Kamis, 07 Juli 2011

Masjid besar dan Kranon

Tanggal 28 dan 29 Juni kemarin acara kami di Yogyakarta hanya terfokus pada acara pernikahan keponakan suamiku, mulai dari Siraman, Midodareni, Ijab Kabul sampai Resepsi. Acara jalan-jalan ke tempat wisata dan silaturrahmi ke rumah kerabat baru kami lakukan pada tanggal 30 Juni dan 1 Juli.

Sebenarnya 2 hari berada dalam kemeriahan acara pernikahan sudah mempertemukan kami dengan banyak kerabat. Namun tetap aja belum afdol jika kami tak mengunjungi beberapa dari mereka. Maklum saja, ibu mertuaku asli Yogyakarta dan masih banyak kerabat beliau yang tinggal di Yogyakarta.

Sebagaimana umumnya, acara silaturrahmi keluarga tak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Apalagi jika sudah lama tak bertemu, rasanya ingin berlama-lama untuk menuntaskan rindu. Itu sebabnya tak banyak tempat wisata yang dapat kami datangi selama kami ada di Yogyakarta. Lain ceritanya jika kami ke Yogyakarta memang hanya untuk berwisata.

Sedikit catatan, keluarga besar suamiku di Yogyakarta banyak yang tinggal di daerah Kauman dan Notoprajan. Dan, jika mereka menikah, biasanya ijab kabulnya dilakukan di Masjid Besar Yogyakarta yang terletak di sebelah barat alun-alun Yogyakarta. Bagi yang sudah pernah ke Yogyakarta dan pergi ke alun-alun/keraton Yogyakarta pasti juga sudah tahu kan?

Yang aku ingat, setelah aku menjadi bagian dari keluarga besar suamiku, aku sudah 3 kali ikut menghadiri ijab kabul saudara/keponakan suamiku di Masjid Besar Yogyakarta itu. Aku suka sekali dengan Masjid Besar Yogyakarta itu. Bentuknya masih bangunan kuno. Selain itu ciri khas bangunan "Yogyakarta" tampak menonjol sekali. Berada di masjid itu terasa dingin dan sejuk. Nyaman sekali.

Sayangnya suamiku tak mengambil gambar tentang kondisi di dalam masjid. Jadi aku tak dapat memberikan gambaran secara detil tentang bangunan dalam masjid secara lebih detil. Namun, ada beberapa foto di luar masjid yang dapat aku tampilkan disini.

shasa di depan pintu masuk masjid

shasa sebelum melepas alas kaki dan meletakkannya di dalam rak yang telah disediakan di selasar masjid

'monumen' yang ada di depan masjid

yang tertulis dalam 'monumen' itu

Keesokan harinya, tepatnya tanggal 30 Juni 2011 aktivitas kami di luar acara pernikahan pun dimulai. Sebelum melakukan 'kunjungan' ke rumah kerabat ataupun ke tempat wisata, mertua kami mengajak kami untuk ziarah ke makam keluarga. Lokasinya di Yogyakarta bagian selatan, berada di perbatasan dengan daerah Bantul. Tepatnya di Kranon.

Dalam acara ziarah ini, ikut bergabung juga bude-bude dari suamiku serta beberapa sepupunya. Cukup lama juga kami berada di Kranon, karena banyak makam yang ingin dikunjungi mertua dan bude-bude suamiku. Lokasi makamnya sejuk, karena banyak tanaman yang ditanam di area makam itu.

pintu masuk makam keluarga

bapak-ibu mertua dan para bude

bude yang sedang khusyu' mendoakan para lelulur dan suaminya

Wah, panjang juga ya ceritaku? Cerita berlibur ke tempat wisatanya, aku lanjutkan besok saja kalau begitu. Semoga tak bosen mampir kesini untuk membaca ceritaku ya?

50 komentar:

  1. memang biasanya acara nikahan di jadikan ajang buat kumpul - kumpul sama keluarga yang dah lama gak ketemu..^__^

    wah,liburan shasa di isi sama jalan - jalan ya,,asiknya..

    ibu, saya titip salam buat shasa

    BalasHapus
  2. satu perjalanan dua tujuan tercapai, selamat berlibur bu semoga pulang dengan perasaan fresh

    BalasHapus
  3. buat foto yang bisa diklik gitu gimana mbak? kirim caranya ya ke email aku :) lidya.fitrian@gmail.com

    BalasHapus
  4. hello mba reni,
    tulisannya bagus dan anaknya manis sekalii...
    i like hehe
    :)

    BalasHapus
  5. Tidak keliahatn seperti masjid, arsitek bangunan kuno yang menggabungkan beberapa kebudayaan, pasti usia masjid tersebut lama ya mbak...? *pertanyaan ngelantur,,,,hehehehe

    BalasHapus
  6. hellow mbak,..aku pernah main ke mesjid itu,..emang uademmm banget ...ga ingin beranjak :)
    jadi ngantuk duduk2 ngaso disana setelah nunut shalat..:)

    BalasHapus
  7. masjid yang indah bu. :)

    BalasHapus
  8. menghadiri acara pernikahan sekalian wisata, wah mantap deh...

    BalasHapus
  9. wah saya ke jogya sempet mampir kekraton!!!!!!! cuma sayang pak sultan lagi gak ditempat heheheheeheheh

    BalasHapus
  10. selamat buat ponakannya mbak, moga ane bisa sgr nyusul juga ah hehehe (amin)

    BalasHapus
  11. kranon aku malah baru denger bu
    kirain salah ketik dari kraton
    hehe

    BalasHapus
  12. seru ya mbak acara liburannya, senang banget ya mbak bisa ngumpul dengan keluarga besar.

    BalasHapus
  13. wah, masjidnya emang khas dan unik ya... kalo gak diperhatiin pasti gak nyangka kalo itu masjid,,, malah kayak keraton gitu...

    BalasHapus
  14. mesjid kauman, dulunya kalo wudhu pake kolam yang ada di sampingnya itu mbak.. duh, udah lama nggak kesitu.. kalo ksitu pas sekaten doank. itupun malem.. hehehe

    BalasHapus
  15. inilah moment yang sering dirindukan ketika kita berada jauh dari keluarga, acara" nikah yang bikin hampir semua karib kerabat berkumpul.

    BalasHapus
  16. enggaaa'.. ga' panjang...
    (belum puas)

    moga liburannya bikin fresh dan semangat lagi mba'. :)

    BalasHapus
  17. ibu,ada award di blog saya buat ibu

    BalasHapus
  18. Emang asyik punya keluarga besar apalagi bisa hidup rukun berdampingan bikin hidup lebih hidup....hehe

    Salam kenal dari jember mbak....

    BalasHapus
  19. Kapan-kapan yo mbak..pengin aku ke Jogja juga
    biasanya cuma sampe madiun aja..
    padahal beberapa waktu ke semarang...ngga mampir jogja..

    BalasHapus
  20. wuihhh seru yak acara keluarga sambil sekalian jalan2 mbak. Kalau aku gak punya saudara di luar Kalimantan, jadinya ke Jogja cuma jalan2 aja deh >.<

    BalasHapus
  21. Terima kasi atas ceritanya Bu,,,, uda mau berbagi pengalam dengan kita-kita.... semoga bermanfaat, tapi yang jelas begaimana kita dapat mengambil ibrah/pelajaran dari pengalan yang telah kita dapati.... sehingga setiap detik, menit, hari minggu, dan bulan tetep selalu ada yang baru.

    BalasHapus
  22. serunya bs liburan...
    jd kepengen juga bisa jalan2 ke luar kota.. :)

    BalasHapus
  23. wah seru banget tuh Mba, punya kompleks Makam Keluarga... kereeen..

    BalasHapus
  24. saya cuma pernah ke alun2nya saja, itupun malam2 jadi gak sempat liat masjidnya...
    eh ternyata masjidnya indah setelah liat foto diatas...

    BalasHapus
  25. aku suka shalat di mushalla gang sempit malioboro
    eeeh malah ga pernah shalat di mesjid Kauman

    BalasHapus
  26. saya udah lama sekali pengen ke sana mb cuma belum ada kesempatan, selalu saja ada halangan.
    moga saja bisa utk tahun depan.
    acarnaya pasti seru ya mb dan jalan2nya juga...

    BalasHapus
  27. kapan yaaa ke jogja lagi?? hehe pengen ketemu shasa nih...wkwkwkwk

    BalasHapus
  28. wow, asyik ni mbak liburan... kalo ke jogja sih paling sy cuma jalan2 ke taman pintar ngendon cari buku, tp enaknya sekarang memang kalo ke jogja dari madiun uda ada KRDI jadi lebih nyaman dan murah pula. bravo mbak...

    BalasHapus
  29. asiknya berlibur di jogja
    maaf baru bisa berkunjung lagi blog bak

    BalasHapus
  30. Senangnya bisa liburan dan ketemu banyak keluarga ya Mbak.
    Membaca dan melihat poto masjid diJogja, jadi kepingin main kesana lagi nih, coz sudah lama ga kesana.

    Salam.. .

    BalasHapus
  31. saya pernah melewati mesjid itu ketika ke Yogya.. Mesjidnya adem dan bagus ya

    BalasHapus
  32. oke, ditunggu kelanjutannya deh

    BalasHapus
  33. wuihhh bangunannya... unik dan antik... dan kumpul2 sama keluaga besar itu memang menyenangkan ya, mbak... aku juga semangat kalau diajakin kumpul2 keluarga besar apalagi ada acara seperti nikahan ini... hihihi

    BalasHapus
  34. Nice articles, i like it.

    Dont forget to visit me back, wokey.

    Promo Hosting gratis untuk 1 tahun, segera daftar dan upgrade disini gratis.

    BalasHapus
  35. belum apdet ya mbak....

    BalasHapus
  36. aloo lama g maenn ne :D
    slam hangat yaa

    BalasHapus
  37. belum pernah kesana :(

    masjidnya mirip kraton

    BalasHapus
  38. wah, pengen ikutan liburan keyogya mbak.. terakhir ke yogya tahun 2008.

    BalasHapus
  39. wah artikel yang sangat menarik nih,,,
    emz jadi pengent ke yogya mengunjungo mesjid besar dan kranon, kbar'y mesjid tu bangunan'y sangat unik unik sekli...

    BalasHapus
  40. Salam kenal mbak....aku follow ya dan mohon follow balik...postingannya bagus2 semua...

    BalasHapus
  41. wah jadi pengen kujung keYogya ni.

    BalasHapus
  42. wah keren blog nya sob
    bisa buat sharing nih.
    oya kunjungan balik ya di
    http://horror-mediafire.blogspot.com/

    BalasHapus
  43. ibuuu pa kabarr...hikz lama aku gag ngblog :(

    jogja,kota yang ingin sekaliii saya kunjungin..one day i will go there..insya allah..

    keren keren jogja na..

    menyambut ramadhan,mohon maaf lahir dan batin ya ibu..btw aku pindah rumah yah ibu :D

    BalasHapus
  44. Saya pernah nyampe ke mesjid itu dua kali mba'..
    memang luar biasa,,..

    BalasHapus
  45. mohon maaf lahir bathin ya... mba Reni
    semoga amal ibadah kita semua diterima Allah SWT

    BalasHapus
  46. silaturahim dengan keluarga sangat mulya, meski mengurangi jalan2 itu pasti tak kan jadi masalah.

    BalasHapus
  47. wah senengnya bs kumpul2 sm kluarga ya mbk...
    lam kenal dari cirebon mbak....

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)