Jumat, 18 Februari 2011

Agar tidak terlalu terbuka

Dari internet kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi. Apapun yang ingin kita ketahui, bisa kita dapatkan dengan bantuan internet. Bahkan untuk mencari teman yang hilang pun kita bisa mengandalkan internet untuk melacak jejaknya. Tak butuh banyak waktu, dalam hitungan menit, kita bisa mengumpulkan banyak informasi yang kita butuhkan.

Selama ini aku menggunakan blog sebagai saranaku untuk menuliskan apa saja tentang kehidupanku dan semua yang ada dalam pikiranku. Sudah banyak sekali cerita tentang kehidupanku yang bagikan lewat blogku. Namun..., aku tetap berusaha untuk berhati-hati dan tidak berani terlalu terbuka tentang diriku dan keluargaku. Aku juga melarang Shasa untuk terlalu terbuka menuliskan identitas dirinya dalam blognya.

Dalam blogku, aku masih menyisakan sedikit privasi untukku dan keluargaku. Ada ruang yang sengaja tak aku buka lewat media blog. Semua itu aku lakukan hanya untuk melindungi keluargaku dari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi. Aku hanya tak ingin cerita yang aku bagikan lewat blogku akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab (yang tentu bukan berasal dari sahabat-sahabat bloggerku). Aku tak ingin orang-orang itu memanfaatkan informasi yang mereka dapatkan dari blogku untuk keuntungan mereka semata.

Mungkin apa yang aku lakukan dan aku takutkan itu sepertinya sudah kelewatan ya? Memang aku akui bahwa aku sedikit paranoid akibat seringnya mendengar berbagai kejahatan yang terkadang melibatkan dunia maya. Jadi, bagi sahabat-sahabat blogger harap maklum jika ada hal-hal yang tidak bisa secara gamblang aku share disini.

Tapi... itu bukan berarti aku tertutup sama sekali lho. Selama ini beberapa sahabat bloggerku bisa mengetahui beberapa hal yang tak aku buka lewat blog saat mereka kopdar denganku. Bahkan dengan beberapa sahabat blogger (yang kebetulan hampir semuanya wanita) yang aku belum pernah ketemu, aku sudah berbagi nomor telepon selularku. Intinya, aku mempercayai sahabat-sahabat bloggerku, tapi hal-hal yang tak aku share lewat blogku selama ini aku bagi secara pribadi.

Menurut sahabat semua..., apakah yang aku lakukan terkesan berlebihan?

34 komentar:

  1. ga kok bunda, saya juga kaya gitu. palingan yang saya ceritain cuma kisaran dunia saya. tapi kalo tentang keluarga atau yang emang privacy ya ga diceritain :D

    BalasHapus
  2. Wajar kok mbak Reni, saya sendiri juga tidak menuliskan semua tentang saya di blog. Apalagi soal saya pribadi, kegiatan yang rutin ditulis paling2 ya yang diamati di sekitar entah itu secara kebetulan atau yang sedang berlangsung...

    BalasHapus
  3. tentu saja tidak mba, itu sikap yg sangat wajar mbaku...:)

    kita memang harus berhati-hati juga karena tdk semua pengguna internet tulus seperti kita :D

    *mba ku tugas kata mutiara sdh aku kerjakan,smg berkenan ya ^^

    BalasHapus
  4. ada beberapa hal memang mba' yang lebih baik tidak di share di blog... karena blog sendiri walau milik kita tapi kita tak bisa mengontrol siapa saja yang bisa membaca dan membuka :)

    BalasHapus
  5. Setuju Banget Bu Reni, kadang ada yg bisa dibagi ada yang harus disimpan sendiri, tinggal kita sendiri saja pinter memilah-milah mana hal yang bisa dibagi dan tidak. Seperti dikehidupan nyata juga, ngga mungkin semua rahasia kehidupan kita dibagikan sama tetangga atau rekan kerja?

    BalasHapus
  6. pagi mbak...
    setuju.. menurut aku juga, harus ada batasanya ya...


    have a great day ...

    BalasHapus
  7. wajar mbak itu manusiawi mnurut ku. kita punya privasi masing2 yg g boleh diketahui oleh orang lain

    BalasHapus
  8. Gak juga lah... Memang sebaiknya kita tidak open semuanya pada publik. Lebih baik kalo lebih banyak pemikiran kita yg kita share

    BalasHapus
  9. Pagi Mb Reni...semoga hari ini lebih menyenangkan dan berjalan dengan lancar ya Mb.
    Kalau menurut saya gak si mb, tindakan mb juga udah benar karna tidak semua hal2 yang kita punya harus dipublikasikan, demi menjaga dan melindungi dari hal2 yg gak kita inginkan.

    BalasHapus
  10. gak sama sekali bu .. privasi memang sangat dibutuhkan di dunia maya :)

    BalasHapus
  11. Memang ga semua hal harus dibuka di blog mbak, aku juga gitu qo...

    BalasHapus
  12. tidak kok,blog dengan identitas memang kdang harus ada privacy .. begitu banyak kasus kejahatan dunia maya .. oh iya saya juga mau berbagi info.

    waspada pada link spam/url manipulasi blogger login, begitu bnyak phising blog dengan cara ini ..terutama melalui email..perhatikan url resmi yang dicantumkan ... yang asli hanya blogger.com kalo ada embel2 lain maka bergegas tinggalkan url itu ..

    heheheh..selamat pagiii

    BalasHapus
  13. setuju mba...ada hal2 yang memang tidak bisa kita ungkap di blog dan tetap menjadi rahasia kita sendiri

    BalasHapus
  14. Mba Renu, setuju banget dengan apa yang Mba tuliskan. Ngeri boo jamna sekarang kejahatan makin membabi buta :-)

    Btw, thanks yah udah mau berbagi nomer telepon dengan ekye sehingga kita bisa rumpi2 meskipun gw kadang kena virus males BW ato ngeblog hehehe

    BalasHapus
  15. ngga berlebihan kog, ngeshare yang perlu-perlu aja, jangan yang pribadi banget... hehe, semangat buat ngeblog terus ^_^

    BalasHapus
  16. setuju mbak..nggak boleh terlalu mengekspose diri dalam dunia maya. pikiran orang kan beda-beda, kita nggak pernah bisa tahu kapan orang berniat jahat dengan kita. jadi lebih baik antisipasi dulu

    BalasHapus
  17. Tidak terlalu terbuka itu bijaksana Mbak, jadi kita tidak terlalu menelanjangi diri. Ini bukan hanya tentang aman tidaknya, tapi tentang konsep diri. bener katanya sampean, biar kita masih punya sepenggal ruang privasi.

    BalasHapus
  18. hehhehe
    bener banget sih mbak
    tapi saya kayaknya justru banyak banget share tentang saya di blog
    hehhehe
    makasih udah ngingatin :D
    salam ya buat sasha :D

    BalasHapus
  19. nda, masi wajar ajah mbak, yang penting nda menyalahi kitab kuhp... hehheeh

    BalasHapus
  20. tidak Mbak, dalam kehidupan sehari-hari juga kita perlu ada misteri, biar seru.

    BalasHapus
  21. blognya unik banget mbk. maklum baru mampir k4 ini xoxoxo..
    klo yg privat emang ngapain juga di buka di blog tar ada yg tersanjung lagi

    BalasHapus
  22. ya mbak reni,,
    kita emang harus tetap menjaga beberapa privasi di blog ini kan yak!
    itu bukan berarti kita sombong, tapi namanya juga dunia maya :D

    BalasHapus
  23. semua memang ada batasnya ya kan mbak :) yg penting apa yg kita lalukan sesuai dgn hak kita sebagai pribadi hehee

    BalasHapus
  24. gpp koq mbak, toh gak semua harus kita ceritakan lewat blog, kita memang tetap harus menjaga privacy kita, secara blog itu kan milik pribadi yang diketahui ama semua orang bahkan orang kita gak kenal sekalipun, ya kan mbak?? :)

    BalasHapus
  25. hati2 memang perlu mbak, kupikir banyak blogger yg sepaham juga. Tp mbak Reni cukup terbuka kok, buktinya banyak teman yang menikmati bersahabat dengan mbak :)

    BalasHapus
  26. dulu di blog saya yang lama (dekade80.blogspot) saya sempat mencantumkan nomor hp, dan tanpa diduga beberapa sms iseng datang menghampiri saya. akhirnya kapok saya mencantumkan informasi personal seperti itu, kita memang harus hati-hati dengan data diri kita di internet

    BalasHapus
  27. itulah bedanya dulu dan sekarang. dulu suka pusing kalo cari informasi susahnya minta ampun. sekarang tetep aja pusing karena kebanyakan informasi..

    BalasHapus
  28. no rekening, kode pin , informasi keluarga, pekerjaan tidak usah terlalu dibuka nanti dipergunakan untuk kejahatan

    BalasHapus
  29. Memang seharusnya begitu, karena blog kita terbuka dan mudah diakses siapa saja dan tentunya itu bisa dimanfaatkan oleh orang yang mempunyai itikad tidak baik.

    BalasHapus
  30. Gak Berlebihan Kok buk...!!!!!!!

    BalasHapus
  31. benar mbak, tidak semua masalah harus kita publikasikan, ada juga jalur-jalur pemisahnya

    BalasHapus
  32. emang seharusnya gitu Mbak, makanya kalo masalah pribadi saya nggak pernah sharing di blog. aneh aja sih, orang lain disuruh tau masalah kita.. ntar dikira gila publisitas lagi. hehehe

    BalasHapus
  33. Setuju mba, Untuk hal yang sangat privasi, sebaiknya memang tidak dipublikasi. :)

    BalasHapus
  34. bahaya tuh kalau terlalu terbuka, bisa membuka aib sendiri he he :D

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)