Kamis, 19 Februari 2009

Tugasku : I Don't Like It !!

Oh... My... God... !! Siapa coba yang nyangka kalo niat awalnya buka internet mau having fun..., malah dapat kerjaan yang banyak banget !! Berawal dari sapaan mbak Kuyus di shoutmix-ku yang mengatakan bahwa aku dapat tugas darinya, untuk aku kerjakan di blog aku. Apa...? Tugas ?? (Sekali lagi) Oh My God... !! Emang kurang apa tugas-ku di kantor seharian ini yang sudah bujubune banyaknya .. ?!

Kalau boleh milih sih..., daripada dapat tugas lebih baik dapat makanan yang lezat deh huehehe... (ketahuan banget kalo doyan banget makan neeh..). Apalagi setelah aku cek tugasku dari blognya mbak Kuyus, olala... ternyata banyak banget tugasnya. Kalau dikerjain, pasti makan waktu lama tuh. Wah wah..., bayangan buka internet mau ber-facebook ria jadi gatot alias gagal total !!


Gambar diambil dari sini

Tapi, berhubung yang memberi tugas ini seseorang yang selama ini baik banget padaku dan juga udah banyak bantu aku, aku gak keberatan kok ngerjainnya. Selain itu, daripada aku susah-susah cari ide untuk posting, lebih baik ngerjain PR ini aja. Beres khan ?!

Sebelum aku mengerjakan tugas itu, aku kudu ngerti dulu dengan aturan mainnya. Tema dari tugas yang harus kukerjakan kali ini adalah : I DON'T LIKE IT !! Aturan main dalam mengerjakan tugas ini adalah :

  1. Buatlah daftar 10 hal dan kebiasaan (buruk) yang tidak disukai, namun apabila merasa terdapat lebih dari 10 hal/kebiasaan buruk yang tidak disukai maka silahkan ditulis semuanya.
  2. Sebutkan juga alasan mengapa Anda tidak menyukai hal-hal/kebiasaan-kebiasaan tersebut.
  3. Setelah selesai membuat daftar dan penjelasan seperti yang tertera pada poin 1 dan 2, maka silahkan men-tag 10 blogger lainnya.

Tujuan yang ingin diperoleh dari "tugas mulia" ini kurang lebih seperti yang disampaikan mbak G sebagai berikut : Untuk mengetahui hal2 buruk dan kebiasaan2 buruk seperti apa yang paling banyak disebutkan oleh para blogger, dengan harapan (bersama-sama) kita dapat membangun kesadaran kita dan menanggalkan kebiasaan2 atau hal-hal buruk tersebut.

Oke..., mari kita mulai dengan tugas mulia ini (halah.... !!). Sebenarnya sulit juga sih..., karena apa yang tak aku suka sebetulnya sudah diuraikan juga oleh mbak kuyus dan mbak G, maupun blogger lainnya. Tapi tak apalah..., aku akan tulis 10 kebiasaan buruk lainnya. And... here they are ....

  1. Orang yang suka mencari kelemahan orang lain, dan memanfaatkan pengetahuannya itu untuk menjatuhkan orang lain. Bagiku, orang yang seperti ini nyebelin banget karena mereka merasa bahwa hanya dirinya saja yang paling hebat dan benar. Di mata orang-orang seperti ini, orang lain tidak ada yang benar dan "cacat" semua.
  2. Orang yang sibuk menghambat keberhasilan orang lain. Orang-orang seperti ini seringkali lupa memikirkan bagaimana caranya agar dirinya sendiri berhasil, tapi justru sibuk memikirkan bagaimana caranya agar orang lain gagal. Orang-orang seperti itu tak akan bisa menjadi kawan sejati.
  3. Orang yang keras kepala. Kalau sudah ketemu dengan orang yang keras kepala, maka siap-siap sakit hati deh. Karena mereka biasanya tak mau dengar apa kata orang lain. Mereka ngotot mempertahankan pendapatnya sendiri. Lebih menyebalkan lagi kalau mereka sudah ngomong begini : "pokoknya begini.... begini" atau kadang mereka ngomong begini, " aku gak mau tahu, yang pasti harus begini ... begini"
  4. Orang yang semau gue.. !! Mereka biasanya tidak perduli dengan orang lain dan hanya fokus dengan dirinya sendiri. Orang lain terganggu, tersinggung, tersakiti atau apapun, mereka tak akan perduli. Prinsip mereka, yang penting aku suka, aku bahagia. Wis ..., nyebelin banget deh...
  5. Orang yang tidak mau (atau gengsi) meminta maaf kalau bersalah. Meskipun tahu kalau dirinya bersalah, mereka sangat berat meminta maaf. Menyebalkan to ?? Lebih menyebalkan lagi kalau mereka selalu menuntut orang lain meminta maaf bila mereka melakukan kesalahan.
  6. Orang yang tak bisa menghargai waktu dengan baik. Mereka tak merasa perlu untuk mengatur waktu. Mereka tak merasa rugi bila harus berulang kali menunda-nunda suatu pekerjaan. Sebenarnya kalau hal tersebut tidak menyangkut orang lain sih tidak masalah, karena yang akan menerima semua akibatnya hanya dia sendiri. Tapi kalau sudah menyangkut orang lain dan waktu orang lain, kan malah merugikan orang lain dan mengorbankan waktu orang lain menjadi sia-sia.
  7. Orang yang terlalu Percaya Diri. Biasanya orang-orang yang seperti ini, ngomongnya juga tinggi. Mereka gemar membanggakan diri sendiri dan membicarakan diri sendiri, karena sangat yakin bahwa diri mereka hebat dan penting. Lama kelamaan, bikin orang lain yang mendengar kata-katanya jadi eneg juga kan ?? Memangnya tak ada topik lain yang lebih menarik untuk dibicarakan selain dirinya sendiri ??
  8. Orang yang suka pamer !! Orang seperti itu sukanya memamerkan apapun yang ada dalam dirinya. Seisi dunia pasti akan tahu kalau suatu saat dia punya HP baru, atau punya mobil baru ... atau saat dia kenalan dengan Mr. Bean sekalipun !! Orang yang suka pamer ini beda tipis dengan orang yang terlalu PD. Kalau orang yang terlalu PD sangat suka membicarakan kelebihan dirinya, orang yang suka pamer sangat suka membicarakan apa yang dimilikinya (lebih bersifat materi).
  9. Orang yang suka mengumpat di jalan raya. Aku paling sebel kalau mendengar orang-orang berteriak dan mengumpat di jalan raya. Kondisi jalan raya yang ramai, bising dan kadangkala macet sudah memicu munculnya stress. Tapi, kondisi seperti itu malah diperburuk oleh sikap orang-orang yang tak sabaran dan dengan mudahnya memaki dan mengumpat orang lain di jalan raya !!
  10. Orang-orang yang suka menggampangkan urusan. Mereka selalu berdalih bahwa ntuk apa membuat sesuatu hal menjadi "berat". Mereka cenderung untuk menganggap segala sesuatunya itu sederhana dan tidak perlu dipusingkan. Menurutku tidak begitu, karena dalam hidup ini tetap ada hal-hal yang menjadi skala prioritas. Bagiku orang-orang yang selalu menggampangkan segala urusan, justru tak memiliki skala prioritas dalam hidupnya.
Akhirnya...., selesai juga "tugas mulia" itu aku kerjakan hehehe... Sebenarnya masih ada yang lain yang bisa aku sampaikan. Tapi tidaklah... Cukup untuk kali ini. Sudah terlalu banyak yang aku sampaikan kali ini. Sampai-sampai aku merasa seperti "juri" yang sedang keasyikan mencari hal-hal buruk yang aku lihat dari orang lain. Ih... ngeri ah !!


Gambar diambil darisini

Padahal, mungkin saja orang lain justru mencatat 10 hal yang tidak menyenangkan versi mereka, yang ternyata semuanya terdapat dalam diriku. Aha...!! Sangat mungkin bukan ??


Gambar diambil dari sini

Oke, tak mengapa. Justru bagi siapa saja yang terlibat dalam tag ini bisa saling berkaca dan introspeksi. Dengan membaca banyaknya hal yang tidak menyenangkan bagi orang lain, kita bisa mematut diri. Apakah hal-hal buruk itu ada yang kita miliki. Seandainya ada..., kini waktunya untuk membenahi diri. Mumpung ada waktu kawan... Kita kan tak mau menjadi manusia-manusia yang merugi.

Untuk tugas terakhir, yaitu men-tag 10 blogger lainnya, sepertinya aku tak bisa melaksanakannya. Alasannya cuma ada 2, yang pertama : aku hampir mabok mengerjakan tugas ini, dan aku tak sampai hati memaksa orang lain untuk mengerjakannya juga. So, aku mengijinkan dan mempersilahkan bagi siapa saja yang bersedia ikut dalam tag ini untuk mengerjakan seperti apa yang telah aku kerjakan.

Alasan kedua sebenarnya malu untuk aku sebutkan, tapi it is unfair bila aku tak menjelaskan bukan ? Terus terang saja..., aku belum punya teman sebanyak yang lain. Aku baru berkawan dengan beberapa blogger saja. Itupun sebagian dari mereka telah mendapat tugas ini pula. Untuk menyerahkan tugas ini kepada orang lain yang sama sekali aku belum kenal..., tentu saja aku tak berani. Bayangin saja, baru juga kenalan..., masak langsung menyerahkan tugas yang sedemikan berat ??

Jadi..., untuk bagianku, tugas ini terpaksa berakhir di sini. Dan aku akan senang apabila ada rekan blogger lainnya yang dengan sukarela meneruskan tugas mulia ini hehehe. Yakinlah, dengan meneruskan "tugas mulia" ini akan banyak manfaat yang akan didapat. Percayalah padaku whehehehe...


10 komentar:

  1. Hihi.. ternyata sudah kena virus tag juga mbak Reni? Selamat, Anda sudah mengalami bagaimana bingungnya ternyata jadi blogger karena punya pe-er juga, haha!

    Saya ingat pertama kali dapat tag dari blogger Filipina waktu saya baru sebulan ngeblog (Desember 2007), dan cukup bingung karena ga tau musti diapakan, akhirnya saya malahan jalan sana-sini (blogwalking maksud saya, hihi) dan setiap dapat kenalan baru saya limpahkan saja tag tersebut kepadanya, yg mengherankan, mereka kok mau ya? (^^,) Pada baik hati memang blogger2 itu (^_^)

    Iya nih, jadi merasa gimana gitu abis ngomel2, seakan2 saya sudah yg paling bener aja, padahal?

    Cuma, kalau saya berpikir mmg perlu untuk mengidentifikasi apa yg kita tak suka sehingga jangan melakukan hal itu kepada org lain, begitu kan prinsipnya ya mbak, jadi ada konsekuensi-nya ternyata dari pernyataan negatif yg dikeluarkan (^^,)yaitu harus konsisten juga dalam bersikap, yg tidak disukai harus tidak dilakukan!

    BalasHapus
  2. @G : mbak, virusnya dah nular sampai ke aku lho !! Hehe, emang bingung juga siy dapat PR seabreg banyaknya gitu.
    Ya setidaknya kita bisa konsekuen utk tidak melakukan hal-2 yang tidak menyenangkan tsb. Semoga aja ke depannya kita makin bertambah baik ya ? Amien.

    BalasHapus
  3. kliyeng kliyeng begitu dapet pe'er yg semacam inih pula, berpikir keras ttg 10 hal yg tak dsuka hihihi sampe sekarang masih tak simpen rapi dmeja:p btw 10 macam orang yg mbak sebutin itu bisa dsebut sebagai orang yg aneh hehehe

    BalasHapus
  4. @wendy : wah... berarti bisa digolongkan sbg orang yg aneh tapi nyata dong, mbak. Kan orang-2 spt itu banyak di sekitar kita..

    BalasHapus
  5. Sama kok mbak Reni, saya juga bingung saat mengerjakannya, terus bingung juga saat mau diteruskan ke siapa.

    Saya setuju dengan mbak G, jika kita tidak suka orang melakukannya kepada kita, maka jangan kita lakukan hal yg sama kepada orang lain.

    BalasHapus
  6. Mbak, saya mampir dan jadi nyengir liat gambar yg mbak pakai untuk entri ini, hihi.. Pas banget kayak wajah seseorang yg tadi sore baru aja saya saksikan sendiri, jadi 'wajib' saya nulis komentar ttg wajah sebel itu di sini, qiqiqiqiqii..

    Met malam mbak!

    BalasHapus
  7. @Erik : Mas Erik betul, kalo kita ga suka orang lain melakukannya pada kita, maka kita juga harus konsekuen utk tidak melakukan hal tersebut pada orang lain juga.

    @G : Hehehe, rupanya "wajah sebel" itu mengingatkan Mbak G pada seseorang ya ?? Yang membuat mbak G "tergigit lidah sendiri.." ??

    BalasHapus
  8. Wah kalau orang-orang seperti itu ada, aku pasti juga tidak suka.

    BalasHapus
  9. He he .. seru juga PR I don;t like it. *asyik mengamati komentar teman teman*

    BalasHapus
  10. @anoniim : Sama dong... aku juga tidak suka...

    @kuyus : PR-nya dah selesai mbak. Semoga gak mengecewakan.

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)