Rabu, 06 April 2016

Mencicip Rasa dari Resto I Club Madiun

Seperti yang aku tuliskan sebelumnya, ada beberapa menu yang disiapkan untuk acara Kopdar Food Blogger. Ada 5 jenis minuman yang disajikan, yaitu : Mango Coconut Slush, Kiwi Coconut Slush, Greentea Milkshake, Ubud Sunset dan Espresso Royal Ice Blend. Air kelapa adalah bahan andalan bagi I Club dan beberapa minuman di atas menggunakan air kelapa juga.


Dari kelima minuman itu, aku mencicipi 3 diantaranya yaitu : Mango Coconut Slush, Greentea Milkshake dan Ubud Sunset. Yang pertama aku cicipi adalah Greentea Milkshake yang terbuat dari powder greentea dan juga susu. Menurutku rasanya enak dan pas. Rasa greenteanya terasa banget, selain itu tidak terlalu manis. Meski menggunakan susu tapi greentea milkshake tetap terasa segar dan tidak 'eneg'.


Minuman kedua yang aku cicipi adalah Ubud Sunset. Minuman ini disajikan dalam 3 'lapisan'. Lapisan paling bawah adalan sirup melon, lapisan di atasnya adalah orange juice dan paling atas (harusnya) strawberry juice. Tapi karena kemarin sedang tidak ada strawberry, akhirnya diganti dengan semangka, yang penting sama-sama merahnya hehehe.

Menurut penjelasan marketing-nya, Ubud Sunset adalah minuman yang paling banyak dipesan oleh pengunjung karena minuman ini adalah yang khas di I Club. Sayangnya, bagiku Ubud Sunset ini terlalu manis, apalagi ditambah sirop melon.  


Minuman terakhir yang aku cicipi adalah Mango Coconut Slush. Minuman ini terbuat dari buah mangga dan air kelapa disajikan terpisah dari esnya. Jadi kalau hendak minum, kita harus menuang dulu Mango Coconut Slush itu ke dalam gelas yang berisi es batu. Tapi karena kemarin itu aku mencicipinya tanpa es, jadi terasa manis sekali. Mungkin jika aku meminumnya dengan es batu, rasa manisnya akan lebih pas.

Jika biasanya orang jual juice itu 'encer' karena airnya lebih banyak daripada buahnya, nah juice yang di I Club ini kental banget. Rasa mangganya jelas banget terasa, kalau orang Jawa bilang, rasa mangganya itu "anglek banget".


Jadi, dari ketiga minuman di atas, yang jadi favoritku adalah Greentea Milkshake karena rasanya yang tidak terlalu manis. Tapi secara keseluruhan aku suka minuman yang disajikan kemarin, karena penyajiannya menarik dalam gelas-gelas yang unik.

Nah sekarang soal makanan yang disajikan nih. Kemarin itu ada 5 makanan yang disajikan yaitu : Grilled Dori served with pasta, Safo Tofu, Calamari, Nasi Goreng Rawon dan Nasi Campur. Jika minuman aku nyicipin 3 jenis, kalau makanan aku nyicipin semuanya dong. Rugi kalau gak nyicip semua hahaha.


Yang pertama aku cicipin adalah Grilled Dori Served With Pasta. Alasannya karena dori tak biasa ditemui di rumah makan atau cafe yang ada di Madiun. Aku jadi penasaran pengen nyicip bagaimana I Club mengolah dori tersebut. Dulu aku pernah nyicip dori sih di suatu rumah makan, tapi cuma digoreng tepung biasa dan dimakan bersama mayonaise. Tapi yang di I Club ini dorinya disajikan bersama dengan pasta... jadi penasaran banget kan dengan rasanya.

Grilled dori ini disajikan berama dengan spaghetti, chilli butter lemon, brokoli, udang dan bechamel sauce. Dorinya mantap... terasa fresh,  lembut di dalam namun crunchy di luar. Rasanya gurih dan ada rasa pedasnya. Jika tak ingin pedas, potongan cabe di atas dori bisa disisihkan. Saosnya enak dan terasa berbeda. Namun sayang, spaghetti-nya menurutku terasa kaku/keras, kurang lunak. Apa mungkin karena kami memakannya saat sudah dingin ya? Sudah begitu, pas suapan terakhir spaghetti-nya terasa asin sekali. Mungkin saat mencampur bumbunya kurang merata.


Makanan kedua yang aku cicipin adalah safo tofu. Safo tofu ini bahannya antara lain tahu jepang, jamur kuping, pok coy, wortel, udang, oyster sauce, sesame oil, mushroom soy sauce, kecap inggris, maizena. Aku sudah sering makan safo tofu karena makanan ini gampang ditemukan di beberapa rumah makan di Madiun, Tapi menurutku rasa Safo Tofu I Club ini enak banget. Bumbunya pas di lidahku. Kuahnya juga pas banget, tidak terlalu kental dan rasanya enak. Aku suka banget yang Safo Tofu ini.


Makanan ketiga adalah Nasi Goreng Rawon. Terus terang saja, aku penasaran dengan nasi goreng rawon ini. Biasanya kan rawon itu enaknya dimakan dengan kuah yang banyak dan panas, tapi ini dibuat nasi goreng. Akhirnya aku cobain juga nasi goreng 'hitam' yang disajikan bersama empal, irisan telor asin, krupuk, sambel dan acar itu. Dan ternyata enak lo, benar-benar serasa makan rawon tapi tanpa kuah hehehe. Ini cara baru menikmati rawon ternyata. Dan menurut Pak Is, chef andalan I Club, Nasi Goreng Rawon ini adalah favorit Bapak Walikota Madiun. Pantas saja sih, enak banget soalnya. Apalagi empalnya juga empuk.


Makanan selanjutnya adalah calamari. Bahannya adalah cumi yang dimarinasi dengan bumbu dan kemudian digoreng dengan menggunakan tepung. Disajikan dengan tartar sauce. Makanan yang disajikan sederhana dan dimasak dengan sederhana (hanya dengan digoreng) tapi rasanya enak, karena cuminya digoreng kering, tidak berminyak dan terasa renyah. Saat dicocol dengan saus-nya rasanya makin nikmat.


Yang terakhiraku cicipi adalah Nasi Campur. Mengapa dicicip terakhir? Ya karena Nasi Campur adalah menu yang sudah 'biasa'. Tidak ada yang istimewa dan baru dari menu ini sebenarnya. Hanya saja, I Club menyajikannya berbeda karena ditambah dengan setusuk sate ayam. Selebihnya, Nasi Campur ini disajikan bersama sambel goreng kentang, krupuk, irisan telur rebus, abon, lengkap dengan acar dan juga bawang goreng. Menariknya nasinya dibentuk model tumpeng mini dan diletakkan tepat di tengah-tengahnya.

Soal rasa, menurutku juga tidak istimewa. Sate ayamnya enak dan empuk tapi sambel gorengnya menurutku terlalu pedas. Aku yang bukan penyuka pedas tentu saja kepedasan saat memakan sambel goreng itu. Tapi mbak Yuni yang mengaku penyuka rasa pedas juga merasa kepedasan hehehe. Kalau abon dan acar sih rasanya sama sajalah dengan rumah makan lain menurutku.


Nah, jika aku disuruh memilih mana makanan favorit... aku menempatkan Safo Tofu sebagai juaranya. Sebenarnya sih aku ingin menempatkan Grilled Dori di urutan pertama, tapi sayang spaghetti-nya kurang oke menurutku. Andai spaghettinya mantap, pastinya Grilled Dori akan menempati urutan teratas. Sementara ini Grilled Dori dan Nasi Goreng Rawon harus rela berbagi tempat di posisi nomor 2, dan selanjutnya diikuti oleh Calamari dan terakhir Nasi Campur.

Jadi, singkatnya... aku sangat menyukai menu yang disajikan di I Club Madiun. Presentasinya oke banget, garnishnya walau sederhana tapi juga menarik. Piring juga bersih dan bentuknya bervariasi. Boleh dibilang aku sangat menikmati acara mencicip rasa dari Resto I Club Madiun saat itu. Puas banget bisa mencicipi aneka menu yang ada.


Sebenarnya masih banyak menu yang lain di sana... jadi bagi yang penasaran dengan hidangan Resto I Club Madiun, silakan saja datang ke Jalan Bali 17 Madiun Telp. 0351 496696. Bagi yang dari luar kota, tempatnya tidak jauh kok dari Stasiun Kereta Api Madiun, ya kurang lebih sih 1 KM dari arah Stasiun KA ke Selatan. Boleh juga lo ngajak aku untuk gabung makan di sana hehehe...


17 komentar:

  1. saya pikir nasi hitam mba, ternyata nasi goreng rawon..

    BalasHapus
  2. Wah bikin ngiler nih mb Ren. Aku naksir Ubud Sunset nya itu lho, penampakannya menggoda banget :)

    BalasHapus
  3. wah mba liat minumannya segerrr banget :D

    BalasHapus
  4. Waktu saya ke Bali beberapa tahun lalu juga pernah pesan Nasi campur lengkap dengan sate nya Warung muslim tentu saja. Memang ada kemiiripan

    BalasHapus
  5. Wah, lengkap ini rekomendasinya, gambaarnya juga menunjang. Moga2 bisa nyicipin ke sana, sayang aku jauh di Jogja ini..

    BalasHapus
  6. Waduh ngambarnya saja sudah bikin ngiler tuh mbak, moga2 saya bisa main ke sana ...

    BalasHapus
  7. cacing-cacing yang ada di dalam perut saya bersuara ngelihat makanan-makanan itu

    BalasHapus
  8. Duh... duh... minumannya itu seger-seger semua. Kalo saya kepengin nyoba nasgor rawon :)

    BalasHapus
  9. bikin ngiler nih, udah lama ga makan enak hahaha

    BalasHapus
  10. Kalo dikasih resepnya sekalian makin asyik ya mbak Reni ...hehe ... pingin nyoba bikin nasi goreng rawonnya deh, di sini setahuku belum ada menu spt itu

    BalasHapus
  11. makanan enak enak, minumannya sedep sedep dan sayanya kelaperan peng icip icip

    BalasHapus
  12. kalau aku sih suka greentea mbak renn :D

    BalasHapus
  13. Wah, jadi ngiler sama milkshake greentea nya :))

    BalasHapus
  14. aku kok gak diajak sih mbak ren

    BalasHapus
  15. itu minumannya kalau buat siang hari kayakya seger banget :D

    BalasHapus
  16. wah nasi rawon kayany boleh dicoba tuh,
    btw, itu resto harga madiun atau sama kaya harga kota mbak?

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)