Senin, 19 September 2011

Aku dan Musik

Minggu malam kemarin sangat menyenangkan bagiku. Penyebabnya adalah tayangan Zona Memori "In Memoriam Utha Likumahua". Acara itu merupakan kumpulan rekaman Zona Memori yang menampilkan Utha sebagai penyanyinya. Mengapa tayangan itu membuatku senang? Tentu saja karena dalam tayangan itu aku bisa melihat Utha menyanyi selama 1 jam penuh. Yups... Utha adalah salah satu penyanyi favoritku. So, tayangan Minggu malam itu seakan mengobati rinduku akan Utha dan lagu-lagunya. Alhamdulillah ya... (^_^)

Aku mengenal banyak lagunya Utha. Jadi, nyaris sepanjang acara aku pun ikut menyanyikan lagu-lagu yang dinyanyikan Utha. Yang lebih menyenangkan lagi adalah Utha sempat bernyanyi bersama penyanyi yang sangat aku suka 'pada jamanku' dulu seperti Vina Panduwinata, Harvey Malaiholo, Mus Mujiono dan Fariz RM. Senang banget bisa melihat mereka menyanyikan lagu-lagu kenanganku dulu.

Apakah aku puas dengan tayangan Zona Memori Minggu malam lalu? Jujur sih... aku belum puas. Soalnya masih banyak lagu-lagu Utha yang aku suka tak ditampilkan. Apalagi dalam acara itu tak ditampilkan duet Utha dan Trie Utami. Padahal, aku suka banget lagu "Mungkinkah Terjadi" yang dinyanyikan mereka berdua.

Bagi generasi di bawahku, mungkin lagu-lagu Utha dan penyanyi se-angkatan Utha terasa asing. Sebaliknya, aku kini kurang mengikuti perkembangan musik saat ini. Bukan karena aku tak suka musik lho. Aku sebenarnya suka musik, dalam arti suka mendengarkan musik. Tapi kalau urusan nyanyi... aku berani jamin tak akan ada orang yang senang mendengarkanku menyanyi. Secara suaraku fals banget... Hiks...

Hampir semua penyanyi 'jaman dulu' aku suka seperti Utha, Ermy Kulit, Mus Mujiono dan Fariz RM. Suara mereka itu keren dan 'sesuatu' banget hehehe.... Pokoknya suara mereka tak ada yang menyamai karena khas banget. Sedangkan grup musik yang aku suka tak lain adalah KLa Project.

Bukan berarti aku tak suka dengan musik setelah eranya Utha dkk itu. Aku suka Kahitna (dan aku ngiri banget karena Ocha berkesempatan nonton langsung konser Kahitna). Aku masih banyak tahu dan hafal lagu-lagu Kahitna. Aku juga suka Yovie & Nuno, Kerispatih, Letto. Tapi... tak banyak lagu mereka yang aku hafal liriknya, meskipun aku suka lagu mereka. Mungkin karena sekarang ini banyak sekali penyanyi dan grup band yang mengeluarkan banyak lagu ya? Sehingga aku tak sempat hafal lirik lagu mereka, sudah muncul lagu yang lain. #alasan

Oke kuakui saja, aku lebih bisa menikmati lagu-lagu 'jaman dulu' dibandingkan dengan lagu sekarang ini. Di kantor aku punya 2 orang teman (keduanya pria) yang punya selera musik yang sama denganku. Kami akan klop banget kalau sudah bicara tentang musik, lagu dan penyanyi 'jaman dulu'. Maklum saja, kedua temanku itu usianya setahun di bawahku. Jadi bisa dikatakan, kami tumbuh dalam era musik yang sama. (^_^)

Sudahlah, aku masih ingin menyanyikan lagu-lagu Utha lagi. Mau bergabung denganku, sahabat? Jangan kuatir, bagi yang lupa lirik lagu-lagu Utha sudah aku siapkan contekan di bawah ini kok. Tinggal klik aja ya..? Selamat bernyanyi...


ESOK KAN MASIH ADA

Wajahmu kupandang dengan gemas
Mengapa air mata slalu ada di pipiku
Hai nona manis biarkanlah bumi berputar
Menurut kehendak yang kuasa

Apalah artinya sebuah derita
Bila kau yakin itu pasti akan berlalu
Hai nona manis biarkanlah bumi berputar
Menurut kehendak yang kuasa

Tuhan pun tau hidup ini sangat berat
Tapi takdir pun tak mungkin slalu sama
Coba-coba lah tinggalkan sejenak anganmu
Esok kan masih ada .. esok kan masih ada


UNTUK APA LAGI

Bukan maksud hatiku untuk menyakiti
Ataupun mengkhianati
Bukan maksud hatiku
Pergi dan berlari dari kenyataan ini

Bukan aku sembunyi, sayang
Bukan aku tak ingin bersama dirimu kasih
Cerita cinta diantara kita
Masih terukir di dalam dada

Bila memang kau pergi
Dimanakah lagi akan kucari pengganti
Bila kau tiada lagi
Mana mungkin nanti
Cinta kita kan bersemi

Berikan kesempatan, sayang
Agar aku dapat mengambil satu keputusan
Serasa tiada guna hidup ini
Bila kau dan aku tak bersama lagi

Untuk apa lagi ada cinta didada
Bila semua ini tak berguna
Berikanlah waktu untuk diriku ini
Akupun tak ingin cinta kan terbagi

Andaikan kau tak lagi kembali disini
Tak mungkin semua ini terjadi


MUNGKINKAH TERJADI
(Utha Likumahuwa dan Tri Utami)

Mana mungkin terjadi
Mana mungkin terjadi
Terpadu cinta kita berdua

Mana mungkin kudapat
Mana mungkin kau dapat
Diriku dan dirimu menjadi satu

Kau ada yang memiliki
Aku ada yang memiliki
Walau kita masih saling menyayangi

Kau disana, aku disini
Satu rasa dalam hati
Namun hanya kau yang kusayangi

Mungkinkah terjadi

Oo adakah mentari pagi
Datang menyinari diri
Katakanlah haruskah cinta mesti terbagi

Manakah mungkin kudapat
Manakah mungkin kaudapat
Terpadu cinta kita berdua, ooh

Kau ada yang memiliki
Aku ada yang memiliki
Walau kita masih saling menyayangi

Kau disana, aku disini
Satu rasa dalam hati
Namun hanya kau yang kusayangi

Mungkinkah terjadi


GAYAMU

Sejenak ku terpana
Menanti kedatanganmu
Janjimu saat itu
Kutunggu dan kutunggu lagi

Saat demi saat berlalu
Kau hadir dengan kostum glamour
Rambut dikepang ala punk rock
Gaya remaja masa kini

Senyummu yang menawan hati
Bagai seorang ternama
Seolah kau tahu semua orang
Kan melihat engkau bergaya

Gadis pirang partner discomu
Hadir bagaikan primadona
Gaun putih ala transparan
Menambah hangat suasana


KEKAGUMANKU
(Fariz RM, Utha Likumahuwa, Mus Mujiono)

Aduh makin tak kuasa hatiku
Menahan gejolak hati ini
Setiap bertemu pandang
Hati ini terguncang

Akal warasku tiada lagi
Yang terbayang hanyalah wajahmu
Kucoba melupakan
Apa yang telah terjadi

Aku tiada percaya yang kualami
Hasratku melupakan
Semakin terbayang lagi

Entah mengapa, harus bagaimana
Untuk mengatakan pada dirimu
Sekali ini aku coba lagi
Beranikan diri mendekatimu

Namun tahukah dirimu kasih
Seisi dunia tiada lagi
Menakjubkan hatiku
Seindah pesonamu

Bulan bintang menjadi saksi
Atas keindahan wajahmu
Setiap bertemu pandang
Bagai terkunci mata

Andainya kau jadi milikku
Akan kurubah wajah dunia
Agar semua mengerti
Indahnya pesonamu

Bulan bintang menjadi saksi
Atas keindahan wajahmu
Sungguh bagai telah hadir
Keajaiban dunia

Mungkinkah aku
Sedang jatuh cinta
Yang kesekian kali
Bagai yang pertama


PUNCAK ASMARA

Dengan hentakan irama dalam lagu
Ia mengambil selangkah ke arahku
Hampir ku tak tertahan Ruanganpun seakan
Meledak apabila disentuh

Seakan ombak yang marah goyangannya
Seperti api membara nyala tubuhnya
Oh apalah dayaku tak lamapun kujatuh
Di dalam keramaian suasana

Ke puncak asmara
Seakan diriku terbawa
Setiap langkah smakin mendekati
Puncak asmara .. wo…


SESAAT KAU HADIR

Engkau datang
Ketika aku jatuh bangun dan jatuh
Dalam langkah menyusuri kehidupanku yang kelam
Dan hampir-hampirku tak dapat melangkah lagi

Dirimu hadir
Bagaikan sinar menerangi jalanku
Kau tunjukkan arah mana yang kini harus kutempuh
Agar kutak sesat lagi seperti dulu

Bersama bayanganmu kasih
Seakan-akan kuterjaga dari mimpi-mimpi
Dari kehidupan yang semu dan melenakanku
Membuat kuterlupa akan segala-galanya

Hari ini di hari ini
Aku mencoba berdiri dan melangkah lagi
Bila esok sinar mentari pagi kan bersinar lagi
Aku kan menuju cita-cita yang pasti


AKIRA

Setiap langkahmu menjadi harapan bagiku
Dan jua janjimu menjadi pegangan hidupku
Semua deritamu tangisan untukku
Kebahagiaanlah yang slalu kuucap disetiap doaku
Dan menjadi dambaanku

Akira dirimu di dalam hidupku satu-satu nya
Kaulah yang pertama untuk yang terakhir
Akira dirimu di dalam hidupku satu-satu nya
Tiada yang lain percayalah akira


MEREKA BUKAN KITA

kelopak matamu terpejam
saat ku cium bibirmu
kau resapi cintaku ini
dengan seluruh gejolak didada

mungkin kita tlah tersesat jauh
atau mungkin kita tlah meniru
tata cara hidup mata biru
yang bergumul bebas tanpa baju

sudah tutup saja rindumu
kancingkan saja bajumu
kita kan hidup di indonesia
bukan disana
mereka bukan kita

tidak usah saling raba-raba
kata nenek itu berbahaya
sudah pakai saja celanamu
kita putuskanlah cinta ini
sampai disini

28 komentar:

  1. Sayapun suka Utha, walaupun terbatas pada lagu lagunya yang populer saja dan ada dua diantara lagu diatas yaitu mungkinkah terjadi dan puncak asmara yang saya suka.

    Selamat jalan bang Utha, semoga damai disana.

    BalasHapus
  2. kalau saya sih mbak, suka sama musik yang dibawakan keponakannya mendiang Utha, Barry Likumahua..
    asik lho mbak Jazz + Funk, easy listening..
    eh, kok malah promosi saya..

    BalasHapus
  3. aku gak hafal lagu2nya Utha ,mbak :)
    tapi enak juga sih

    BalasHapus
  4. saya malah baru utha waktu wafatnya...kuper yah? hehehe

    BalasHapus
  5. aku juga suka lagu2 di zona memori mbak,..karena pas bangkitnya burung camar, ortu beli kasetnya dan sering disetel jadi lumayan hapal sama vina, mus mujiono, fariz rm dan kawan2..:)
    zona memori emang ok!!!
    hehehe dian piesesha suka ga mbak??

    BalasHapus
  6. Saya jg lbh suka lagu lama drpd lagu2 yg skrg mbak. Hehe

    BalasHapus
  7. thanks lirik lagunya mbak .... hrs nyari lagunya Utha di you tube nih :)

    BalasHapus
  8. aku ketiduran pas acara ini mbak, tapi rada terobati krn malam minggu sempat liat acaranya Kahitna & java jive di TV...
    selera musik saya jadul juga mbak, sesuai umur, hehehe ...

    BalasHapus
  9. Penggemar juga, tapi gak gitu banget. Dulu suka nyanyi, ngeband, sekarang suka ngeblog :)geband, sekarang suka ngeblog :)

    BalasHapus
  10. Aku ngebela-belain ajak mama nonton Kahitna karena beliau juga suka lagu-lagu Kahitna mba, walau belum tentu hapal liriknya :p

    BalasHapus
  11. saya rasa karena dulu penyanyi itu ikhlas untuk berkarya jadi lagunya bisa menjadi legenda.. kalau sekarang kan biasanya nih.. kemampuan masih rata-rata, tapi berhubung ada duit mereka bisa rekaman.. makanya lagu jaman sekarang banyak yang cuma booming di awal, lalu menghilang begitu saja.

    saya termasuk penyuka musik jadul, bahkan jika pas jenuh saat piket.. sering iseng-iseng liat video di youtube penyanyi lawas macam Hari Mukti, Gombloh, Ari Wibowo.. dan banyak lagi..

    BalasHapus
  12. soal musik aku cuma bisa jadi pendengar doang bu
    ga ngerti blash
    penyanyi juga cuma satu dua doang yang ngerti
    apalagi kalo disuruh nyanyi
    bisa bubar pasar tetangga sebelah...

    BalasHapus
  13. Gak terlalu kenal sama utha klo aku mbak.. tapi klo selera musik indonesia.. aku angkatan 90an deh.. suka sejenis so7. dewa 19an.. masih jaman2an KD. bahkan aku juga suka dulu dengan lagu2nya mayang sari *tapi sekarang gak deh yg satu ini* kalau utk prnyanyi skrg? hmmm.. susah deh..

    BalasHapus
  14. aku malah baru denger nama utha niy mom, duh kemana aja yah saya..,

    BalasHapus
  15. saya juga suka lagu-lagu Utha karena, berkarakter. Juga Ermy Kulit yang suaranya bikin adem, karena saya penikmat jazz

    BalasHapus
  16. @Mood >> Sesaat Kau Hadir dan Esok Kan Masih Ada juga keren banget lho.. coba deh dengerin, pasti akan seneng juga #maksa

    @Yudi >> Aku malah belum tahu musik yg dibawakan Barry Likumahuwa. Tapi emang jazz itu enak didengerin ya?

    @Lidya >> mbak.. gak usah dihafalin, kalau mau nyanyi tinggal nyontek aja disini :)

    @Nuel >> walah... kemana aja? wkwkwk...

    @Ketty >> sama dong dg aku mbak... aku juga senang banget Zona Memori. Aku suka banget Mus Mujiono. Dian Piesesha? Aku kurang suka mbak.. :)

    @Tarry >> aku juga begitu, karena aku gak bisa mengikuti lagu2 sekarang. Tapi ada beberapa juga sih lagu2 jaman sekarang yg aku suka.. :)

    @Elly >> udah dapat belum lagu2nya Utha di youtube? Semoga bisa menikmati ya...

    @Dey >> Aku malah gak nonton acara Kahitna dan Java Jive mbak.. huuu.. #kecewa

    @Ami >> Mbak Ami bisa ngeband? Wuih... keren dong..

    @Ocha >> Hebat, mamanya penggemar Kahitna juga. Sptnya Mamanya Ocha seangkatan dgku nih :)

    @Lozz >> Kang, kalau aku sih gak terlalu suka Hari Mukti cs itu... aku lebih suka jenis2 musik spt yg dibawakan Dedy dukun, Fariz, Mus Mujiono dll itu.

    @Rawins >> trus keahliannya apa Mas? Iseng ya? wkwkwk... Kalau soal nyanyi sih sptnya kita gak beda jauh, sama2 fals kalau disuruh nyanyi :(

    @Niee >> Aku juga skrg gak suka dg MS itu... hehehe

    @Jin Kinjeng >> aduh... kok bisa sih? padahal menurutku Utha terkenal banget lho.. Emang umur berapa sih kamu sekarang? #curiga

    @anonim >> kalau begitu, emang lagu2 jaman dulu bagus, ya? Buktinya generasi di bawahku aja suka hehehe...

    @PakIes >> Aku kangen dg Ermy Kulit Pak.. udah lama banget dia gak muncul dan nyanyi ya?

    BalasHapus
  17. wah kalo saya jarang nonton zona memory.......nonton bola soalnya heheheheheheh

    BalasHapus
  18. sempet nonton sedikit
    tapi ga bisa nglannjutin karena anggota bertuah datang ke rumah.

    semoga Utha diberi kelapangan disana.
    beberapa bulan lalu sempet di rawat di RS Santa Maria Pekanbaru

    BalasHapus
  19. saya jg masih asing dengan Utha. mungkin ketika mendengar lagunya, mulai teringat kali ya. hehe

    btw, kenapa banyak kata2 si Syahrini disini? :D

    BalasHapus
  20. aih aih.... ternyata begitu ta

    BalasHapus
  21. Lagu2 Utha Likumahuwa memang bagus. Apalagi ditunjang vokalnya yang prima. Tentu saja Indonesia kehilangan sekali musisi yang berkelas itu :)

    BalasHapus
  22. tapi sayang Utha-nya udah gak ada ya mbak, jadi hanya bisa menikmati lagu2 lawasnya aja tanpa bisa melihatnya lagi live menyanyikan lagu2 andalannya

    BalasHapus
  23. saya kenal sekali Utha dan Fariz, tapi saya lebih senang Tommy J Pisa, Mbak.

    BalasHapus
  24. Sama mb saya juga paling suka lagu-lagu lama..apalagi yang musiknya slow, hmmm saya suka banget sangat bertolak belakang dengan musik kesukaan suami saya mb.
    Yang paling saya suka sekali lagu2 Betharia mb

    BalasHapus
  25. Dear.

    Hoooowww.... turut berduka yach karena idolanya telah wafat beberapa waktu yang lalu.....

    ternyata mbak juga fans vina yach..... salutte juga dengan vina yang tetap eksis di tengah gempuran jutaaann artis2 new comer....



    Regards,
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  26. @Jhoni >> kebalikan dg aku dong Bli.. aku gak pernah nonton sepak bola soalnya :)

    @Attayaya >> iya Bang, sempat aku baca bahwa Utha menjalani operasi di Pekanbaru. Sayang ya kemarin gak sempat nonton sampai selesai..

    @Meutia >> wkwkwk... jeli juga ternyata, dan ternyata hanya Meutia yg menanyakan selipan kata2 Syahrini disini.. Salut deh.

    @surat kita >> begitu apanya ya? #bingung

    @Irfan >> nah aku setuju banget dg ini, emang suara Utha bagus banget :)

    @Nurlailazahra >> ya, sekarang hanya bisa mengenang suaranya dg mendengarkan lagu2 lamanya.

    @MAV >> Aku tidak ngefans dg Tommy J Pisa sih.. tapi tahu juga sedikit lagunya.

    @IbuDini >> ternyata suka lagu yg mendayu-dayu ya..? Kalau aku kurang suka Betharia, tapi hafal juga sih beberapa lagunya. Mbak Mul hafal semua lagunya Betha? :)

    @AyahZahia >> Bang Zul ternyata penggemar Vina Panduwinata ya? Dia emang hebat.. bisa tetap eksis sampai sekarang.

    BalasHapus
  27. Lagu 'Mungkinkah Terjadi'
    Itu lagu jaman saya masih kiyut hihi
    ingeet banget klipnya di TVRI
    n suka liat bolak balik di Youtube

    BalasHapus
  28. Bicara tentang Utha ...
    mmm yang nyangkut dikepala saya ...
    Lagu yang duet dengan Tri Utami ...

    Saya lupa judulnya nih ...

    Salam saya

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)