Senin, 07 Desember 2009

Bunga Desember

Ada yang istimewa pada setiap bulan Desember. Pada setiap akhir tahun, selalu hadir bunga yang istimewa, Bunga Desember. Kehadirannya pada bulan Desember (atau terkadang sudah muncul sejak bulan Nopember).., mungkin itulah yang menyebabkannya diberi nama : Bunga Desember.

Bentuknya unik, terlihat bundar seperti bola berwarna merah menyala. Kalau kita memandangnya dengan seksama, wujud Bunga Desember sebenarnya hanya serupa serabut-serabut lunak dengan ujung bercabang-cabang dan warna putik kuning menyala pada setiap ujungnya.




Kalau pagi itu tak kulihat bunga itu di depan rumahku, nyaris aku lupa bahwa aku 'memilikinya'. Bunga Desember adalah bunga yang memiliki daya tahan hidup luar biasa. Pada bulan-bulan lainnya, keberadaannya seringkali dilupakan orang. Pada saat itu, Bunga Desember hanyalah berupa umbi yang tersembunyi di dalam tanah. Tak peduli walaupun tak ada yang memperhatikan dan merawatnya, umbi Bunga Desember tetap saja bertahan hidup. Sampai akhirnya, tibalah saatnya dia dapat kembali memamerkan hijau daunnya dan merah merona bunganya. Indah...

Melihat kehadiran Bunga Desember yang menyembul di antara hijau dedaunan di depan rumahku beberapa waktu yang lalu, dapat mengembalikan semangatku yang sempat terkikis. Daya tahan dan daya juang Bunga Desember telah menulariku di pagi itu. Warna merahnya mengembalikan lagi keceriaan hari-hariku.

Kehadiran (kembali) Bunga Desember di depan rumahku membuatku termenung sesaat. Andai senantiasa kumiliki semangat dan daya juang sang Bunga Desember, alangkah hebatnya. Andai kumiliki keikhlasan saat dilupakan dan kesetiaan untuk senantiasa hadir pada saatnya, alangkah indahnya. Namun kusadari... aku belumlah sehebat dan seindah Bunga Desember seperti yang kembali hadir di depan rumahku.

35 komentar:

  1. boleh pertamax ga, mbak??!! hehehe

    BalasHapus
  2. unik ya mbak nama bunganya, bunga desember...

    BalasHapus
  3. nama bunga'y unik juga yach...

    BalasHapus
  4. kayaknya pernah kenal ama ntuuh bunga...??? dulu pernah ada di depan rumah... tapi sudah sekian lama menghilang... hehehehehe

    BalasHapus
  5. Hm...bunga yang indah. Desember memang bukan bulan kelabu, selalu bulan sibuk dan terburu-buru. Ya kan mbak.

    BalasHapus
  6. bunga desember hmmm unik ya mbak
    tapi kok belum pernha denger yah
    halah wina gaptek hehehe
    ntar kalo ngeliatnya pas januari
    jadi bunga januari dunk
    hihihihi
    canda mbak....

    BalasHapus
  7. Nah, mbak Reni ngomongnya udah mirip mbak Reni deh, merenung gara2 bunga. hehehe...

    Senangnya kalo mbak Reni semangat lagi! Btw, kalo di dunia barat sana ada juga bunga warna merah yg khas di bulan Desember, yaitu Poinsetia. Bunganya (kalo ga salah) kayak yg ada di blog Curhat Fanda-ku [sekarang baru inget nama bunga itu setelah sekian lama punya blog!!!]

    BalasHapus
  8. mbak, namanya bunga desember?
    lucu banget sih...hihihihi

    BalasHapus
  9. Saya baru tau lho mbak kalo itu namanya bunga desember,pantes bulan tertentu saja bunga itu berbunga karena saya tidak tahu namanya,paling saya pikir bunga ini kok jarang berbunga ,kalo berbunga suka saya pajang mbak diruang tamu biar kelihatan lebih indah...

    oh ya ..awardnya sudah saya pajang...^_^

    BalasHapus
  10. sekilas, saya kira kembang soka. emang namanya bunga desember ya bu? baru tau

    BalasHapus
  11. mbak ren awardnya d titip disini dulu yah ntar wina ambil. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  12. aku baru nyadar kalo dirumah juga ada bunga serupa, baru ku tau juga kalo namanya bunga desember.

    hebat ya, si bunga bisa tepat waktu kapan harus menjalani takdirnya "berbunga".

    BalasHapus
  13. belom pernah liat bunga itu....

    mbaaa..... ada award buat mba di rumahku... diambil yaaahhh

    BalasHapus
  14. Mbak..bunganya sangat indah dan menawan
    sayang bunga ini sudah agak jarang ditemui (khususnya di Bali)

    BalasHapus
  15. ah jadi inget masa kecil dulu di sby.. dulu di rumah saya juga ada bunga desember ini. lucu emang bunganya ya, bisa2 nya tau kalo udah bulan desember... hahaha

    BalasHapus
  16. oalah,,
    ternyata bunga yang satu ini namanya bunga desember yah mbak?
    baru ngerti namanya sekarang..hehehehe

    BalasHapus
  17. boleh boleh,,ga pernah liat tapi

    BalasHapus
  18. lam kenal dulu ya,,,,,,,,,

    BalasHapus
  19. blm pernah denger namanya tu

    BalasHapus
  20. namun pastinya anda sudah melalukan yang terbaik dalam hidupa anda bukan?

    BalasHapus
  21. iya mbaakkk...just be like december flower! aku juga suka bunga ini, tanpa dirawat pun dia akan selalu hidup dan berdiri dengan indahnya hingga datang waktu yang ditunggunya..desember!! nice post..
    makasih udah support aku mbak..u're my best..

    BalasHapus
  22. Bunga Desember,.. keindahannya muncul setahun sekali.
    Depan rumah kebetulan ada satu pohon.

    BalasHapus
  23. Wah ternyata bunga itu yang disebut bunga Desember. Waktu tinggal di Bali, kami pernah menanamnya. Seingat saya kalau malam, harum banget aromanya, kami menyebutnya bunga sedap malam

    BalasHapus
  24. baru pertama lihat bunga itu mabak makasih ya sudah di share

    BalasHapus
  25. Baru melihat saya bunga ini Mba. Tapi filosofi tentangnya bagus tuh.

    BalasHapus
  26. Ternyata lama aq melupakan bunga ini, bunga masa kecilku di kampung, kira-2 masa SD - SMP kali'..jadi inget lagi..

    BalasHapus
  27. Indah sekali Mbak. Kesetiaan... asosiasi yang tepat :)

    BalasHapus
  28. aku malah baru tau lho mbak,, kalo ada bunga yang namanya bunga desember...

    BalasHapus
  29. analogi yang indah tentang bungan desember. gambarnya juga indah banget mbak

    BalasHapus
  30. dulu aku sempat menyukainya sampe akhirnya melupainya.skrang mbak mengingatkan kenangan tentang bunga desember.susah2 ku menanamnya ku tunggu munculnya bunga di bln des...akhirnya muncul juga,pengorbanan saat mencari bibitnya jg menanam,merawatnya,menunggu...akhirnya...bs kuliat aku bersyukur krna penantian ku pasti jg pengorbananku berbuah

    BalasHapus
  31. pengen sebenere mbak seperti bunga desember yang memiliki keikhlasan saat dilupakan dan kesetiaan untuk senantiasa hadir pada saat dibutuhkan. tapi godaannya kok berat banget ya mbak?

    BalasHapus
  32. bunganya tantik deh mbak kaya mbak reni ^.^
    susah gak tu mbak budidayanya?

    BalasHapus
  33. tapi kok gak ada bunga januari, maret dst ya he he he

    BalasHapus
  34. seandainya bisa memiliki keikhlasan saat dilupakan....iya ya mba ^_^

    seandainya hatiku sebesar itu

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)