Kamis, 14 Januari 2010

Sehari bersama para pensiunan

Hari ini aku mendapatkan kesempatan untuk berkumpul bersama para pensiunan. Kemarin bos-ku menerima undangan dari Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Propinsi Jawa Timur yang mengadakan Rakorwil Se-eks Karisidenan Madiun. Acaranya diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Ngawi, dan rencananya akan dibuka langsung oleh bapak Bupati Ngawi.

Karena Bos-ku berhalangan hadir, beliau mewakilkan aku untuk hadir di acara tersebut. Akhirnya..., meluncurlah aku pagi itu ke Ngawi. Acara itu dihadiri oleh perwakilan PWRI Cabang se-eks Karisidenan Madiun yang meliputi : Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Pacitan. Selain itu mereka mengundang Kantor Pajak, ASKES, Perwakilan Perbankan dan Kantor Pos.

Acara tersebut jadi dibuka oleh Bapak Bupati Ngawi. Dari sambutan beliau, tampak penghargaan yang besar kepada para pensiunan yang tergabung dalam PWRI. Beliau menyatakan bahwa generasi muda seyogyanya belajar banyak dari para pensiunan, karena motivasi dan semangat kerja PNS saat itu jauh berbeda dengan dulu. PNS sekarang sudah tidak se-idealis dulu.

Selanjutnya, acara diisi dengan pemberian materi seputar Pajak (Khususnya NPWP) dan Askes. Para pensiunan itu terlihat sangat serius memperhatikan materi yang disampaikan. Bahkan, sesi tanya jawab jadi sangat hidup karena para pensiunan itu sangat antusias mengajukan pertanyaan. Hanya sayang sekali, aku tak membawa kamera untuk mengambil gambar dari kegiatan tersebut.

Terus terang, aku sangat salut dengan semangat para pensiunan itu. Mereka yang bertempat tinggal di Ponorogo dan Pacitan..., yang relatif jauh dari Ngawi, masih bersemangat untuk hadir. Selain itu, mereka masih semangat untuk menimba informasi-informasi terbaru. Bagi mereka, usia tua tak menghalangi untuk tetap melangkah maju. Salutku untuk mereka....

Sehari bersama para pensiunan membuatku memetik banyak pelajaran, yaitu :
  • Bagi para pensiunan itu, berkumpul bersama rekan-rekan sebaya adalah hiburan yang sangat berharga
  • Berdiam diri di rumah tanpa kegiatan sama sekali justru menjadi siksaan bagi mereka
  • Berorganisasi membuat kehidupan para pensiunan itu lebih hidup dan bergairah
  • Menjalani hari tua dengan sehat adalah karunia yang tak terhingga
  • Meskipun sudah tua, namun semangat untuk berkarya dan menimba ilmu tak harus menurun
  • Yang terakhir, aku terlihat paling muda diantara semua undangan yang hadir ( hehehe, sungguh yang terakhir ini gak penting banget, maaf...:p ).
Jadi.., begitulah pengalaman yang kudapat hari ini. Aku ingin seperti mereka jika aku tua nanti, tetap bersemangat dalam menjalani hari tua dan mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Hmm.., aku rasa semua sahabat setuju denganku bukan ?

27 komentar:

  1. wah ketemu dengan para pensiunan ya mba!!!

    saya jadi berpikir kalo sudah tua gimana ya.....??? hehehehehe

    BalasHapus
  2. Waah...kegiatan seperti ini begitu membanggakan pastinya bagi mereka para pensiunan. Mengenang kembali aktivitas yang dulu sering mereka jalani. Sekaligus reuni mungkin.

    BalasHapus
  3. jadi inget ayah temenku yg udah pensiun...karna udah pensiun, temenku jadi ga bisa skola ke jepang soalnya ga ada guarantee yg dalam artian masih kerja

    BalasHapus
  4. Setidaknya akan mengingatkan kita dihari tua nanti :)

    BalasHapus
  5. Klo mba, blum mau pensiun, kan. Ngeblognya? He9x

    BalasHapus
  6. Sangat luar biasa memang berorganisasi membuat kehidupan kita makin hidup, banyak sekali pada waktunya ambil pensiunan mesti rame-2 berangkat bersama maklum saja sekitar rumahku cukup byk para pengisunan dari TNI dan Polri. Sangat guyub menurutku.

    dan teringat semasa kecilku karena sering di ajak oleh ibuku ambil pensiunan.

    Tetap Semangat.

    BalasHapus
  7. Jadi inget sama temen lama, dulu sewaktu kt msh senasip di perantauan, keg. apapun slalu runtang-runtung sm tmn-tmn, kt jg ngobrol smg bsk kt tuapun msh suka kumpul spt ini ya, senengnya kl bisa...

    BalasHapus
  8. wah... entar klo saya dah tua masih bisa ngumpul juga nggak yah?

    BalasHapus
  9. yups setuju mbak, idealnya begitu... :-)

    BalasHapus
  10. masa tua,...suatu saat jika diberi umur panjang..kita pun akan sampai disana ya mba ^_^

    BalasHapus
  11. Bukan cuma buat para pensiunan Mbak, buat kita semua, berkumpul dengan teman sebaya adalah sebuah kebahagiaan tersendiri.

    Oleh2nya apa Mbak dari Ngawi?

    BalasHapus
  12. Kadang sendirian itu sangat menyiksa.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah Mbak, kalau kita semua diberi umur yang panjang untuk menikmati masa pensiun.

    BalasHapus
  14. Aku jdi inget ma papiku yg udah pnsiun...
    yg dLu'y krja'y cuman nanda tanganin berkas2...
    skrg jd petani kebun dan sawah.
    Badan'y jD kurus.,

    BalasHapus
  15. setuju banget mbak.... sungguh sebuah pengalaman yang sangat indah...

    BalasHapus
  16. wah, asik nih sering2 disuruh ke luar kota. btw, memang gak enak kalo gak punya kegiatan.

    BalasHapus
  17. Bener mbak, bersilaturahim memang mengasyikkan, tentunya Paa pensiunan pun pada suka, hehehe

    BalasHapus
  18. wah mantap neh kalo para senior dah ngumpul

    BalasHapus
  19. sayah selalu salut sama orang2 yang tetap punya semangat beraktivitas. wahhh... keseharian dikau berwarna juga ya mba :)

    BalasHapus
  20. Tidak hanya pensiunan saja, kita kadang juga kesepian dan tersiksa karena tidak ada ide (atau malas ya) untuk memanfaatkan waktu luang!

    BalasHapus
  21. Setuju mbak! Kalo bisa kita tetap semangat ngeblog sampe tua!

    Pa kabar mbak? Semoga aku ga ketinggalan banyak update disini. Capeknya seminggu ini...

    BalasHapus
  22. terakhir komen disini.. hehehehe...

    BalasHapus
  23. wah tulisannya bagus,alur nya enak di baca. hohoho maaf saya mengomentari dr sisi ini, maklum newbie mau bnyak2 bljr dr yg sudah senior dlm blogging..
    saling kunjung yah..

    BalasHapus
  24. pensiun memang sering kali membingungkan, mau apa nanti. Itu yang terjadi dengan bpk saya yang PNS. Untunglah ada kegiatan lain.

    BalasHapus
  25. jadi terbayang mbak gimana yah saya nanti kalau pensiun mudah-mudahan deh diberi umur panjang supaya bisa sampai pensiun Amin

    BalasHapus
  26. Pensiun mau tidak mau harus dihadapi yang penting kreatifitas tidak menurun dan tetap berkarya Salam kenal dan artikel bagus bu

    BalasHapus
  27. Siapa nama ketua PWRI Magetan. Kalau tahu kirimi aku nama dan no HP nya ke 08122776828. PWRI Bantul Yogyakarta ingin jalin komunikasi dgn PWRI Magetan. Makasih

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)