Selasa, 28 April 2009

Menembus perbedaan

Manusia hidup dalam perbedaan. Perbedaan yang berasal dari dalam diri dan dari luar dirinya. Perbedaan dari dalam diri adalah perbedaan yang berasal dari kepribadian atau karakter seseorang. Ada orang yang pemarah, ada yang pendiam, ada yang aktif, ada yang kreatif, dan masih banyak karakter lainnya.

Sudut pandang dan pola pikir tiap-tiap orang juga berbeda. Idealisme masing-masing orang juga tidak sama. Prinsip yang dipegang antara orang yang satu dengan yang lain juga tidak sama. Perbedaan itu biasanya berasal dari pengalaman hidup yang diperoleh. Karena pengalaman hidup yang diperoleh masing-masing orang berbeda, maka terbentuklah karakter dan pribadi yang berbeda-beda pula.

Sementara perbedaan dari luar disebabkan oleh hal-hal di luar kepribadian manusia, seperti misalnya daerah tempat tinggal, bahasa pergaulan, adat istiadat dan sebagainya. Orang Indonesia yang tinggal dan hidup Indonesia, akan hidup dalam budaya dan adat Indonesia, pun menggunakan bahasa Indonesia dalam pergaulan sehari-hari. Hal tersebut berlaku juga bagi bangsa lain.

Namun..., manusia sebagai makhluk sosial telah menembus perbedaan itu. Melalui pergaulan dan pertemanan, segala macam perbedaan sudah tidak berarti lagi. Apalagi dengan hadirnya internet, perbedaan itu makin tipis terasa. Internet bahkan mampu menembus perbedaan ruang dan waktu. Bahkan, pertemanan dengan orang yang belum pernah dikenal secara langsung pun bisa terjadi lewat internet.

Semenjak aku terjun di dunia blog, hal itu sangat aku rasakan. Tak terasa aku telah menjalin pertemanan dan persahabatan dengan orang-orang yang sama sekali belum pernah aku kenal dan aku temui secara langsung dalam dunia nyata. Bahkan, yang menakjubkan aku bisa punya teman dari negara lain yang bahkan bahasanya pun tidak bisa sepenuhnya aku pahami. Pertemanan yang terjalin hanya dari saling mengunjungi blog masing-masing.

Aku makin menyadari telah berhasil menembus perbedaan itu ketika menerima dua pesan singkat yang ditinggalkan dua orang teman dalam shoutmix-ku :

  • buwel siang mbak reni...ada award dirumahku...mampir ya... (2009-04-26 3:27 PM)
  • kirana Dpersilakan amik award 'hati berwarna-warni' dari blog Kirana, ok! Why? Becoz u have coloured my life!" (2009-04-28 9:00 AM)
Aku mendapatkan bingkisan dari 2 orang teman yang selama ini belum pernah aku temui secara langsung. Bingkisan dalam bentuk award. Siapa yang akan menolak menerimanya ? Buwel si orang Tegal ini pun belum pernah aku temui secara langsung. Namun pertemanan yang terjalin di antara kami bisa berjalan dengan indah. Bahkan, buwel pun mendukung Shasa.

Sementara pertemananku dengan Kirana selama ini lebih banyak lewat saling mengunjungi blog masing-masing. Meskipun, aku juga kurang bisa memahami bahasa yang dipakai oleh Kirana yang orang Kuching, Sarawak, Malaysia ini toh pertemanan kami terus berlanjut sampai sekarang.
Sementara waktu aku berkunjung ke tempat mas Yudie aku mendapatkan bingkisan pula. Bingkisan yang juga berupa award. Pertemananku dengan mas Yudie juga berawal dari blog. Sama seperti Buwel juga, mas Yudie juga mendukung Shasa. Mas Yudie yang kerja di Bogor ini ternyata juga orang Jawa, dan sama sepertiku, mas Yudie juga mempunyai hari istimewa (hari ulang tahun) pada bulan April.

Inilah award yang aku terima dari 3 orang teman yang sangat baik hati itu :


Award dari Buwel

Award dari Kirana

Award dari mas Yudie

Keempat award itu aku peruntukkan bagi pemilik blog :
Buah Pikiran Ihsan
Vespa Style Never Last
Kucing bunted
S. Bahri's Blog
Just Me, My Self and I
Rahasia Hati
Baca Buku Fanda
Rumah Islami
Hendra Sipayung
Jejak Langkahku

Setelah beberapa hari aku tidak sempat mengunjungi sobat-sobatku, semoga aja bingkisan ini dapat sebagai pengganti kehadiranku. Oya, bagi teman-2 yang sudah memiliki sebagian dari award di atas, silahkan mengambil award yang belum dimiliki ya ?? OK..., that's all.

22 komentar:

  1. wadoh award lagi nih mbak ranie, selamat ya!

    BalasHapus
  2. wow, mbk Reni..dpt lagi..
    selamat ya mbak...

    semangat..semangat..semangat!..

    BalasHapus
  3. selamat ya mbak....
    mbak ternyata tahu aku orang tegal ya....
    duuh jadi malu nih ketahuan ketegalannya....
    hehehehe

    BalasHapus
  4. indahnya perbedaan, seharusnya dengan perbedaan dapat menyatukan kita tanpa memandang SARA seperti blog semua bersatu dalam komunitas blogger. selamat ya mbak atas awardnya.

    BalasHapus
  5. namanya juga pemuja mbak ranie. so mujanya kesiapa aja,hehehe

    BalasHapus
  6. @jengsri : makasih mbak....

    @tisti : oke... semangat nih !!

    @buwel : halo orang Tegal...

    @eri-communicator : hidup persaudaraan dan persatuan...

    BalasHapus
  7. Makasih ya mba Awardnya
    segera saya Pasang

    terus berkarya

    BalasHapus
  8. makasih banyak ya mbak rani...
    aku jg segera pasang deh award nya...

    BalasHapus
  9. yang keempat bagus banget tuh

    BalasHapus
  10. wahhh, dapat 4 nih, selamat mba :D ,,, ayo makin samangat dan makin keren ...

    BalasHapus
  11. wah dapat award

    terima kasih ya

    saya bungkus dan ambil ya

    nanti setelah kesibuan terkurang, akan saya posting secepatnya

    BalasHapus
  12. @hengky & hendra : oke segera dipasang ya awardnya ?

    @anak nelayan : kalau mau boleh kok ambil juga.

    @jonk : yoi makin semangat nih..

    @ihsan : Ok, never mind...

    BalasHapus
  13. Wah indahnya Blogerhood. Tak pernah ketemuan tapi cinta tersebar tiada henti. Keep on Blogerhood. Walau bandwith ngos-ngosan....???

    BalasHapus
  14. @ari : persahabatan memang bisa terjalin dimana saja...

    @rezky : makasih...

    BalasHapus
  15. henny dapet juga ya mbak?
    asyikk..dapet bingkisan.
    makasih banyak mbak rani
    :D

    BalasHapus
  16. Setuju, mbak. Asyiknya di blogosphere ini kita bs bersahabat tanpa halangan status sosial, ekonomi, ataupun SARA. Asalkan punya niat baik utk menjalin persahabatan.
    Thanks ya awardnya. Aku ambil yg beautiful girls award aja, coz yg lain udah dapet.
    Semangat terus ngeblognya yah!

    BalasHapus
  17. @henny : dapat jatah juga tuh... buruan diangkut ya ??

    @fanda : oke, beautiful girl boleh tuh langsung dibawa..

    BalasHapus
  18. Bener Bu, enaknya punya banyak sahabat...Makasih juga to be my friends..
    Yang paling aku gak suka di blogosphere...kalo internetnya lelet..heheheeh

    BalasHapus
  19. @yudie : internet yg lelet emang musuh tuh hehehe

    BalasHapus
  20. alhamdulillah .. perbedaan membuat kita makin kaya ya mbak. Kaya sahabat, kaya hati da kaya kebersamaan. Wah mantap nich, dapet award lagi ..

    Mbak memang tipe yang selalu menghargai orang lain, makanya selalu mendapat perhatian lebih dari teman teman ... selamat ya mbak ...

    Semangat terus ... he he he

    BalasHapus
  21. Hebat ya, mbak Rani bisa dapat awaed. Kenalkan saya Luqman

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)