he he he .. ^.^

    BalasHapus
  37. @kang dwi : koment yg mana yg kreatif, Kang hehehe...
    @anak nelayan : thanks..
    @kuyus : ayo mbak, buat award sendiri tapi jangan lupa aku dikasih ya... Hehehe.. *ngarep*

    BalasHapus
  38. makasih Bu' buat Award nya...
    eh iya, sorry bgt klo ku telat comment na... :D

    BalasHapus
  39. @rizky : akhirnya diambil juga awardnya... ^_^

    BalasHapus
  40. Mbak,aku berkunjung setelah lama menghilang.Apa kabar? Wah,hujan ewotnya gak reda2 ya mbak? Hehehe.. Kreativitas? Kayaknya sulit untuk orang yg sudah terjebak oleh rutinitas ya mbak.Tapi bukan berarti tidak bisa..

    BalasHapus
  41. @ajeng : memang berat, tapi memang bukan berarti tidak bisa, mbak.

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)