Kamis, 31 Maret 2011

Plastik ramah lingkungan

Beberapa hari yang lalu aku baru tahu (telat banget, sih) tentang adanya kantong plastik yang ramah lingkungan. Pelopornya adalah Sugianto Tandio. Pabriknya (PT Tirta Marta) yang berada di Cikupa, Tangerang - Banten telah memproduksi kantong plastik ramah lingkungan.

Apa yang dilakukan Sugianto itu tentu saja merupakan solusi bagi kelestarian lingkungan kita. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kantong plastik merupakan musuh lingkungan. Plastik memiliki sifat tidak mudah terurai. Tingginya massa molekul yang terkandung dalam plastik membuat plastik tidak bisa langsung dihancurkan oleh mikroba.

Untuk bisa menghancurkan plastik, mikroba butuh proses oksidasi. Padahal proses oksidasi ideal untuk kantong plastik biasa (yang sering kita pakai selama ini) memakan waktu sekitar seribu tahun atau seabad. Lama sekali bukan? Itu sebabnya sampah plastik diprediksi mengancam kelestarian lingkungan.

Karena merasa terpanggil untuk menyelamatkan lingkungan, Sugianto pun melakukan riset selama 8 tahun. Dalam risetnya dia menggabungkan teknologi pembuatan kantong plastik yang ramah lingkungan, berdampak sosial, dan harganya terjangkau. Akhirnya, dia menemukan teknologi Oxium dan Ecoplas untuk mengatasi dampak buruk kantong plastik. Dua teknologi tersebut sudah dipatenkan. Teknologi Oxium dan Ecoplas tersebut diterapkan pada tahap produksi bijih plastik (polyethylene).

Teknologi Oxium adalah memberikan campuran bahan aditif pembuat bijih plastik. Dengan penambahan bahan tersebut, proses oksidasi pada kantong plastik bisa dipercepat. Mikroba bisa semakin cepat menghancurkan sampah kantong plastik. Jika sebelumnya kantong plastik terurai setelah seribu tahunan bisa dipercepat hanya dalam kurun dua tahun.

Pengembangan selanjutnya adalah teknologi Ecoplas. Dalam teknologi itu, Sugianto mencampur bahan pembuat bijih plastik dengan tepung ketela pohon. Dalam persentase tertentu, kantong plastik yang berbahan ketela pohon itu bisa hancur hanya dalam waktu sekitar dua bulan. Tidak hanya ramah lingkungan, pembuatan tas plastik yang diberi nama ecoplas ini ternyata juga mampu memberdayakan ekonomi masyarakat dan petani singkong.

Saat ini kantong plastik dengan teknologi Oxium lebih laku di pasar lokal oleh sebagian perusahaan waralaba besar. Di antaranya, Indomaret, Alfamart, dan Hero. Tanda yang bisa dilihat, di kantong plastik dari toko-toko tersebut terdapat logo Oxium yang dilengkapi gambar kantong plastik hancur dalam empat tahap.

Sementara itu, kantong plastik dengan teknologi Ecoplas yang memakan biaya produksi lebih mahal sebagian besar diekspor. Brand-brand asing yang menggunakan kantong plastik Ecoplas, antara lain Polo, RalphLaurens, Raoul, Nickelodeon Universe, dan Lake Winds. Produk lokal yang menggunakan kantong plastik Ecoplas adalah Grup Ciputra dan Miracle.

Dengan upaya itu, diharapkan ancaman bencana karena kantong plastik di negeri ini bisa dicegah. Selain itu, penggunaan kantong plastik tetap harus mulai dikurangi mulai sekarang agar tidak menjadi musuh lingkungan.

35 komentar:

  1. Bener Mb...jadi mulai dari sekarang biasakan saja untuk membawa wadah dari rumah mb jadi mengurangi kantong plastik yg terpakai juga terjamin buat kita.
    Saya salut sama Sugianto yang benar2 pemerhati lingkungan hingga ada ide yang sangat cemerlang untuk menyelamatkan kita semua.

    BalasHapus
  2. plastik emang jadi musuh banget buat lingkungan, tapi untung yah ada yang kreatif nemuin solusi biar plastik gampang didegradasi begitu.

    kalo nggak salah, selain yang pake logo Oxium ini ada juga plastik berbahan baku serat singkong.. ini plastik juga gampang ancur.

    BalasHapus
  3. posting bagus mba.... lam kenal.... baru saya tahu rupanya ada plstik ramah lingkungan.... ia ia theme mba bagus "cool"

    BalasHapus
  4. menarik mba', aku malah baru tahu nih .....

    BalasHapus
  5. tempat2 belanja saat ini menggunakn plastik yang dapat hancur sendiri walaupun dlam wktu 2 thn

    BalasHapus
  6. Iya mbak aku beli di indo*** kreseknya ada tulisannya, plastik ramah lingkungan, bisa hancur sendiri

    BalasHapus
  7. mudah2 plastik ini bisa juga kita temukan di pasar tradisional ya, mbak... supaya tidak ada lagi pencemaran lingkungan oleh plastik.

    BalasHapus
  8. plastik memang serba guna, bisa disesuaikan dengan kebutuhan, cuma sekarang kadang banyak yang make plastik secara boros karena harganya yang memang cukup terjangkau. sukur deh ada plastik ini, tapi menurutu saya kantong kertas lebis bermanfaat. gampang pula dilipetnya. saya daritadi ngomong apa ya? ghehehe...

    BalasHapus
  9. sayangnya bu, ga semua plastik berbahan ramaha lingkungan. padahal hampir kebanyakan masyarakat kita butuh plastik untuk segala keperluannya. :(

    BalasHapus
  10. waaaah ini dia postingannya
    hehehe...

    lebih baik mengurangi pemakaian plastik

    BalasHapus
  11. bagus bu rens postingannya...tapi kita sudah bisa beli dimana ya...?

    BalasHapus
  12. aku sering banget lihat kantong plastik itu kalo belanja ke waralaba itu, tapi aku lebih bawa kantong sendiri yang dibuat dari karung terigu bekas. :D

    BalasHapus
  13. sekarang saya juga bawa plasttik reborn kemana -mana mba..sudah ada yg keren yg bisa dilipat kecil jadi praktis bawanya

    BalasHapus
  14. inovasi harus terus diupayakan oleh anak negri, ayo dukung demi bumi tercinta.

    BalasHapus
  15. coba contoh plastiknya difoto bu, saya pingin tahu.

    BalasHapus
  16. heehhh..
    plastik mang salah satu musuh bumi,
    sepakat ma ibudini, kemana2 bawa tas sendiri, jadi menghemat plastik, :)

    bagus kalo sekarang teknologi ramah lingkungan sedikit2 bisa diaplikasikan, dulu juga sempat ngikutin penelitian skripsi temen tentang plastik biodegradable,^^

    BalasHapus
  17. kayaknya masih lebih enak pake kantong kertas deh mbak ^^

    BalasHapus
  18. hmmm hebat ya beliaunya..

    saya termasuk pemakai kantong pelastik yang boros g ya?? pernah saya merasa sayang membuang kantong pelastik, tapi jadinya kamar saya tambah berantakan macam tukang koleksi gitu mb*eh, malah buka aib di sini

    BalasHapus
  19. semoga nantinya tidak hanya pada kantong plastik saja yang ramah lingkungan tapi juga aneka bahan plastik lain seperti, ember, gayung dll

    BalasHapus
  20. kantong plastik Hypermat juga ramah lingkungan

    BalasHapus
  21. Paling tidak ada inovasi soal sampah plastik. Pencemaran lingkungan dari styrofoam udah ada gantinya belum ya?

    BalasHapus
  22. ya memang sudah ada kantong spt itu , mbak. hanya saja suka lupa bawa nih kalo pas belanja ke supermarket

    BalasHapus
  23. semoga ciptaan beliau itu segera mendapatkan hak patennya biar gak diakui oleh negara lain :)

    BalasHapus
  24. saya emang gak pernah bawa plastik sendiri, tapi selalu saya simpen saya setumpuk gak tahu buat apa..

    mungkin ada baiknya saya mulai membawa tas/ plastik sendiri...

    BalasHapus
  25. memang sudah saatnya kita peduli lingkungan..

    BalasHapus
  26. aq belum punya mbak yg kayak gini..

    BalasHapus
  27. mantap....! semoga menjadi pengganti yang terbaik di kelasnya.

    BalasHapus
  28. Wah semoga nanti bisa bener2 tergantikan sama yang ramah lingkungan ya.. Bukan cuma produk2 mahal aja.. hehe

    BalasHapus
  29. hallo mbak reni apa kabar...??? saya lama nggak mampir... makin keren aja blognya

    BalasHapus
  30. Saya suka artikel yang ini.. Seeep Mbak Ren;

    BalasHapus
  31. Di Samarinda belum ada plastik semacam itu. Yang beredar masih plastik yang berbahaya tsb yang kayanya penuh dengan zat kimia shg takkala makanan disimpan disitu, jadi terkontaminasi. Seandainya plastik yang ramah lingkungan tsb bisa segera didistribusikan ke daerah-daerah maka keluarga di Indonesia akan lebih aman dan sehat. Dan yang utamanya adalah kita semakin memiliki kesadaran untuk bisa ramah dengan lingkungan sekitar kita

    BalasHapus
  32. yang ramah lingkuangan selalu menguntungkan ya bu.

    BalasHapus
  33. huaaa info yang menarik mba ren. Aku langsung search google nyari info yang lebih jelas tentang ini. sebenernya udah lama aku penasaran, tapi ga sempet2 euy browsingnya...

    BalasHapus
  34. boleh tuh plastik, yaa dikit dikit untuk menjaga bumi yang sudah tak karuan ini....

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)