Sabtu, 30 November 2013

Gagal Ikut #BN2013

Jujur, postingan ini ditulis dengan hati yang (sedikit) sedih. Kenapa sedih? Iya, karena gagal ikut #BN2013. Kok sedihnya cuma sedikit? Iya, karena aku belajar untuk ikhlas menerima 'kegagalan' ini. Kenapa gagal? Eh, apa itu #BN2013? Hadehhh..., oke deh, daripada bingung dan tanya terus... biarkan aku ceritakan semuanya secara lengkap ya?

Jadi gini, aku telat banget mengetahui informasi kalo Blogger Nusantara 2013 (#BN2013) akan diadakan di Yogyakarta tanggal 30 Nopember s/d 1 Desember 2013. Informasi ini baru aku ketahui tanggal 14 Nopember 2013! Telat banget kan ya? Sementara blogger-blogger lain sudah tahu informasi itu sejak lama. Nah, aroma kegagalanku ikut #BN2013 ini sebenarnya sudah 'tercium' sejak 'tertutupnya' informasi ini dariku. #tanda1

Oke, aku akui kalo aku memang gak bisa rajin nangkring di social media. Aku gak bisa mantau informasi-informasi penting disana. Akibatnya.... ya ketinggalan informasi penting seperti #BN2013 ini. Makanya begitu mengetahui acara itu, aku langsung cari informasi melalui webnya Blogger Nusantara, dan tanya kepada beberapa blogger yang aku kenal.

Beberapa blogger yang aku hubungi untuk menanyakan hal itu ternyata kaget. Soalnya mereka mengira aku sudah tahu informasi ini, karena memang informasi ini sudah di'launching' sejak lama! *ketahuan banget kalau aku kudet* Segera setelah aku tahu soal jadwal acara itu dari salah seorang blogger, aku mencoba untuk daftar. Tapi, ternyata pendafaran ditutup untuk sementara karena sedang dilakukan verifikasi terhadap pendaftar (karena banyak nama dobel yang muncul). #tanda2

Aku tak putus asa, aku coba tanya ke panitia #BN2013 via email untuk menanyakan apakah pendaftaran sudah benar-benar ditutup. Panitia (Mas Jarwadi) menjawab bahwa memang sudah ditutup karena keterbatasan kuota di Desa Wisata Tembi. #tanda3

Aku sedikit berbahagia ketika tiba-tiba aku mendapatkan informasi pada tanggal 23 Nopember 2013 malam hari kalau ada pendaftaran gelombang 2. Pendaftaran ini hanya dibuka sampai tanggal 24 Nopember 2013 jam 10.00 WIB, dengan kuota 250 orang. Aku pun buru-buru mendaftar dengan harapan aku bisa ikut dan masih masuk kuota.

Di saat aku menunggu kepastian terdaftar sebagai peserta, aku dapat info bahwa untuk peserta gelombang 2 ini akomodasi tidak ditanggung panitia. Sementara kabar lain aku dapatkan bahwa untuk peserta gelombang 2 tidak dapat penginapan untuk hari Jumat, sementara penginapan pada hari Sabtu hanya disediakan "tempat sekedar untuk beristirahat di sekitar desa Tembi". Wah, terus terang aku sempat bingung juga soal ketidakpastian ini.

Aku pun akhirnya tanya lagi ke Mas Jarwadi via email (maaf ya Mas, sering ganggu dengan tanya hal-hal gak penting) soal penginapan itu. Aku tanyakan apa yang dimaksud dengan "tempat sekedar untuk beristirahat di sekitar desa Tembi" itu. Apakah losmen kelas melati, atau rumah penduduk? Jawaban dari Mas Jarwadi adalah untuk peserta wanita dari gelombang 2 akan diinapkan di rumah penduduk, sementara pria bisa jadi diinapkan di tenda2/camping atau mungkin di Balai Desa. Yang jelas, semuanya disediakan panitia, jadi peserta gak perlu nyari tempat bermalam.

Masalahnya, daftar peserta #BN2013 tak kunjung dirilis, mungkin saking banyaknya peserta, apalagi ditambah peserta dari gelombang 2. Sebenarnya aku sangat ingin tahu kepastian jumlah peserta wanita dari gelombang 2, jadi tahu berapa banyak peserta wanita yang akan diinapkan di rumah penduduk sepertiku. Tanpa kepastian itu, suamiku agak keberatan aku pergi tanpa tahu bagaimana 'nasibku' di Yogya nanti, apalagi aku berangkat sendiri.

Meskipun kepastian belum ada, tapi Kamis tanggal 28 Nopember 2013 pagi aku sudah memesan travel untuk berangkat ke Yogya tanggal 29 Nopember 2013 jam 15.30. Tetapi, mendadak pada kamis sore, badanku mulai panas, kepala pusing dan diare. #tanda4 Meskipun sudah pesan travel, aku belum packing sama sekali. Entahlah, aku tak bersemangat untuk packing sebagaimana biasa jika hendak pergi. Rencananya aku akan packing Jumat siang sepulang kantor (dan sebelum dijemput travel) jika kepastian sudah aku dapatkan.

Kamis malam aku lihat update berita di Blogger Nusantara belum ada list peserta #BN2013. Tapi daftar peserta wanita dan pria yang dapat jatah penginapan pada hari Jumat malam sudah terpublish. Sayangnya, yang soal penginapan untuk Sabtu malam belum ada. Aku berangkat tidur dengan ketidakpastian soal penginapan pada hari Sabtu malam.

Jumat 29 Nopember 2013 aku bangun tidur dengan badan masih panas, kepala masih pusing dan perut masih sakit. Pagi itu aku coba cek lagi web Blogger Nusantara. List peserta #BN2013 juga belum ada. Tapi sudah ada daftar peserta wanita yang dapat penginapan di Tembi. Seperti aku duga bahwa namaku tak ada di sana... karena aku masuk gelombang 2. #tanda5

Tak putus harapan, aku coba tanya pada panitia (mas Iwan Restiono) via twitter soal list peserta. Aku tanyakan berapa banyak peserta wanita yang gak dapat penginapan di Tembi, karena berdasarkan informasi yang aku terima sebelumnya peserta gelombang 2 gak dapat penginapan di Tembi. Nah, jawaban dari Mas Iwan justru membuatku bingung. Dia jawab bahwa semua wanita dapat penginapan, sesuai kebijakan dari Ketua umum bahwa ladies first. Sementara informasi yang sebelumnya aku terima kan gak seperti itu. Namun... sampai siang aku tetap gak menemukan namaku ada di daftar peserta yang dapat penginapan.

Akhirnya, siang itu suamiku mengatakan bahwa aku sebaiknya tidak berangkat. Pertama karena kondisi fisikku yang ngedrop. Siang itu memang badanku masih panas dan kepala masih pusing. Diare memang sudah berhenti tapi malah berganti dengan mual. Alasan kedua karena sampai siang itu aku belum dapat kepastian mendapatkan penginapan. Jadi, dengan berat hati pada pukul 11.22 WIB aku telepon travel dan mengabarkan kalau aku batal berangkat ke Yogya sore itu.

Tapiii... sewaktu hendak pulang kantor (pukul 13.31 WIB) aku iseng cek lagi daftar peserta yang mendapatkan penginapan di Tembi. OMG... namaku ada! Mendadak aku panik (sekaligus bersemangat!) mengetahui hal itu. Aku segera menghubungi suamiku dan mengabarkan bahwa ternyata aku dapat penginapan. Ternyata aku tetap gak dapat ijin berangkat. Meskipun aku sudah pasti dapat penginapan, tapi karena kondisi fisikku sedang drop jadi aku diminta tinggal di rumah. Pertimbangan ini diambil karena aku harus dinas ke Surabaya tanggal 4 Desember nanti. Suami kuatir jika pulang dari Yogya aku semakin drop (karena padatnya acara #BN2013) sehingga mengganggu acara dinasku tanggal 4 Desember nanti.

Akhirnya, dengan berat hati (namun berusaha ikhlas) sepulang dari kantor aku tidur di rumah. Setelah nyaris seharian di kantor aku memantau social media dan web Blogger Nusantara, maka sesampainya di rumah ternyata aku benar-benar tepar. Bahkan Jumat sore itu aku diantar suami ke dokter untuk memeriksakan diri. Selanjutnya sampai malam aku tak bersentuhan lagi dengan internet dan social media dan hanya tiduran di kamar. Barulah pada Sabtu sore tadi aku mulai buka-buka lagi social media, disaat badanku sudah lebih fit.

Begitulah cerita lengkapku tentang kegagalanku ikut #BN2013. Mungkin memang beginilah rencanaNYA untukku. Andai aku tahu namaku ada di list peserta yang mendapat penginapan sejak awal, pasti aku akan memaksakan diri ikut (meskipun dalam kondisi sakit), apalagi aku sudah pesan travel dan belum membatalkannya. Akhirnya aku harus puas dengan membaca status dan melihat foto2 kemeriahan #BN2013 di social media sambil berharap aku bisa ikut di tahun yang akan datang. Aamiin.

24 komentar:

  1. hmmm sama,

    aku juga sedih sebener'y bu, kesal malahan, telat dapet info, jd ga ada persiapan buat ikutan,
    karena aku sendiri tinggal di Jjogja malahan, hehe, tp ya gpp lah, mungkin lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah.. yang tinggal di Yogya kok malah ketinggalan berita ki piye to?
      Apa karena sosialisasinya kurang gencar ya?
      Ya semoga lain kali bisa ikutan :D

      Hapus
  2. *puk puk* Mak Reni.. tosss lah gak ikutan..
    lah wong gak dapat ijin dari ortu... Ya sudah nyantai aja.. :D *berpelukan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ternyata Mak Sari Widiarti gak ikutan karena gak dapat ijin ortu ya? Kalau aku gak dapat ijin suami... sama2 gak dapat ijin ceritanya hehehe #tos

      Hapus
  3. Balasan
    1. Aamiin... semoga saja mbak, aku memang berharap bisa ikut tahun depan. :)

      Hapus
  4. insya Allah tahun depan bisa ikut tante :D
    saya udah lama juga gak ukut BN, pernah ikut sekali aja waktu #BN2011 acara pertama BN di Sidoarjo :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... aku pengen sekali bisa ikutan, karena emang belum pernah ikut acara BN sih :) dan yang jelas pengen banget kopdar dg blogger2 nusantara

      Hapus
  5. saya juga gak ikut Mbak, mudah2n tahun dpn kta bisa ikut yah
    skalian bisa kopdar kita, hehehehh

    btw, sekarang sudah sehat kan Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa... aku juga pengen banget bisa kopdar denganmu :D
      Alhamdulillah aku sudah sehat lagi sekarang

      Hapus
  6. tidak apa bu...
    lain kali pasti ada kesempatan...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semiga saja ya? Aku sangat berharap spt itu :)

      Hapus
  7. mb Reni mohon maaf baru berkunjung, sejak dicolek di twitter sebetulnya pengen segera buka postingan ini, tapi wkt itu sy OL pake BB yg sinyalnya ilang timbul, jadi jangankan komen, buka blog-pun ndak bisa mbak.

    Tentang ketidak hadiran di BN2013 itu sebetulnya mmg agak gimana gitu perasaan saya, mau dibilang sedih tapi memang usaha saya nggak sekeras mb Reni. Tapi itu karena sejak awal saya memang sudah pesimis bisa ikut, karena walaupun sudah lama baca info BN2013 ini tapi koq komunitas yg deket2 nggak ada woro2 gitu.
    Jujur, kalo pergi sendiri saya pasti nggak akan diizinkan sm suami, nggak kebayang nnti di kampung orang celingukan sndiri hehehe.
    Sedang kawan komunitas yg satu kotapun yg biasanya selalu bersama kalau ada kopdaran di sekitar Jkt selalu sm dia ternyata sdh daftar dan pesan tiket dgn yg lain. Dan itupun saya tahu seseudah pendaftaran ditutup. Jadi ya sudah,mungkin belum rezekinya.
    Belakangan saya melihat via foto2 di FB atau twitter, dan menduga mugkin koordinasi pendaftaran dan keberangkatan sampai kepulangan kembali di komunitas baru sampai tingkat admin saja, Jadi sbg member ya saya akhirnya cuma bisa ikut seneng aja liat kegembiraan temen2 blogger disana.
    Sekarang mugkin sudah lebih enakan ya mbak, semoga tetap fit dan siap menjalani tugas di Surabaya. Eh kalo di Surabaya bisa ketemu Pakde Cholik tuh mbak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga merasa bahwa sosialisasi kegiatan ini kurang mbak... jadi aku yg gak bisa nongkrongin social media berlama-lama jadi ketinggalan berita. Hehehe...
      Ya untuk sementara ini harus puas dengan hanya membaca cerita dan memandang foto2 yang di share teman2 aja :)
      Semoga kita dapat mengikuti kegiatan ini di tahun2 yang akan datang mbak..
      Wah kalau dines begini susah kalau mau kopdaran mbak.
      Oya, alhamdulillah sekarang aku sudah sehat kembali. Terimakasih banyak utk doanya :)

      Hapus
  8. Kalo aku belum bisa ke mana2 jauh2 mba. Semoga Mb Reni sehat selalu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena mbak Hana punya anak kecil ya jadi gak bisa pergi jauh2... hehehe
      Aamiin... terimakasih banyak utk doanya mbak :)

      Hapus
  9. Tenang Mbak, suatu saat pasti bisa ikutan. Emang belum dikasih kesempatan aja.

    Awalnya aku juga sedikit gak dapet ijin dari suami karena sakit, tapi Alhamdulillah, Rabu malam baru dapet kepastian bisa ikut bareng suami & anak. Walau beli tiket dadakan, cari kamar pas sampe sana (sengaja aku menyewa kamar sendiri krn bawa keluarga), dan ngga ngikutin sampe acara selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya kukira mbak Dey cuma berangkat berdua dg Fauzan... ternyata didampingi suami toh? hehehe....
      Sekalian ngajak Fauzan jalan2 ke Yogya ya mbak... :)
      Semoga saja pada kegiatan di tahun depan aku bisa ikutan mbak... Aamiin..

      Hapus
  10. aku kok belum pernah ikutan ya, jadi pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mas Joe.... nongol lagi!
      Apa kabar?
      Semoga saja acara BN tahun depan bisa ikutan ya?

      Hapus
  11. semoga tahun depan kita bisa ikutan ya mbak

    BalasHapus
  12. Aku ikut malah hari sabtunya ku guna.in untuk tidur di homestay, ga ikut acara...
    bnr2 rugi aku....

    ya karna aq kelelahan jg, jd ku gunain buat istirahat aja...

    BalasHapus
  13. wah anda belum beruntung semoga tahun depan gak ketinggalan info lagi yaA,, Tetep semangat...

    BalasHapus
  14. mbaaaaa...
    memang selalu ada hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian yaaah :)
    Untunglah gak maksa buat pergi...
    Kalo sampe sakit disana kan kesian suaminya, pasti bakalan khawatir banget :(

    Tapi sekarang mah udah sehat lagi kan yaaaah ?

    Mudah2an tahun depan bisa ikutan yah mbaaaa...
    Akan aku kabar kabari kalo liat beritanya yaaaah :)

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)