Sabtu, 07 Februari 2009

Kok tambah gemuk ya ...?

Ceritanya nih sekarang aku sedang bingung mikirin Shasa. Bukan masalah sepele sih..., tapi juga bukan masalah yang berat juga. Pokok'e aku bingung juga kudu ngapain sekarang ini. Masalahnya adalah menyangkut berat badan Shasa.

Sebenarnya lihat Shasa sehat begitu aku merasa seneng plus gemes juga. Tapi di sisi lain, aku suka bingung juga kalau mau beliin baju di toko. Susah cari ukuran baju yang pas untuk Shasa.

Dulu waktu Shasa mau masuk SD, aku pikir badannya akan "mengecil" dengan sendirinya. Dalam benakku, kesibukan Shasa waktu SD akan semakin meningkat dan beban tugas SD yang banyak akan membuatnya lebih langsing. Tapi ternyata, dugaanku keliru. Makin hari berat badan Shasa makin bertambah saja.

Sebenarnya sejak kecil Shasa udah kelihatan gemuk, tapi kalau melihat Shasa sekarang dan melihat foto-foto masa kecilnya..., kayaknya waktu kecil Shasa tidak gemuk sama sekali !! Kalau melihat Shasa sekarang, aku benar-benar merasa bahwa dia sudah gemuk sekali.


Saat Shasa masih TK (masih imut-imut)


Shasa baru masuk SD (Juli 2006) pipinya makin gembil


Pertengahan April 2007, tuh lengannya padat banget yach ?!


Akhir Tahun 2008, makin tampak endut.


Awal tahun 2009, makin besar aja tuh bakpao di pipi.


Saat ini, no comment ah....

Yang kucatat setiap kali selesai menjalankan puasa Ramadhan berat badan Shasa bukannya turun, tapi malah naik !! Shasa sudah berlatih puasa sejak kelas 1 SD. Dan setelah 3 kali melewati puasa Ramadhan, berat badan Shasa naik terus. Soalnya, Shasa sepertinya "balas dendam" saat Idul Fitri datang.

Saat aku mau melatih Shasa untuk "diet" banyak pihak yang keberatan. Alasannya tentu saja karena saat ini Shasa sedang dalam masa pertumbuhan. Shasa butuh banyak energi untuk aktifitasnya sehari-hari. Tapi kalau membaca tentang masalah kegemukan pada anak-anak yang aku baca di sini, sini dan sini maka aku jadi kepikiran terus dengan kegemukan Shasa.

Saat ini memang aku masih sulit ngerem keinginan Shasa untuk makan. Tapi, aku akan mencoba sedikit demi sedikit untuk mengurangi keinginan Shasa makan. Aku gak mau Shasa makin bertambah gemuk. Satu hal lagi, aku pengen mengikutkan Shasa untuk les berenang mulai kelas 4 nanti. Sebenarnya sejak Tk Shasa udah mulai berlatih renang, tapi tidak intensif. Penyebabnya ada 2 : pertama karena Shasa takut air (jadi latihannya gak berkembang) dan kedua Shasa penderita amandel yang udah cukup parah. Kata beberapa orang, anak yang mengidap sakit amandel akan sering kambuh kalau berenang, karena amandelnya akan gampang terinfeksi saat kena air kolam. Betul gak sih..?!

Hmmm..., pokok'e aku akan berusaha untuk mencoba berbagai kiat dan trik agar Shasa tidak bertambah gemuk lagi. Terbayang sih kesulitan yang akan aku hadapi untuk mengurangi berat badan Shasa. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Apalagi kalau inget, ini semua juga demi kebaikan Shasa juga. Iya kan...??

12 komentar:

  1. Nurutku berat badan Shasa gak perlu di khawtirkan, karena anak seumuran Shasa kan memang masa pertumbuhan Mbak..yang penting di jaga kesehatannya aja... salam

    BalasHapus
  2. @embun_pagi : Iya sih mbak..., banyak yg bilang Shasa jangan direm dulu makannya. Ntar kalo udah gede kan kecil sendiri, kata mereka. Tapi kalau ternyata gak makin "mengecil" gimana coba ??

    BalasHapus
  3. Kita senasib..aji jg tll gemuk.. kata orang,banyak makan (yg bergizi tentunya) gak masalah,apalagi untuk anak2,asalkan diimbangi dg olahraga.. Masalahnya aji kurang olahraga.Hanya pd waktu pelajaran olahraga disekolah dan sepeda-an tiap hr minggu dg papanya. Ya semoga nanti makin besar aji makin rajin olahraga,jd badannya bs lebih proporsional..demikian pula Shasa..

    BalasHapus
  4. kynya gemuknya shasa nurun dari mbak reni deh
    krn saya lihat foto mbak, juga rada gemuk

    tp gpp mbak, selagi aktivitas shasa tidak terganggu dengan kegemukannya
    yg penting dijaga aja kesehatannya

    BalasHapus
  5. he he tenang mbak.
    Saya aja pengen gemuk malah gak gemuk gemuk.

    Ajak aja Shasha jalan pagi .. setidaknya seminggu 2tau 3 kali. Keliling komplek rumah aja. sembari ngobrol en cerita, gak terasa sudah sampai di rumah lagi. Atau jalan sore ..
    Main badminton juga bisa, ajang olahraga juga ajang bermain.

    Tapi bener loh, Shasha khan masa pertumbuhan .. aih aih, saya aja masih ngerasa masa pertumbuhan. Tapi saya numbuhnya ke atas en tambah mengecil *curhat nech* he he ..

    Tenang mbak g sah khawatir. Anak sehat dibarengi sama olahraga, pengaruhnya juga ke tingkat kecerdasan. JAdi jangan di rem ya makannya ..

    BalasHapus
  6. @harum : Emang Shasa kurang olah raga, mbak. Yah, semoga aja saat makin besar nanti Shasa berat badannya gak over lagi.

    @kejujurancinta : Yaaa Mbak Linda, aku kan sedih kalau dikatain gemuk. Hiks... *sambil nimbang pengen lihat nambah gak timbangannya*
    Alhamdulillah..., Shasa sehat dan tetap bisa aktif kok.

    @kuyus : Sebenarnya Shasa itu anaknya aktif dan banyak gerak, mbak. Tapi ya itu, gerakan yg tidak terkontrol, laen dg olahraga yg gerakannya teratur.

    BalasHapus
  7. loh loh, kok ada yg ngira shasa nurun gemuk dari mamanya sih?? salah banget, mamanya shasa itu langsing lo! ( Aku belain bu.. hi2..)

    BalasHapus
  8. @harun : hehehe, ternyata mbak Harum mau berbaik hati bilang bahwa aku langsing huehehe...

    BalasHapus
  9. kayakna bukan bb sha aja deh yang nambah punyaknya b reni juga tuh hehhehe( peace....yah bu peace...kekkekekek) maksudny saingan juga ma aku getu bukk...he..he..he..(tetep PD..):-p

    BalasHapus
  10. @anonim : sst..., gimana cara nurunin berat badan ? *sambil celingak celinguk biar ga didenger orang lain*

    BalasHapus
  11. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update! mobil banjir

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)