Rabu, 13 Februari 2013

Benturan di dunia kerja

Aku sudah masuk dalam dunia kerja selama kurang lebih 17 tahun lamanya. Dalam rentang waktu itu, aku telah menangani berbagai jenis pekerjaan. Aku telah berinteraksi dengan begitu banyak orang. Tempat kerjaku beberapa kali berganti, pun rekan kerjaku juga silih berganti.

Semua itu memberiku banyak pengalaman. Begitu banyak suka duka yang aku alami semenjak aku memasuki dunia kerja. Banyak tawa, namun banyak juga duka. Akan sangat menyenangkan dan membahagiakan jika aku mampu menjalankan tugas dengan baik. Akan menentramkan jika mampu beradaptasi dengan lingkungan dan hubungan dengan rekan kerja berjalan harmonis.

Namun jika yang terjadi sebaliknya tentu lain ceritanya. Akan sangat tidak menyenangkan jika aku tak mampu mengerjakan tugas dengan baik. Lingkungan kerja yang tidak kondusif membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman. Hubungan dengan rekan kerja yang tidak harmonis hanya akan menimbulkan benturan demi benturan.

Dalam dunia kerja, memang tak dapat dihindari munculnya benturan dari berbagai macam kepentingan. Bukan sekali dua kali aku mengalami benturan dalam dunia kerja. Benturan dalam dunia kerja bisa datang dari mana saja. Bisa datang dari tim kerjaku sendiri, tapi paling sering datang dari luar tim kerjaku.

Jika saat seperti itu terjadi, rasanya moodku untuk bekerja langsung lenyap. Aku harus menata hati untuk menerima masuknya kepentingan yang terkadang tak sejalan denganku. Lebih jengkel lagi jika ternyata aku harus mengikuti kepentingan-kepentingan dari luar yang jelas-jelas akan mengganggu kinerja tim kerjaku. Sebab, kalau terjadi benturan kepentingan yang berasal dari luar, aku bukan saja harus menghadapi pihak luar itu, tapi aku juga harus bisa menerima protes-protes dari dalam timku sendiri.

Benturan dalam dunia kerja memang tidak menyenangkan, tapi aku yakin aku akan mendapatkan banyak pelajaran berharga darinya. Setidaknya aku makin bisa mendewasakan diriku sendiri. Bukan begitu sahabat?


26 komentar:

  1. 17 Tahun bukan wkt yg singkat. Apa yg mbak Reni lakukan kalo udh berada di posisi "gak enak" ato bhadapan dgn rekan yg gak se-ide? Mbak cuek aja ato mbak yg berusaha bikin suasana nyaman kembali? Gimana caranya..?

    BalasHapus
  2. @zasachi >> tergantung sikon dan "masalah"nya juga sih. Terkadang benturan itu sengaja dihadapi jika menyangkut kerjaan. Tapi jika benturan itu karena pribadi, biasanya aku cuekin aja. Aku gak pernah berusaha membuat suasana nyaman kembali... ngalir sajalah, biarkan semuanya kembali secara alami saja.

    BalasHapus
  3. anak anak di rumah yang sepabrik sepenanggungan aja suka tawuran, bu
    apalagi dengan orang lain. cuekin aja lah.
    asal jangan kaya disini
    kalo ribut ujung-ujungnya bawa mandau...

    BalasHapus
  4. @Rawins >> aku kayaknya kudu banyak belajar cuek dari Kang Rawins deh hehehe... wah serem kalau gara2 marah trus dibawain mandau... kalau di Madura dibawain clurit kali ya? hehehe

    BalasHapus
  5. Bekerja selalu ada kondisi-kondisi sulit yang terkadang membuat hati kita berbenturan, itu sebuah kelaziman. Apalagi telah 17 tahun menghadapinya, tentu kondisi yang tidak nyaman akan jauh lebih sedikit dibandingkan hal-hal yang menyenangkan. Jadi, mengingat itu maka masalah dan ketidaknyamanan bisa teranulir ketika kita mengingat banyaknya kebaikan yang telah kita rasakan

    BalasHapus
  6. @Pakies >> sebenarnya tekanan2 dan benturan2 itu malah sedang banyak di tahun2 terakhir ini deh Pak.. mungkin memang itu hanya ujianku utk bisa makin bijak dan dewasa menyikapi keadaan :)

    BalasHapus
  7. hmzzz....,
    Lebih enak kalo jadi wirausaha.
    Tapi yaitu.., harus punya modal :)

    BalasHapus
  8. @kumprunk Blogs >> harus kuakui bahwa akhir2 ini aku memang berpikir bahwa menjadi wirausaha memang jauh lebih enak... kata orang2 yg sudah sukses sih gak semuanya perlu modal yang besar, hanya yang jelas perlu mental yang kuat menjadi wirausaha. Masalahnya... aku belum berani keluar dari zona nyaman selama ini hehehe

    BalasHapus
  9. 17 tahun kategori lama, saya di perusahaan hanya bertahan 12 tahun setelah itu mengundurkan diri karena sering berbeda pendapat dengan direktur utama, tak ingin jadi bawahan lagi nekat bikin usaha sendiri, sedangkan isteri sudah 23 tahun sebagai cpns.

    BalasHapus
  10. @Edi raih gaji dollar >> Pak, maksudnya istrinya sudah 23 th jadi PNS ya? Masak ada CPNS selama itu hehehe... BTW salut dg keberanian Pak Edi utk memutuskan membuka usaha sendiri. Semoga usahanya lancar ya Pak.

    BalasHapus
  11. halah salah tulis yaa, yang benar mulai jadi pns tahun 1990 - 2013 sebagai guru bahasa inggris di MTsN. Katanya senyuman membuat semua beban jadi ringan dan banyak teman dan disukai siswa!

    BalasHapus
  12. @Edi raih gaji dollar >> hehehe, sampai harus balik lagi kesini krn salah tulis ya pak? Setuju dg Bu Edi bahwa senyuman memang mampu meringankan beban dan mendatangkan banyak teman. Semoga Bu Edi tetap jadi guru kesayangan siswa2nya ya? Salam utk Bu Edi.. :D

    BalasHapus
  13. wih 17 tahuuuun dah jadi bos dong mbak hehehe, btw benturan2 itu memang seharusnya jadi bumbu penyedap tuk lebih baik ya mbak :D

    BalasHapus
  14. Halo Mba Reni, salam kenal yah :)

    Wah pengalaman kerjanya udah lama banget yah, jadi malu nih yang pengalaman kerjanya seuprit hehehe

    BalasHapus
  15. dimanapun tempatnya benturan selalu ada ya mbak, tinggal kitanya aja yang pinter2 menyikapi

    BalasHapus
  16. Ya, begitulah bu. Begitu banyak problema yang harus dihadapi dalam dunia kerja. Saya sendiri pun kadang mengalami hal yang sama seperti yang ibu alami. Kondisi kerja yang tidak kondusif terkadang membuat diri ini malas utk berada di tempat yg dipenuhi oleh orang2 yg sering merecoki pekerjaan kita.

    BalasHapus
  17. Bener banget mba, benturan2 yang kita hadapi dalam dunia kerja memang seringkali membuat mood kita ikutan ga baik. :) Dan membutuhkan waktu dan penganganan tersendiri untuk membuat hati kita kembali pada mood yang menyenangkan ya?

    He eh, jika friksi itu ditimbulkan oleh kepentingan dari luar yang harus kita toleransi, bukan toleransi sih istilahnya, tapi kita seakan di'gencet' untuk menerima dan beradaptasi dengannya, bener2 bikin bete deh, karena spt yang mba Reni katakan, kita juga akan berhadapan dg protes dari dalam team kita sendiri, yang sebenarnya memang menyuarakan suara hati kita. :)

    Kudu sabar, dan taktis dalam menghadapinya tuh mba. Yuk semangat! :)

    BalasHapus
  18. kalo denger benturan apa gesekan.. kenapa ingetnya jadi ke friksi ya?
    hehe, btw sama ga ya..

    saya baru 15 th mba.. curiga sendiri jangan2 udah jamuran :)

    BalasHapus
  19. @Aulawi Ahmad >> emang ada jaminan ya kalau sudah lama kerja pasti sudah jadi bos hehehe...

    @yeye >> salam kenal kembali... emangnya masa kerja seuprit itu seberapa lama sih?

    @Lidya-Mama Cal-Vin >> emang benar mbak, dimanapun kita berada benturan itu memang selalu ada

    @Coretan Hidup >> begitulah dunia kerja yang kini kita jalani hehehe Semoga saja kita bisa kuat dan melewati semuanya dengan baik. Aamiin.

    @Alaika Abdullah >> yups bener banget apa yg mbak Al katakan itu. Persis spt itulah keadaannya. Seneng banget ada yg bisa "memahami" apa yg sedang terjadi mbak hehe

    @hilsya >> ya emang sih.. benturan itu termasuk friksi juga. Eh, yang jamuran itu aku apa mbak Hilsya ya? :D

    BalasHapus
  20. mbaaaaaa...
    aku selalu terkagum kagum sama para wanita pekerja yang mampu mengatur waktu dan tenaganya dengan seimbang deh mbaaaa...

    Ketika Kayla lahir aku langsung putusin keluar kerja aja karena ciut duluan dan berasa gak bakal mampu ngatur nya...

    Salut sama mba Reny :)
    Pokoknya benturan apapun tetep semangat yah mba :)

    BalasHapus
  21. @Bibi Titi Teliti >> waduh.., aku belum merasa mampu mengatur waktu dg sempurna mbak Erry... sering keteteran disana sini... apalagi saat ada benturan di kantor, seringkali bete-nya masih kebawa sampai ke rumah. OK, semoga aku bisa tetap semangat mbak :)

    BalasHapus
  22. mb Reni hebat, disela-sela kesibukan pekerjaannya masih menyempatkan menulis, di dua blog pula. belum lagi ngecek2 blognya Shasa ya hehehe

    BalasHapus
  23. @zaffara >> blognya shasa agak terbengkalai mbak... yg akhir2 ini update cuma place to study aja. hehehe...

    BalasHapus
  24. 17 tahun ya...
    semoga selalu diberi kesabaran ...:)

    BalasHapus
  25. @mirzha-marzha >> iya... tahun ini 17 tahun :)

    BalasHapus
  26. Wah aku kayaknya harus belajar banyak nih dari mbak. ternyata benturan" itu bisa terjadi pada siapa saja ya.

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)