Senin, 04 Mei 2009

Buku Murah

Siapa pun tahu bahwa buku di Indonesia relatif mahal. Apalagi untuk golongan menengah ke bawah, harga buku yang selangit seringkali membuat mereka kesulitan untuk memiliki buku-buku yang bagus dan berkualitas. Kalaupun sampai bisa membeli buku, berarti mereka harus mengesampingkan kepentingan yang lain terlebih dahulu.

Untuk aku yang termasuk suka membaca, maka keberadaan buku sangat penting. Keberadaan Buku dan Toko Buku adalah hal yang menyenangkan hatiku. Aku ingat, kejadian di saat aku masih sekolah dulu. Beberapa kali saat aku libur sekolah dan kebetulan ibuku dinas ke Surabaya, aku diajak serta. Bukan untuk ikut dalam acara dinasnya, tapi aku akan "ditinggalkan" di Toko Buku yang ada di Surabaya. Hehehe...


Maklum saja, untuk mendapatkan buku-buku baru saat itu memang sulit dilakukan di Madiun. Toko buku yang ada di Madiun lebih banyak menyediakan buku-buku pelajaran sekolah. Sementara untuk buku-buku bacaan lainnya, meskipun ada tapi jenisnya terbatas sekali.

Makanya waktu aku kuliah di Yogyakarta aku seneng banget bisa berkesempatan membeli buku dengan harga miring di beberapa tempat. Untuk kantong anak kost sepertiku, membeli buku adalah "barang mewah". Apalagi untuk bisa membeli buku aku harus berhemat selama beberapa waktu. So, kalau aku dapat buku yang murah... senanglah hatiku !!

Sudah jadi kebiasaanku, kalau aku pergi keluar kota (Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Malang) maka aku akan menyempatkan diri datang ke Toko Buku. Selain cari buku yang tidak bisa kutemukan di Madiun, aku juga cari buku diskonan !!
Berburu buku murah
jadi rekreasi tersendiri bagiku hehehe...

Makanya, aku berusaha lewat beberapa cara untuk bisa mendapatkan buku yang murah. Sebenarnya buku murah akan mudah didapat saat ada pameran buku. Sayang sekali, selama ini di Madiun baru sekali ada pameran buku. Untuk keperluan ini, ada beberapa teman yang telah membantuku untuk mendapatkan buku-buku yang kuinginkan dengan harga murah.

Walaupun sekarang ada Toko Buku Salemba dan Toko Buku Toga Mas di Madiun, tapi tetap saja aku masih suka berburu buku murah. Dan, beberapa saat yang lalu aku menemukan 3 buah buku murah di Toko Buku Toga Mas. Memang bukan buku cetakan terbaru sih, tapi aku tetap ingin membelinya (apalagi harganya murah !!). Ketiga buku itu adalah :


  • Murder in Teh Mews (Agatha Christie, Gramedia, 2003) seharga Rp. 7.500
  • Hannibal (Thomas Harris, Gramedia, 2001) seharga Rp. 10.000
  • When The Wind Blows (James Patterson, Gramedia, 2006) seharga Rp. 10.000

Kemudian, Minggu tanggal 3 Mei 2009 yang lalu saat aku mengantarkan Shasa ikut lomba English Poetry for Children aku melihat spanduk Bazaar Buku Murah. Maka, saat ada waktu menunggu pengumuman dari juri aku menyempatkan mampir untuk melihat-lihat. Ternyata..., banyak buku yang dijual murah saudara-saudara...!!

Maka, seperti orang lapar mata, aku sekaligus memborong 7 buah buku untuk Shasa. So pasti, Shasa kegirangan sekali menerima buku sebanyak itu sekaligus. Buku-buku yang kubeli saat itu adalah :


  • Misi # 22 : Tantangan (Yunita Candra Sari, Dar! Mizan, 2005) seharga Rp. 10.000
  • Tangan-tangan Mungil Melukis Langit (Faiz dkk, Lingkar Pena, 2008) seharga Rp. 9.750
  • Anak-anak Masa Depan (Ali Shahab, Dar! Mizan, 2005) seharga Rp. 8.000
  • Markum yang Cerdik (Zaenal Radar T., Dar! Mizan, 2004) seharga Rp. 6.500
  • Naluri dan Nalari (Hasif Palajati, Dar! Mizan, 2005) seharga Rp. 6.500
  • Sepedaku Sayang (Laila Hilaliyah, Dar! Mizan, 2004) seharga Rp. 6.000
  • Rambut Tito dan Bel Ajaib (Benny Rhamdani, Dar! Mizan, 2005) seharga Rp. 4.000

Untungnya..., selama ini suamiku tidak pernah protes dengan kebiasaan burukku yang seringkali lapar mata saat melihat buku yang dijual murah. Hehehe... thanks a lot, dear...

28 komentar:

  1. Boros uang karena ilmu itu jauh lebih baik mam dari pada kita boros uang untuk beli barang yang sebenarnya kita tidak perlukan.

    Buku adalah sumber ilmu dan kreatifitas. Buku adalah guru sumber inspirasi ilmu dan wawasan. Dengan banyak membaca maka akan banyak juga ilmu yang kita dapat. Buku buatku adalah jendela dunia.

    BalasHapus
  2. mbak renny, james patterson itu buku favoritku. salah satunya bukunya udah di filmkan. yang paling aku suka Roses are red, seri keduanya Violets are Blue. bagus deh mbak reni bukunya.

    BalasHapus
  3. Duh aduh mbak Reniii...dikau membuatku lapar! Lapar mata maksudnya, pengen beli buku!! Kebetulan jatah bukuku barusan abis, bingung apa yg mo dibaca lg (pdhal yg blm dibaca tuntas jg msh banyak loh). Aku paling males ke mal yg ga ada toko bukunya, hehehe...
    Btw murah benget tuh Agatha Christienya, Murder in the Mews tuh bhs indonesianya apa ya? Aku dah bc belon ya?

    BalasHapus
  4. Balik lg...ngomong2, ada yg dah baca 'The Other Side of Me'-nya Sidney Sheldon? buku terakhirnya Sheldon? Bagus ga ya?

    BalasHapus
  5. @MA : Emang bener tuh. MA suka buku juga ya ??

    @JengSri : James Patterson bagus ya? Besok beli lagi ah... Kalau masih dijual murah hehehehe...

    @Fanda : Murder in the Mews (Pembunuhan di Lorong), bagus juga.
    Kayaknya aku belum abca tuh bukunya Sidney yg berjudul The Other Side of Me. Oh ya, aku dah beli Alpha Art-nya Herge !!

    BalasHapus
  6. hehehehhe...moso kebiasaan membeli buku kebiasaan buruk mbak....
    yo apik tenan mbak, yang penting buku2 itu bisa dimanfaatkan seperlunya...hehehehe...
    Oiya mbak, aku hobby nya juga membaca mbak..mangkanya seneng ajah kalo ada yang ber hobby sama..hehehe...biar komentarnya panjang(halah)..hehehee

    BalasHapus
  7. Wah sama donk Mbak, sukanya berburu buku murah ...
    Saya belum pernah baca bukunya James Patterson, emang bagus ya Mbak?

    BalasHapus
  8. stock lama ya, tapi gak apa-apa ding toh ilmu gak ada matinya ...

    BalasHapus
  9. wah, paling suka ngeborong buku sewaktu lagi bazaar. Apalagi Dar!mizan sama Lingkar pena, termasuk favorit henny juga tuh

    BalasHapus
  10. @buwel : Yuk kita budayakan membaca pada lingkungan kita...

    @laisya : aku baru kali ini beli bukunya James Patterson. Jadi belum tahu, tapi kata Jeng Sri bagus tuh.

    @joe : kalau bukan stok lama gak akan diobral harganya... hehehe

    @henny : Dar! Mizan dan Lingkar Pena emang bagus-bagus bukunya ya ??

    BalasHapus
  11. Ku dulu juga begitu mbak berwisata buku murah di Yogyakarta, walaupun harganya murah tapi manfaatnya mahal yang tidak dapat dihargai dengan uang.

    BalasHapus
  12. @eri-communicator : di Yogyakarta emang tempatnya buku murah ya, bang.

    BalasHapus
  13. Wah hobi banget baca ya mbak? Saya dan istri juga hobi baca. Kalau ke totko buku bisa berjam-jam nongkrong disana. Sayang toko buku murah cuma ada sekali sekali pas ada pameran aja

    Pondokku

    BalasHapus
  14. he he .. buku itu favoritku waktu kecil. sekarang semenjak ada internet, wah jadi nomer dua. hi hi hi.

    mudah2an cinta citaku untuk punya perpustakaan mini bisa terlaksana kelak, aku ingin suasana rumahku, berbaur dengan kegemaran membaca buku

    BalasHapus
  15. Hobi kita sama yach mbak.. Berburu buku,apalagi yg murah. Hehehe..
    James Petterson ma Agatha Christie? Wuah..sukaaaa! Jadi pengen beli buku deh mbak..

    BalasHapus
  16. buku murah selalu bisa membuat mataku berbinar...wuoooohhh!!

    BalasHapus
  17. Waduh mbak..
    buku bikin ngiler
    apalagi buku murah
    apalagi buat kantong pelajar kaya aku
    waduhhh kapan yo aku ke Madiun
    nanti kali ya..
    pas lebaran

    BalasHapus
  18. @erik : lihat buku-2 berjejer di toko buku emang bisa bikin ngiler ya?

    @kuyus : semoga perpustakaannya dapat terwujud, mbak. Amin.

    @ajeng : ayo ke Madiun, mumpung masih ada "diskon" di Toga Mas.

    @penikmat buku : hehehe... sama dong.

    @itik bali : ngiler ya ?? Hehehe

    BalasHapus
  19. Buku membuat imajinasi kita terus melayang dan terus mencari... ide tidak akan pernah garing dan selalu baru untuk hiudp kita... kekuatan sebuah buku.

    thanks postingannya mbak Reni...

    BalasHapus
  20. @marianus : buku emang jendela dunia ya...

    BalasHapus
  21. wedew buku merah klo sam putih jadi buku merah putih ya

    BalasHapus
  22. ga ada ruginya koq, kalo sedikit "boros" utk beli buku...
    wah..saya blm punya Murder in The Mews, Agatha Christie nih...
    ikutan berburu buku murah di medan juga ah..

    BalasHapus
  23. @eagleval : lho kok malah main "plesetan" disini hehehehe

    @budiawan : murah lo Bang buku Agatha-nya... 7.500 lho !!

    BalasHapus
  24. wah itu bukunya baru ato seconnd?? di sekitaran senen juga banyak tuh.. tapi kebanyakan majalah ^^'

    BalasHapus
  25. Cinta banget sama Togamas! Coz mereka selalu nyediain diskon sampai 15%. Bahkan majalahnya juga ikutan didiskon 5%. Sekarang saya nggak pernah mau ke toko buku lagi, kecuali kalo ada toko yang mau kasih diskon melebihi 15%.
    Di Bandung selalu ada pameran buku terjadwal dua kali setahun lho. Itu diskonnya bisa dapet sampai 20%. Tapi ynag paling pelit diskon tuh Gagas Media dan Gramedia, mereka cuman mau kasih diskon sampai 10%. Kecuali kalo Gramedia baru buka cabang toko ynag baru, naah..itu baru mereka kasih diskon 30%!

    BalasHapus
  26. dalam rangka Hardiknas kemarin
    di medan diselenggarakan 'book fair' selama 3 hari
    klu ada event seperti ini pengunjungnya pasti rame sekali

    kegemaran membaca emang sangat bagus
    untuk menambah ilmu dan wawasan

    BalasHapus
  27. @tempat makan enak : eits... itu buku baru semua lho... Bukan buku second kok.

    @vicky : utk saat ini yg ada di Madiun ya Toga Mas. Walau diskonnya dikit ya lebih baik daripada tidak sama sekali hehehe

    @kejujurancinta : waa.., kenapa gak ngabarin aku kalo ada boof fair mbak ? Hehehe... emang mau terbang ke Medan apa ?!?

    BalasHapus
  28. Saya orang Madiun, tapi karena merantau terus jadi gak ngerti daerah Madiun.. bisa minta tolong kasih referensi tempat beli buku murah (buku bacaan) di madiun? Pengen buka perpustakaan kecil kecilan.

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)