Jumat, 27 Februari 2009

Penampilan

Kemarin malam, waktu chatting via Facebook, seorang teman memberikan penilaiannya tentang blogku. Dia adalah teman baikku waktu SMA dulu, jadi dia sangat tahu apa dan bagaimananya diriku. Dia bilang bahwa isi blogku sudah bagus , tapi akan lebih bagus lagi jika aku menata layoutnya agar lebih rapi lagi.

Hmmm... suatu saran yang positif dan membangun. Tapi..., aku lantas kebingungan. Yang mana ya yang dianggapnya kurang rapi? Bagaimana ya menatanya agar lebih rapi? Aku lantas meminta pendapatnya bagaimana agar layout blog aku lebih rapi, karena terus terang aku selama ini memang tidak terlalu memperhatikan hal-hal seperti itu. Tapi aku bilang juga pada temanku itu bahwa aku mau dibantu untuk mengatur layoutnya tapi aku gak mau kalau disuruh ganti template. Aku sudah suka banget sama templateku itu soalnya.

Melihatku yang kebingungan karena tidak paham dengan maksudnya tentang "kerapian" itu temanku tertawa geli. Katanya, hal-hal yang tampak jelas dimatanya ternyata mampu membuatku sangat kebingungan seperti itu. Terus lanjutnya lagi, memang tidak semua orang perduli dengan layout/tampilan seperti itu. *gubraaak*

Mengetahui komentarnya itu aku hanya bisa meringis. Jawabku sih singkat saja : kelihatan aku banget ya?!? Dan temanku dengan segera menyetujuinya! (Halah.....) Oke, selama ini aku memang tidak fokus dengan layout blogku. Selama ini fokusku adalah ... aku bisa menulis dan mempunyai tempat yang nyaman untuk nulis. Aku lebih fokus pada apa yang aku tulis. Aku sudah merasa senang sekali bisa menyalurkan apa yang ada di pikirku dan di hatiku.

Memang..., bagi orang-orang yang telah mengenal banget siapa diriku maka tahu banget kalau blogku itu adalah pencerminan diriku. Blogku adalah diriku, singkatnya begitu. Ya ya..., aku akui kalau aku selama ini tidak terlalu ribut soal penampilan. Itulah aku. Aku tampil apa adanya aku. Walau tetap ditambah sedikit polesan ala kadarnya. Aku tak pandai mematut diri. Aku lebih sibuk untuk membekali diriku dengan hal-hal yang aku anggap lebih penting dan perlu. (memang penting dan perlu beda ya?) *garuk-garuk kepala kebingungan sendiri*

Eh tapi jangan salah kawan. Bukan berarti aku suka tampil asal aja ya? Tidak separah itu. Aku tetap suka tampil rapi. Aku tetap berusaha tampil senyaman mungkin agar orang lain pun nyaman berhubungan denganku dan tidak terganggu dengan penampilanku. Tapi ya itu..., aku tidak berusaha untuk tampil yang lebih menarik lagi. Lebih jelasnya, aku tidak pinter dandan dan aku gak paham mode. Nah... jelas kan?

Aku tahu kawan, bahwa penampilan adalah cerminan sosok dan citra diri yang seringkali berpengaruh terhadap penilaian orang lain terhadap seseorang. Tapi toh penampilan tidak bisa dipaksakan. Kalau dipaksakan akan aneh kelihatannya. Yang penting, aku sudah PD dengan penampilanku selama ini. Aku justru akan tidak PD bila aku tampil tidak sebagaimana diriku apa adanya.

Kembali ke blogku, kawan. Bagaimanakah menurutmu? Aku tidak keberatan dibantu untuk merapikan rumah mayaku ini. Just merapikan ya...., asal tidak merubahnya. Tapi jujur saja, aku tidak tahu apa (yang diatur ulang) dan bagaimana (mengatur)nya. *curhat mode on* Nah..., seandainya ada yang mau membantuku dan memberikan "pencerahan" padaku aku akan seneng sekali. Siapa tahu blogku bisa makin tampil cantik tanpa harus merubah "karakternya". Ada yang punya ide ??

10 komentar:

  1. Mungkin mbak, mencoba2 ganti2 template ga ada salahnya, toh bisa kembali ke template yg sama. Saya sendiri cenderung pembosan dan suka gonta-ganti template sampai akhirnya kembali ke template asli dari blogspot, hanya dikutak-katik warna dan header-nya saja. Sekedar untuk refreshing dan mencari bentuk yg paling tepat.

    Template juga soal selera siy mbak, hehe, kita ga bisa menyenangkan selera semua org (^_^) Kalau saya cenderung ke apakah mbak merasa nyaman dengan template ini, sukakah dengan tampilan ini? Mungkin, untuk mencari perbandingan maka harus coba-coba baju baru, kalau ternyata akhirnya nnti inilah yg paling memuaskan, nah... teruskanlah.

    BalasHapus
  2. @G : makasih banget mbak masukannya. Dulu pernah coba ganti template siy tapi kok tampilannya jadi berubah semua ya ...??
    Kalau sekarang siy udah seneng and nyaman banget dengan tampilan yang ini.

    BalasHapus
  3. mbak,
    kalau udah merasa nyaman dengan template ini, saya rasa ngga perlu diganti.
    seperti kata G, ngga mungkin-lah kita bisa menyenangkan semua visitor kita.

    BalasHapus
  4. wow keindahan itu beda2 kali ya..
    mungkin untuk sekarang mbak masih nyaman dengan rumah ini... besok2 mau ngecet ya di rubah cetnya...

    saya sdh berubah2 mbak.. suka bosen liat itu2 terus..
    Aslinya gitu juga kali ya..
    perabot2 di rubah2.. ee hasilnya balik ke yang semula..

    dinyaman2ankan saja mbak..

    BalasHapus
  5. @budiawanhutasoit : kalau saat ini aku memang dah nyaman banget dengan "rumah maya"ku ini, bang.
    Udah seneng banget malah, karena dulu gak kebayang aku akan punya blog whuehehehe.

    @amalia : hmm bener juga sih, mbak kalo keindahan itu beda-beda. Aku sih cenderung statis selama ini hihihi. Oke deh, kalo suatu saat aku mulai bosan dan butuh penyegaran, akan aku coba utk membuat perubahan.

    BalasHapus
  6. gak bisa komen nih mbak, soale aku sendiri rubah template aja juga blm bisa, hahaha...lha wong blog itu juga atas bantuan sesorang... hiks... tapi nurutku semua itu tergantung dari selera... jadi keindahan itu relatif.. karena tiap orang seleranya beda2... bukan begitu mbak Reni?...

    BalasHapus
  7. @tyas : selera tiap orang memang beda siy. Tapi menurut mbak Tyas, blog aku dah rapi belum ya ?

    BalasHapus
  8. setuju. Be yourself aja ..
    Soal penilaian orang ya ... sah sah saja, toh masukannya gak musti dilaksanakan sekarang, bisa besok, minggu depan, or anytime, kita siap menerima perubahan.

    Mbak juga sudah banyak blog jogging ke blog lain khan? tentu sudah banyak melihat perbandingan. Kalau tentunya sudah nyaman dengan blog sendiri, tak ada yang dikhawatirkan.

    Tapi bila tertarik dengan polesan dan penampilan yang berbeda, tentu, mbak akan mencari tahu bgm memilikinya.

    Dulu blogku lebih parah lagi mbak .. ha ha!! Bahkan temanku langsung bilang Jelek. Kaget, sedih, ada .. tapi kupikir, mereka sudah banyak melihat perbandingan blog2 lain. alhasil, aku search sendiri templates2nya. Butuh waktu memang, .. tapi aku yakin aku bisa bikin kejutan. Akhirnya sampai dech dengan template ku yang sekarang. Dan gak ganti2 lagi, soalnya sudah pas.

    Dan yang penting suamiku suka .. jadi dia suka pamer2 in juga ke temen2nya di kantor .. he he .. bangga dech ...

    Yang penting, yang nyaman di hati.
    Daripada pura pura nyaman, tapi hati gak sreg? he he ..

    BalasHapus
  9. @kuyus : iya deh mbak... Yang penting aku nyaman ya ? Mungkin lain kali aku baru butuh utk merubah yg sudah ada, tapi tidak sekarang. Thanks utk masukannya.

    BalasHapus
  10. Reni, not too worry... the blog looks fine.. :)

    Cuma banyak kolom kosong di kiri/kanan... apa gara2 pake wide screen ya... Ayom :)

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)