Minggu, 04 Desember 2011

Kejutan setelah "kembali"

Sabtu kemarin setelah aku kembali ke jagad blogsphere setelah 'menghilang' (istilah sahabat-sahabat blogger untukku) aku mendapat kejutan. Tak lama setelah tulisanku terpublish, HPku berdering menandakan ada SMS masuk. Rupanya aku mendapatkan SMS "welcome back" dari mbak Alaika (yang saat itu sedang terbaring sakit di atas tempat tidurnya). Tak lupa di akhir SMSnya mbak Alaika menuliskan : "kemana aja?" #nyengir

Tak hanya itu, komentar-komentar yang kemudian masuk membuat senyumku kian lebar. Rentetan ucapan selamat datang kembali benar-benar membuatku terharu. Tapi..., menghilangnya diriku selama 2 minggu mendapat sindiran dari mbak Anazkia dan Yayack Faqih, seolah-olah aku menghilang lebih lama. Komentar yang mereka tinggalkan adalah : "2 minggu apa 2 bulan mbak?" Hahaha...

Sahabat-sahabat blogger/narablog tercinta, kehangatan kalianlah yang membuatku tak bisa meninggalkan dunia ini. Meski terkadang aku terpaksa tak bisa eksis disini, tapi selalu saja kerinduan akan kehangatan kalian yang berhasil menarikku kembali kesini. Terima kasih semuanya... I love you all.... #terharu

Tapi kejutan yang aku terima setelah kembali lagi tak cukup hanya itu. Sewaktu aku memeriksa kotak moderasi komentarku, aku melongo tak percaya. Ada 25 spam masuk. Wah ini benar-benar rekor tersendiri bagiku...! Selama ini memang sering ada komentar spam yang masuk, tapi jumlahnya tak sefantastis itu. Dalam sehari 25 spam masuk. Luar biasa bukan?

Ternyata itu belum berakhir... karena sewaktu aku memeriksa kotak spam lagi di malam hari, aku menemukan ada 2 lagi spam yang masuk. Jadi, total dalam sehari, aku ulangi : sehari, ada 27 spam yang masuk. Sementara di kotak spam-ku masih ada 3 komentar spam lama yang belum sempat aku hapus. Total komentar spam yang harus aku hapus hari ini adalah 30. Hadeeehhh...


Untung saja kotak komentarku aku moderasi. Kalau tidak, aku terpaksa harus membuka satu persatu postinganku untuk menghapus masing-masing komentar spam itu. Dengan terjaringnya semua komentar spam itu di kotak spamku, dengan sekali klik aku bisa langsung menghapus ke-30 komentar spam itu. Mudah dan cepat. Hanya saja aku masih heran, mengapa blogku sering sekali menerima komentar spam seperti itu?

Bagaimana denganmu sahabat? Apakah komentar spam juga rajin mampir di blogmu?

24 komentar:

  1. Wah so sweet bgt mbak ren, ini yg namanya salaing memberi support untuk eksis di dunia blog... akan selalu ada alasan untuk kembali :)

    Kalo soal spam aku jg banyak tp anehnya hanya disatu postingan yg entah maknanya apa bagi mreka, total spam untuk postingan itu ada 75. Sy jg heran?!

    Selamat pagi :)

    BalasHapus
  2. Hmm..iya kemana aja nih Mbak #sok kenal padahal baru pertama mampir kesini hehehe

    Saya juga termasuk orang yang rajin membuang spsm yang dikarantina diblogku, cuman tidak sebanyak yang ada diblognya Mbak Reni hehehe

    Salam,,,

    BalasHapus
  3. Ana hanya dapet satu spam aja, Mbak :)

    Btw, tulisannya udah Ana ambil, diizinkan enggak?

    Eh, ngumpet, sebenernya Ana lag jarang BEWE #ngekkkkk hihihihi

    BalasHapus
  4. Spam seh makanan sehari hari mbak hehehe..

    Tapi klo aku di wordpress walaupun gak dimoderasi spam ttp masuk ke spam.. jd gak perlu ngapusnya satu2 dr postingan :D

    BalasHapus
  5. Halo mba.... aku udah lumayan nih, makanya udh bisa komenting on your posting.

    Walau udah welcoming you through sms yesterday, aku mau ngucapin lagi nih, selamat kembali ke 'dunia' ini yo mba... ku kangen tulisan2 mu.

    Tau ga, kemarin sore, jam 6, aku bangun dan menemukan notifikasi di gmailmu, cukup banyak, wow, aku terharu.

    Seluruh postinganku, mungkin 11 postingan sejak dirimu 'menghilang'? kini mendapatkan komentar darimu.

    Trims mba Reni, aku sungguh terharu. Kehangatan persahabatan ini terasa begitu indah, menjadi salah satu obat bagi my recovery dari flu yang ga kompromi ini.

    makasih banget ya mba... lets keep this warm and nice friendship, lets make it endless ya....

    Tentang spam, aku juga pernah mba, tapi ga banyak, paling satu satu. Langsung aku hapus begitu dapat notifikasi via gmail.

    oh ya, tentang permintaanmu untuk menjawab komen-2mu via sms or email, aku akan jawab via postingan ya mba, segera begitu gilirannya tiba, ok?

    hv a great Sunday ya mba....

    BalasHapus
  6. spam filter blogger oke punya kok bu
    aku ga pake vercod ga pake moderasi
    semua sampah langsung masuk ke spam
    ga ada yang nongol di komen
    ada kali tuh 80 biji...

    BalasHapus
  7. biar gak repot, mestinya jangan pake yang dimoderasi, mba. sukurnya blog saya yang gratisan gak pernah kena spam. napa ya blog berbayar itu sering kena spam.

    BalasHapus
  8. spam ditempatku sih udah merajalela mbak, ahahahay.... karena pemiliknya ajah kadang-kadang suka nyepam... :)

    BalasHapus
  9. wellcome back mbak..
    selamat datang..
    bingung mau ngomong apaan ya?

    BalasHapus
  10. waahhhh masih 2 mgg ya... menone malah udah sebulan nich heheheheheheh


    Salam persahabatan selalu dr MENONE

    BalasHapus
  11. banyak amat spamnya mbak? aku aja dalam beberapa bulan cuma satu dua aja yg masuk.. hehe.. selamat datang lagi di dunia blogosphere :D

    BalasHapus
  12. q jarang mampir ke blog kalian
    maukan kalian maafin q
    :-(

    BalasHapus
  13. Blog saya jarang dapat spam Mbak, dan nggak ada moderasinya. Hmm, tapi saya bukan ingin mengomentari itu.

    Cuma pengen berkomentar, selamat datang kembali dan selamat menuliskan kisah kisah ya Mbak.. (kayaknya serupa dengan komentar saya kemarin, hehe)

    Salam buat Adek Shasa dan Mas.

    BalasHapus
  14. hah 30 spam? buseet..pake open id aja mbak biar gak ada yg nyepam.

    BalasHapus
  15. mbak reni sepertinya BW borongan ya hehehe. aku baca komen2nya dari email di hp aja.ini baru bisa bw lagi

    BalasHapus
  16. banyak yang cinta dengan mbak Reni, hehehe... entahlah kalo sama aku banyak yang cari ribut. biarlah, sebetulnya bukan garis keras, tapi strict jadinya banyak yang kesinggung

    BalasHapus
  17. Ada 3 kemungkinan knp blog suka dapet spams. Detailnya ntar di message aja ya ^_^.

    BalasHapus
  18. welkambek mbak ... pasti banyak stok cerita nih :)

    BalasHapus
  19. hati2 kalau hapus spam, suka ada komentar teman nayngkut disana

    BalasHapus
  20. hihi.. klo aku neghilang 2 minggu ada yg nyari ga ya?

    BalasHapus
  21. kok bisa ya sebanyak itu mbak? hehe, kayaknya aku belom ada komen spam yang masuk (mudah2an jangan) >_<

    menyenangkan ya mbak, dikelilingi teman-teman yg punya kehangatan ^ ^

    BalasHapus
  22. demen bener Mbak spammer mampir dimari, hiikss yg sabar ya Mbak apus2innya.

    kayaknya harus dijagain terus Mbak blognya biar gak disinggahi ama tukang spam :D

    BalasHapus
  23. Ngomong2 perihal kembali ke jagat blog, saya pun merasa senang sekali masih ada narablog setia yang selalu mengunjungi blog saya ketika saya menerbitkan posting-an baru. :)

    BalasHapus
  24. aku juga sering Mbak...

    itu harus dihapus ya Mbak?
    kalo gak dihapus???

    apa ada dampak negatifnya ke blog kita?

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)