Jumat, 15 Oktober 2010

Perubahan itu terjadi

Aku mengenalnya sebagai seorang suami dan kepala rumah tangga yang baik bagi keluarganya. Selama ini kehidupannya tak pernah aneh-aneh. Kehidupan rumah tangganya juga baik-baik saja, nyaris tanpa gejolak yang berarti. Namun... kini perubahan itu terjadi.

Dia yang dulu lebih suka menghabiskan waktunya di dalam rumah, kini mulai senang keluar rumah. Malam-malam lagi. Dia juga mulai suka asyik sendiri, sibuk dengan handphonenya. Semuanya bermula saat anak tertuanya, yang kini sudah kelas 2 SMA, memperkenalkannya pada facebook. Memang, perkenalan bapak dari 5 anak itu dengan Facebook termasuk terlambat. Bahkan, jika saja anak sulungnya tak membuatkan akun Facebook untuk bapaknya itu, mungkin saja sampai sekarang dia tetap gaptek.

Ketertarikannya bermula pada saat dia mulai dapat menemukan teman-teman lamanya lewat Facebook. Terlebih lagi saat dia dapat menemukan kembali jejak mantan pacarnya saat SMA dulu. Pertemuan kembali lewat dunia maya itu berlanjut dengan chatting. Selanjutnya, bertukar nomor HP. Saling telepon pun sudah menjadi agenda rutinnya setiap hari.

Facebook pula yang membawanya untuk kembali kumpul-kumpul dengan teman-teman lamanya dulu. Frekuensi pertemuan dengan teman-teman lama itu makin lama makin sering dilakukan. Jika hari ini dengan teman-teman kuliah, berikutnya dengan teman-teman SMA (termasuk sang mantan juga). Di lain kesempatan kumpul-kumpul dengan teman-teman SMP dulu. Dia yang dulu nyaris tak pernah keluar rumah tanpa mengajak serta istri dan kelima anaknya, kini hampir selalu pergi sendiri saja.

Perubahan itu tentu saja membuat istri dan anak-anaknya heran sekaligus cemas. Sang istri mulai khawatir jika suaminya berpaling darinya. Anak-anaknya mulai merasa kehilangan perhatian dari bapaknya. Sementara dia tetap asyik dengan dunia barunya, tanpa menyadari kekhawatiran yang mulai timbul dalam benak anak istrinya.

Lambat laun perubahan itu pun mempengaruhi yang lainnya juga. Sang istri mulai curiga dan merasa dinomorduakan. Kini istrinya nuntut untuk mengikuti suaminya pergi kemana-mana. Anak-anaknya pun mulai mencari perhatian bapaknya dengan berbagai cara.

Kejadian itu, disampaikan langsung oleh sang pelaku kepadaku. Hemm.., entah sudah berapa kali aku dengarkan kisah serupa. Miris sebenarnya. Jejaring sosial yang tak dimanfaatkan sebagaimana adanya, justru menjadi pengoyak keutuhan dan kehangatan keluarga. Semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua.

33 komentar:

  1. untung facebooku cuman kupake buat jualan, hehe

    BalasHapus
  2. Memang harus pintar-pintar menyikapi..

    BalasHapus
  3. kalo saya sih dari pada chatting dengan mantan pacar, kenapa tidak dimanfaatkan sebagai promosi bisnis saja... lebih menguntungkan.. :)

    BalasHapus
  4. Memang serba salah ya, jejaring sosial yg harusnya merekatkan lagi hubungan2 lama malah merusak hubungan yg ada sekarang. Mungkin kita sebaiknya tetap menyadari bahwa kita telah berubah. Kita punya prioritas sendiri saat ini, bolehlah ada selingan ketemu kawan2 lama, tapi jangan sampai lupakan prioritas yg sekarang..

    BalasHapus
  5. ^_^

    salam dari tetangga sebelah, bunda reni ...

    BalasHapus
  6. itulah dampak negatif si muka buku...
    hehehehe

    BalasHapus
  7. harusnya bapaknya diajarin buat blogging ya bu. ghahaha...

    BalasHapus
  8. wah bahaya juga yah^^
    moga aja ayahku gx kayak gitu :D

    BalasHapus
  9. Semuanya tergantung niat ya mbak. Saya ber FB untuk menjalin silaturrahim dengan para sahabat,dan memasarkan tulisan, hehe. Eh, ada flm baru lho tentang perjuangan pendiri Facebook, Mark Zuckenberg, judulnya The Social Network. Mungkin menarik buat ditonton.

    BalasHapus
  10. Wah bener bgt mba,terkadang seseorang bisa terjebak ke hal2 yg kurang menyenang kan oleh facebook.Tp dalam hal ini tidak 100 % kesalahan facebook.Smua kembali pada individu masing2

    BalasHapus
  11. aku juga sering mendengar cerita seperti ini mbak.. rada bersyukur kalo orang tua ku gaptek utk hal2 seperti ini

    BalasHapus
  12. klo menurut saya, sebaiknya sang istri ikut nimbrung dalam kebiasaan baru suaminya [bahkan harus bisa menambah seru] supaya mereka bisa sama2 senang dan tetap bersama :D

    BalasHapus
  13. ya, memang banyak kasus selingkuh lewat dunia maya. semua tergantung orangnya juga

    BalasHapus
  14. hemmm,....sepertinya yg kecanduan fb bukan hanya kawula muda ya mba ?

    tidak bisa dipungkiri memang mba, bagaimana kalo keduanya justru asyik dgn dunia masing2 itu mba ?

    doooohhhhh........

    BalasHapus
  15. Hmmmhhh...

    gimana ya komentarnya. Untuk jejaring sosial microblogging sih ngga terlalu mengganggu waktu dgn keluarga aku. Tapi kalo udah urusan blog bener2 susah bagi waktunya.
    Krn mama udah sering ngomel, jadi mulai membatasi dan mengatur kegiatan blogging sebaik mungkin. Paling ngga, mama ngga ngerasa dinomorduakan dan blog bisa tetap berjalan.

    BalasHapus
  16. Walah aku malah udah gak pernah buka2 FB mbak... dan kayanya aku juga udah ga tertarik apalagi denger di berita ada lagi tuh yg ilang diculik halah... lama2 makin parah aja nie FB....

    >> wes sembuh toh Mbak? aku malah ra ngerti nek si Mbak lagi kurag sehat hhe.... aku juga udah jarang2 nie BW'y hhe..

    Sukses n Happy weekend Mbak :P

    BalasHapus
  17. ough... kisah seperti ini bakal banyak terjadi mba'e

    BalasHapus
  18. Betul mbak.. saya juga udah sering denger cerita kayak gituan.. ah, emang namanya teknologi harus diiringi dengan kebijakan pemakainya..


    tadinya kupikir yang mengalami mbak Reni.. eh ternyata. Pinter ih, mbak Reni bikin ceritanya..

    BalasHapus
  19. ini nih contoh penggunaan internet yg tdk baik

    BalasHapus
  20. salam sobat
    dengan FB ,bisa menemukan sahabat lamanya.
    tapi juga bikin cemas si istri ,di tulisan mba di atas .

    BalasHapus
  21. siapapun pasti bisa berubah, tergantung bagaimana kitanya sendiri bisa menyikapi hal tersebut

    BalasHapus
  22. sblmny sy jg prn mndengar crita sprti ini,tp untungnya dg bijak si pmakai FB yg notabene sdh bkeluarga sudah memblokir FBny sndiri sblm bbagai kemungkinan buruk tjadi...
    sah2 saja mnggunakan jejaring sosial,tp parahny kbnyakan jejaring sosial jg mmpertemukan seseorg dg mantan2 kekasih,wal hasil bs jd cinta lama bsemi kembali,,hehehe
    y smg sj bs d ambil hikmahnya dr tiap pristiwa ^^ dan mggunakan FB dg batas2 yg sewajarny

    BalasHapus
  23. FB sering jd akar masalah pertengkaran dalam suatu hubungan lho...

    kalau tidak disikapi dengan bijak memang merugikan...

    duh...

    BalasHapus
  24. Aku dah jarang buka FB mba, hehehe

    BalasHapus
  25. klo aku tak ambil si2 baik aja.. buat cari tmn.. slm knl, sukses slalu & slm sahabat.

    BalasHapus
  26. Memang efek fb ini luar biasa ya mbak..moga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut

    BalasHapus
  27. perubahan yg terjadi hendaklah menuju yg lebih baik

    BalasHapus
  28. Penggunaan teknologi harus disikapi dengan baik2 penggunaannya..

    BalasHapus
  29. tergantung orgnya juga ya mbak, apalagi jika py masa lalu yg "ceria" pasti ketika ada kesempatan tuk nostalgia jadi lupa segalanya hehe

    BalasHapus
  30. memang suLit yah untuk menghadapi seseorang yang Lagi kebeLinger, tidak mengindahkan apapun dan siapapun. Lebih parahnya Lagi sudah meninggaLkan tanggung jawabnya.

    pemanfaat teknoLogi modernisasi biLa tidak sesuai dengan porsinya banyak menyebabkan dampak negatif dari para peLakunya, terkadang justru menurunkan pencitraan diri mereka dari pada untuk tujuan yang Lebih bermanfaat.

    BalasHapus
  31. wah orang tua juga bsa ketagihan fb toh...

    BalasHapus
  32. yup, bener Mbak
    aku juga pernah punya teman yang curhat masalah serupa

    sayang sekali ya
    jejaring sosial ternyata mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)