Kamis, 06 Maret 2014

Cantik dan Sehat Tanpa Stress

Seseorang bisa dikatakan hidup sehat apabila kondisi sehat jasmani maupun rohaninya yang berdampak pada kehidupan yang bahagia dan sejahtera. Setiap orang tentu saja ingin hidup bahagia, tanpa masalah. Namun, hidup tak akan terlepas dari berbagai macam permasalahan, mulai dari yang sepele sampai yang berat.

Berbagai permasalahan yang ada berpotensi akan menjadi tekanan psikologis. Semakin banyak masalah, semakin besar tekanan psikologisnya apalagi jika masalah itu kian hari kian menumpuk dan tak mampu diselesaikan dengan baik. Kemampuan menghadapi permasalahan kehidupan itu berbeda-beda pada tiap orang. Orang-orang yang tak mampu menangani berbagai permasalahan itu dengan baik akan dengan mudah menjadi stress.



Apa itu stress?

Secara singkat dapat dikatakan bahwa stress adalah sebuah gangguan psikologis akibat dari banyaknya permasalahan yang dihadapi dan membebani pikiran dan perasaan seseorang sehingga mengakibatkan tertekannya psikologis dan pikiran. Stress akan mempengaruhi hampir seluruh tubuh penderitanya, bukan saja fisik tapi juga psikologis, bahkan juga pikirannya. Jika stress itu terus menerus terjadi maka sangat mungkin akan menimbulkan suatu gangguan jiwa yang disebut dengan depresi.


sumber : http://www.tanyadok.com/

Pada saat seseorang menghadapi stress, biasanya laju jantung dan tekanan darah akan semakin meningkat. Peningkatan aliran darah ke otot jantung itu terjadi supaya jantung dapat bekerja lebih baik lagi. Selain itu, saat seseorang stress, maka produksi hormon stress ( kortisol dan adrenalin) juga akan meningkat. Kedua hormon itu akan meningkatkan kerja jantung, yang jika terus menerus terjadi bisa berakibat munculnya gangguan pada jantung.



Wanita dan stress

Dibandingkan lelaki, kaum wanita cenderung lebih mudah tertekan akibat berbagai permasalahan kehidupan. Mengapa demikian? Pertama, karena wanita lebih sulit mengatur emosi jika dibandingkan dengan lelaki. Hal ini dikarenakan wanita lebih banyak menggunakan perasaan daripada logika saat menghadapi masalah.

Kedua, wanita itu multi tasking. Banyak pekerjaan atau urusan yang harus mereka selesaikan dan mereka pikirkan, mulai dari pekerjaan rumah tangga, mengurus anak dan suami, memikirkan pendidikan anak, mengurus gizi dan kesehatan anggota keluarga atau malah juga membantu suami mencari nafkah di luar rumah. Berbagai hal tersebut tentu saja sangat potensial memunculkan berbagai masalah yang mampu membuat wanita tertekan dan stress.

Ketiga, wanita lebih sulit untuk melupakan kesedihan dan penderitaan. Jika lelaki cenderung lebih suka melupakannya, wanita cendering untuk terus menerus memikirkannya, sehingga makin tenggelam dalam kesedihan dan penderitaan. Wanita butuh waktu lebih lama untuk bisa bangkit kembali.

Keempat, seringkali wanita mengalami stress akibat dari besarnya tekanan dari luar atau dari lingkungannya. Jika kaum lelaki bisa dengan tegas menolak atau mengesampingkan tekanan dari luar, tidak demikan halnya bagi wanita. Justru tekanan dari luar merupakan penyebab terbesar stress yang dialami oleh wanita.

Pada berbagai penelitian diperoleh hasil yang berbeda antara lelaki dan wanita pada saat stress. Pada umumnya, saat seorang lelaki mengalami stress, maka akan terjadi peningkatan aliran darah menuju jantungnya. Namun tidak demikian halnya dengan wanita, karena saat wanita mengalami stress, dimana kerja jantung meningkat, tidak diikuti dengan peningkatan aliran darah menuju jantung. Padahal, jantung yang tidak segera mendapatkan peningkatan aliran darah akan memicu munculnya penyakit jantung.



Efek stress bagi wanita

Sebagaimana telah disinggung di atas, bahwa wanita memiliki resiko yang lebih tinggi daripada lelaki dalam gangguan/keluhan jantung. Bahkan penelitian di Australia memperoleh hasil bahwa penyakit jantung adalah pembunuh wanita nomor 1 di sana.

Efek stress dapat dirasakan dengan munculnya gangguan sebagai berikut :
  1. Munculnya penyakit dan gangguan fisik seperti : hipertensi (di Indonesia penderita hipertensi paling banyak adalah wanita), stroke, maag, insomnia, rasa tegang pada kepala, leher serta punggung, kesehatan gigi yang buruk (luka pada mulut, gigi aus, kelelahan gusi) dan sakit kepala serta sulit tidur (insomnia).
  2. Suasana hati tidak menyenangkan seperti : gelisah, kurang motivasi, tidak fokus, lekas marah, sedih bahkan bisa sampai depresi.
  3. Perilaku orang-orang yang stress pun berubah, seperti makan terlalu banyak atau bahkan tak mau makan, sering marah-marah, penyalahgunaan obat atau alkohol, penggunaan tembakau atau merokok dan menarik diri dari pergaulan.
  4. Orang yang stress sering mengalami gangguan memori seperti mudah lupa, lambat untuk mempelajari hal-hal baru, atau pikiran yang tiba-tiba kosong.

Khusus bagi wanita hamil, stress akan sangat mempengaruhi perkembangan janin yang dikandungnya berupa :


sumber : http://www.tanyadok.com/




Cantik dan sehat tanpa stress

Dari berbagai uraian di atas dapat disimpulkan bahwa stress memberikan banyak efek negatif. Namun harus disadari bahwa sangat tidak mungkin untuk hidup tanpa stress. Kita tak mungkin menghindar dari stress. Yang dapat dilakukan adalah meminimalkannya sehingga tidak mengganggu aktivitas dan hubungan kita dengan orang lain.

Setiap wanita tentu ingin selalu tampil cantik dan sehat. Namun apa gunanya kecantikan tanpa kesehatan (jasmani dan rohani)? Itu sebabnya sangatlah penting untuk menurunkan tingkat stress dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi para wanita, agar bisa tampil cantik dan sehat.

Banyak hal yang bisa dilakukan seseorang untuk bisa mengurangi tekanan stress yang dialaminya, antara lain:
  • Memilih makanan sehat yang dapat membuat mood meningkat seperti : buah-buahan, coklat, yoghurt, telur dll. Jangan mengkonsumsi akohol.
  • Relaksasi adalah melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan mampu membuat kita relaks. "Me time" adalah waktu seorang wanita dapat menghabiskan waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Yang dapat dilakukan antara lain : membaca buku, rekreasi, nonton bioskop, meditasi atau yoga, mendengarkan musik, ngeblog, dll.
  • Tidur yang cukup, hindari bergadang, agar tubuh tetap bugar dan bersemangat.
  • Membiasakan diri untuk berpikir positif dan bersikap tenang.
  • Rutin berolahraga, karena selain bisa meningkatkan mood dan membantu energi pada tubuh, endorfin yang dihasilkan dari aerobik bisa membantu mengurangi stress.


sumber : http://www.tanyadok.com/

Khusus untuk wanita, upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalkan munculnya stress akibat tekanan dari luar atau lingkungan dapat berupa :
  • Berani bersikap proaktif : berani mengambil inisiatif dan tanggung jawab atas hidup kita sendiri. Seorang wanita yang berani bersikap proaktif berarti berani menentukan pilihan/keputusan sendiri berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai yang ada dalam dirinya dan bukan produk dari kondisi mereka, atau suasana sekitarnya. Melakukan sesuatu yang sesuai dengan prinsip dan nilai diri sangat efektif untuk menciptakan kebahagiaan dalam diri. Selain itu sikap proaktif tak akan membuat kita menyalahkan keadaan karena kita menyadari bahwa diri kitalah yang memegang kendali atas hidup kita.
  • Menetapkan prioritas dan berani berkata tidak : sebagaimana aku sebutkan di atas, wanita itu multi tasking, hal itu bisa menyebabkan stress karena ada banyak hal harus dikerjakan/dipikirkan padahal waktu terbatas. Itu sebabnya wanita harus pandai menyusun prioritas. Selain itu yang tak kalah penting adalah berani berkata tidak terhadap permintaan atau tuntutan yang tak sanggup kita kerjakan atau kita penuhi.
  • Sharing dengan orang lain : respon antara wanita dan lelaki dalam menghadapi stress berbeda. Saat menghadapi masalah, lelaki cenderung bersikap ‘tabrak atau lari’ sedangkan wanita cenderung mencari teman bicara untuk curhat. Walaupun tidak menyelesaikan masalah tetapi setidaknya wanita akan merasa lebih mampu menghadapi masalah tersebut. Tentu dengan demikian, tingkat stress akan semakin menurun.

Kembali pada peran wanita, khususnya ibu, yang multi tasking maka seorang wanita diharapkan untuk mampu cantik dan sehat tanpa stress. Seorang ibu adalah nafas bagi keluarganya yang mampu mengatur denyut semangat keluarga dan menjaga emosi dalam keluarga. Jika seorang ibu malah terpuruk dalam rasa stress, maka harmonisasi dan stabilitas dalam rumah akan terganggu. Seorang ibu yang cantik, sehat dan ceria akan menjadi energi yang luar biasa bagi keluarga.

So..., bagi seluruh wanita di Indonesia yang ingin tampil sebagai wanita cantik dan sehat mulailah untuk meminimalkan stress dalam hidup kita. Pelajari dan ketahui aneka tips untuk tampil cantik dan sehat di tanya dokter dan jadilah wanita Indonesia yang cantik dan sehat agar mampu menyiapkan generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani. Tunggu apa lagi?

referensi :
http://www.tanyadok.com/berita/stress-dapat-berdampak-lebih-buruk-pada-jantung-wanita
http://www.tanyadok.com/berita/efek-stress-pada-wanita
http://www.tanyadok.com/berita/stress-ternyata-juga-tidak-baik-untuk-kesehatan-gigi
http://www.tanyadok.com/kesehatan/kehamilan-beresiko-anak-cacat
http://www.tanyadok.com/berita/hindari-stress-saat-hamil
http://www.tanyadok.com/kesehatan/perempuan-dan-penyakit-jantung
http://www.tanyadok.com/kesehatan/hipertensi-dan-stres-apa-hubungannya
http://www.tanyadok.com/kesehatan/seni-menghadapi-stres-dalam-kehidupan-sehari-hari



80 komentar:

  1. lengkap banget mbak pembahasan tentang stress ini...tapi susah juga terhindar dari stres ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang susah terhindar dari stress karena hidup ini penuh masalah... kita tinggal mengupayakan agar jangan sampai masalah2 yg muncul membuat kita jadi stress yang berlebihan

      Hapus
  2. wah bisa dijadiin referensi nih tulisan mbak reni...
    iya mbak stress itu adalah pencetus hampir semua penyakit yah...

    aku kalau lagi stress biasanya ajak keluarga jalan2 ke tempat hijau2 yg nggak terlalu rame.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. refensi agar orang2 jangan stress biar terjamin kesehatan gigi dan mulutnya ya bu dokter gigi? hehehe

      Nah... rekreasi bersama keluarga tentu saja akan membuat kita melupakan atau mengurangi tingkat stress ya mak?

      Hapus
  3. naudzubillah sampe sakit gr2 banyak pikiran hehhe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Hanna... semua penyakit berawal dari pikiran

      Hapus
  4. Tulisannya sangat memotivasi, karena sekarang ini saya jg lg stres,,'gak yang motivasi saya serasa hidup sendirian, sedih rasanya, makasih ݪªª atas info yg sangat berguna,,yes ayo tetap semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh jangan terpuruk dalam rasa sedih...
      Ayo bangkit, berpikir positif dan lihatlah betapa masih banyak hal2 indah di luar sana...
      Yuk keluar dari stress biar tubuh kita gak sampe menderita berbagai macam penyakit.
      Semangattttt

      Hapus
  5. Sangatt memotivasi , thanks

    BalasHapus
  6. ini tugas review artikel atau untuk sendiri mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini tulisan utk ikut lomba Wanita Indonesia Cantik dan Sehat
      Ikutan yuk Mak

      Hapus
  7. mbaaaa...
    makasih sharing nya yah mba...
    jadi dapet banyak ilmu baru setelah mampir sinih :)

    Stres yang paling sulit untuk dihindarkan buatku adalah ketika dapet sad ending dalam drama korea deh kayaknya...hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk... mbak Erry sih gak jauh2 dari drama korea deh ya pokoknya.
      Kalau cucian setumpuk kira2 sedih dan stress gak sih... *tutup paksa semua jasa laundry kiloan* :p

      Hapus
  8. Mak Reni juga ga stress kan? soale aku suka ngerusuh di TL-nya ha ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku justru stress kalo dirimu gak datang ngerusuh mak hahaha
      Kuatir aja dirimu sedang gak sehat sehingga ga semangat ngerusuh di TL ku :D

      Hapus
  9. Ya mudah mudahan sih mak Reni ga ikut stress, soale aku suka ngerusuh ditempatnya.. he he he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang Mak Yulia... aku sama sekali gak terganggu kok. :D

      Hapus
  10. Terimakasih sharingnya Mak... Langsung agendakan Me Time :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aseeekkk... sertakan aku dalam me time mu ya Mak hahaha

      Hapus
  11. Lengkaaap

    stres memang menjadi masalah buat perempuan, banyak aja penyebabnya ya mak
    tp solusinya juga segambreng, tergantung kita gimana menghadapinya..hihi
    sukses ya mak...semoga menang sama kontesnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak Mak Melly...
      Semoga kalau aku kalah nanti aku gak stress ya hahaha

      Hapus
  12. Tipsnya oke punya, dan saya setuju sekali Mak :) mudah2an terhindar dari stress2 itu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semoga kita semua pandai2 menghadapi masalah yang berpotensi memunculkan stress mak :D

      Hapus
  13. Wiiiihhhhh...kumplit plit...Maakkk, rajin banget aaahhh !!! #lalu cubit2 diri sendiri yg lagi males posting :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mak Lies... nulis lagi... semangat lagi.
      Aku sudah semangat kok ganti Mak Lies yang ga semangat sih?

      Hapus
  14. tunggu apa lagi?? tunggu pangerannya dateng, Bu :D

    btw, tulisannya bagus bgt, Bu. Pas buat saya yg saat ini sedang stres krn banyak pikiran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh Sarah... jangan dibawa stress dong.
      setiap orang pasti punya masalah...
      Berbagi aja dengan sahabat atau saudara untuk meringankan beban di hati.
      Semoga pikiran2 yang memberatkan tak akan ada lagi

      Hapus
  15. sharing memang membantu ya, mbak. apalagi sharing dengan orang yang lebih tua, jadi bisa mengurangi stress

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget... jika kita sharing dg orang yang lebih tua, maka kita pasti akan dpt banyak masukan karena orang2 yang lebih tua setidaknya punya pengalaman yg jauh lebih banyak dari kita (walau gak semuanya juga sih)

      Hapus
  16. Kalau kebanyakan stress, yang cantikpun lama-lama akan jelek ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaa... bener banget Mak Evi... orang yg stress kan mukanya suram. Trus biasanya mereka juga jadi gak perhatian ama penampilan mereka... wis tambah jelek mak hehehe

      Hapus
  17. Tips yg cantik..mudah2an makin jd makin cantik semuanya.. Hatur nuhun yaaa...dan salam kenal dr kota nürnberg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Teh Dewi... semoga tips dan info di atas bermanfaat.
      Salam kenal kembali dari Madiun :D

      Hapus
  18. Lengkap sekali Mbak, ulasannya. Ternyata stres itu berbahaya sekali, banyak dampak negatifnya ya, apalagi buat wanita & ibu hamil. *Jadi inget lagi Bung Rhoma... "Streeesss! Obatnya iman & taqwaa..." :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ada to lagunya Rhoma yang tentang stress mak? Aku malah gak tahu hehehe
      Iyaaa stress itu memberikan banyak efek negatif pd diri kita lo.
      So, jangan biarkan kita stress ya?

      Hapus
  19. ini post khusus buat cewekah mbak? semoga tidak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak juga sih Mas... ada info umum tapi ada juga info tambahan khusus utk cewek.
      Info ini bisa diteruskan pada istri atau saudara2 perempuan lainnya :D

      Hapus
  20. makanya aku ngeblog biar gak seteres mak haha

    gudlak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mak... ngeblog adalah me time yang oke banget karena lewat blog kita bisa katarsis hahaha

      Hapus
  21. Mbak Reni ..... semua BENAR BANGET, beberapa tipsnya sdh saya lakukan,
    Olah raga adalah cara cepat utk menghilangkan strees , krn tubuh memproduksi hormon endorfin, hormon yg membuat kita bahagia.... makanya disaat kerjaan numpuk, saya harus sempatkan diri utk berolah raga terlebih dahulu... menyisihkan hanya 1 jam, tapi hasil kerja jauh lebih baik dr pada tdk olah raga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... bagi yang sudah praktek pasti akan tahu bener manfaat olahraga utk menghilangkan stress
      Semoga Mbak Sukma gak pernah sampai stress ya. Aamiin

      Hapus
  22. Wah, super lengkap ini nih. Terima kasih sharingnya, Mak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali... semoga bermanfaat yaaa

      Hapus
  23. Ngeblog memang salah satu obat stress yg cespleng, satu lagi berpikir positif memang tidak mudah tapi bisa dilatih dan tentu saja mohon pertolongan Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tahu... bagi Mbak ina... pasti ngeblog, nonton bola dan drama korea adalah obat stress yang paling cespleng kan? hohoho...
      Bener Mbak.. tanpa pertolongan dari Yang Maha Esa pasti semua sia2

      Hapus
  24. materinya menarik heeeem dan bs jadi rujukan... thanks tuk shareny, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... terimakasih kembali. Semoga bermanfaat yaaa

      Hapus
  25. Assalamualaikum, mb Reni apa kabar semoga sehat selalu ya...

    Mb masih ingat aku ngak,hmmmm lama banget nich baru muncul...jadi malu rasanya.

    Mb...tulisan mba pas kali nich buat aku, belakangan ini aku emang agak stress banget mb...banyak banget yang di pikirin...ya kerjaan, rumah..semuanyalah mb pokoke.
    Tapi Alhamdullilah mb...udah mau masuk 2 bulan ini agak lumayan baik, stressnya juga sudah berkurang dan berat badan naik lagi jadinya heheheh.

    Terima kasih untuk tuliannya mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Mul tentu saja aku gak akan bisa melupakanmu.
      Bagaimana kabar Dini dengan adiknya?
      Mbak Mul sendiri lama absen ngeblog ya?

      Alhamdulillah jika saat ini mbak sudah gak stress lagi.
      Semangat ya Mbak... agar mbak juga sehat dan bisa menjadi ibu/istri yang siap menjalankan tugasnya sehari-hari
      Berpikir positif aja Mbak... semua pasti akan indah pada waktunya

      Hapus
  26. Stress datang, penyakit ikut semua, ya, Mbak..

    Eh, tadi perasaan saya udah ketik komentar sampai selesai, kok ilang ya? Padahal belom klik publikasi. Tiba2 nge-load sendiri, Mbak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mak... stress membawa banyak penyakit di belakangnya

      Oya? Apakah komen di sini sulit Mak?

      Hapus
  27. jadi..nggak boleh stres lagih sekarang..hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups bener sekali... gak boleh stress lagi hehehe

      Hapus
  28. Baru pertama nyasar di sini. Eh ternyata tulisannya keren-keren. Nyesel juga sih, kenapa nggak daridulu nyasarnya. Hehe.
    Salam kenal dari Semarang ya, Bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... senang sekali berkenalan denganmu Mbak.
      Semoga gak akan kapok mampir lagi kesini yaaa... :)

      Hapus
  29. yang murah meriah utk menghilangkan stress adlh olahraga memang, namun terkadang aku saja susah melakukannya. Berat banget untuk melangkahkan kaki,,,padahal itu baik bget utk kesehatan kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sulit untuk memulai kebiasaan baik khususnya olahraga... aku ngerti banget itu soalnya aku sendiri mengalamninya hehehe

      Hapus
  30. semoga juara Mbak lombannya soalnya temen2 diatas pada senang sama artikelnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak Mak utk doanya....:)

      Hapus
  31. aku stress, mbaa... hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... makanya tesisnya dikelarin biar ga stress lagi :D

      Hapus
  32. Mbak...stress-nya pengen jalan-jalan gimana neh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sudah buruan aja jalan2 Mak hehehe

      Hapus
  33. Stres memang rentan bagi wanita mkn krn wanita makhluk paling sensitif ya Mbak.. Btw, stres bisa kita atasi kalau kita juga mengenali pemicunya.. Super sekalu Mbak postingannya smga sukses dgn GAnya.. Aku blm sempat ikut yg ini, DLnya kapan ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak Rita... karena sensitif itulah jadi mudah terkena stress karena apa2 dipikirin hehehe.
      DL nya hari ini mbak :)

      Hapus
  34. hihi kalau aku stress rembetnya bisa maag mbak ren... dan insom :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang maag itu salah satu penyakit psikosomatis... yang muncul bukan karena gangguan fisik tapi psikisnya

      Hapus
  35. strees emang bkin gak cantik ya mbak hehe, jadi wanita yang cantik itu terbukti cantik dari hati dan pikiran yang bersih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Bang Aulawi Ahmad :)

      Hapus
  36. kalau untuk saya berarti ganteng dan sehat tanpa stress hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. betul sekali! Ganteng dan sehat tanpa stress hehehe

      Hapus
  37. kalo wanita terlalu sering mengalami stress, org lain pun akan tidak enak melihatnya ya mba, karena pasti raut mukanya kusut n semrawut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Santi... orang2 yang stress kan wajahnya kusut gak enak dilihat...

      Hapus
  38. stress bikin penyakit berdatangan ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Lidya.. ternyata banyak penyakit yang datang karena stress inu lo.

      Hapus
  39. ini artikel yg dilombakan di tanyadok itu ya Mba..keren..kupas tuntas bangeeeets..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya masih ada beberapa yang belum dibahas disini Mbak... tapi mampunya ya cuma segini hehehe

      Hapus
  40. Stress bikin penyakit yg enggak2 jadi keluar ya mak :(
    Duh stres, hush hush!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo Mak Inna... usir stress jauh2 dari hidup kita hehehe

      Hapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)