Rabu, 08 Juli 2015

Sosialisasi Peminatan Kurikulum 2013

Akhirnya, usai pengumuman Nilai UN SMP 2015 yang lalu yang diikuti dengan PPDB online mulai tanggal 1-4 Juli 2015, hari ini diumumkan secara resmi nama-nama siswa yang diterima. Memang sih, sebenarnya saat pendaftaran ditutup tanggal 4 Juli 2015 yang lalu sudah dapat dilihat nama-nama siswa yang diterima di suatu sekolah. Tapi rasanya belum afdol jika belum secara resmi diumumkan.


Jadwal PPDB Kota Madiun

Alhamdulillah, Shasa bisa diterima di SMA yang diinginkannya. Beberapa hari ini Shasa sudah semangat sekali mencari informasi tentang syarat-syarat yang dibutuhkan untuk daftar ulang. Beberapa hari Shasa harus bolak balik ke SMPnya untuk melegalisir foto copy raport, ijazah dan SKHUN.

Sehingga hari ini saat secara resmi dinyatakan diterima di SMA yang diinginkannya, segala kebutuhan daftar ulang sudah lengkap. Dan, siang setelah pengumuman, tepatnya pada pukul 14.00 WIB seluruh siswa didik baru yang diterima dan juga orang tuanya diundang ke sekolah Shasa. Acaranya adalah untuk Sosialiasi Peminatan Kurikulum 2013.

Secara singkat kepala sekolah dan wakil kepala sekolah kesiswaan menjelaskan tentang kurikulum 2013 beserta peminatannya. Jadi, berbeda dengan kurikulum sebelumnya, pada kurikulum 2013 ini ada 3 peminatan, yaitu : MIPA, IPS dan Ilmu Bahasa dan Budaya.

Pada masing-masing peminatan tersebut ada mata pelajaran wajib/pokok. Untuk peminatan MIPA, mata pelajaran wajibnya adalah matematika, biologi, fisika dan kimia. Sementara untuk peminatan IPS, mata pelajaran wajibnya adalah Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi. Dan untuk peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya, mata pelajaran wajibnya adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Asing lainnya dan antropologi.

Khusus untuk matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Sejarah mata pelajarannya terbagi dalam 2 jenis, yaitu : wajib dan peminatan. Selain itu, untuk memperluas minat siswa didik ada "lintas minat". Jadi, siswa MIPA bisa mengambil 2 mata pelajaran lain dari IPS dan Bahasa/Budaya. Untuk lintas minat ini, siswa kelas X diwajibkan mengambil 2 mata pelajaran dari peminatan lain. Nanti pada kelas XI dan XII, siswa hanya mengambil 1 mata pelajaran dari peminatan lain.

Karena pertimbangan sarana/prasarana dan juga ketersediaan tenaga pendidik, maka untuk lintas minat ini SMA Shasa sudah mengaturnya sebagai berikut :

Untuk peminatan MIPA dapat memilih 2 mata pelajaran lintas minat :
  • Geografi dan Ekonomi
  • Geografi dan Sastra Inggris
  • Sosiologi dan Sastra Inggris
  • Ekonomi dan Sastra Jepang
  • Sastra Inggris dan Sastra Jepang
Untuk peminatan IPS dapat memilih 2 mata pelajaran lintas minat :
  • Fisika dan Sastra Inggris
  • Biologi dan Sastra Jepang
  • Sastra Inggris dan Sastra Jepang
  • Fisika dan Biologi
Untuk peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya dapat memilih 2 mata pelajaran lintas minat :
  • Fisika dan Biologi
  • Fisika dan Ekonomi
  • Biologi dan Ekonomi
  • Ekonomi dan Sosiologi
Khusus untuk Ilmu Budaya dan Bahasa peminatan ini dapat memilih mengambil mata pelajaran Ilmu Bahasa dan Budaya untuk memperdalamnya dan tidak mengambil mata pelajaran lintas minat.

Namun, peminatan dan lintas minat baru dapat dilaksanakan jika peminatnya minimal 20 orang. Selain itu, peminatan dan lintas minat tersebut akan dipertimbangkan melalui nilai raport SMP, NUN SMP, rekomendasi BP/BK SMP, hasil potensi akademis dan tes bakat minat dari psikolog.


Rekomendasi dari BP/BK SMP

Nah, sebenarnya Shasa sangat ingin mengambil peminatan IPS. Namun, rekomendasi BP/BK dari SMP nya, Shasa direkomendasikan untuk peminatan MIPA. Dan, berdasarkan rekomendasi dari kakak kelasnya, sepertinya Shasa memutuskan untuk mengambil peminatan MIPA dengan lintas minat mengambil mata pelajaran Sosiologi dan Sastra Inggris.

Semoga saja Shasa bisa memperoleh kelas seperti yang diinginkannya itu. Semoga hasil Tes Potensi Akademik (yang akan dilaksanakan tanggal 11 Juli 2015) dan Psikotes (yang akan dilaksanakan tanggal 12 Juli 2015) dapat membantu Shasa mewujudkan keinginannya. Semoga saja, Shasa dapat menjalani hari-harinya di SMA dengan penuh semangat dan bahagia. Semoga saja semua itu akan dapat membantu Shasa meraih cita-citanya kelak. Aamiin.

8 komentar:

  1. masuk SMA sekarang langsung diarahkan mau minat ke mana, ya? Seingat saya waktu dulu pas kelas 2 :D

    BalasHapus
  2. ooh sekarang ada tes semacam gni dulu ya mbak, aku baru tau

    BalasHapus
  3. Aamiin..cita-cita Sasha kalau boleh tau ingin jd apa Bu Reni? Semoga terwujud.

    Skrg udh ada Sastra Inggris dan Jepang ya. Jaman saya msh Bahasa Inggris dan bahasa Jepang saja.

    BalasHapus
  4. selamat ya Shasa...

    2 tahun lagi waktunya anak saya nih mba Reni..tfs ya

    BalasHapus
  5. Semoga sasha dapat kelas yang diinginkan ya. Sekolah SMA yang akan dimasuki anakku cuma 2 jurusan saja, IPA dan IPS. Sudah tes bulan Juni lalu dan sudah ditentukan berdasar nilainya juga, Christina masuk IPA.

    BalasHapus
  6. Weeeh..saya baru tahu mapel lintas minta lho, Mbak. Pas saya SMA belom ada. :D

    Sha, met belajar, ya. ;)

    BalasHapus
  7. udah lama ga berkunjung ke blog mba reni, kaget aku pas baca shasha udah SMA aja. iiiiih perasaan dulu pertama kenal blog mba reni shasha masih keciill hahahaa
    aku merasa tua :(

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)