Jumat, 12 Desember 2008

Orang-orang yang bisa membuat orang lain jadi sebel

telah berteman dan bergaul dengan beberapa jenis orang. Mulai dari lingkungan rumahku, teman-teman sekolahku dulu maupun teman-teman di lingkungan tempat kerjaku. Ternyata dari yang aku catat, ada tipe orang-orang yang mampu membuat orang lain sebel bin mangkel. Tipe-tipe orang yang mampu membuat orang lain sebel (menurut penilaianku pribadi lho) adalah :

1. Orang yang selalu mencari-cari kelemahan dan kekurangan orang lain. Aku punya teman seperti ini, bahkan warna lipstik yang dipakai orang lain-pun dikomentari : yang terlalu pucatlah, yang terlalu menyala, yang tidak sesuai dengan warna kulit si pemakai dsb! Sepertinya bagi orang seperti ini tidak ada yang bagus di matanya. Apapun yang dilakukan orang lain di matanya pasti ada salahnya. Cape' dehh...!.

2. Orang yang gak perduli dengan orang lain. Tipe yang nomor 2 ini berkebalikan dengan tipe nomor 1. Aku punya teman yang betul-betul seperti hidup di dunianya sendiri. Dia seringkali ketinggalan berita kalau ada sesuatu yang terjadi di sekitarnya, karena dia terlalu asyik dengan dirinya sendiri. Kalau orang lain repot dia juga tidak tergerak untuk membantu. Kalau dimintai pertolongan, juga tidak menolong. Kalaupun mau menolong, dia pasti mengambil "keuntungan" dengan pertolongan yang telah diberikannya. Poko'e betul-betul nyebelin banget...!

3. Orang yang merasa dirinya paling hebat dan paling benar. Tipe orang yang seperti ini seringkali terkesan meremehkan orang lain. Temanku yang memiliki sifat seperti ini betul-betul merepotkan. Baginya kerja orang lain gak sempurna. Menurutnya hanya dia yang menguasai suatu ilmu dan hanya dia yang mampu bekerja dengan benar. Karena dirinya selalu merasa benar sehingga kesan sombong sangat terlihat dari sikap dan ucapannya. Bahkan dari tarikan mulutnya saat tersenyum kesan sinis jelas terlihat.

4. Orang yang selalu meributkan hal-hal yang tidak penting. Aku punya seorang teman yang seperti ini. Betul-betul mengikis habis kesabaranku saat menghadapi pertanyaan-pertanyaannya yang sangat tidak perlu tentang hal-hal yang sangat remeh. Belum lagi saat aku harus mendengarkan kecemasan-kecemasannya yang sudah berlebihan. Sayangnya butuh waktu lebih dari 6-7 kali untuk meyakinkannya bahwa apa yang selalu diributkannya itu sebenarnya tidak ada artinya. Terkadang saat aku sudah sumpek menghadainya, aku sering berpikir jangan-jangan dia mengidap : Anxiety disorders.

5. Orang yang suka menghasut orang lain. Aduh kalau sudah ketemu orang yang begini, apa yang selama ini dibangun dengan hati-hati akan rusak dalam sekejap. Orang-orang yang suka menghasut benar-benar berhasil dalam melakukan "pembunuhan karakter"! Temanku yang bertipe seperti ini seringkali menyampaikan pandangan dan pikirannya sendiri yang negatif tentang orang lain (yang belum tentu betul!) kepada banyak orang. Herannya orang-orang seperti ini sangat pandai untuk meyakinkan orang lain sehingga pembunuhan karakter terhadap orang yang jadi "bahan pembicaraan" dapat segera terjadi. Betul-betul membuat mangkel bin sebel.

6. Orang yang memiliki "lidah tak bertulang". Aku punya teman seperti itu. Sudah beberapa kali aku mencatat bahwa apa yang pernah dikatakannya dikemudian hari diingkarinya. Pernah suatu kali sesuatu yang diucapkannya menjadi masalah, tapi ternyata dia menyangkal pernah mengucapkannya. Iih... kok bisa ya?!

Itu semua adalah hasil catatanku terhadap teman-temanku. Mungkin ada tipe yang lain yang bisa membuat orang lain mangkel bin sebel, tetapi sejauh ini tipe-tipe seperti di atas itulah yang sudah kutemui dalam hidupku.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)