Minggu, 02 Agustus 2009

Bersama dalam perbedaan

animations


Hari ini, sebelas tahun yang lalu, aku dan suami mengikat janji sehidup semati. Mulai hari itu, kami telah resmi menjadi sepasang suami istri. Alhamdulillah.., setelah sekian lama bersama akhirnya kami bisa bersatu dalam suatu ikatan suci pernikahan. Sungguh tak kusangka, setelah melalui masa yang panjang dan bertemu dengan banyak orang, akhirnya kami dapat bersama selamanya (Insya Allah).

Jika menengok lagi ke masa silam, aku mengenal suamiku saat kelas 1 SMP. Kebetulan kami berada dalam kelas yang sama saat itu. Pertemanan kami awalnya biasa saja, namun seiring berjalannya waktu ternyata tumbuh rasa yang berbeda di antara kami. Yang aku ingat, saat pertama kali suamiku datang ke rumah bersama teman-teman laki-laki lainnya, aku tak dapat menemui mereka, karena bertepatan dengan saat aku akan berangkat menghadiri pertemuan Karang Taruna. Yang kuingat, saat itu aku deg-degan juga.... hehehe.

Aku sekelas dengan suamiku hanya 2 tahun, yaitu saat kelas 1 dan kelas 2 SMP. Saat kelas 3, kami sudah berbeda kelas, tapi itu tidak membuat pertemuan kami menjadi jarang. Selepas SMP, kami masuk di SMA yang berbeda. Namun.., seringkali saat aku pulang sekolah setelah mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, aku hampir selalu mendapati suamiku bersama beberapa temannya berada di jalan tak jauh dari sekolahku. Saat melewati mereka... aku selalu merasa deg-degan.... (halaaah...!!)

Saat pertama kali suamiku menyatakan rasa sukanya padaku, aku katakan kepadanya bahwa untuk saat itu (SMP !!) aku belum berani menjalin hubungan lebih dari pertemanan biasa. Aku menganggap bahwa di usiaku itu aku belum perlu berpikir yang lebih dari sekedar pertemanan biasa. Meskipun aku akui, bahwa dia berada di tempat yang istimewa di hatiku. Walaupun beberapa kali mendapatkan 'penolakan' untuk merubah status hubungan kami dariku, namun ternyata dia tetap rajin datang berkunjung ke rumahku, meskipun selanjutnya, aku dan suami melanjutkan pendidikan di kota yang berbeda.

Setelah berkali-kali suamiku menyatakan rasa sukanya, dan kami masih menjalani hubungan yang 'nanggung' (pacaran belum, tapi pertemanan biasa juga tidak) akhirnya aku baru berani secara terbuka menerimanya saat aku sudah kuliah tahun ke-3. Menjelang keberangkatanku untuk KKN, suamiku tanpa dinyana mengajak kedua orang tuanya untuk bertemu denganku dan kedua orangtuaku untuk membicarakan kelanjutan hubungan kami.

Orang tuaku menyerahkan keputusan sepenuhnya kepadaku. Apakah aku mau menerima atau tidak. Akhirnya, aku putuskan aku menerima. Sehingga, saat KKN aku sudah melangkah dengan lebih mantap karena aku merasa bahwa aku ada yang menunggu. Bahkan, suamiku menyempatkan diri untuk menjengukku di lokasi KKN di Purworejo sana. Jauh juga lho jaraknya.... Aku tentu saja senang sekali menerima kunjungan yang tak terduga itu. (So sweet... )

Takdir ternyata membawaku dan suamiku sama-sana bekerja di Madiun. Setelah merasa siap, akhirnya kami memutuskan untuk melangkah ke arah yang lebih serius lagi, yaitu pernikahan. Kedua orang tua kami menyambut hal itu dengan suka cita. Setelah 13 tahun kebersamaan kami, kami melangkah bersama dalam pernikahan. Meskipun kami sudah bersama selama itu, bukan berarti kami tidak mengalami benturan-benturan dalam pernikahan kami.

Aku menyadari bahwa kami tetaplah 2 orang yang berbeda, yang melangkah bersama untuk mencapai tujuan. Benturan berupa perbedaan pendapat dan salah paham pasti ada, apalagi kami sama-sama keras kepala dan usia kami hanya berselisih 6 bulan saja. Alhamdulillah, sejauh ini semua masih dapat terselesaikan dengan baik. Satu hal yang aku sadari adalah aku sudah terlanjur 'terbiasa' dengan kehadirannya sejak 24 tahun yang lalu. Sebagian besar hidupku telah diwarnai olehnya dan aku makin menyadari bahwa aku sulit untuk berpaling darinya.

Setelah 11 tahun bersama mengayuh biduk rumah tangga, dan sejak 10 tahun yang lalu kami dianugerahi seorang anak yang menjadi amanah bagi kami, sudah banyak kenangan manis yang sulit dilepaskan dari ingatan. Kenangan indah yang ingin aku kenang selamanya dan kuharap akan mampu menjadi penguat hubungan kami selamanya. Amin.

happily ever after

Kini aku hanya bisa berharap, semoga kebersamaan kami senantiasa memberikan kebahagiaan satu sama lain. Semoga kami dapat menjaga amanah yang telah diberikan-Nya kepada kami dengan sebaik-baiknya. Dan untuk sahabat semua, jangan lupa doakan kami juga agar kami dapat menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. Amin....

48 komentar:

  1. wuih, cerita yang manis mbak...siiip neh cinta dari smp sampai sekarang menikah udah 11 tahun...saluuttt mbak...
    semoga tambah sukses ya, dan sekali lagi selamat ya, semoga mawaddah warrohmah nya langgeng....amiiin

    BalasHapus
  2. Happy Anniversary mbak yuk semoga langgeng dan berkah dalam segala hal amiin....wah mbak pengantinnya cantik sekali ya.

    BalasHapus
  3. hehe kirain pertama ..ternyata kalah cepet sama kang buwel nih..

    BalasHapus
  4. Happy Anniversary mbak yuk semoga langgeng dan berkah dalam segala hal amiin....

    kalo saya baru bisa bermimpi deh bisa seperti itu...hihikz

    BalasHapus
  5. @ ateh75,,,hehe iyah nih padahal dah dari tadi mantengin list update reni, tapi kok ya tetep kalah cepet ma juragan sandal jepit BUWEL, hu uhhh!

    BalasHapus
  6. Waw.. Cerita nyA daLam Bnget pEnuh deNgan Cinta... (kyk Tw Cinta aja, he) Oia Happy Anniversari ya Mbak.. Smoga rUkun slalu..

    BalasHapus
  7. Happy Anniversary...
    bener kata orang...kalo jodoh gak akan kemana...
    selamat ya, mbk Reni...
    semoga maikn romantis ^^

    BalasHapus
  8. Wah..happy anniversary ya mbak Reni! Titip salam juga buat suami mbak. Kayaknya kalian berdua memang sudah jodoh semenjak SMP. Jarang loh yg begitu. Moga2 perkawinan kalian bisa langgeng deh...

    BalasHapus
  9. waodow...!
    mau cepet nikas saya jadinya... hehe

    BalasHapus
  10. Kapan ya aku bisa kayak Mbak..
    Jadi pengin nih,,,

    Free Warez Download

    BalasHapus
  11. Keluarga ibarat sebuah bahtera yang melakukan perjalanan jauh untuk sebuah tujuan akhir.Suami adalah sang nakhoda, yang lebih paham kemana bahtera akan dibawa. Jika diperjalanan sang nakhoda terlupa akan arah kompas karena banyaknya hambatan yang dilalui, istri dan anak bisa mengingatkan agar sang nakhoda kembali bersemangat dan fokus dan kembali ke jalur kompas sehingga bahtera rumah tangga dapat diantar ke tempat yang dituju dengan selamat,sejahtera, dan damai.

    BalasHapus
  12. wuahhh, jarang lho mba, dari SMP sampai bisa nikah kayak gituh ,

    sama2 ke Madiun ? wah kalau berjodoh memang gak bakalan pergi ke mana-mana hehehehe

    semoga pernikahannya bisa kekal mba, sampai nenek2 dan kakek2 :D

    BalasHapus
  13. so sweet..happy anniversary ya mbak reni ^^

    BalasHapus
  14. Happy Anniversary mbak ,semoga bahagia dan kekal selamanya...

    BalasHapus
  15. Duh indahnya.... sebuah penantian yang luar biasa dari seorang pria yang luar biasa pula, dan juga seorang wanita yang luar biasa yang memang sangat pantas untuk dinanti cintanya... semoga tetap langgeng mbak.... Happy anniversay.....

    BalasHapus
  16. wow,, cinta pertama dan yang terakhir yah mbak...?!

    so sweeetttt... ^^

    moga maikn langgeng mbak yah,, sampe kakek2 dan nenek2.. :)

    BalasHapus
  17. Subhanallah, semoga keberkahan senantiasa di berikan kepada mbak reni sekluarga. Insya Allah...

    BalasHapus
  18. perjalanan hidup yg menarik, mudh2n bnyk yg terinspirasi dr perjalanan hdp mbak :)

    BalasHapus
  19. aw aw to tuiittt Happy Annyversary yah mbak, langgeng teus sampe kakek dan nenek, amin:)

    BalasHapus
  20. Kenal sejak SMP?, wouw,.....
    Selamat yah mbak,... semoga senantiasa diberikan keberkahan dari Allah SWT, keluarga sakinah, mawaddah warahmah. Amin.

    btw, glitternya keren..

    BalasHapus
  21. wow... ternyata cinta sejati ya mbak... selamat ultah perkawinan ya mbak... maaf agak telat ngucapinnya... slalu berbahagia... banyak rejeki dan diberkahi Allah... salam terkasih untuk keluarga ya mbak... oya.. ada award untuk mbak...

    BalasHapus
  22. wah,,pasti indah nih
    kisah cinta di solahnya mbak dulku
    jadi kepingin nih
    tapi sama si ijo q
    kikikikikik

    BalasHapus
  23. wow...
    13 thn pacaran dan 11 thn menikah... lama bgt ya mbak...
    selamat deh...congrats!

    BalasHapus
  24. Barakallah ya mbak reni...suka banget bacanya ^^

    BalasHapus
  25. happy anniversary ya mbak

    BalasHapus
  26. So sweet.. dari SMP gitu lho!! semoga bisa selalu bersama sampai maut memisahkan.. amien..

    BalasHapus
  27. ehem...ehm..ehm....
    suit suit....
    cieh cieh....
    kek nya lagi mengingat2 masa lalu ni ye....
    suit suit....
    jadi kepingin nih...
    pasti waktu smp dulu cantiknya kek anaknya sekarang yah...
    pantes aja bojo ngejar2 tanpa patah semangat hehehe...

    semoga selalu mandapat perlindunganNya...
    semoga selalu mendapat kebahagiaan dan selalu sejahtera n selalu bersama...amin...

    salam hangat selalu
    Iklan Gratis

    BalasHapus
  28. salam sobat,,,aduh selamat happy universarry mba,,lamajuga ya usia perkawinan mba. semoga dengan perbedaan selalu bersama selamanya.

    BalasHapus
  29. so sweet...semoga tetap langgeng sampai kakek nenek ya.

    BalasHapus
  30. duh si ibu yang satu ini...
    kayanya seru banget yah kisah cintanya hehehe :D

    semoga pernikahan ibu selalu dikaruniakan kebahagiaan dan selalu mendapatkan ridhoNya...

    semoga segala perbedaan bisa mempererat kasih sayang keluarga ibu...amin...

    ditunggu kunjungan baliknya ya bu :D

    BalasHapus
  31. wah salut mbak sanggup pacaran selama itu. selamat ulang tahun pernikahan yang ke 11 ya mbak...

    BalasHapus
  32. mba, ewot nya di mana :D, aku mencari-cari :D

    *endus, endus*

    BalasHapus
  33. Happy anniversary sis.Moga RTnya langgeng,bahagia dan sakina.Btw ceritanya asiik dan manis, jadi ingat masa lalu nih aku heheh.

    BalasHapus
  34. Happy Anniversary ya mbak..
    Perjalanan cinta mbak Reni sungguh indah
    dari mulai SMP sudah taksir2an
    berarti mbak Reni dan Suami pacar pertama dan terakhir ya??
    aduh so sweet

    Semoga tetep langgeng ya mbak
    semoga selalu rukun

    BalasHapus
  35. Siip. Selamat ya mbak reni. Semoga langgeng hingga akhir masa dan barokah.

    BalasHapus
  36. wah..ceritanya asyik banget mbak..menarik...mudah2an tetap langgeng ya..Amin!

    BalasHapus
  37. waduh baru bisa mampir......hehehehe wah selamat ya mba untuk hari jadinya.....saya th ini jg ngerayaain hari jadi yg ke 5 yah moga bisa langgeng seperti mba reni.....

    eh award dari saya udh diambil lum mba?!?!!?

    BalasHapus
  38. Sebuah kisah yang teramat indah.
    Salut dengan suami Bu Reni yg istiqomah mendapatkan cinta sejatinya...
    11 Tahun lumayan lama juga, tapi suami bu Reni dulu tidak "kepincut" dengan wanita lain.

    __Aku kan mencintai orang yg mencintaiku__
    __Aku bahagia hidup dengan orang yg sangat mencintaiku__


    Happy Anniversary:)
    @>-;-

    BalasHapus
  39. happy anniversary mba...insya Alloh langgeng sampe kakek nenek. semoga segala aral yang pernah melanda rumah tangga mba bisa menjadi pelajaran untuk menguatkan cinta mba ma mas-nya

    BalasHapus
  40. My dear old friend, berbahagialah dirimu mendapatkan orang yang setia pada niatnya...Berbahagialah dia yang mendapatkanmu... you may be small but create great impact on people... Denganmu disisinya, anakmu akan bertumbuh sejatinya dirinya. Karena cinta dan penerimaan tanpa syaratmu...
    terimakasih Reni Sayang, untuk semua perhatian dan kasih sayangmu....

    BalasHapus
  41. Wah, jadi tahu kisah cintanya mbak Reni nih. Makasih ya sudah berbagi cerita dengan kami.
    Itu fotonya, duh, serasi banget! Moga langgeng, mbak Reni, sampai tuntas tugas di dunia.

    BalasHapus
  42. wah selamat ya mbak. 11 tahun bukan perjalanan singkat. namun banyak pelajarannya. semoga langgeng terus sampai kakek nini ..
    amien ^.^

    BalasHapus
  43. Happy wedding anniversary to you! tetap awet n makin ditambahkan kebahagiaanya...
    salam kenal!

    BalasHapus
  44. @all : terima kasih banyak atas doa untuk kami. Semoga dikabulkan oleh-NYA. Amin... Salam persahabatan.

    BalasHapus
  45. Selamat ya untuk kalian berdua
    Salut buat arry yg maju tak gentar merebut hati reni. Sahabatku yg memang pantas untuk diperjuangkan,ditunggu & disayang
    I LOVE YOU FULL..........

    BalasHapus
  46. Selamat ya untuk kalian berdua
    Salut buat arry yg maju tak gentar merebut hati reni. Sahabatku yg memang pantas untuk diperjuangkan,ditunggu & disayang
    I LOVE YOU FULL..........

    BalasHapus
  47. @evy : Alhamdulillah, kita ketemu lagi sahabat... I miss you...

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)