Sabtu, 02 Mei 2009

Masalah

Apa yang akan terjadi kalau kita tiba-tiba dihadapkan pada masalah yang tidak terduga? Apalagi masalah itu datang dari hal yang sama sekali tidak kita ketahui sebelumnya dan kita tidak kuasai ilmunya. Kalau aku dihadapkan pada masalah seperti itu, terus terang aku bingung sekali. Apalagi aku sama sekali tidak punya "ilmu" untuk memecahkan masalah itu.

Nah, kemarin malam aku dapat masalah baru yang aku tidak tahu berasal dari mana. Tiba-tiba saja blogku tidak bisa dibuka. Padahal sebelumnya aku masih bisa balas komentar yang masuk di postinganku. Aku juga masih bisa balas pesan-pesan yang masuk lewat shoutmix-ku. Jadi, kenapa tiba-tiba tidak bisa dibuka?

Galat! Aduh.., apa itu? Aku tidak paham artinya. Aku tidak tahu harus bagaimana. Jadi, aku ketemu dengan masalah yang asing bagiku. Lantas bagaimana aku bisa memecahkan masalah ini kalau aku sendiri tidak tahu apa dan bagaimananya? Maklum saja, aku newbie di dunia ini. Apalagi ilmuku tentang tip dan trik ngeblog juga pas-pasan.

Kemudian aku coba kembali ke blog para sahabat. Beberapa blog tidak masalah, sementara yang lainnya juga tidak bisa dibuka seperti punyaku. Oh My God..., ada apa ini ya? Tapi aku tetap harus tahu bagaimana mengatasi si Galat ini. So, aku coba tengok ke Google untuk cari informasi tentang hal ini.

Dari beberapa blog yang bercerita tentang si Galat, beberapa yang aku buka ternyata blog mereka juga kena galat. Walah !! Aku coba masuk ke blogger. Ternyata…, banyak sekali yang lapor bahwa blognya kena Galat. Nah lo… apa ini?

Akhirnya aku lari ke blog sahabat : Marcelino Agatha (MA). Sesampai di tempat MA, ternyata beberapa pesan yang masuk ke shoutmix blognya MA berbicara tentang galat ini. Bahkan dari informasi yang aku dapat, blognya Kang Rahman juga tidak bisa dibuka. Aku tahu kemudian bahwa sebelumnya blognya MA kena galat juga, tapi sudah langsung bisa diatasi sendiri sama MA.

So, saat itu aku dan mas Koesnadi yang kena masalah dengan galat, minta tolong MA untuk bantuin kami keluar dari masalah ini. Step by step dipandu oleh MA lewat shoutmix-nya. Tapi dasar aku yang kurang paham…, akhirnya aku nyerah dan mempercayakan pada MA untuk langsung me-maintenance blogku. So, malam itu juga MA langsung memperbaikinya dan blog-ku bisa langsung dipakai lagi.

Terima kasih banyak ya MA…. Sudah mau repot-repot bantuin aku, malam-malam lagi… Gara-gara memperbaiki blogku MA sampai bergadang lho. Bahkan gara-gara memandu aku dan Mas Koesnadi lewat shoutmix-nya, akhirnya shoutmix MA 2 kali overload! Dari MA juga aku tahu bahwa blogger sedang dalam masa perbaikan MA yang blognya menduduki peringkat 1 dalam Top Seratus ini memang baik hati. Sebenarnya MA belum lama juga berkutat dalam dunia blog, tapi ternyata dalam jangka waktu kurang lebih 4 bulan MA sudah berhasil mendapatkan Google Pagerank 4. Hebatnya dia tak segan-segan berbagi ilmu dan membantu teman-teman yang sedang bermasalah (seperti aku tadi malam).

Satu hal yang membuatku terkesan dari perkenalanku dengan MA adalah bagaimana dia datang dan memperkenalkan diri. Dia begitu baik dan dengan sopannya memanggilku : Mama Reni (atau dia biasa menyingkatnya dengan Mam). Satu-satunya teman blogger yang menyapaku dengan panggilan seperti itu.

Aku jadi teringat dengan teman sekantorku. Teman-teman sekantorku rata-rata memanggilku dengan panggilan : mbak. Sementara yang lainnya memanggilku : Ibu. Dan hanya ada 2 orang yang memanggilku dengan panggilan : Mama. Jadi, setiap MA memanggilku : Mam…, aku jadi teringat dengan teman sekantorku itu.

MA terima kasih ya… telah banyak berbagi dan membantu. Pokoknya aku bersyukur sekali mempunyai teman sebaik kamu. Terus berkarya dan terus berbagi. Ilmu yang dibagikan akan menjadikan ladang pahala bagi kita. OK ??

26 komentar:

  1. comment ah..
    si MA baik banget. You must be thankful, mbak reni. Senangnya kalo ada yang membantu kita dengan ikhlas disaat kita sedang tertimpa suatu masalah.

    BalasHapus
  2. iya nih, tadi malam saya juga mengalami hal yang sama. blog tidak dapat dibuka alias galat terus... akhirnya saya tinggal, ternyata tadi pagi sudah oke...

    BalasHapus
  3. @henny : wah aku udah ngucapin bertubi-tubi makasih pada MA, mbak. Pokoke tak terkira rasa terima kasihku padanya.

    @joe : emang kemarin malam banyak sekali blog yg kena imbas dari perbaikan/pemeliharaan blogger (cat: info dari MA juga nih hehehe)

    BalasHapus
  4. sama kemaren juga jengsri dapet masalah mbak reni, untung ajah ada mbah google yang bisa ditanya,hehehe

    BalasHapus
  5. Seneng Punya Temen yang bisa Nylesein masalah, Saya juga nih. Pas Mau tambah widget gak bisa, ganti Gambar juga gak bisa. Sampai sekarang masih gitu...

    BalasHapus
  6. Berarti aku lebih beruntung nih, karena kemarin malem Speedy di Surabaya barat lg ngadat. JSedangkan Flash lemot banget. Akibatnya, cuti ngeblog dan ganti nulis review buku...
    Btw, untung galat-nya Blogger sdh usai, dan beruntung persahabatan di blogosphere ini terjalin kuat ya!

    BalasHapus
  7. saya sering ngalami kesalahan galat mbak, apalagi saat ganti template

    BalasHapus
  8. Galat itukan makanan dr ketan yang dibuat oleh blogger.com, rasanya ga enak buat para blogger, ada rasa panik dan resah jk kita mengkonsumsinya...kebetulan saat itu mmang ada mslah..sypun heran koq pesan dishoutmix ga bs dibuka...sy kira teman2 yg berkunjung memberi alamat URL yg salah...ternyata blogger.com lg sibuk membuat kue galat ini...slm perdamaian eh mksd sy slm blogger bu..

    BalasHapus
  9. @Jengsri : petunjuk dari mbah google yang aku datangi kemarin ternyata rumahnya gak bisa dibuka juga, mbak. Hehehe...

    @ari : selama ini aku selalu cari tambahan ilmu dari teman-2 yang lain juga kok, mas.

    @fanda : syukur mbak Fanda gak kena masalah tadi malam. Syukur juga karena persahabatan itu kuat di blogosphere..

    @eri-communicator : galat yang sering terjadi membuat bang Eri makin pinter ya dalam mengatasinya ?

    @planet jingga : aku juga baru ketemu dg si galat ini kemarin, mas. Ternyata emang bener... aku panik !! Hahahaha

    BalasHapus
  10. kalo masalh blogku sampe sekarang belom teratasi. masalah begini: hanya bisa posting di opera sementara klo di mozilla tampilannya acak adul ga bisa buat posting. knapa ya? padahal tadinya enggak gini.

    BalasHapus
  11. Wah, saya jarang banget buka blog belakangan ini, jadinya malah ga tau bahwa ada masalah segala, tapi sempat lihat di dashboard bahwa ada pengumuman maintenance gitu, cuma ga tau hari apakah itu.

    Hmm.. untung ada teman yang baik dan bisa membantu ya mbak (^_^)

    BalasHapus
  12. waaahh..kebetulan semalam gak online.. :)
    Enaknya punya banyak sahabat di blogosphere... semua masalah dibabat bareng2....

    BalasHapus
  13. Bener tuuh mbak, kemarin malem banyak yang galat...tuuuh contohnya blognya jeng sri. Semalem dikunjungi galat teruuus.....Yang lainnya juga , tapi kyknya kematin malem aku bisa kok ngunjungi blognya embak...
    Untuk M.A top deh...siiiip

    BalasHapus
  14. wah..bener tuh mbak..memang galat sering dijumpai di dunia blog..tapi berkat bantuan sobat2 setanah air..semuanya bisa diatasi, walau sempat keringat dingin dan begadang...

    BalasHapus
  15. Biasanya kalau ada galat, google sedang maintenance blogspot. nanti akan sembuh dengan sendirinya. pengalaman saya, sih...

    BalasHapus
  16. lha sammma
    apa karena blogspot lagi maintenance kali ya?

    BalasHapus
  17. kok bisa gitu ya?
    semalam aku gak ngeblog sih jadi gak tahu. tapi si MA baik hati ya....mau bantuin. itulah arti persahabatan sesungguhnya. menolong teman di kala susah.

    btw, mbak Reni jadi artis di sayembara dongeng negeri bloggerize lho.

    BalasHapus
  18. habis dari jalan-jalan comment dolo yaa

    BalasHapus
  19. @trimatra : walah, aku sama bingungnya tuh hehehe

    @G : kok jarang ngeblog mbak ... sibuk ya ??

    @yudie : betul sekali mas..

    @buwel : hehehe, bener tuh. Untung ada MA !!

    @come n share : wah, udah panik banget mas..!!

    @maskuncoro : emang kayaknya seperti itu, mas.

    @attayaya : kata MA sih gitu...

    @sang cerpenis : persahabatan emang indah, mbak. BTW, aku jadi artis ya ?? Cihuy..., ke tempat mbak Fanny ah..!!

    @anak nelayan : boleh aja...

    BalasHapus
  20. minggu kemarin juga dapet pesen seperti itu lho mbak dari google. tapi gak ada yg berubah alias tetep bisa ngeblog.

    pengen kenal ah ma MA nya, saya emang paling demen nih ama orang2 yang baik untuk berbagi ilmu. soalnya saya juga newbie dan nggak ngerti banget ma blog
    ke TKP ah

    BalasHapus
  21. mbak reni balik lagi nih. kok link nya MA gak bisa muncul pas d klik diem aja tuh. kenapa yah

    BalasHapus
  22. Maaf mama reni aku baru bisa online karena mulai dari sabtu sore-minggu aku nga online dan senin siang baru bisa online

    Waduh...semua teman mama reni lagi pada bicarakan aku...jadi malu nih aku hihiihihihi.

    aku hanya blogger biasa yang masih sangat dangkal ilmu perbloggerannya dan masih perlu banyak belajar lagi dari mama reni dan para blogger semua

    Makasih sekali lagi buat mama reni dan maaf aku baru bisa kasih koment karena nga tau kalo ada postingan seperti ini.

    Oh iya nih mam...karena blog ku dofollow maka bila mam menuliskan link blogku pada postingan artikel maka otomatis mam dapet backlink langsung dari M.A di search engine google. Sekarang mam mendapatkan backlink dan berada di urutan 9 search engine google. Silakan lihat disini

    BalasHapus
  23. @dwinacute : udah bisa buka blognya MA kan ??

    @MA : akhirnya datang juga. Komen MA aku tunggu di sini soalnya hehehe

    BalasHapus
  24. waduh .. Galat kok bikin mumet ya? semoga aku gak kedapetan Si Galat mampir ke blogku. Kalau iya, aku pasrah sajalah .. walau dag dig dug. he he

    Beruntung Mbak bisa ketemu MA, ternyata teman teman blog masih banyak yang berbaik hati membantu ya disaat kesulitan ...

    dan mbak termasuk yang beruntung :))
    Semangat terus mbak ..

    BalasHapus
  25. @kuyus : alhamdulillah... untung banyak orang baik di dunia ini. Hehe

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)