Minggu, 18 Oktober 2015

Postingan Populer

Suatu kali aku tergelitik ingin mengetahui postingan populer dari blog Catatan Kecilku ini. Keinginan yang menurutku wih wajar dan sah-sah saja. Blog Catatan Kecilku ini adalah blog gado-gado, semuanya aku tuliskan di sini. Mulai dari cerita perkembangan putri semata wayangku, pendidikan, kehidupan keluarga sampai pada review buku. Memang sih, yang terbanyak aku tulis disini sebenarnya adalah curhatan seorang ibu.

Setelah sekian lama curhat melalui blog, aku jadi penasaran ingin tahu curhatan yang mana yang banyak pengunjungnya. Aku juga ingin tahu seberapa banyak pengunjung yang membuka (secara sengaja ataupun tidak) tulisanku itu. Itu sebabnya aku mulai membuka data statistik yang sudah disediakan oleh blogger.com. Data statistik itu akan menyajikan 10 postingan paling populer. Dan hasil rekaman penayangan tulisan mulai Mei 2010 s/d Oktober 2015 benar-benar mengejutkan aku. Ternyata mayoritas yang menjadi postingan populer adalah tulisan yang isinya curhatanku.

Berdasarkan data statistik yang disajikan blogger.com itu, ternyata ada 5 postingan yang dikunjungi lebih dari 10.000. Rekor penayangan tulisanku adalah 28.727. Wow... 28 ribu lebih untuk postingan "Mencicipi BPJS" yang aku publish pada 23 Januari 2014. Untuk peringkat kedua adalah tulisanku yang berjudul Cerita dari Kolam Renang yang telah dikunjungi sebanyak 28133. Selanjutnya berturut-turut sebagai berikut : Puisi Kemiskinan (14.550 kali), Ujian Dalam Rumah Tangga (13.393 kali) dan Mengolah Ikan (10.379 kali). Sementara yang menduduki peringkat ke-10 adalah postinganku yang berjudul Kisah Seorang Mantan Guru Les Tari (2.657 kali). (klik untuk memperbesar gambar ya?)


Namun data yang berbeda aku temukan dari data postingan. Jika melihat data postingan, yang paling banyak dikunjungi adalah Cerita dari Kolam Renang (30.682 kali) sedangkan postingan Mencicipi BPJS menduduki peringkat kedua dengan jumlah kunjungan sebanyak 28.764. Peringkat selanjutnya sama seperti data statistik, hanya jumlah penayangannya yang berbeda seperti ini: Puisi Kemiskinan (17.580 kali), Ujian Dalam Rumah Tangga (13.831 kali) dan Mengolah Ikan (13.270 kali).


Terus terang saja aku terkejut sekali melihat data-data tersebut. Walau datanya berbeda dan aku tak tahu mengapa berbeda, tapi mengetahui tulisan itu sudah dibuka sebanyak itu aku benar-benar tak menyangka. Di saat tulisan lain ada yang cuma pernah dibuka di bawah 10 kali, namun postingan populer yang ada di blog ini sudah dibuka lebih dari 10.000 kali! Tapi jika dilihat rata-rata tulisanku bisa ditayangkan lebih dari 200 kali.

Bagi blogger-blogger terkenal sih jumlah penayangan seperti itu akan biasa-biasa saja. Namun bagiku yang mengaku blogger (abal-abal) karena jarang posting karena alasan kesibukan di dunia nyata, jumlah penayangan seperti itu mencengangkan bagiku. Aku lantas iseng-iseng memeriksa postingan mana saja yang telah ditayangkan lebih dari 1.000 kali.

Hasil penelusuranku lagi-lagi membuatku kaget. Ternyata postinganku yang sudah ditayangkan lebih dari 1.000 kali sebanyak lebih dari 80 postingan. Kaget dan senang juga pastinya mengetahui data postingan populer itu. Dan berkat dorongan euforia akibat kebahagianku (dan karena sedang kurang kerjaan) maka aku sampai bela-belain untuk men-screenshoot-nya. Bahkan aku sampai rela mengurutkannya juga! Hasil dari kegiatan (kurang kerjaanku) itu seperti berikut ini :

Jumlah penayangan antara 5.000 s/d 9.500


Jumlah penayangan antara 3.000 s/d 4.950


Jumlah penayangan antara 2.000 s/d 2.950




Jumlah penayangan antara 1.000 s/d 1.650















Dan akibat dari kegiatan (kurang kerjaanku) itu, aku menemukan lagi satu fakta yang mengejutkan dan mencengangkan. Suatu fakta yang selama ini lolos dari perhatianku. Fakta itu adalah ada sebuah postinganku yang mendapat g+ sebanyak 114 kali! Selama ini yang memberikan poin g+ untuk postinganku ya aku sendiri. Hanya beberapa postingan yang mendapatkan tambahan poin g+ dari orang lain dan itupun tambahannya tak lebih dari 5. Tapi postinganku yang berjudul Bunga Desember mendapatkan poin g+ 114 dan semuanya dari orang lain.


Setelah mengetahui data tentang postingan populer di blogku ini aku dapat mengambil kesimpulan bahwa tulisanku tentang rumah tangga, kehidupan dan permasalahan umum di masyarakat yang menarik pengunjung paling banyak. Selain itu ada beberapa postingan review buku yang ternyata masuk dalam postingan populer.

Apakah sahabat blogger juga pernah memeriksa postingan populer di blog masing-masing?

14 komentar:

  1. wah,jadi penasaran sama statistik blogku mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mak, ikutan dicek juga statistik blognya hehehe. Ini kan dalam rangka menyemangati aku lagi biar semangat ngeblog lagi :D :D

      Hapus
  2. wah, aku selama ini ga ngeh juga nih soal statistik blog. Haha.
    ngomong- ngomong banyak juga ya pengunjungnya mak Reni. ayo maak, semakin semangat ngeblognya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sendiri ga nyangka Pi kalau pengungjung blogku sebanyak itu hehehe...
      Iya nih sedang berusaha utk semangat nulis lagi di sela2 kesibukan kantorku

      Hapus
  3. pernah Mbak Reni...dan langsung aku buat status...teteup ya untuk mengabarkan pada mereka, bahwa aku ini seorang bloger. Bloger apalah apalah gitu. Postinganku yang terbanyak dibaca adalah lactacyd. POsting tayang tahun 2014, empat tahun setelah blogku ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ga buat status dek Astin, tapi langsung buat postingan dong saking senengnya hahaha...
      Iya nih, terkejut juga secara aku ini juga blogger apalah apalah tapi ternyata pengunjungnya lumayan juga hehehe

      Hapus
  4. Jadi, teruslah mengupas hal-hal yang populer dibaca itu, jadi kontennya dapat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengennya juga gitu sih, tapi terkadang kalau sudah direncanakan spt itu ternyata hasilnya biasa2 aja hehehe

      Hapus
  5. Aku jdi ingat, kalau mau bikin BPJS tapi blm jadi. :D
    Aku pernah banget sesekali nengok post popular, Mbak Ren. :)

    BalasHapus
  6. Wah keren mbak, punyaku yang sering di atas itu review novel Ayah - Andrea Hirata :-D

    BalasHapus
  7. waah... keren banget mba Reni :)

    BalasHapus
  8. postingan ini jadi ngingetin aku buat ngecek statistik blog aku nih..
    salam kenal ya...

    BalasHapus
  9. aku juga sering ngecek2 mba, buat penyemangat, tapi bener lho pengunjung blogmu rameee pisan yaa....

    BalasHapus
  10. Keren, yang lebih keren si saya liat konsistensinya dari 2008 sampe sekarang masih aktif :)
    ga kaya saya, blog yg dibikin dulu (2008) udah ditinggal gitu aja :)

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)