Minggu, 05 Mei 2013

Dibalik Cerita Kopdar di Yogyakarta

Kopdarku di Yogyakarta bermula dari "pengumuman" di Grup Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) yang di post oleh Mak Lusiana Trisnasari. Isi pengumuman itu adalah undangan bagi anggota KEB utk hadir di acara meet-up Kopdar TDA Jogja dengan Freelancer.co.id. Acara yang bertemakan "Turning Your Talent into Your Business" itu akan diselenggarakan pada Jum’at, 26 April 2013 di Edu Hostel, Ngampilan, Yogyakarta mulai jam 18.00 WIB.

Terus terang saat membaca pengumuman itu aku langsung tertarik. Sudah sejak lama aku "iri" dengan kegiatan yang dilakukan oleh Emak2 di Jakarta, Bandung dan sekitarnya. Aku juga pengen merasakan serunya kumpul bareng dengan emak2 yang lain dan melakukan kegiatan yang positif. Yang kedua, aku tertarik sekali dengan tema yang diusung dalam acara kopdar itu. Dan yang terakhir, aku penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang freelancer setelah sebelumnya membaca postingan dari Mbak Erry si Bibi Titi Teliti itu :D

Tapi untuk hadir di acara itu bukan perkara mudah bagiku. Ijin suami tentu saja harus aku dapatkan, karena aku harus berangkat ke Yogyakarta (dari Madiun) demi untuk menghadiri acara itu. Nah, masalah kedua adalah jadwal acara yang dilakukan malam hari! Jika seandainya aku diijinkan berangkat ke Yogyakarta, tapi pasti suamiku akan keberatan jika aku pulang sendirian (jam 10 malam!) dari tempat acara itu ke tempat aku menginap.

Untunglah keberuntungan sedang berpihak kepadaku. Suamiku memberiku ijin untuk aku berangkat ke Yogya dan menghadiri acara itu *kecup dan peluk suami ah*. Namun karena Shasa tidak libur, maka terpaksa suami dan Shasa tidak bisa ikut aku ke Yogya. Inilah kali pertama suamiku mengijinkan aku pergi sendiri (di luar acara kedinasan). Agar aku bisa pulang dari tempat acara dilangsungkan ke penginapan dengan aman, suamiku berjanji akan menelpon sahabatnya untuk "mengawalku". Okelah, kalau itu membuatnya tenang melepasku pergi sendiri, maka aku mengiyakan saja perkataannya.

Kebetulan aku harus berangkat ke Yogyakarta untuk melakukan suatu urusan pekerjaan. Namun, kolegaku di Yogya itu meminta untuk bertemu denganku hari Rabu, atau kalau tidak hari Kamis pagi. Karena aku tidak ingin bolak-balik Madiun-Yogya, maka aku mengajukan berbagai macam alasan untuk berangkat hari Jumat saja dari Madiun #modus. Awalnya kolegaku yang di Yogyakarta keberatan karena hari Jumat jadwal mereka padat. Tapi setelah aku gigih mengajukan permohonan untuk bertemu hari Jumat, akhirnya disepakati agar kami bertemu hari Jumat siang setelah sholat Jumat. Sungguh tak terkira senangnya hatiku hehehe.

Keberuntunganku berikutnya adalah saudara sepupu suamiku telah memintaku untuk menginap di rumah mereka. Bukan hanya itu, mereka bersedia untuk mengantar dan menjemputku ke tempat acara itu. Olala... terima kasih ya Allah... telah kau mudahkan aku untuk menghadiri acara itu. Terwujud sudah apa yang aku inginkan selama ini, bisa bertemu dengan emak-emak anggota KEB lainnya walau aku tahu bahwa tak banyak yang bisa hadir karena acara dilaksanakan malam hari. Sayang sekali sebenarnya.

Jadi begitulah, aku akhirnya bisa berangkat ke Yogya pada hari Jumat pagi dengan seorang teman. Setelah urusan pekerjaan kelar, temanku langsung balik ke Madiun sementara aku menuju ke rumah sepupu suamiku. Tak lama istirahat di sana, aku pun segera bersiap-siap untuk hadir di acara kopdar plus seminar itu.

Terus terang, saat memasuki Edu Hostel ~tempat berlangsungnya acara~ aku sempat kaget. Soalnya wajah-wajah yang aku temui adalah wajah-wajah anak muda semuanya. Semuanya masih bertampang anak-anak kuliahan. Aku sempat mencari kemana-mana, siapa tahu aku berhasil menemukan wajah "emak-emak" sepertiku disana. Tapi ternyata... tak ada! Ah ya sudahlah, aku kemudian melakukan registrasi, daftar ke freelancer, foto session dan setelah itu duduk manis menunggu acara dimulai.

Saat menunggu itulah, tiba-tiba ada seorang wanita muda yang manis menghampiriku dan menanyakan apakah namaku benar Reni Judhanto. Ternyata dia adalah Phie Jatuasri. Rupanya dia "ditugasi" oleh Mak Lies Wahjoeni dan juga Arga Litha untuk mendekatiku dan memastikan jati diriku. Olala senangnya hatiku, akhirnya kesampaian juga bertemu dengan emak-emak blogger lainnya. Tak butuh waktu lama, akhirnya kami bisa ngobrol dengan hebohnya, padahal ini kali pertama kami bertemu bahkan aku dan mereka belum "kenal" sebelumnya di dunia maya.

Aku baru sempat "say hello" dengan Pie lewat inbox FB sebelum pelaksanaan acara untuk memastikan kehadirannya. Aku belum pernah sekalipun mampir ke blognya. Arga Litha, aku belum pernah ngobrol dengannya di FB, tapi sekali dua kali aku sudah pernah mampir ke blognya apalagi kalau bukan untuk ngintip info giveaway hehehe. Untuk Mak Lies Wahjoeni, aku baru sekali ke blognya saat dia dinyatakan sebagai pemenang resensi buku Cerita Di Balik Noda. Sedangkan mereka mungkin belum semuanya pernah mampir ke blogku. Hanya saja, Mak Lies rupanya sangat hafal dengan kebiasaanku nitip jempol di beberapa post/status FB emak-emak blogger. Maka, gak heran walau belum sempat ngobrol denganku di dunia maya, Mak Lies adalah orang yang paling yakin bahwa aku adalah Reni Judhanto. Hehehe...

Tapi blogger-blogger itu memang hebat. Meski kami belum saling mengenal baik satu sama lain, bahkan kami baru berkenalan di Edu Hostel, tapi kami ngobrol nyambung sekali. Gak ada canggung dan sebagainya... Semuanya mengalir lancar dan menyenangkan. Makin seru lagi saat mbak Ika ikut bergabung dengan kami, meski tak lama. Dan... rasanya blogger nyaris identik dengan "narsis". Apalagi kalau sedang kopdar begini, rasanya foto berapa sesi pun masih ngerasa kurang terus hehehe. Kami cuek saja (dan gak ingat umur) saat asyik bergaya... padahal yang nonton kami gak sedikit hehehe.

Ini dia foto narsis kami waktu kopdar di Yogya kemarin. Cekidot...

Tuh kan walau cuma berlima kopdarnya seru lho.. (^_^)

Sungguh, aku sangat menikmati acara kodparku di Yogya itu apalagi itu adalah pengalaman pertamaku kopdar dengan 4 blogger sekaligus. Maklum saja, selama ini aku selalu kopdar hanya berdua : aku dan seorang blogger saja. Ternyata, kopdar dengan banyak blogger itu memang lebih seruuuu..... Ah, kapan ya bisa kopdar lagi?

32 komentar:

  1. semua terlihat happy ya mbak di foto :)

    seru juga ya kelihatannya kopdaran, aku belum pernah mbak kopdaran :)

    BalasHapus
  2. @Duniaely >> Mbak Elly... ayo pulkam dan kita kopdaran! Ditunggu lo.. :D

    BalasHapus
  3. emang deh, mbak reni nya ini berjiwa muda banget.
    saya malah gak pernah ikutan kopdar blogger,
    o iya, lagian komunitas blogger di Jogja emang banyak ya mbak?

    BalasHapus
  4. kapan kopdar sama aku mba :(

    BalasHapus
  5. Kopdarnya seru banget ya ibu-ibu sekarang sudah pada jago ngeblog. Sukses untuk kopdarnya

    BalasHapus
  6. @Yudi Darmawan >> aku gak tahu berapa banyak blogger Yogya, kan aku tinggalnya di Madiun. Oya, masak sampai sekarang belum pernah ikutan kopdar?

    @Mila Said >> Ayo dong diatur...kna Mbak Mila hobby jalan2... sekali-kali ke Madiun dong.

    @Suzuki Semarang >> Iya, sekarang banyak banget emak2 yang hobi nulis lho :)

    BalasHapus
  7. Wah, seru ya bu bisa kopdaran dengan para emak2 blogger. Pasti menjadi ajang yang menghebohkan karena bisa berbagi cerita dan pengalaman yang sebelumnya kita ketahui hanya dari blog masing2.

    BalasHapus
  8. eeehhh ralat dong. tiap kali ada yg komen, saya selalu kunjungan balik duongg, makanya tahu nama "the others" :D

    BalasHapus
  9. @Coretan Hidup >> iyaaa bener.. seru banget kopdaran dg emak2 blogger itu :D

    @Arga Litha >> oke deh say... aku edit ntar hehehe. Iya aku ingat waktu dirimu tanya apakah aku yang "The Others" itu hehehe :D

    BalasHapus
  10. aku mauuu kopdar sama bu reni....

    :)

    BalasHapus
  11. As ussual ...
    jika saya membaca ada reportase seperti ini ...
    saya selalu tersenyum dan berkata ...

    This is the beauty of Blogging ...

    Inilah indahnya Blogging ...
    entah bagaimana ceritanya ... pokoknya nyambuuuunngg ajah ...

    salam saya Bu Reni

    BalasHapus
  12. kebruntungan demi keberuntungan berpihak pada Mbak Reni sehingga kopdar berjalan lancar meski harus menata jadwal. Kopdar ? itulah indahnya silaturahim, ehmmm jadi pingin jalan-jalan ke Madiun nih hhh

    BalasHapus
  13. serunya...
    cuma gak ada poto makanan jadi rada aneh hehe

    BalasHapus
  14. ngiri sama mak lies yang udah ketemuan sama mbak reni :) kapan kita kopdaran nih mbak

    BalasHapus
  15. heehe rame yo bu..?
    kenapa sih ke jogjanya ga nungguin aku pulang cuti. kan pengen sekali kali ketemu sama seleblogger

    BalasHapus
  16. @Elsa >> Ayooo... siapa tak ingin kopdar denganmu mbak? :)

    @nh18 >> Iya bener pak... "beauty of blogging" itu terbukti nyata :)

    @pakies >> ayo Pak, sempatkan main ke Madiun ya?

    @Muhammad A Vip >> sebenarnya ada sih acara makan2, tapi entah menggapa aku tak tertarik utk mengabadikannya :D

    @Lidya >> Mbak Lidya... aku juga mau banget kopdar denganmu :)

    @Rawins >> Semoga saja suatu saat pas aku di Yogya, aku bs ketemu dg mu juga Kang :)

    BalasHapus
  17. semuanya kelihatan gembira ya mbak di acara kopdarnya. semoga persahabatan yang telah dibina bisa langgeng.

    BalasHapus
  18. Mbak Reni gak pingin ketemu Blogger Dangdut hehehe

    senang ya bisa kopdar rame-rame

    BalasHapus
  19. selamat ya Bu senangnya bisa kopdaran seperti itu saya namanya aja blogger tapi kopdar nggak pernah sekalipun maklum nggak pernah jalan-jalan

    BalasHapus
  20. abisnya ada yang bilang sih, no photo = hoax... jadinya harus poto-poto mulu deh.... hehehe

    BalasHapus
  21. hihihihi...aku mesem dewe karo komputer kantor Mbak baca postingan ini....keren deh...kapan2 ketemu lagi yuk Mbak...tar kalo lagi dinas ke Jateng...#ngarep banget !

    BalasHapus
  22. @Yadi Baroos >> rasanya gak ada acara kopdar yang pernah aku ikuti yang tidak penuh dengan kegembiraan :D

    @LAdangduters >> Kalau ketemu blogger dangdut akan dihibur dg lagu2 dangdut ya? :)

    @Munir Ardi >> Bang Munir paling2 kopdarnya dg Bang Amriawan hehehe

    @Nuel >> tapi aku sekali lo kopdar tanpa foto... emang rasanya gak asyik blas kopdar tanpa foto itu hehehe

    @lieshadi >> doakan aja aku bisa dines ke Yogya/Jateng lagi ya Mak..

    BalasHapus
  23. tenang mba.. klo ketemu aku, kita toss kok.. sama2 abg anak kuliahan gitu kan? hihihi

    BalasHapus
  24. wah.. seneng yah, bisa ketemuan bareng.. Btw, kumpulan emak2 blogger ini anggotanya dari mana aja mb Ren ?? aku khan jg emak.. :D

    BalasHapus
  25. Bertemu sesama blogger ibarat bertemu teman seperjuangan. Vibrasinya langsung nyambung ya Mbak..:)

    BalasHapus
  26. pertama kalinya, mampir kemari nih. Berasa kental banget semangat mudanya ^^ fufu, enaknyaa kopdaran~

    BalasHapus
  27. seru sekali ya bisa kopdar sama teman2 blogger. awalnya sudah akrab didunia maya, pas ketemu seperti sudah kenal lama pastinya..hehe
    semakin rame memang semakin asyik mbak :)

    BalasHapus
  28. hmm..seru ya mbak acara kopdar-nya.. setahun lalu aku hampir kopdar sama Mbak Fanny di JKT. Tp gagal lantaran wktunya mepet dan aku hrs buru2 balik ke PLG. Padahal kita udah bolak-balik bikin janji.. mungkin suatu saat nanti bisa terealisasi..

    BalasHapus
  29. Aaah...pengen deh kopdar sm mba Ren^^

    BalasHapus
  30. Kapan ya giliran kita, mbak......?

    BalasHapus
  31. Waduuh, beberapa kali ke Jogja koq gak pernah kopdar dengan Si Ibu. . :)

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)