Sabtu, 10 September 2011

Ada apa dengan favicon?

Beberapa waktu yang lalu komputer bututku aku servis karena sering tiba-tiba mati tanpa permisi. Jadilah CPU-ku menginap beberapa hari di tempat servis. Setelah kembali di rumah, ternyata di CPU-ku sekarang sudah dipasang NOD32 Antivirus. Sebelumnya, aku menggunakan antivirus yang lainnya, tapi rupanya kurang berfungsi dengan baik.

Namun sekarang ada masalah baru yang muncul dengan adanya NOD32 Antivirus pada komputerku. Saat aku menggunakan komputerku, sering muncul kotak di pojok kanan bawah layar monitorku. Kotak itu berisi peringatan dari NOD32 Antivirus. Untuk lebih jelasnya gambarnya seperti di bawah ini :



Kotak peringatan seperti itu sering banget muncul. Dan setelah aku perhatikan semuanya berkaitan dengan alamat www.xxxxxx.co.cc/favicon.ico. Aku tak tahu ada apa dengan co.cc/favicon.ico sehingga diblokir oleh antivirusku. Aku juga tak tahu darimana antivirusku menemukan 'alamat' yang diblokirnya itu. Pasalnya, hampir semua alamat yang muncul di kotak itu aku tak kenal.

Kedua alamat dalam gambar di atas termasuk alamat yang tidak aku kenal. Aku sendiri tak merasa pernah melihat alamat di atas muncul di blogku. Jadi darimana antivirusku menemukan alamat-alamat itu? Sedangkan alamat yang aku kenal dan kenal blokir seperti di atas ada 2 yaitu : om-rame dan wakulngglimpang.

Yang ingin aku tanyakan, apa yang harus aku lakukan dengan munculnya kotak peringatan itu? Kemana aku harus menelusuri keberadaan alamat-alamat itu di blogku? Kalau misalnya alamat-alamat itu sudah aku temukan, apa yang harus aku lakukan? Menghapusnya? Terus jika aku hanya membiarkan saja, apa pengaruhnya bagi komputerku atau blogku?

Adakah yang bisa membantuku menjawab pertanyaan-pertanyaanku di atas?

32 komentar:

  1. wah, sama tu mbak antivir nya.
    tapi setahu saya itu ndak terlalu berpengaruh, karena cuma sekedar peringatan keamanan, soalnya database yang ada di eset nod32 itu terlalu "canggih" karena biasanya waktu update antivir bakal ada pembaruan database.

    BalasHapus
  2. Hmm kurang ngerti juga mbaj.. tapi rasarasanya favicon bukan virus deh.. lagian aku gak suka pake nod.. ribet.. hehehe

    BalasHapus
  3. kalo ndak salah karena domain co.cc nya Mbak. Beberapa teman akhirnya migrasi kembali ke blogspot.
    tentang kenapanya dan harus bagaimana, kita tunggu jawaban teman lainnya saja, karena saya kurang paham

    BalasHapus
  4. favicon itu bukannya ada di settingan template blogspot mbak ? Tapi, saya juga gak ngerti...

    BalasHapus
  5. Wah maaf Mbak Reni, kalau soal gituan saya sama juga gapteknya, saya mampir baca2 aja, semoga yang lain ada yang bisa bantu :)

    BalasHapus
  6. Yang seperti ini belum pernah saya jumpai nih, jadi ribet juga cari solusinya.

    BalasHapus
  7. pake nod emang begitu
    soalnya domain co.cc mungkin karena gratisan memang banyak digunakan orang untuk nyepam dan menyebar virus
    itu juga sebabnya kenapa google juga menghilangkan domain co.cc dari hasil pencariannya beberapa waktu lalu
    tapi ga ada masalah kok kalo cuma dari favicon
    karena kita kan ga mengambil sesuatu yang mungkin bervirus

    BalasHapus
  8. jika tidak menggangu kinerja kompi dan koneksi secara keseluruhan dibiarkan aja kali mba ya!?!?!?!

    pagiii mba!!!

    BalasHapus
  9. waduh .... krn gaptek nih, mbak .... jadinya gak bisa bantu mbak Reni... maaf ya, mbak

    BalasHapus
  10. aduh yg namany virus adlh musuh terberat pengguna seperti komputer

    BalasHapus
  11. antivirusnya sama kayak desktop punya kakak saya mbak, saya ndak ngerti kalau masalah pertanyaan di atas mbak. semoga ada temen yang bisa ngejawab dan bantu

    BalasHapus
  12. kalau masalah yang gayak gini maaf daku gak bisa bantu ,maklum gaptek,hehe.love,peace and gaul.

    BalasHapus
  13. coba tanya bang Atta aja. Biasanya dia ngerti soal beginian.

    BalasHapus
  14. @Ardian Bumi >> Antivirus-ku yg lama gak pernah nampilin peringatan spt di atas. Apa emang NOD32 yg 'sensitif' sekali ya?

    @Nier >> emangnya kenapa pake NOD32 ribet? Aku malah gak tahu. Ribetnya dimana ya?

    @PakIes >> masalahnya ada satu blog yg alamatnya diblokir juga oleh antivirusku itu Pak, padahal alamatnya gak pakai co.cc. Apa karena dia nulis tentang favicon ya? #bingung

    @M.Elly >> di setingan template? Masak mbak.. wah aku baru tahu nih.

    @Alicevanjava >> berarti kita sama2 gaptek ya? hehehe

    @HalamanPutih >> sampai sekarang belum ada yg bisa memberikan jawaban secara pasti tentang pertanyaan2ku di atas. Sepertinya hanya aku yg bermasalah spt di atas ya?

    @M.Tary >> gak apa2 mbak... semoga nanti muncul 'dewa penyelamat' yg bisa menjawab pertanyaan2ku di atas :)

    @Rawin >> jadi bener yg 'sensitif' itu antivirusku ya? Kalau favicon bukan virus kenapa diblokir?

    @Bli Jhoni >> selama ini sih gak ganggu kerja kompie.. tapi kemunculannya itu lho yg mengganggu mata hehehe

    @M.Sukma >> It's oke mbak.. Karena gaptek juga maka aku tanya pada sahabat2 blogger. Semoga nanti ada yg bisa menjawab pertanyaanku deh.

    @Rahman >> bener banget.. virus spt momok yg bener2 menakutkan deh.

    @Ajeng >> rupanya jarang yg pake antivirus sot punya di atas ya?

    @Saryadinilan >> sesama orang gaptek dilarang saling mendahului dong... hahaha. It's oke, semoga nanti ada yg bisa menjawab pertanyaanku deh.

    @Nuel >> aku gak nodong pake senjata lho... kenapa angkat tangan? #nyengir

    @M.Fanny >> aku barusan mampir di blognya bang Atta utk menyampaikan hal ini mbak. Makasih ya..

    @Ria >> sama dong... hehehe. Ternyata utk urusan ngeblog banyak yg harus dipelajari ya?

    BalasHapus
  15. Aku banyak favicon mengganggu banget. itu fitur tambahan FB yang bikin kayak jadi ada gambarnya lucu-lucu malah jadi kayak virus... Barangkali kayak blognya mbak Anaz dulu, ada yang ngelink malah nyebarin virus.

    BalasHapus
  16. si gaptek hanya bengong baca postingan ini,, lieur eta mah..:)) alias ra dong blas soal beginian.

    BalasHapus
  17. setau q antivirus mempunyai kelebihan & kekurangan msng2 (ga ada yg sempurna).. mungkin yg anda alami seperti yg dikatakan Rawins

    "karena domain co.cc gratisan memang banyak digunakan orang untuk nyepam dan menyebar virus.. itu sebabnya kenapa google juga menghilangkan domain co.cc dari hasil pencariannya beberapa waktu lalu"

    yg terjadi adalah setiap kali anda browsing Internet otomatis browser akan menyimpan temp./cache/cookies salah satu dari itu mungkin ada yg dsu2pi aplikasi jahat sprt virus,trojan dll. (meskipun anda tdk mendownload file apapun, itulah temp./cache/cookies sampah bekas aktifitas kita) dan setiap anda online mungkin virus itu aktif dan terdetect oleh antivirus.. itu hny kemungkinan 1.. atau antivirus anda hny memperingatkan bahwa situs itu berbahaya..

    (Solusi)
    bersihkan smua temp/cache/cookies lalu setting antivirus anda sesuai kebutuhan.. coba lalukan scaning (pastikan antivirus anda slalu update). jika tdk ada apa2 & terjadi lagi kemungkinan hny peringatan (coba lakukan setting pd antivirus jika anda merasa terganggu) jika msh penasaran gunakan 2 komputer dan lakukan berbandingan

    (Tips)
    Gunakan antivirus yg menurut anda bagus psngkan antivirus luar + lokal (tp ga usah yg aneh2) aktifkan salah satunya (startup) dari 2 antivirus itu luar / lokal, lakukan scaning setiap 2 / 1 minggu skali dengan mengunakan 2 antivirus itu.. slalu bersihkan temp/cache/cookies setiap hari (gunakan aplikasi pembersih "cleaner")

    antivirus tdk menjamin komputer kt aman 100%.. tp optimalkan cara menggunakannya

    BalasHapus
  18. semoga sudah terjawab ya mbak pertanyaannya.ikut membaca komen diatas siapa tau dapet info nih

    BalasHapus
  19. Hmmm kenapa tuh ya bu, apa gara-gara domain mereka "co.cc"??

    BalasHapus
  20. wadoooh NOD sentimen amat neeeh
    jiahahahahaha....
    co.cc emang sekrang sedikit bermasalah karena dijadiin sarang spam dan AGC.

    selamat bekerja
    semoga berhasil

    BalasHapus
  21. Bukan karena blog yang mbak kunjungi tidak menggunakan co.cc tapi karena ada artikel yang di komentari oleh seseorang dengan menggunakan domain co.cc di blog yang mbak kunjungi dan komentar itu masih belum di hapus oleh si pemilik blog dan biasanya komentar itu berada pada artikel lama si pemilik blog. Solusinya ya si pemilik blog harus menghapus komentar komentar lama dari domain co.cc. Dan untuk mbak selagi menggunakan Anti virus NOD32 jangan pernah kawatir terhadap ancaman itu karena hanya sebuah peringatan bahwa si pemilik blog punya alamat yang mengarah pada co.cc
    Ini berdasar pengalaman saya dari beberapa blog temen temen yang saya temui.

    Mohon maaf jika saya punya salah ya mbak....xixixi

    BalasHapus
  22. Mudah2an permasalahan di komputer mba Reni dpt sgra teratasi

    BalasHapus
  23. mba...
    buka dan lihat status facebokkku
    ada komentar dari adit atau Rhiez Nobita'Cracker

    BalasHapus
  24. @M.Ami >> jadi kaitannya dg facebook ya mbak? Sejauh ini aku belum dapat kepastiannya nih.

    @Sketsaku >> ternyata sama gapteknya dgku ya? hehehe

    @Karlz >> wah, makasih banget utk penjelasannya. Jadi itu sebenarnya aplikasi ya? Aku jadi punya gambaran tentang masalah itu. Soal antivirus, apakah yg sekarang terpasang di komputerku termasuk antivirus yg aneh?

    @M.Lidya >> semoga saja sharing permasalahanku di atas berguna juga utk orang lain, mbak.

    @shudai >> dari berbagai komen di atas spertinya memang terkait dg domain itu.

    @Bang Atta >> terima kasih banyak utk informasinya, juga solusi yang diberikan kepadaku.

    @Mascoro >> Oh, jadi peringatan itu munculnya bukan hanya karena di blogku ada komentar dari 'co.cc' ini ya? Tapi juga karena aku mampir ke blog yg 'mengandung' 'co.cc' ini. OK deh, makasih banget utk penjelasannya. :)

    @Suratman >> makasih mas, setidaknya aku tak sebingung kemarin.

    @k[A]z >> gaptek? sama dunk... hehehe

    BalasHapus
  25. hikssk.....ngerasa bersalah....tak suruh pasan nod32...hehehe tuh kompiku juga nyecand...firus dr blog² lain bu rens...dan bahkan terblokir blognya sama antivirusnya......
    Kemarin sengaja settingnya dibuat seaman mungkin soalnya melihat kompi bu reni sehari hari dipakai internet terus....

    BalasHapus
  26. @Vira >> salam kenal juga... makasih udah mampir kesini.

    @Nyit2 >> hehehe, ada yang mengaku bersalah dg masalah yang menimpaku ini. It's oke mbak... mungkin emang bener kata teman2 di atas bahwa antivirusnya terlalu sensitif.. :)

    BalasHapus
  27. bener kata Rawin itu mbak, co.cc emang dibeslah oleh google. saya masih bertahan pakai co.cc karena ada harapan segalanya akan membaik di kemudian hari.

    BalasHapus
  28. NOD sengaja memasukan domain free dalam daftar peringatannya..jd co.cc masuk jg dalam daftar...solusi:klik nod,setup,antivirus and antispy bla..bla.,disable web acces protecsion....itu hanya peringatan dan tidak mengancam jd gpp kok

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)