Minggu, 04 September 2011

Seputar telur

Kali ini aku ingin berbagi tips seputar telur. Tips ini aku dapatkan dari sebuah tabloid yang aku baca beberapa hari yang lalu. Silahkan disimak ya? Semoga bermanfaat.


gambar diculik dari sini

Membersihkan telur mentah yang terjatuh ke lantai ternyata gampang lho. Caranya taburkan garam pada pecahan telur dan diamkan selama 20 menit. Garam membuat tumpahan telur menjadi kaku sehingga lebih mudah dibersihkan.

Memilih telur ada triknya. Pilih telur yang cangkangnya berbintik kasar dan berkapur. Itulah tanda telur masih baru. Hindari telur yang berkulit halus dan mengkilap, karena itu tanda telur yang sudah lama.

Bersihkan kotoran ayam yang menempel pada kulit telur dengan menggosoknya perlahan. Tidak perlu menggosok hingga kulitnya halus dan benar-benar bersih, karena lapisan kapur pada cangkang telur juga berfungsi melindungi telur dan isinya.

Rebus air dalam air yang sudah mendidih, sehingga menghema waktu merebus dan mempermudah menghitung waktu matangnya.

Agar cangkang telur rebus tidak mudah rusak, tambahkan sedikit garam dalam air rebusan. Sedangkan agar telur tidak bergerak-gerak ketika direbus, masukkan beberapa tetes cuka ke dalam air.

Jika ingin kuning telur rebus berada di tengah, maka aduklah air ketika merebus telur. Perputaran air akan membantu kuning telur tepat berada di tengah.

Jika cangkang telur yang sedang direbus retak, segera tambahkan sedikit cuka dalam air rebusan, agar putih telur tidak keluar. Fungsi cuka adalah mengentalkan putih telur dengan cepat.

Masukkan telur rebus dalam air dingin atau air es sesaat setelah direbus. Dengan begitu akan memudahkan mengupas dan mencegah perubahan warna pada permukaan kuning telur. Warna kuning telur akan tetap cantik tanpa warna abu-abu yang menyelimutinya.

Agar diperoleh irisan telur rebus yang cantik dan sempurna maka basahilah mata pisau. Dengan cara ini, kuning telur rebus yang berstektur rapuh tidak akan rusak. Atau bisa juga dipotong dengan menggunakan senar ataupun benang tipis.

Jika menginginkan volume putih telur kocok mengembang 2 kali lipat, tambahkan satu sendok teh air dingin untuk setiap telur.

Tambahkan sedikit tepung jagung dan gula halus dalam telur yang akan dibuat omelet. Tepung jagung dan gula halus membuat tekstur omelet lebih halus dan padat.

Apakah sahabat punya tips lain seputar telur? Aku akan senang sekali jika sahabat mau meluangkan waktu menambahkannya di kolom kotak komentar di bawah ini. Pasti akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Iya kan..?

35 komentar:

  1. Belum ada tambahan mbak.. tapi baru tahu kalau telur yg kasar itu malah bagus.. aku malah pilih yg halus loh mbak selama ini.. ckckck

    BalasHapus
  2. Wah, tipsnya oke tuh Mba...nanti Bang Pendi bilangin emak deh...:)

    Oh ya, Minal Aidin Wal Faizin...mohon maaf lahir & bathin. Mohon maaf baru berkunjung lagi & juga mohon maaf klo selama ini ada perkkataan ato komen yang kurang berkenan...

    BalasHapus
  3. Wow. Saya sendiri baru tahu ini semua. :D
    Selama ini saya hanya asal memakannya, dan selama merebus telur nggak ada masalah. :)

    BalasHapus
  4. Thanks atas infonya. Kalau beli telur di supermarket disini kita bisa liat expiration datenya yg tercetak pada cartoon. Tapi kadang kita beli telur dari farmernya langsung, nah yg ini gga ada expiration date di cartoonnya, jadi info Anda bermanfaat sekali bagi saya. Thanks again for sharing.

    BalasHapus
  5. @Nuel >> semoga bermanfaat... :D

    @Niee >> aku juga baru tahu semua fakta di atas kok hehehe

    @Bang Pendi >> Iya Bang, penting tuh disampaikan pada Emak... jangan sampai lupa ya? Maaf lahir batin juga ya Bang...

    @Asop >> sama sptku.. aku sendiri baru tahu kok, makanya supaya gak lupa aku posting disini :)

    @BabyBeluga >> seneng banget mbak kalau ternyata tips di atas bermanfaat.

    BalasHapus
  6. Mbak Reni ... makasih banyak ya .... infonya bermanfaat banget, terutama cara membersihkan telur yg tumpah dilantai, duh .... selama ini repot banget... hilangkan amisnya . Dan Tipsnya buat omeletnya keren.... krn kami semua suka banget dgn omelet..... makasih ya mbak....

    BalasHapus
  7. wah info yang menarik dan berguna , kebetulan aq suka banget dengan telur

    BalasHapus
  8. @M.Sukma >> tapi aku belum pernah mempraktekkan semua tips di atas lho mbak.. karena emang aku bacanya baru beberapa hari yang lalu. Semoga berhasil dipraktekkan ya? BTW, aku juga suka omelet mbak. :D

    @Batz >> sama dong.. aku juga suka banget ama telur. Sst.. aku barusan beli telur lho #infogakpenting :)

    BalasHapus
  9. saya kira yang mengkilat itu malahan yang masih baru. saya punya tips buat telur mbak "belilah telur saat harga turun" hehe

    maaf lahir batin ya mbak..

    BalasHapus
  10. @M.Fanny >> salah satu caraku utk mengingatnya (jika nanti membutuhkan) adalah dengan menyimpannya disini, mbak :)

    @Kang Lozz Akbar >> tipsnya bener banget Kang, aku setuju deh hehehe

    BalasHapus
  11. wah nice info mam, laen kali skalian dibagiin omeletnya ya :-D

    BalasHapus
  12. kalau di supermarket telur yg dijual sudah dibersihkan :D

    mohon maaf lahir dan batin, maaf jarang aku bw sekarang, lagi sibuk belajar monetisasi blog :D

    BalasHapus
  13. makasih...makasih banget mbak infonya...
    wah ternyata selama ini aku suka salah ya pilih telur..penginnya yg cantik halus mulus dan mengkilap...

    BalasHapus
  14. @Pitzputz >> kapan2 kita masak omelet bareng yuks... ^_^

    @R10 >> sebetulnya membersihkan telur dg menggosok keras2 kulitnya itu ternyata gak bagus lho.

    @m.Zita >> aku juga selama ini memilih telur yg kulitnya mengkilat kok mbak hehehe

    BalasHapus
  15. Ya, ini info yang sangat bermanfaat dan langsung bisa dipraktekkan.

    Satu tambahan aja, tips lama untuk ngetes telur yangmasih baik atau udah busuk. Rendam telur dalam air, kalau tenggelam berarti masih bagus tetapi kalau mengambang berarti sudah tidak bagus lagi atau busuk.

    BalasHapus
  16. yg jelas saya ga makan kuning telornya mb, soalnya kandungan kolesterolnya tinggi bgt :)

    BalasHapus
  17. @halaman putih >> yups betul... begitulah cara ngetes telur yang masih bagus. Makasih utk tambahan infonya ya :)

    @Meidy >> aduh.. padahal aku suka banget kuning telur nih :(

    BalasHapus
  18. Sarannya okeee banget mbak. Barangkali salah satu menu paling mudah untuk lauk, telur ceplok

    BalasHapus
  19. tips yg bermanfaat,, komplit nih ttg telur.

    BalasHapus
  20. semalam saya saur pake telor rebus. cara merebusnya gampang, cukup ditaro di sarang mejikom ketika memasak nasi, telor akan ikut masak ketika nasinya mateng. hehehe

    BalasHapus
  21. selamat sore !
    tips yang bermanfaat.
    soalnya saya tidak tahu cara memilih telur yang baik. he he

    BalasHapus
  22. info yang berguna banget nih mbak, apalagi punya anak kecil yang suka ikut beroxplorasi untuk memasak

    BalasHapus
  23. Makasih infonya mba ren, bermanfaat bgt, btw aku jd laper ki he..he.. pgn telur dadar ;)

    BalasHapus
  24. wow .. aku baru tahu ttg byk tips ttg telur, makasih ya mbak :) kalau beli telur aku biasanya liat tgl saat dipak sama tgl kadaluwarsa, seringnya emang dapat telur yang cangkangnya berbintik kasar dan berkapur :)

    BalasHapus
  25. @M.Ami >> telor ceplok adalah lauk favoritku waktu aku kecil dulu, mbak. :)

    @Sketsaku >> Sebenarnya aku berharap ada yg melengkapi tips di atas, biar makin komplet. Gitu lhoo..

    @MAV >> aku belum pernah coba buat telor rebus pake mejikom tuh... sptnya perlu dicoba hehehe

    @7TamanLangit >> sekarang udah tahu kan bagaimana cara memilih telur yg baik? :)

    @M.Lidya >> dan karena terlalu bersemangat, maka anak2 memecahkan telor di lantai ya? hehehe

    @M.Nita >> nih aku barusan buat telur dadar, mau mbak? hehehe... jangan2 yg pengen telur dadarnya dedek yg di dalam perut :p

    @M.Ely >> justru aku jarang banget ketemu telur yang berkulit kasar dan berkapur mbak :(

    @

    BalasHapus
  26. untuk yang ingin mengurangi konsumsi minyak, gunakan beberapa tetes minyak goreng ketika ingin membuat telur dadar. hemat minyak dan lebih sehat heheheh.
    dedeknya insyaAllah akhir bulan september ini lahiran mbak.. do'ain lancar persalinannya ya...
    selamat Idul fitri mohon maaf lahir dan bathin

    BalasHapus
  27. Infonya keren sekali mbaaaakkk.... Aku sampai terngangaaaa :D

    BalasHapus
  28. @M.Wina >> makasih utk tambahan tipsnya ya.. Semoga persalinannya nanti lancar, ibu dan bayinya sehat ya mbak. Maaf lahir batin juga :)

    @Ocha >> ya gak sekeren cerita jalan2 ke luar negeri lah... hehehe. Apalagi ditambah tips bepergian/berwisata di luar negeri hehehe

    BalasHapus
  29. satu lagi mb...kalau habis di rebus gak mau lengket ketika di kupas, telur yang habis di rebus bisa langsung di rendam dengan air dingin.

    BalasHapus
  30. @M.Mul >> bener sekali mbak tipsnya.. :)

    BalasHapus
  31. waa....benar-benar ibu rumah tangga yang berpengalaman... :)

    terimakasih infonya, berguna bagi saya terutama dalam hal memilih telur... (maklum anak kost,sering makannya telur) :P

    BalasHapus
  32. boleh juga nie d coba... hehe...
    makasih y mba atas tips'y...
    salam kenal juga mba

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)