Jumat, 12 Februari 2010

Kesetiaan seorang istri

Persidangan kasus pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen, akhirnya menghasilkan putusan berupa hukuman 18 tahun penjara kepada Antasari Azhar. Sebuah kasus besar, yang melibatkan orang-orang besar dan telah menyita perhatian sebagian besar masyarakat Indonesia.

Aku hanyalah orang awam yang tidak paham dengan hiruk pikuk politik di negeri ini. Memang sebagian orang menganggap bahwa kasus Antasari adalah sebuah rekayasa, sebuah skenario untuk menjatuhkan Antasari. Mereka menganggap Antasari sengaja dijebak oleh oknum-oknum yang tidak menyukai sepak terjangnya. Sementara sebagian orang meyakini bahwa Antasari memang bersalah dalam kasus pembunuhan itu.

Aku sendiri sampai kini tak yakin mana yang benar. Ada banyak hal yang tak dapat kupahami dalam kasus tersebut. Semuanya masih gelap di mataku. Dan, yang ada di lubuk hatiku saat ini adalah perasaan sangat sedih karena ternyata aku tak tahu lagi bisa menaruh kepercayaan kepada siapa di negeriku ini.

Kasus itu memang diluar jangkauan pikiranku, namun ada sebuah pelajaran yang menarik perhatianku. Pelajaran itu dari seorang wanita yang (di mataku) istimewa, bernama Ida Laksmiwati. Dialah istri Antasari Azhar, yang selama ini bukan hanya setia mendampingi suaminya namun juga tetap memberikan kepercayaan dan dukungan yang sedemikian besarnya kepada sang suami.


Aku sungguh salut dengan kesetiaan dan ketegarannya. Tidak mudah untuk tetap bertahan dan memberikan dukungan pada sang suami dalam menghadapi masalah yang seberat itu. Apalagi masalah itu mendapat sorotan yang sedemikian besarnya dari masyarakat. Aku bisa membayangkan betapa besarnya tekanan yang dihadapinya dari masyarakat. Belum lagi hinaan atau cercaan yang diterimanya dan kedua anaknya akibat kasus yang membelit suaminya.

Kasus Antasari memang banyak disorot media, begitu banyak komentar-komentar pedas yang disampaikan masyarakat tentang kasus itu. Betapa sering kisah 'asmara' di hotel antara Antasari Azhar dan Rani Juliani 'diekspos' ke media. Tentu saja semua itu tak bisa dihindari oleh istri dan kedua anak Antasari. Namun..., meski berat toh mereka tetap memilih bertahan di sisi Antasari.

Sudah banyak contoh kasus istri yang memilih mundur bila suaminya menghadapi masalah berat apalagi yang 'mencoreng' nama baik keluarga. Banyak istri yang tidak tahan dijadikan bahan gunjingan tetangga dan akhirnya memilih berpisah, daripada terus menerus menjadi 'korban' dari perbuatan suaminya.

Pilihan yang diambil istri Antasari sangat berat konsekuensinya. Dengan tetap berada di samping suaminya dan memberikan kepercayaan pada suaminya, maka itu berarti dia 'mengumumkan' bahwa dia ikut berjuang bersama suaminya. Dia tetap berusaha membuktikan bahwa kepercayaannya pada suaminya adalah benar adanya.

Mungkin banyak orang menganggap istri Antasari telah mengambil pilihan yang keliru dengan tetap mempercayai dan mendukung suaminya. Tapi aku justru sangat salut pada Ibu Ida. Aku sendirit tak tahu, jika saat ini aku berada di posisinya, apakah aku akan mengambil sikap dan pilihan yang sama dengannya. Aku tak tahu apakah aku akan tetap setegar dia, jika aku dihadapkan pada masalah yang sedemikian beratnya.

Kesetiaan dan ketegaran seorang istri yang bernama Ida Laksmiwati telah memberikan banyak pelajaran bagiku.


45 komentar:

  1. benar mbak....salut buat kesetiaan isti pak antasari...walau pun kasus tersebut tentang cinta segi tiga namun beliau tetap yakin klu suaminya itu tidak bersalah.......

    BalasHapus
  2. Kesetiaan seorang isteri dalam suka duka telah ditunjukkan oleh isteri antasari! dan kasus ini entah dijebak atau tidak beliau dengan jasa-jasanya menumbangkan beberap koruptor telah divonis karena perencanaan pembunuhan dan mengakibatkan meninggalnya seseorang! Pelajaran bagi yang sekarang dapat amanah! Hati-hati!

    BalasHapus
  3. slm knl tmn :)

    gmn kalo tukeran link

    oya kalo mo beli baju dsini tmptny http://raini-sale.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Tak mudah memang ya, tak semua orang bisa melakukan itu. Jadi teringat Hillary Clinton yg mensupport suaminya ketika ada skandal

    BalasHapus
  5. wanita memang mempunyai kekuatan yang luar biasa.....!!! selain setia dia juga masih sempat menyasak rambutnya, memilih baju yang terbaik dan bros yang terlihat mahal
    Pagi-pagi sudah berangkat ke Pengadilan setelah mengantar anaknya ke sekolah plus dengan make up yang Mantab!!!!Padahal malamnya ia telah menggelar pengajian
    Perempuan memang mempunyai kelebihan yang tak dimiliki laki-laki. Kuat.....cantik....setia dan sempurna!

    BalasHapus
  6. Subhanallah...kesetiaan seorang wanita sungguh besar ya sis.

    BalasHapus
  7. oo..oo..template-nya bagus..template-nya bagus..

    aduhh, benar mb. aku membayangkan, itu berat..berat sekali. sungguh, ini luarr biasaa! karunia yg sangat berharga bagi seorang suami.

    semoga kebenaran makin menampakkan sinarnya.

    BalasHapus
  8. rumah baru... cantik lho mbak...

    aku setuju. gak banyak orang diluar sana yang tetep tegar walau suaminya masuk penjara...

    BalasHapus
  9. aku datang menjenguk rumah yg baru mbak reny...

    BalasHapus
  10. Iya mbak, aku ngelihat di tayangan TV
    meski diguncang kasus yang berat dia tetap tegar
    bahkan ketika disinggung soal Rani Juliani, dia tak sedikitpun terpengaruh dengan opini publik

    BalasHapus
  11. Hiks, sedih mbak :(( saya bener2 salut sama isterinya. Mengingatkan saya pada kasus Anwar Ibrahim. Perempuan2 berhati pualam yang senatiasa setia mendampingi suaminya. Subhanallah...

    Semoga keadilan Allah, lebih mulia. Insya Allah

    BalasHapus
  12. luar biasa ya...padahal suaminya diduga punya selingkuhan, tp tetap aja memberi support..saluut..

    BalasHapus
  13. iya betul. salut deh ya. meski aku ga begitu ngikutin kausus bapak yg satu ini ^^

    BalasHapus
  14. begitu ya...
    salut dengan kepercayaan dan kesetiaannya pada suami walaupun sedang terkena musibah.

    BalasHapus
  15. artikel bagus, melihat dari sudut berbeda.
    sambil menunggu berita lanjutannya nih...

    BalasHapus
  16. pasti ibu Ida tahu suaminya itu hanya dijebak, sehingga dia terus membelanya. bukankah insting seorang isteri biasanya tajam?

    BalasHapus
  17. salam sobat
    memang ditunjukkan kesetiaan istri ,kala suami dirundung masalah ya mba,,
    saluut dengan istri Antasari..

    BalasHapus
  18. Salam mbak,saya juga bingung entah mana yang benar dan mana yg salah,meskipun vonis sudah jatuh,semoga apa yg di lakukan istri pak antasari memberi inspirasi bagi kita semua dalam menghadapi masalah.

    BalasHapus
  19. Istri pak Antasari memang kelihatannya sangat tabah ya.

    BalasHapus
  20. semoga aku nanti dapet istri yg setia spt itu..amin :)

    BalasHapus
  21. tabah dan tegar yaa...

    sebenarnya saya juga bingung mau menilai gimana kasus pak antasari ini mbak... salam kenal.. sekalian follow nih :)

    BalasHapus
  22. setuju sm mba reni,...ibu ida wanita yg tegar y mba ^^

    hemm,..bingung sama kasus ini !
    dulu aku simpatik bgt sm antasari azhar,sekarang hemm....prihatin mba *_*

    BalasHapus
  23. Mereka adalah istri2 pilihan yg patut untuk ditauladani.

    BalasHapus
  24. aq kurang mengikuti berita tentang antasari mbak...tapi setidaknya aq salut dengan istrinya......entah mana yang benar dan salah...sang istri tetap berani mendukung antasari dengan penuh kerelaan dan cinta....

    BalasHapus
  25. benar-benar sebuah kesetiaan yang patut menjadi teladan mbak... semoga kita pun mampu mewujudkannya dalam kehidupan ini... kesetiaan kepada kebenaran yang hakiki...

    BalasHapus
  26. kesetian itu harus untuk sebuah pasangan,,mantap..keep on blogging

    BalasHapus
  27. Kesetian seorang istri begitu pula seorang suami, harus ada dalam RT. Istri Antasari, memang sabar dan setia. Semoga beliau terus mendapat kekuatan dan perlindunganNya.

    BalasHapus
  28. betul mba, aku juga dari awal salut banget ma istrinya...
    entahlah, apakah kasus ini direkayasa atau tidak hanya Allah yang tahu, kita manusia punya keterbatasan..

    BalasHapus
  29. Buat Antasari CS, Pengadilan Allah di akhirat telah menunggumu, tidak seperti sandiwara yang kau lakukan dengan seribu kata kau berdalih...Allah adalah hakim yang paling Agung di Akhirat.Kesetiaan isti antasari CS adalah kesetiaan yang membabi buta dan salah alamat. Buta merupakan kata sifat yang berarti tidak dapat melihat dengan mata segala sesuatu yang ada di depannya. Namun manusia diberi tuhan alat pancaindra yang lain, dimana semua anggota tubuh ini saling kait mengait dan dikontrol oleh hati dan otak sehinggga manusia dapat melakukan aktifitas hidupnya. Koruptor adalah orang yang telah mati hati dan otaknya seingga walaupun anggota tubuh berfungsi normal namun kontrolnya tidak ada, jadi seperti mayat yang berjalan. "Hidup enggan mati tak mau"

    BalasHapus
  30. Yup... memang begitulah seharusnya seorang istri bersikap.
    Salut sama Bu Antasari.

    BalasHapus
  31. saya baru tahu n punya kesetiaan pacar hehehe

    iya gwe jg salut ama ny diatas dia sabar dan setia mendampingin si antasari suami tercinta


    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh :D

    BalasHapus
  32. dibalik lelaki yang hebat, pasti ada wanita yang luar biasa :)

    BalasHapus
  33. salut sama ibu yg itu, klo kita aja, denger pacar selingkuh marahnya uda minta ampun.

    BalasHapus
  34. wah moga2 aku besok juga punya istri yang setia... amin

    BalasHapus
  35. kalo mundur
    itu namanya
    mo enake dhewe

    BalasHapus
  36. Salute tuk isteri2 yang setia...

    BalasHapus
  37. Hmmm sedih juga waktu lihat istri antasari di tivi... moga selalu tabah ya...

    BalasHapus
  38. Istri Antasari dan Wiliardi menunjukkan keteguhan luar biasa. Dan mereka tidak menyerah meski vonis hakim sudah dijatuhkan. Semoga kalau mereka benar mereka akan menang...

    BalasHapus
  39. met sore embak.... met weekend...

    BalasHapus
  40. bukan buat mba, tapi untukQ kelak, aku baru tau tentang ini, sebelumnya aku hanya melihat sepintas selama mataku mau melihatnya, maklumlah, ngga suka pilotok, heheh, semoga pengorbanan yang mendapat ganjaan yang sangat besar dari sang maha adil, Allah SWT

    BalasHapus
  41. kasian juga Ibu Ida...
    namun biar bagaimanapun supremasi hukum harus ditegakkan, semoga saja putusan hakim mempunyai alasan dan bukti yang kuat sehingga keluarga bapak Antasari tidak menjadi korban.

    BalasHapus
  42. Salah atau tidak salah saya tetap mendukung Bp. Antasari Azhar dan salut atas kesetian istri beliau :)

    BalasHapus
  43. Kesetiaan istri pak antasari sungguh luar biasa......met weekend mbak...

    BalasHapus
  44. aku salut ma isteri2 macam gini...mereka tabah, setia dan menghormati suami2nya, saya pernah melihat tayangan di salah satu stasiun tv swasta...istri Wiliardi berkata.."saya memilih bpk sbg suami saya berarti saya siap hidup bersama dia, apapun resikonya"....salut ..salut...

    BalasHapus
  45. jadi istri itu mang harus stia ya mbak. klo ga setia bukan istri namanya. hehehe

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)