Sabtu, 07 Desember 2013

Tertarik untuk hibah buku?

Tulisan ini aku buat setelah aku membaca tanggapan dari beberapa sahabat blogger di postinganku yang ini dan ini. Kedua tulisanku di atas menyinggung tentang niatanku untuk menghibahkan buku-buku yang aku miliki. Rupanya, beberapa sahabat blogger menyatakan ketertarikannya untuk ikut menghibahkan buku yang mereka miliki.

Terus terang, aku terharu sekali karena tulisanku itu telah berhasil mengajak sahabat blogger lainnya untuk ikut menghibahkan buku. Sebenarnya, sudah ada "wadah" bagi blogger yang ingin menghibahkan buku lo. Namanya adalah Blogger Hibah Sejuta Buku (BHSB). Bagi yang ingin tahu lebih banyak bisa langsung berkunjung ke http://hibahbuku.net atau bisa juga gabung di grup Blogger Hibah Sejuta Buku.

Terus terang saja, dulu aku juga pernah punya niat untuk membuat blog khusus yang berisikan tentang hibah buku ini. Tapi sebelum blog itu terealisasi, BHSB telah "lahir" terlebih dulu. Kupikir hibah buku akan lebih efektif jika dilakukan secara berkelompok daripada kulakukan seorang diri. Apalagi mengingat aku tidak memiliki "jaringan" dan akses ke daerah-daerah terpencil yang sangat membutuhkan buku. Akhirnya, aku memantapkan diri untuk menghibahkan buku-buku yang aku miliki lewat BHSB ini.

Sekedar informasi, BHSB saat ini telah memasuki fase keenam. Dan, rincian kegiatan hibah buku secara ringkas dapat aku sampaikan berikut ini :

1. BHSB Pertama (2009) : Tanjung Samak, Kab. Kepulauan Meranti, Propinsi Riau
2. BHSB Fase Kedua (2011) : Fakfak Utara, Papua Barat.
3. BHSB Fase Ketiga (2012) : SD YPPK Manusela, Seram Utara
4. BHSB Fase Keempat (2012) : MTs / Dayah Darul Iman, MIS Darussalam, dan SD Negeri Sijuek Aceh
5. BHSB Fase Kelima (2012-2013) : MI Daruul Ulum dan MI Semantir di Desa Merubung, Kecamatan Tekarang, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.
6. BHSB Fase Keenam (2013-2014): MTs dan MA Amaliya di Desa Mallasoro, Kec Bangkala Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan dan SDN Bina Wero, Dusun Tiga, Kecamatan Wewewa Timur, Sumba Barat Daya.

Nah, fase keenam ini akan ditutup pada bulan Februari 2014 yang akan datang. Jadi, bagi sahabat blogger yang berminat untuk menyumbangkan buku bisa dikirim ke alamat para volunteer yang bisa dilihat di sini.

42 komentar:

  1. Iya, mbak, saya juga ikut proyek BHSB ini, tapi baru sekali yaitu yang fase ketiga. Insya Allah yang sekarang mau ikut juga.
    Maaf ya, saya sudah lama gak mampir kemari.
    terimkasih lho sudah ke rumahku tadi. Salam buat Shasa. Sudah besar ya sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... semoga kali ini bisa ikutan lagi ya Teh.
      Aku juga sudah beberapa kali ikut, tapi tak jarang aku juga menghibahkan buku secara pribadi dan tidak melalui BHSB karena masih begitu banyak anak di berbagai tempat yang membutuhkan buku sementara gerak BHSB juga terbatas.

      Hapus
    2. Udaah lama ngeblog, blum pnah bagi2 buku, maluuuuu

      Hapus
    3. Ayo kalo gitu ikutan bagi2 buku di fase keenam ini :)

      Hapus
  2. Wah bagus banget informasi ini. Luar biasa. Terimakasih atas share nya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ikut tertarik utk menghibahkan buku juga ya?

      Hapus
  3. proyeknya anaz ya, bu..?
    mantap bener temen kita yang satu itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... mbak Anaz yang menggerakkan BHSB selama ini.
      Emang hebat bener dia, Kang :)

      Hapus
  4. kemarin ketika kopdar blogger nusantara ... kami diminta untuk membawa buku
    saya tidak tau apakah ini berkaitan dengan BHSB atau tidak
    tapi apapun itu ... upaya ini patut diacungi jempol

    Salam saya Bu Reni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya banyak kok komunitas yang melakukan hibah buku kepada masyarakat ini Om, dan BHSB adalah salah satunya.
      Yang aku tahu, di Yogya sendiri juga ada komunitas itu... cuma aku lupa namanya.
      Mungkin aja buku yang disumbangkan lewat acara Kopdar #BN2013 kemarin juga utk dihibahkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

      Hapus
  5. saya kemarin ikut fase kedua :D nah ini pengen ikutan lagi, tapi buku berserak di mana-mana T_T semoga bisa kumpulin lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoooo mulai sekarang dikumpulin lagi bukunya, mumpung fase keenam ini akan dibuka sampai Pebruari 2014.

      Hapus
  6. wah menarik, itu ada batas minimal tidak ya mb, trus ada klasifikasi buku tertentu atau bebas. tertarik nih. anyway lama ngga mampir. fotonya sasha... uda gedhe ya sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batas minimal jumlah buku yang disumbangkan? Gak ada sih. Tapi kalo ngirim kurang dari 1 kg kan biayanya tetap aja 1 kg. Jadi mendingan disesuaikan jumlah buku dan biaya pengiriman, biar impas. Hehehe...

      Atau buku2 yang mau dihibahkan dititipkan kepadaku saja, biar aku kirimkan sekalian dg buku2 yang akan aku kirimkan milikku.

      Hapus
  7. Kebetulan buku saya sedikit bu guru soale jarang baca dan beli buku hehe lebih suka baca di internet hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. It's oke yang penting tetap rajin membaca ya?
      BTW aku bukan bu guru lo :D

      Hapus
  8. Dulu awalnya malah dari blogger2 Pekanbaru mak, dg Anaz sbg motornya. Ini pengin bantu malah bingung krn kalau pertengahan semester begini buku2 masih dipakai. Tapi bagus juga disebarin begini, siapa tau malah terkumpul lebih banyak buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Lusi, emang awalnya Nanlimo yang menggerakkan ini.
      Kalau gak salah aku dulu kirim buku2 komik punya Shasa.
      Alhamdulillah aku bisa berpartisipasi di berbagai kesempatan BHSB itu, hanya kalau gak salah pas fase keempat aku terlewatkan.

      Hapus
  9. Liat di alamatnya ngga ada di bandung mbak.. soalnya ada distributor buku CRUSH di bandung nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Volunteer di Bandung gak ada ya?
      Mungkin Mumut mau daftar sebagai volunteer? hehehe

      Hapus
  10. wahh mantepp harus di kembangin tuhh untuk kemajuan anak bangsa kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dukung gerakan BHSB ini biar makin maju anak2 bangsa kita :)

      Hapus
  11. mantaaaap gan :D
    jgn lupam mampir balik :D
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir dan salam kenal kembali :)

      Hapus
  12. Makasih infonya mbak. Aku juga pengen hibahin buku-buku aku nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... bisa dititipin ke Mak Phie, dia volunteer daerah Yogyakarta tuh.
      Aku mungkin juga akan titip ke Mak Phie kok.

      Hapus
  13. Mantep, luar biasa. semoga kelompok hibah buku tersebut dapat terus berkembang sampai ke seluruh pelosok indonesia.

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Alhamdulillah... selamat bergabung dan semoga makin banyak anak2 yang mendapatkan manfaat dari buku2 yang kita bagikan.

      Hapus
  15. semoga makin banyak buku yang dihibahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... terimakasih banyak doanya mbak Lid.

      Hapus
  16. keren banget mba...
    smoga lancar kegiatannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. terimakasih doanya Mak :)

      Hapus
  17. Kalau aku, pengen bikin perpustakaan, Bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga perpustakaannya terwujud.
      Aku juga punya keinginan yang hampir sama, lebih tepatnya rumah baca yang dibuka untuk umum... tapi karena belum terwujud juga maka sekarang pilih hibah buku aja dulu

      Hapus
  18. Ikut nyumbang doa aja, moga2 lancar dan barokah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... terimakasih doanya Pak

      Hapus
  19. proyek yang kusuka bisa hibah buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... semoga kali ini bisa berpartisipasi lagi

      Hapus
  20. wahhh, Hibah buku ini sdh sampai fase ke-6 ya Mbak? Pdhl saya baru tahu yg tahun kmrn itu.

    Semoga progra ini berkelanjutan dan semakin banyak yg berpartisipasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mak... ikutan yuk fase keenam ini.
      Semoga doanya terkabul. Aamiin.

      Hapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)