Selasa, 26 April 2016

Bentuk Perhatian Ibu

Banyak sekali bentuk perhatian yang dapat dilakukan seorang Ibu kepada anak-anaknya. Setiap Ibu mungkin punya cara sendiri-sendiri untuk memberikan perhatian pada buah hati masing-masing. Apapun bentuk perhatian yang dilakukan seorang Ibu, itu adalah cerminan kasih sayangnya pada anak-anak mereka.

Sebulan terakhir ini aku pun merasa perlu memberikan lebih banyak perhatian kepada Shasa daripada sebelum-sebelumnya. Hal itu kulakukan karena kulihat dalam sebulan terakhir ini Shasa semakin sibuk. Dia dan teman-teman kelompok ekstra kurikuler teater sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba teater. Mengingat lomba teater yang digelar dalam rangka Pentas Seni Pelajar tingkat Kota Madiun hanya dilaksanakan 2 tahun sekali, Shasa dan teman-temannya sangat bersemangat untuk melakukan yang terbaik.

Saat-saat menjelang hari H, Shasa semakin sensitif yang disebabkan oleh kelelahan dan perasaan nervous menjelang hari perlombaan. Terkadang Shasa mengeluhkan kekhawatirannya tentang penampilannya saat lomba nanti. Dia sangat khawatir jika nanti saat lomba tak bisa tampil maksimal atau melakukan kesalahan. Dia juga cemas jika nanti kelompok teaternya tak bisa meraih penghargaan.

Dalam kondisi seperti itulah, aku sebagai Ibunya harus terus menerus memberikan dukungan dan menyuntikkan semangat. Kuyakinkan padanya bahwa yang terpenting adalah berusaha untuk melakukan yang terbaik dan berdoa agar dilancarkan semuanya. Urusan menang dan kalah adalah mutlak kewenangan Yang Maha Kuasa.

Bentuk perhatian berupa dukungan moral bukan hanya kuberikan melalui nasehat saja. Aku juga tak henti berdoa agar Shasa dan kelompok teaternya dapat tampil maksimal. Selain itu, aku dan juga suami menyempatkan untuk hadir saat mereka tampil. Kami menyempatkan untuk bisa menyaksikan secara langsung saat Shasa dan teman-temannya pentas.

Bentuk perhatianku lainnya yang bisa kulakukan adalah memastikan Shasa dalam kondisi sehat agar bisa tampil maksimal saat lomba. Untuk itu aku meminta Shasa meminum vitamin dan madu agar latihan intensif yang dijalaninya tak membuatnya drop. Aku juga melarangnya (untuk sementara) minum es, karena biasanya dalam kondisi fisik yang ngedrop shasa akan jadi mudah pilek kalau minum es.

Yang terpenting adalah memastikan Shasa makan makanan yang bergizi. Ini sangat penting dan tak bisa diabaikan. Aku juga memastikan dia makan makanan yang bergizi. Akan sangat menyedihkan jika nanti Shasa malah jatuh sakit justru pada saat hari pementasan. Akan sia-sia segala upaya yang telah dilakukannya selama ini untuk bisa ikut tampil dalam lomba teater. Ketidakhadiran satu orang yang sakit tentu saja akan sangat mengganggu yang lainnya sehingga menyebabkan teater mereka akan gagal tampil maksimal.

Untuk itulah, khusus menjelang hari-hari yang super sibuk dan super penting ini aku memasak dan membeli (jika tak sempat memasak) makanan yang bergizi. Aneka sayuran dan buah-buahan aku persiapkan untuknya. Bukan berarti pada hari-hari biasa aku tak mempedulikan gizinya, namun untuk acara yang spesial dan dinanti-nantikannya ini aku tak ingin dia kecewa karena batal ikut dikarenakan sakit. Namun untuk snack atau jajanan aku memilih membeli, karena aku tak sempat memasaknya sendiri. Seperti biasa, aku memilihkan jenis jajanan sehat untuknya.

Idealnya sih aku memasak sendiri aneka jajanan sehat untuk Shasa. Tapi terus terang saja, selain aku tak cukup waktu untuk melakukannya, aku tak cukup pandai untuk itu. Hanya sesekali aku menyempatkan diri untuk membuat jajanan sehat untuk Shasa. Tapi itu jarang sekali terjadi dan yang kumasak pun hanya jajanan yang simpel saja #tersipumalu. Berbeda sekali dengan dek Lianny Hendrawati, pemilik Blog Indahnya Berbagi Cerita. Kalo dek Lianny sih sangat hobi memasak.

Memasak jajanan sehat untuk ketiga buah hatinya adalah salah satu bentuk perhatian yang selalu dilakukan dek Lianny. Berbagai jajanan sehat telah disajikan oleh Dek Lianny pada anak-anaknya. Dia tak segan untuk mencoba aneka resep masakan yang baru dan mempraktekkannya. Apalagi jika makanan/jajanan itu diketahuinya pasti akan diminati anak-anaknya, dek Lianny tak segan berburu resepnya.

Akhir-akhir ini dek Lianny rajin membagi resep jajan sehat yang berhasil disajikannya untuk anak-anaknya, seperti : choco lava cake, killer soft bread, pudding roti tawar, pie susu, no knead bread a la Sangjin Ko dan sebagainya. Nah, bagi yang tertarik untuk mengetahui resep jajanan sehat dari dek Lianny, buruan saja kunjungi blognya ya?

Apa bentuk perhatianmu pada buah hati, Ibu?

9 komentar:

  1. Benar mb Ren, kalo anak banyak kegiatan, apalagi kalo ada event penting seperti perlombaan atau menjelang ujian, kita sebagai orang tua nih ikutan cemas juga ya. Sampai mengingatkan berkali-kali supaya anak2 jaga kesehatan, nggak boleh jajan sembarangan dll hihi.

    Nah, menjelang ujian tuh anak2ku bawaannya suka laper cari camilan, daripada beli melulu ya akhirnya mencoba buat sendiri *biar lebih irit *tapi kalo lagi nggak males mb Ren hehehe :D

    BalasHapus
  2. sebagai orang tua ikut repot dan deg2an ya mbak

    BalasHapus
  3. belum punya buah hati mbak, semoga Allah percaya segera :)

    BalasHapus
  4. Satu kebanggaan buat shasa pastinya, bisa tampil diacara tersebut ya mbak. Semoga bisa tampil maksimal dan dapat bonus kemenangan. Amin...

    BalasHapus
  5. cara menyayangi anak memang bisa bermacam-macam ya mbak
    masing-masing ibu punya keunikan sendiri
    dan kita bisa saling memperkaya dg berbagi pengalaman :)

    BalasHapus
  6. bentuk perhatian kepada ibu memang boleh dalam bentuk apa pun,seperti membantu beliau memebereskan rumah.. dan lain lainnya

    BalasHapus
  7. Aku biasanya masaaaak kalau di rumah mba.. Kayak mba Lianny hehehe.. Masak, ngobrol, periksa PR anak-anak.. juga ngeblog bareng Bo mba :)

    BalasHapus
  8. aku juga senang sekali MBak, mampir blog Mbak li, jadi kenyang, meski cuma banyangin aja. Shasa, semangat ya, ada Ibumu yang senantiasa memberikan suntikan semangat yang luar biasa

    BalasHapus
  9. Iya sama nih saya juga paling suka ngintipin blog masakannya mak lianny yang terkenal getol memassak aneka kue enak dan tulisan review hotel2 dengan kuliner maknyusnya :D

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)