Sabtu, 02 April 2016

Kopdar Food Blogger I Club Madiun

Beberapa hari lalu secara gak sengaja aku 'menemukan' informasi tentang Kopdar Food Blogger yang akan diselenggarakan di I Club Madiun tanggal 2 April 2016. Tapi aku lupa pertama kali aku melihat informasi itu dimana. Yang jelas, aku excited banget! Maklum saja, selama ini di Madiun belum pernah ada acara kumpul blogger seperti itu. Sudah lama aku ngiri banget lihat teman-teman blogger yang ada di kota-kota lain yang punya komunitas dan sering diundang menghadiri berbagai event di kotanya.

Itu sebabnya, segera setelah melihat informasi itu aku segera mendaftarkan diri via telepon. Aku tak perlu berpikir panjang dua kali untuk melakukannya. Yang aku tahu, aku harus ikutan. Apalagi event seperti ini belum tentu ada lagi. Barulah setelah aku daftar, aku menghubungi beberapa blogger Madiun yang aku kenal seperti Mbak Tarry dan Mbak Diah. Sayangnya, mbak Diah tak bisa datang.


Akhirnya, hari yang aku tunggu-tunggu datang juga. Saat aku sampai lokasi, mbak Tarry dan mbak Yuni sudah menungguku. Setelah saling sapa dan cipika cipiki, kami pun segera masuk. Kedatangan kami disambut hangat mbak Septi, seorang food blogger sekaligus marketing I Club Madiun. Dia jugalah yang punya ide untuk menggelar acara Kopdar Food Blogger ini.




Acara Kopdar Food Blogger I Club ini dibuka oleh Mbak Septi. Dia menjelaskan tentang tujuan diadakannya Kopdar Food Blogger kali ini. Menurut Mbak Septi, saat ini persaingan di dunia kuliner kian ketat. Semakin banyak tempat-tempat makan dengan aneka menu makanan yang tumbuh di Kota Madiun. Itulah yang membuat I Club Madiun ingin memacu diri agar tak kalah dalam persaingan yang ada.

Untuk itu I Club Madiun berupaya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menciptakan dan menyediakan menu-menu baru. Selain itu, I Club Madiun membutuhkan testimoni terhadap menu-menu yang mereka siapkan, khususnya terhadap menu baru mereka. Itu sebabnya I Club Madiun kemudian berinisiatif untuk mengundang blogger untuk bisa memberikan testimoninya. Maka digelarlah acara Kopdar Food Blogger. Peserta Kopdar Food Blogger kali ini terbatas hanya untuk 15 orang.

Peserta yang hadir akan mencicipi beberapa menu (makanan dan minuman) secara gratis (asyikkk hehehe). Setelah itu kami akan diminta testimoninya secara langsung usai mencicipinya. Dan, yang terakhir kami diminta untuk menuliskan ulasannya di blog masing-masing. I Club berpesan agar kami menuliskan apa adanya, tanpa perlu merekayasa. Bila makanan/minuman itu kurang enak, terlalu asin/manis dan sebagainya boleh ditulis sebagaimana adanya.

Menurut I Club apa yang kami tuliskan itu akan menjadi bahan evaluasi bagi mereka dan sarana untuk memperbaiki diri. Selain itu, I Club tak ingin pengunjung yang datang setelah membaca ulasan kami merasa tertipu. I Club inginnya berbekal ulasan kami nantinya akan menjadi pertimbangan bagi pengunjung untuk memesan makanan yang kami ulas. Misalnya, jika dalam ulasan kami mengatakan makanan itu terlalu asin, pengunjung yang membaca ulasan kami dan ingin mencicipi makanan itu dapat memesan "tapi jangan terlalu asin". Wah, salut deh untuk I Club Madiun atas semangatnya memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi pengunjung.


Mbak Septi dan Pak Bambang dari I Club

Selanjutnya, Pak Bambang selaku Manajer I Club menjelaskan tentang segala fasilitas yang ada di I Club Madiun. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di I Club Madiun, karena di I Club Madiun ada resto-nya, ada kolam renang, ada tempat fitness, ada meeting room bahkan ada tempat untuk menggelar resepsi pernikahan. Bahkan untuk pesta pernikahan, I Club Madiun mengaku mampu menampung tamu sejumlah 350 orang. (Tapi sayangnya, menurutku,lahan parkir I Club sangat terbatas sehingga tak akan mampu menampung kendaraan dalam jumlah banyak).








Tak ketinggalan (dan yang ditunggu-tunggu) adalah penjelasan dari Pak Isnawan, Chef-nya I Club Madiun. Pak Is menjelaskan tentang menu-menu yang disajikan pada acara Kopdar Food Blogger kali ini. Beliau menjelaskan satu persatu nama-nama minuman yang disajikan berikut bahannya. Kami boleh memilih minuman mana saja yang kami inginkan. Ada beberapa minuman yang disiapkan dan 2 diantaranya adalah menu yang baru 1 bulan lauching yaitu Mango Coconut Slush dan Kiwi Coconut Slush. Minuman lainnya adalah Greentea Milkshake, Ubud Sunset dan Espresso Royal Ice Blend.

Sedangkan makanan yang disediakan adalah Grilled Dori (serve with pasta), Calamari, Safo Tofu, Nasi Goreng Rawon dan Nasi Campur. Nah untuk makanan ini kami bisa mencicipi semuanya. Eh tapi nyicipnya bukan 1 orang 1 porsi lo, gak muat lah perut kami kalo seperti itu. Kami bisa mencicipi semua makanan itu dengan mengambilnya sedikit-sedikit. Jadi semua bisa mencicipi semua menu itu. Dari semua makanan itu, menu barunya adalah Grilled Dori (serve with pasta), Calamari dan Safo Tofu.




Usai mencicipi semua menu yang ada, kami bisa ngobrol dan tanya apa saja. Ada lo yang tanya sama chef-nya tentang resep rahasia dari masakannya yang lezat itu. Yang nanya sih sudah bilang kalau bagi chef-nya itu rahasia gak apa-apa kalau gak mau jawab. Eh ternyata chef-nya dengan senang hati menceritakan resepnya lo. Gak ada rahasia katanya. Hebat Pak Is... hehehe.

Setelah itu kami masing-masing diminta testimoninya. Kami boleh secara bebas mengatakan makanan/minuman ini kurang enak dengan menyebutkan alasan masing-masing. Pihak I Club dan juga Pak Isnawan menerima semua kritik kami dan mencatat testimoni yang kami sampaikan. Testimoni kami sepertinya memang bahan berharga bagi I Club untuk memperbaiki menu yang disajikan. Kami juga diminta untuk mengatakan mana menu-menu yang menjadi favorit kami.

Setelah puas makan dan ngobrol-ngobrol, kami menutup acara Kopdar yang seru itu dengan foto-foto. Gak seru lah kalau kopdar tanpa foto. Iya gak? Hehehe... Sampai acara selesai, Pak Is tetap menemani kami bahkan mengantarkan kami saat kami hendak pulang. Terimakasih I Club, Mbak Septi dan Pak Is untuk acara yang keren ini. Ditunggu acara berikutnya ya.




Oyaa..., ulasan tentang menu-menu yang aku cicipi di I Club akan aku sampaikan pada postingan berikutnya ya. Ditunggu yaa... (^_^)

14 komentar:

  1. mbak renn aku suka makan juga lhoo
    tapi kalau foodblogger kayaknya enggak

    BalasHapus
  2. Mantap! Menu2 enaknya ditunggu ya...

    BalasHapus
  3. Wah, tempatnya asyik banget, Mbak. Ditambah banyaknya menu makanan di situ, makin sempurna deh acara kopdarnya. :)
    Salam hangat dari Jogja.

    BalasHapus
  4. Waah keren pihak restonya terbuka mau terima masukan yaa

    BalasHapus
  5. Parkir I club & jiero ada panah masuk jalan Lombok mungkin lebih luas mbak Reni.

    BalasHapus
  6. akhirnya mbak Ren keluar kandang nih koparan lagi :) semangat ngeblog lagi ya mbak

    BalasHapus
  7. Mbak REniiiiii, kenapa bikin saya jadi laper dengan poto-potonya? ASyiiknya di MAdiun sdh ada club foodblogger ya skrg

    BalasHapus
  8. Kapan-kapan kopdar lagi mbak Reni ^^

    BalasHapus
  9. Haloo mbak Reni :)
    Lama tak jumpa penampilan mbak tambah rapi ... si kecil Shasa udah beranjak remaja pula
    Aku mau juga kalo di sini ada yg nugasin kayak gitu mbak, walaupun blogku jarang ngupas soal kuliner. Duluu pernah sekali, dua kali lagi yg terakhir ini. Tapi kalo bisa nyicip ini itu jelas gak keberatan ... ^^

    BalasHapus
  10. Wah mb Ren jadi food blogger nih.
    Tempatnya asyik banget ya, asyik juga bisa icip-icip masakan hehe

    BalasHapus
  11. wah senangnya bisa kopdar blogger ya mba, apalagi sambil makan2 hihihi

    BalasHapus
  12. Minuman dg kombinasi warna pink kuning hijau cantik banget ya Jeng Reni, jambu bijikah?. Salam

    BalasHapus
  13. pasti seru tuh, kopdar sambil makan-makan... di tunggu karya-karyanya lagi ya mbak... salam..

    BalasHapus
  14. Acaranya keren mbak. Berkumpul dengan food blogger adalah hal yang menyenangkan.

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)