Minggu, 26 Januari 2014

Promosi #50FinalisSB2014 - Facebook

Pengumuman yang tertulis di Srikandiblogger.com bahwa pada tanggal 25-29 Januari 2014 peserta diwajibkan aktif di grup KEB dan aktif mempromosikan dirinya (aktivitasnya) via media sosial memakai hashtag #50FinalisSB2014 sesuai kreativitas masing-masing (jadwal detail akan diumumkan di grup Srikandi Blogger 2014).

Informasi dari Mak Haya selaku ketua SB2014 yang ditulis dalam grup adalah bahwa untuk poin III dari Seleksi II SB2014, selain harus aktif di grup KEB, Mak-Mak juga wajib mempromosikan diri sendiri di media sosial (minimal FB dan Twitter). Kayak nulis status biasa, yang santai aja, Mak. Cerita ttg aktivitas, kegiatan sehari-hari, kesukaan, isi blognya apa, kenapa senang ngeblog, kenapa betah di KEB *tsaaah, kenapa senang lolos jadi finalis SB2014, dst. Silakan bikin kultwit utk yang Twitter. Dan, kami mohon Mak-Mak juga menyelipkan info #‎KEBPeduliBencana‬. Jangan lupa, semua status dan tweet pakai hashtag #50finalisSB2014‬. Selamat berjuang! Keep the spirit! ^^

Berbekal aturan itu semua, maka aku menyiapakan 6 status yang aku posting di grup Kumpulan Emak Blogger. Inilah secara lengkap 6 status yang berisi promosi diriku itu.

Promosi Sesi Pertama

Jam 13.00… Giliranku….! Haeehh, deg-degan euy….
Selamat siang emak-emak blogger yang hebat, siang ini aku (sebagai salah satu dari #50FinalisSB2014) dapat tugas dari MakJur dan MakPan untuk mempromosikan diri. Minta waktu sebentar ya Maks…, kalau nanti promosinya agak lebay dikit jangan langsung mual ya? Hehehe…. Habis namanya aja promosi diri, jadi pasti ngomongin diri terus, yang baik-baik lagi hahaha. Jadi maaf, kalo dalam 1 jam ke depan Emaks semua bakal baca berbagai cerita tentang diriku. Gak keberatan kan…? *kedip2 mata*

Oke deh Maks yang cakep, ijinkan aku memperkenalkan diri. Namaku Reni Judhanto, blogger dari Kota Madiun Jawa Timur. Jadi, kalau dulu di Madiun dikenal dengan pecelnya (yang pasti mantaps banget itu *jadi lapar*), sekarang dikenal juga karena ada emak Blogger yang (ngakunya) cukup dikenal (oleh orang-orang yang mengenalnya tentu saja #halah) yaitu diriku ini, hehehe.

Aku seorang istri dari seorang suami yang (tentunya) mencintaiku *tersipu*, seorang ibu dari seorang putri cantik yang kini sudah ABG dan juga seorang PNS di sebuah instansi pemerintah di Kota Madiun. Oya, perlu dicatat, aku bukan guru lo Maks… entah mengapa banyak yang mengira aku ini seorang guru. Tanya kenapa? (ups.., malah ngiklan).
Nah, itu sekelumit cerita tentang diriku. Tunggu kelanjutannya cerita tentang perkenalanku dengan blog ya Maks…. *sok penting* hehehe….

Promosi Sesi Kedua

Jumpa lagi Maks…, ini sesi kedua dari rangkaian promosi diriku sebagai sebagai salah satu dari #50FinalisSB2014. Semoga belum bosen bacanya… #ngarep. Nah, sesuai janjiku tadi, kali ini aku akan bercerita tentang perkenalanku dengan blog.

Oke, aku mengenal blog (sekaligus mengenal internet) mulai tahun 2007. Telat banget ya Maks? Saat itu aku takjub banget waktu “menemukan” blog yang berisi tulisan dan foto-foto di dalamnya. Wow banget deh pokoknya menurutku, Maks. Sejak itu aku terobsesi untuk punya blog yang Alhamdulillah dapat terwujud pada akhir tahun 2008. Bagiku yang gaptek ini, bisa punya blog dengan usaha sendiri tentu saja amat sangat membanggakan. Dan, saat sebutan “blogger” melekat padaku kok rasanya aku senaaangg banget ya? Lebay gak sih, Makss…?

Di awal ngeblog, aku sangat pemalu, Maks. Aku hanya silent reader aja… gak berani komen sama sekali. Aku takut jika aku komen, si empunya blog akan berkunjung balik ke blogku. Karena… aku menilai tulisanku masih acak adut. Intinya sih… aku gak PD, Maks! #pengakuan

Tapi, setelah akhirnya aku berani “tampil” dan bergaul di jagad blogsphere… ternyata aku sangat nyaman lo Maks…. Blogger-blogger itu sangat welcome, ramah dan menyenangkan. So, acara kopdar tentu saja jadi acara yang aku tunggu-tunggu, meskipun Blogger yang berhasil kopdar denganku masih bisa dihitung dengan jari, tapi aku sudah seneng banget Maks.

Nah, itu sekelumit awal perkenalanku dengan blog. Emaks pengen tahu blog yang aku punya, gak? KAlau ingin tahu, tunggu kelanjutannya ya Maks…. Jangan sampai ketinggalan… *lebaynya kumat* :D

Promosi Sesi Ketiga

Jumpa lagi Maks…, ini sesi ketiga dari rangkaian promosi diriku sebagai sebagai salah satu dari #50FinalisSB2014. Belum ngerasa mual kan bacanya Maks…? *senyum manis penuh rayuan* Nah, sekarang mari kita ngobrol tentang blog yang aku punya.

Saat ini aku punya 3 blog Maks…. Silakan mampir jika ingin tahu lebih banyak tentang aku ya? Blog pertama adalah Catatan Kecilku (http://renijudhanto.blogspot.com) yang isinya nano-nano. Pokoknya tentang semua yang aku alami, aku rasakan, aku pikirkan, aku lihat dan aku baca. Tulisannya antara lain cerita tentang putri semata wayangku, kejadian-kejadian di sekitar yang menarik perhatianku, opiniku tentang beberapa kejadian, acara jalan-jalan keluargaku, review buku-buku yang aku baca dll.

Blog keduaku adalah The Others (http://another-reni.blogspot.com). Sama seperti blog pertama sih, blog kedua ini isinya nano-nano juga. Kalau ingin tahu cerita tentang berbagai award yang aku terima (dulu award itu booming sekali Maks…, sekarang sudah lewat ya masa itu? Hehehe), tulisan-tulisan untuk lomba, joke-joke dsb... semua itu bisa dilihat di blog The Others ini Maks.

Nah, blog ketiga adalah The Presents (http://awardreni.blogspot.com) yang lebih berupa “gudang”. Maksudnya, di blog ketiga ini hanya berisi gambar-gambar kumpulan award yang aku terima dan juga tentang catatan beberapa lomba/kuis/GA yang berhasil aku menangkan beserta hadiahnya.

Aku tak akan keberatan jika Emak-emak semua ingin ngintip isi ketiga blogku itu, Maks. Pintu terbuka lebar untuk emak2 semua lo….

Nah, itu tadi tentang perkenalanku dengan blog dan juga blog-blog yang aku miliki. Tunggu kelanjutannya tentang aku dan KEB ya Makss…. Don’t miss it…. Hehehe… *masih kepedean*

Promosi Sesi Keempat

Jumpa lagi Maks…, ini sesi keempat dari rangkaian promosi diriku sebagai sebagai salah satu dari #50FinalisSB2014. Kini benar-benar berharap masih ada yang mau baca hehehe… *mulut komat kamit baca mantra* Nah, di sesi ini akan bahas tentang aku dan KEB!

Sebenarnya, saat “kelahiran” KEB aku justru sedang vakum ngeblog, Maks. Saat itu aku sedang banyak kerjaan di kantor sehingga selama hampir 1,5 tahun aku jarang banget nengok blogku, apalagi posting. Jadi, aku ketinggalan info tentang kelahiran KEB #sigh

Namun, untunglah pada saat perayaan HUT KEB yang pertama dulu, aku berhasil ikut membuat posting kolaborasi dalam merayakan 1 tahun KEB. Sayangnya, di HUT KEB yang kedua ini aku gak bisa ikut membuat postingan kolaborasi lagi, karena kebetulan aku sibuk mengurus putri semata wayangku yang baru saja operasi. Maaf ya KEB tercintaaa….

Aku bangga menjadi bagian KEB , Maks. Bergabung dengan emak-emak blogger yang hebat, produktif dan smart telah mengajariku banyak hal. Aku tertular semangat emak-emak yang luar biasa, karena meski multi tasking, namun emak-emak tetap produktif menulis bahkan berprestasi lewat tulisannya! Itu sungguh sangat menginspirasi lo Makss… Setiap membaca keberhasilan emak-emak di berbagai ajang lomba, mau tak mau aku turut bangga karena menjadi bagian dari KEB. Itu mendorongku untuk berprestasi juga, Maks.

Kebersamaan emak-emak juga sangat luar biasa. Jika ada event lomba menulis, tak segan untuk saling berbagi informasi, saling menyemangati, saling support jika ada yang butuh dukungan (lewat vote dsb). Itu sungguh luar biasa, bukan Maks…?

Kepedulian emak-emak di KEB juga tak perlu diragukan. Bukan sekali ini KEB menggelar aksi #KEBPeduliBencana. Aku ingat, tahun lalu KEB pun terjun ke berbagai lokasi banjir untuk menyalurkan bantuan dari anggota KEB. Tahun ini KEB kembali menggelar program serupa. Rasanya, program yang luar biasa ini perlu untuk kita dukung kan Maks? Sebagai bentuk kepedulian kita terhadap saudara sebangsa dan setanah air yang kini sedang menderita. Setuju kan, Maks…?

Yang tertarik bisa kirim donasi (berapapun besarnya gak masalah) melalui rekening BCA 0662857546 an Irma Susanti.
Nah, itu sedikit cerita tentang aku dan KEB, Maks. Bagi yang ingin tahu tentang hal-hal lain tentang aku, silakan tunggu kelanjutannya tak lama lagi…. Sampai ketemu di sesi berikutnya, Maks. *masih berharap ada yang menunggu*

Promosi Sesi Kelima

Jumpa lagi Maks…, ini sesi kelima dari rangkaian promosi diriku sebagai sebagai salah satu dari #50FinalisSB2014. Di sesi ini aku ingin bercerita tentang hal-hal lain tentang aku, yang mungkin belum banyak yang tahu. Penasaran? Silakan simak ceritaku di bawah ini, Makss… *sambil nyiapkan cemilan bagi Emaks yang masih mau baca*

Salah satu hal yang ingin aku ceritakan tentang diriku adalah… aku sangat suka dengan buku, Maks. Karena sangat cinta buku, maka aku senang bisa memberi oleh-oleh buku buat putriku saat aku dinas ke luar kota. Aku juga suka memberi kado buku untuk kenang-kenangan bagi beberapa orang, atau untuk kado. Aku menjaga buku milikku seolah menjaga permata yang berharga hehehe.

Menurutku, buku itu barang yang penting banget. Jadi aku sedih jika mengetahui ada anak-anak yang kesulitan untuk mendapatkan buku. Membaca buku itu bagiku menyenangkan, Maks. Itu sebabnya aku sedih jika banyak anak-anak di berbagai daerah terpencil, terluar dan terpinggir yang tak bisa mendapatkan kesenangan dari membaca buku.

Hal itulah yang mendorongku untuk membagikan beberapa buku yang aku punya kepada anak-anak yang membutuhkannya di berbagai daerah di Indonesia. Awalnya, putriku sempat keberatan jika aku mengambil beberapa buku miliknya untuk aku hibahkan, namun kini dia sangat mendukungku. Dalam waktu dekat, aku akan mengirimkan buku untuk anak-anak SD di sebuah desa di Sumba Barat Daya. Selain itu juga untuk anak-anak MTs dan MA di sebuah desa di Kab. Jeneponto.

Mungkin tak banyak yang bisa aku bagikan, tapi setiap aku selesai menghibahkan buku… aku merasa sangat lega karena telah membuat beberapa anak tersenyum bahagia karena bisa membaca buku yang aku kirimkan. Membayangkan itu… aku merasa amat sangat bahagia, Maks.

Bukan bermaksud pamer lo, Maks…. Hanya sekedar berbagi info, jika ada emak yang ingin juga menyumbangkan bukunya, aku akan sangat senang sekali. Nah…, itu tadi satu hal tentang diriku. Aku masih punya satu hal lagi yang ingin aku ceritakan. Masih ingin tahu gak, Maks…? Silakan tunggu sesi terakhir dariku yaa…? *berdoa semoga masih ada yang ingin baca*

Promosi Sesi Keenam

Jumpa lagi Maks…, ini sesi keenam sekaligus sesi terakhir dari rangkaian promosi diriku sebagai sebagai salah satu dari #50FinalisSB2014. Emak-emak pasti lega nih… karena mungkin sudah mulai capek bacanya hehehe. Oke, kita lanjutkan aja ya Maks… biar cepat kelar.

Sesuai janjiku tadi, ada satu hal lagi tentang diriku yang ingin aku ceritakan kepada emak-emak semua. Yaitu tentang sampah! Yups… sampah, Maks. Emak-emak gak salah baca kok. Aku emang agak “bawel” soal sampah selama ini. Bawel disini adalah aku selalu mengingatkan keluargaku untuk memisahkan sampah kering dan sampah basah. Bahkan, untuk sampah kering aku masih memilah lagi untuk sampah yang sengaja aku siapkan untuk pemulung.

Terus terang saja, suamiku agak heran dengan sikapku ini. Soalnya, di lingkunganku belum ada pemilahan dan pemisahan sampah di tempat sampahnya. Jadi menurut suamiku, aku sia-sia memilah sampah karena di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah-sampah itu berbaur jadi satu. Tapi aku tetap melakukannya, karena kupikir aku akan memulai perubahan dari keluargaku sendiri.

Setelah bertahun-tahun melakukannya, kini tempat sampah di depan rumah tak lagi diaduk-aduk pemulung sekehendak hati. Para pemulung sudah tahu jika aku menyisihkan sampah yang bisa mereka ambil. Jadi mereka tak perlu lagi mengaduk-aduk tempat sampahku. Khusus untuk pemulung ini, aku selalu menyisihkan botol bekas, kardus bekas, koran bekas, plastik bekas bungkus pakaian, dsb. Sementara untuk kertas-kertas kecil, kardus kemasan minuman, plastik pembungkus makanan aku masukkan ke dalam sampah kering, karena pemulung tak pernah mengambilnya.

Apakah tindakanku ini aneh menurut emak semua? Walau mungkin aneh, aku tetap akan melakukannya Maks… karena aku senang telah berhasil membantu pemulung mengurangi sampah di rumahku, di TPS dan di TPA di kotaku.

Oke Maks… itu tadi semua tentang diriku, dalam rangka “mempromosikan diri”. Semoga kini emak-emak semua lebih mengenal aku ya? Seperti kata pepatah : “tak kenal maka tak sayang” bukan, Maks. Terimakasih karena emak-emak semua telah menyimak semua ceritaku…

Oya, jika emak ingin lihat kicauanku di twitter, akunku @ReniJudhanto. Silakan follow aku juga ya Maks… *ngarep banget judulnya* Love you all…. #kecup

Itulah tadi promosi yang aku posting di FB. Soal promosi di Twitter, aku posting besok saja ya.... See you soon, Sobs.

1 komentar:

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)