Rabu, 11 Mei 2016

Seseruan di Progo Rafting Magelang

Sabtu, tanggal 30 April 2016 yang lalu, aku dan teman-teman kantor seseruan di Progo Rafting Magelang. Kami berangkat bersama-sama dengan menggunakan bus kecil. Bagi kami, acara rafting ini sangat ditunggu karena dari semua temanku hanya satu orang yang pernah ikut rafting. Sementara bagiku dan teman-teman yang lainnya, rafting kali ini adalah pengalama pertama. Itu sebabnya, acara seseruan rafting di Kali Progo Magelang ini sangat istimewa. Namanya juga pengalaman baru.

Sampai di lokasi, ternyata airnya cukup deras. Jujur, aku sempat ngeri juga melihat derasnya arus air sungai. Maklum saja, kemampuanku berenang kan perlu diragukan karena aku cuma pinter ngambang aja hahaha. Tapi sayang juga kan, sudah datang jauh-jauh ke Magelang kalau gak ikut seseruan rafting dengan teman-teman kantor. Aku juga gak mau kalau hanya jadi penonton melihat keseruan mereka. Akhirnya, aku beranikan diri untuk ikut rafting. Semangat!!

Kami yang berjumlah 24 orang dibagi dalam 5 boat. Masing-masing boat berisi 5 orang ditambah 1 orang pemandu (river guide). Sementara ada satu boat yang hanya berisi 4 orang ditambah 1 orang pemandu. Sebelum kami naik ke boat yang sudah dipersiapkan, kami dibriefing oleh seorang pemandu tentang bagaimana cara memegang dayung dan cara mendayung. Bahkan kami juga diajari tentang apa yang harus kami lakukan jika terjatuh ke air dan bagaimana cara menolong orang yang terjatuh dari boat.

Usai briefing, sebelum masuk ke dalam boat... kami diajak foto dulu. Kami difoto per tim atau per boat. Selanjutnya... masuk ke dalam boat dengan deg-degan hehehe. Timku terdiri dari 3 orang wanita dan 2 orang pria. Kedua pria duduk di bagian depan boat, sementara aku dan seorang teman memilih duduk di bagian tengah dan satu orang duduk di belakang. Sementara pemandu duduk di bagian paling belakang boat. Dan... seseruan di Progo Rafting Magelang pun dimulai! Yay.....!!

Sayangnya pada awal 'petualangan' kami boat yang kutumpangi mendapat banyak halangan dan rintangan dalam menyusuri sungai. Beberapa kali boat kami menabrak batu dan tersangkut di atas batu. Sehingga beberapa kali pemandu harus turun dari boat untuk menarik boat kami agar bisa kembali masuk ke air. Terkadang kedua teman pria yang ada di timku juga terpaksa ikut turun membantu pemandu karena ternyata sulit juga mengembalikan yang tersangkut di atas batu itu.

Untungnya, setelah beberapa kalikami terkena masalah, pada akhirnya boat kami bisa menyusul boat yang lain. Rafting di Progo Magelang ternyata memang seru juga. Gelak tawa tak henti menemani keseruan kami bertualang hari itu. Aku sekali jatuh terjerembab di dalam boat, sementara temanku sampai berkali-kali terjerembab di dalam boat. Untungnya, dari timku tak ada yang terjatuh ke air. Sementara dari tim lain ada 2 orang yang sempat terjatuh dari boat.

Di beberapa tempat, ada fotografer yang siap menunggu kami untuk mengabadikan petulangan kami. Saat melewati fotografer-fotografer itu kami akan diminta untuk beraksi dan bergaya. Wah, kesempatan narsis yang sayang untuk dilewatkn begitu saja.

Foto-foto kami tersebut akan dapat kami miliki lewat beberapa 'paket'. 1 paket foto untuk 1 tim atau 1 boat, jadi foto-foto itu hanya berisi foto 1 tim saja. Ada beberapa pilihan harga untuk paket yang ditawarkan. Untuk 10 foto harganya Rp. 100.000, 30 foto harganya Rp. 150.000 dan untuk 50 foto harganya Rp. 200.000. Tapi bukan foto yang dicetak yang kami terima melainkan soft copy itupun baru dapat dikirimkan seminggu setelahnya.

Usai kami seseruan bermain air, kami akan mendapat suguhan unik berupa buah kelapa muda! Kelapa muda itu disajikan utuh, masih lengkap batok kelapanya. Seger sekali rasanya setelah kelelahan mendayung dan melawan arus air, bisa menikmati air kelapa yang segar beserta kelapa muda yang nikmat. Tak lupa disediakan juga tempe goreng dan beberapa gorengan lainnya.

Usai menyantap hidangan tersebut, kami bisa kembali ke tempat kami start dengan menggunakan angkot yang sudah disiapkan oleh panitianya. Sesampai di lokasi kami bisa segera mandi. Oya, panitia juga menyediakan tas kresek gratis untuk mereka-mereka yang lupa tidak menyiapkan tas kresek sebagai tempat menyimpan pakaian basah. Sayangnya kamar mandinya terbatas, sehingga kami harus rela antri dengan sabar untuk bisa membasuh diri.

Oya, ada catatan khusus nih bagi kalian-kalian yang ingin juga seseruan di Progo Rafting Magelang. Para pemandu selalu punya ide jahil untuk membuat acara rafting jadi makin seru. Pertama, mereka seringkali mengusulkan pada tim yang dipandunya untuk menjahili tim lain dengan cara menyiramkan air pada tim lain. Nah, yang terkena siraman air tentu saja gak akan terima dan mereka pasti akan berusaha untuk membalasnya kan? Acara rafting jadi makin seru dengan aksi siram menyiram air antar boat.

Kedua, ada pemandu yang iseng untuk dengan sengaja membalikkan boat agar seluruh anggota tim tercebur ke sungai. Saat kami seseruan kemarin, ada satu boat yang terbalik. Entah itu disengaja atau tidak, tapi kami buru-buru minta pada pemandu tim kami agar dia tak membalikkan boat kami. Tanpa terjebur ke dalam sungai saja kami sudah basah kuyub kok hehehe.

Ketiga, ada pemandu yang iseng dengan sengaja menjatuhkan salah seorang anggota tim sehingga tercebur ke sungai. Keisengan tak cukup sampai di situ, saat membantu yang tercebur itupun sang pemandu masih melanjutkan keisengannya. Dia akan pura-pura tak kuat mengangkat sang 'korban' dan kembali menjatuhkannya ke air. Itu dilakukan beberapa kali hehehe. Temanku ada yang menjadi korban kejahilan seperti itu.

Seseruan di Progo Rafting Magelang hari itu memang benar-benar asyik. Siapa yang sudah pernah kesana? Bagaimana? Asyik kan?

Penasaran pengen tahu foto-foto seseruanku di Progo Rafting Magelang? Klik aja tombol coklat di bawah ini ya....








6 komentar:

  1. Wah... liat foto mesti pake klik dulu...

    BalasHapus
  2. ih aku belum pernah rafting mbak

    BalasHapus
  3. Aku blm pernah rafting mbak, baca ini jadi pengen lagi.
    Seruuuu bgt ^^

    BalasHapus
  4. saya suka rafting mbak, seru soalnya :D

    BalasHapus
  5. Wah, seru banget nih. Foto-fotonya juga keren :)

    BalasHapus
  6. WAh seru banget ya mbak..
    btw ane belum pernah mainan ky gini :-/

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)