Rabu, 13 Mei 2009

Buku dan Minat Baca

Keberadaan buku tentu saja tak dapat dilepaskan dari minat baca. Apabila minat baca masih rendah, maka jumlah buku yang "disediakan" di pasaran juga tidak akan banyak. Sementara kalau minat baca tinggi, maka para penerbit buku tak akan sungkan-sungkan menyediakan jumlah buku yang banyak di pasaran.

Bila dibandingkan dengan negara-negera lain, penjualan buku di Indonesia termasuk kecil. Bahkan dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara pun Indonesia kalah jauh dalam hal penjualan buku. Kira-kira mengapa hal ini bisa terjadi ? Jawabnya adalah masih rendahnya minat baca. Mau tak mau hal tersebut harus kita akui karena memang membaca belum membudaya di seluruh lapisan masyarakat.

Kemudian kita akan bertanya, mengapa membaca pada masyarakat Indonesia belum membudaya? Menurutku, jawabnya adalah sebagai berikut :
  • Masih ada rakyat Indonesia yang buta huruf
  • Mahalnya harga buku di Indonesia
  • Rendahnya taraf kehidupan mayoritas rakyat Indonesia
  • Belum munculnya kesadaran gemar membaca
Lantas, mengapakah gemar membaca harus dibudayakan? Tentu saja karena buku adalah jendela dunia. Lewat buku (dan membaca) kita akan belajar tentang banyak hal. Wawasan kita akan semakin luas. Pikiran kita tak akan lagi sempit dan tak lagi terkungkung oleh dunia sekitar kita saja. Begitu banyak hal di luar kita yang akan kita ketahui dari membaca. Untuk itu, gemar membaca harus mulai dibudayakan. Telah terbukti bahwa banyak orang yang telah mengambil banyak keuntungan dari membaca.

Jadi apa yang bisa kita lakukan? Untuk mewujudkan budaya gemar membaca, tidak bisa diselesaikan lewat satu kebijakan/program saja. Perlu ditetapkan kebijakan yang saling menunjang satu sama lain sehingga masyarakat Indonesia gemar membaca dan pada akhirnya akan membawa Indonesia lebih maju.

Yang kurasakan perlu untuk dilakukan adalah :
  • Membebaskan rakyat Indonesia dari buta huruf. Dalam bayanganku, dengan kemampuannya mengenali aksara, akan memudahkan rakyat Indonesia menerima informasi. Dengan beragam informasi dan wawasan yang dimilikinya, maka seseorang akan bisa meningkatkan kualitas hidupnya.
  • Meningkatkan kualitas hidup rakyat Indonesia, yang dapat dicapai dengan penciptaan lapangan kerja ataupun penyelenggaraan pelatihan ketrampilan serta menurunkan harga-harga kebutuhan pokok rakyat.
  • Menurunkan harga buku. Sementara ini, yang lebih diutamakan oleh mayoritas rakyat Indonesia adalah pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Membeli buku masih dianggap sebagai "barang mewah", karena buku yang ada sekarang masih tergolong mahal. Buku-buku yang dibeli biasanya sebatas buku pelajaran sekolah yang wajib dimiliki. Apabila kualitas hidup rakyat belum mampu ditingkatkan, maka membeli buku masih sebatas impian. Rasanya kita patut iri dengan penduduk Singapura karena Pemerintah Singapura kabarnya telah menetapkan pajak 0% untuk buku !!
  • Menyediakan perpustakaan umum yang tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia. Jika ternyata rakyat tidak mampu mencukupi sendiri kebutuhannya akan informasi yang akan didapat dari buku, maka pemerintah dapat membantu lewat perpustakaan. Dengan hadirnya perpustakaan umum ini diharapkan seluruh rakyat Indonesia dapat menikmati manfaat buku tanpa harus keluar uang banyak untuk membeli buku yang sampai saat ini masih mahal di Indonesia.
  • Membudayakan gemar membaca akan sulit dilakukan jika apa yang hendak dibaca (dalam hal ini : buku) tak mampu dimiliki. Apabila harga buku terjangkau segala lapisan masyarakat, maka tak akan sulit untuk meningkatkan minat baca. Minat baca dapat dimulai dari rumah dan sekolah. Jika di rumah dan di sekolah disediakan waktu khusus untuk membaca, maka lambat laun rasa cinta akan buku akan tumbuh.

Itulah angan-angan yang selama ini ada dalam pikiranku. Angan-angan yang muncul dari kerinduan untuk bisa dengan mudah mendapatkan manfaat dari buku. Kerinduan yang muncul dari perasaan prihatin melihat anak-anak Indonesia begitu jauhnya dari buku dan lebih memilih PS sebagai sarana menghibur diri. Padahal menurutku pribadi..., dengan membaca buku aku sudah bisa mendapatkan hiburan yang sangat luar biasa.

Tentu saja tak harus setiap waktu kita sibuk membaca buku. Tapi..., cukuplah kita mempunyai kebutuhan untuk membaca. Jika sudah menjadi kebutuhan..., maka kita akan mengatur sendiri waktunya kapan kebutuhan itu akan kita penuhi. Itu saja ....

Impian dari hasrat terbesarku untuk mampu mendapatkan buku yang berkualitas dengan harga terjangkau.

15 komentar:

  1. setuju mba ren........saya jg gila baca (bukan gila beneran)hampir semua buku yang mampir ke tempat saya ataupun menarik saya lihat pasti sy baca......tapi syukur saya belum pake kacamata.....istri saya aja udh minus 2 hehehehe

    BalasHapus
  2. setuju banget kak...aku setuju banget,...nuku itu sebuah inspirasi dan banyak ilmu di dalamnya...karena buku juga aku bisa nulis puisi di blog karena di situ aku membaca tapi g pernah belli...biz enkan baca di gramed sih...banyak buku yang bisa di baca dan sekalian mencari inspirasi di dalam buku itu :)
    hehehehehehe...
    sampai2 saya prnah di tegor satpam 3 jam dstu tpi cma baca g ngbeli...heheheheehe...bodohnya aku saat itu...bacanya sambil duduk bersila di lantaio gramed sih...

    biz seru sih topiknya saat itu...tentang sebuah kehidupan gtu deh....

    BalasHapus
  3. Setuju mbak.
    Saya juga gila baca...
    Waktu sd dan smp saya selalu nongkrong baca buku di perstuakaan sekolah kalau ada waktu luang.

    Mulai SMA, saat liburan sekolah, tempat favorit saya adalah toko buku. bisa sampai lebih dari 8 jam saya di toko buku. Mau beli yangnya gak cukup, jadi numpang baca sambil berdiri atau jongkok aja

    BalasHapus
  4. Nah posting ini gue banget nih..
    Mbak, harusnya tuh setiap sekolah memulai budaya membaca. Setiap mata pelajaran bisa memberi tugas dgn membaca sebuah buku, lalu membuat ringkasan atau pokok pikiran, atau bisa dipandu dgn pertanyaan, misalnya: apa yang dipikirkan si tokoh ketika itu? dsb.
    Dgn begitu menanamkan cinta buku pd anak dan membiasakan mereka menganalisa shg bisa berpikir kritis. Aku lihat di Amrik berhasil tuh. Just info, yg namanya To Kill A Mockingbird tuh jd bacaan wajib siswa di sana. Pdhal aku bacanya baru beberapa bulan lalu. hehehe...
    Lalu itu dibarengi dgn harga buku yg murah dan perpustakaan umum yg bagus dan terawat.
    Kapan ya Indonesia jd bangsa yg cinta buku? [mengangan-angan]

    BalasHapus
  5. iya nih
    sekarang semngat membaca sepertinya udah gk ada
    tapi kalu sineton,,wuhhh banyak sekali yg berminat
    hehehehehe

    BalasHapus
  6. Betul banget mba,...

    membaca adalah jendela dunia,dengan membaca kita bisa pergi kemana saja.
    menjelajah kedunia manapun...

    BalasHapus
  7. Pikir itu pelita hati. Dan untuk meluaskan pikiran, salah satunya dengan membaca. Ayo budayakan gemar membaca.

    BalasHapus
  8. bukannya dengan era blog dan BW, rakyat sudah bisa 'dipaksa' untuk ngebaca, bos?

    BalasHapus
  9. bagus banget artikel yang satu ini. wajib baca!
    henny setuju banget sama mbak reni. malah henny suka bingung sendiri kalo udah ga ada lagi bacaan, trus bakal cari kemana-mana. nggak harus ngeluarin duit juga bisa,,kan masih ada perpustakaan. :D

    BalasHapus
  10. Andaikan masyarakat kita udah sadar pentingnya membaca yaaaa...mungkin negara kita udah mulai terasa lebih maju....

    BalasHapus
  11. @jhoni : wah hebat tuh matanya, masih sehat gitu. Mataku udah pake kacamata minus sejak SMP kelas 1.

    @notnine : emang kalo dah baca buku jadi lupa waktu ya? Rajin-rajin abca buku ya, biar puisinya makin keren.

    @erik : kalo ke Gramedia, aku juga suka tuh baca buku di sana. Tapi gak berani lama-2 takut ditegur ama satpamnya hehehe...

    @fanda : wah, To Kill A Mockingbird belum selesai kubaca mbak. Malah keasyikan baca yang lain hehehe..

    @yanuar : aku gak suka sinetron sih soalnya...

    @irmasenja : setuju banget mbak...

    @newsoul : ayo mbak...!! Siapa takut ?!?

    @advintro : emang sih lewat internet kita emang harus "terpaksa" membaca. Tapi jenis bacaan di buku dan di internet gak semua sama... Selain itu internet juga belum menjangkau semua lapisan masyarakat.

    @henny : Perpustakaan umum di tempatku cuma ada 1, itupun pada hari Sabtu gak buka. Aku lebih suka tukeran buku ama teman yang lain... Gratis !! Hehehe...

    @yudie : setuju banget ama mas Yudie..!!

    BalasHapus
  12. hmm.
    aku kl liat buku langsung tidurrr

    BalasHapus
  13. @kang dwi : lho... jangan tidur dulu. Emang ada sih teman yang kalo gak bisa tidur pasti langsung cari buku yang isinya "berat" biar cepat ngatuk hehehe..

    BalasHapus
  14. Kok aku nggak tahu postingan ini ya......maaf ya mbak...
    Oiya tentang artikelnya...
    setuju mbak, Andai saja semua orang bisa larut dan tenggelam membaca, mungkin dunia ini asyik ya mbak...pinter2 semua sih

    BalasHapus
  15. @buwel : ayo gerakkan cinta membaca !!

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)