Rabu, 24 Februari 2010

Masalah ganti domain

Keputusanku untuk kembali ke Blogspot ternyata mendapat tanggapan beragam dari sahabat-sahabat blogger. Ada yang menyayangkan mengapa aku meninggalkan dot com dan kembali ke blogspot. Ada yang mendukung, karena blogspot gratis. Ada yang tak mau pusing dengan apa yang aku pakai (dot com atau blogspot) yang penting masih bisa blogging.

Terus terang, keputusanku untuk kembali ke blogspot aku lakukan karena beberapa hal, yaitu :
  • Aku takut akan 'kehilangan' blog ini hanya gara-gara masa kontrakku yang hanya setahun habis, sementara aku belum sempat memindahkannya kembali ke blogspot. Sayang kan kalau kerja kerasku selama setahun membangun blog ini hilang dalam sekejap ?
  • Aku tak tahu bagaimana cara memperpanjang domain dot com, besarnya biaya yang harus aku keluarkan (karena kemarin aku dapat sbg hadiah) dan bagaimana cara pembayarannya. *jadi pengen malu*
  • Aku tak ada waktu untuk cari informasi, karena Shasa sakit sementara masa kontrakku segera berakhir.

Dalam keadaan seperti itu, yang ada dalam pikiranku hanya satu : aku tetap ingin blog ini ada, makanya dengan segera aku segera memboyong blog ini kembali ke blogspot. Apapun resikonya aku terima, asalkan masih bisa blogging. PR blog ini sampai sekarang masih tetap 3, tapi entah apakah akan turun dengan pindahnya ke blogspot ini aku belum tahu. Yang jelas Alexa-ku jadi sangat bengkak sekarang..., kalau tak salah, kemarin waktu aku lihat Alexa-ku di atas 1 juta.... Whaaa....

Ternyata pindah domain tak semudah aku sangka. Semula, aku mengira dengan memberi tahu sahabat-sahabat untuk mengganti link blog dari dot com ke blogspot maka semua urusan akan beres. Tapi ternyata ada masalah baru yang belum aku temukan jawabannya. Aku dulu pernah memajang link blog ini di blogku yang kedua (The Others...), dengan menggunakan gadget : Daftar Blog. Sejak kemarin aku sudah berulang kali mencoba mengganti alamat www.renijudhanto.com dengan renijudhanto.blogspot.com selalu saja gagal, karena yang muncul selala saja link dot com. Akibatnya, postingan terbaruku tak terbaca, dan yang muncul adalah postingan terakhirku waktu aku masih menggunakan domain dot com yaitu : Peristiwa dan Mood-ku.

Sampai malam ini pun aku tak berhasil memasang gadget Daftar Blog untuk mencantumkan link blog ini di The Others. Akhirnya, aku pasang link blog ini dengan menggunakan Daftar Link.... dan ternyata bisa, hanya saja yang muncul hanya nama blog beserta link-nya, karena memang tak ada fasilitas untuk memunculkan judul dan tanggal postingan terakhir berikut gambarnya. Mengapa bisa begitu...., aku tak tahu jawabannya. Padahal beberapa teman ternyata sukses mengganti link blog-ku di daftar blog mereka. Kok aneh ya...?

Kalau ditanya apakah aku menyesal dengan keputusan kembali ke blogspot, jawabanku adalah : tidak, karena bagiku masih bisa blogging adalah tujuanku. Tapi memang dari peristiwa kembali ke blogspot ini aku dapat pelajaran berharga, yaitu : jangan terburu-buru mengambil keputusan sebelum mendapat informasi yang cukup. Tanpa bekal yang cukup, akhirnya keputusan yang diambil akan menghadirkan masalah baru yang belum diketahui jawabannya...

Apakah sahabat semua sependapat denganku dalam hal ini...?

33 komentar:

  1. Yups, setuju mbak. KIta emang harus lebih berhati2. Tapi mbak, loadingnya lambat lho.

    Nanya juga, apa blog saya loadnya lambat mbak, kalau dibuka dari Indonesia?

    BalasHapus
  2. Wah, dapet pertamanya nih. Gimana khabar Shasa mbak?

    Owh ya mbak, makasih atas dukungannya waktu itu yah, Ana dapet nomor dua mbak :) makasih sekali lagi

    BalasHapus
  3. Selamat kembali ke dunia nyata mbak, hehehe... Maksudnya ke subdomain blogspot.
    Kalo saya malah nggak mau mbak beralih ke dotcom, dotid, ato dot-dot lainnya, lebih betah di subdomain ini biar kelihatan numpangnya, hehe...

    Oya, mengenai belum terbacanya domain yg blogspot, sepengetahuan saya, SE tdk langsung mengubahnya, diperlukan beberapa waktu hingga terlacak. Tp ada satu solusi yg mungkin bisa mengatasinya yaitu dg mendaftarkan kembali ke SE.
    Untuk daftar URL ini, mbak bisa baca artikel ini.
    Ini pendapatku lho mbak... Mungkin para master lain punya jawaban yg lebih jitu, hehe...

    BalasHapus
  4. Wah komentar sy masih di moderasi yach...?

    em... informasi e book baru nech... karyanya noor's blog (inside of me) saya bukukan ...
    downloadnya gratis...

    bantu distribusikan ya mbak...

    BalasHapus
  5. Makasih untuk sharingnya mbak... dulu saya juga mau ganti domain dot com tapi males ribetnya... hahaha...

    BalasHapus
  6. yah mbak, selama bisa ngeblog, nggak usah pedulikan domain dkk, hehehehe...yg penting bisa sharing tulisannya.

    tapi emang saya setuju, tanpa mencari info yg lengkap, lebih baik jgn terburu" bertindak ^^

    BalasHapus
  7. Yuph, welcome back to Blogspot.
    Yg penting msih bisa tetap nulis n sharing.
    Salam peace n good luck !

    BalasHapus
  8. setuju mbak..
    yang penting nge-blognya tetep jalan..
    jangan sampe putus ngeblog gara2 domain..

    BalasHapus
  9. blogspot walau gratis juga bagus kok mam.
    Justru dari segi keamanan blogspot lebih aman dari domain berbayar dan belum ada kasus blogspot kena hack. Jadi pake blogspot kenapa tidak....

    BalasHapus
  10. hahahaha... saya ngekek baca komennya mbak reni di puisi "Kau temukan Bidadarinya :))

    Lho, emang nama depan mbak renni siapa? *Mikir*

    Shasa dah baikan mbak? maaf, baru mau ngelink blog mbak reni :)

    BalasHapus
  11. lho saya kok malah gak nyadar ya kalau make dot com atao blogspot!!!

    wkwkwkwkwk........yah buat saya sama saja mba.......

    BalasHapus
  12. itulah sebabnya Rizky masih ragu u/ pindah rumah meskipun d tulungagung ada, hostingtangguh.com yg ternyata beralamat di tulungagung

    Rizky masih cinta ama blogspot mb'

    gimana kabar shasa mb' ?

    Parse Code HTML Ala Mbah Google

    BalasHapus
  13. Pelajaran buat semua termasuk saya, trim telah berbagi kisah nyata ini! Teliti sebelum keluar uang! Pelajari dengan detil dan bayar!

    Linknya sudah terpasang di kolom tukar link dan my blog list!

    Salam buat shasa, jaga kesehatan!

    BalasHapus
  14. setahuku sh, walaupun ganti domain, alamat blogspot tetap bisa dipakai..

    memang harus dilihat lagi langkah2nya.
    tetapi dari sisi pengaturan blog sndiri sptinya juga ada keterbatasan. contoh, di tata letak blogku, untuk edit post sudah kuganti beberapa kalimat,lalu "simpan" tetap saja waktu dibuka tidak ngefek.

    BalasHapus
  15. Iya sih mbak. Tapi sepertinya dimanapun, asal kita tetap bisa menuangkan pikiran kita untuk kebaikan. Its Ok kan mbak? Tetep semangat pokoknya.. Salam buat Shasa :)

    BalasHapus
  16. Menurutku, pakai domain gratis atau mbayar sama aja. Tapi kalau Mbak Reni pakai domain dot com tanpa tahu cara membalikkan ke blogspot-nya, itu sama aja seperti beli Blackberry tanpa tahu cara makainya buat internetan, hehehe.. :D

    BalasHapus
  17. informasi memang dibuthkan, walaupun keputusan terakhir adalah ditangan pemilik blog.
    ga apa-apa kok mba
    keep blogging aja
    keep spirit

    BalasHapus
  18. bu, semua inlink yang pakai domain .com juga ga bisa dibuka.. Terus, kemarin pas pindah ke domain dot com, apakah ada penambahan skript di edit HTML nya?

    BalasHapus
  19. Wahhh... lama gak negok ada peristiwa yang aku ketinggalan ya ?

    Aku sendiri gara-gara anak butuh perhatian lebih ( udah remaja ) membuat blog gak keurus.

    Moga Sasha udah baikan ya .

    BalasHapus
  20. Mbak Reni ga bilang2 sih wkt mau balik ke blogspot. Hehehe...tp waktunya bareng dgn Shasa sakit ya? Kalo harga domain sih 95ribu/tahun, hostingnya bisa tetap di blogspot aja, jd domain dot com itu hanya diarahkan ke blogspot aja. Tp klo mbak Reni bukan niat memonetize blog ini (jadi hanya utk fun aja), pake blogspot aja deh mbak.

    Eh, tp aneh ya blogrollnya ga bisa? Aku pikir kemarin krn inet lg lemot aja. Pdhal link mbak Reni udah tak hapus lalu aku tambahkan lagi loh. Malam ini aku coba lg deh

    BalasHapus
  21. wahhhh wahhhh welcome back.. tapi ko aku gag tau kalo pernah tau kalow mba pernah make dotcom ya.. hehhe jangan jangan aku gag pernah maen kesini yaa.. hehehe

    BalasHapus
  22. met siang semua...
    datang sebelum jumatan

    BalasHapus
  23. wah saya juga barusan dapat domain .com gratisan... jangan-jangan memperpanjangnya susah...

    BalasHapus
  24. Apapun hostingnya... yang penting komunikasi dan silaturahmi tetap berjalan.

    BalasHapus
  25. emang paling enak pake yang gratisan mbak. hihihi.
    link mbak reni di blog henny udah diganti, jadi henny ga bakal kehilangan jejak :)

    BalasHapus
  26. iya mbak...ndak papa balik ke dlogspot lagi...btw klo dot com nya ndak kepake aq juga mau kok merawat hehehe

    BalasHapus
  27. Waduh mbak... maaf nih sampai nggak ngikuti perkembangan blognya mbak Reny...
    Doa saya untuk kesembuhan Sasha...
    Dan makasih suport mbak untuk saya..
    Ternyata sama-sama paniknya dengan saya ya mbak... setelah sempat 6 jam blog saya "SUDAH DIHAPUS" sya sampai telp ke bebrapa teman di seluruh Indonenesia tanya sana-tanya sini sambil nangis... Syukurlah setelah mencoba beberapa saran dan diupleg-upleg suami akhirnya bisa nongol lagi... Mungkin ada orang iseng nyembunyikan blog saya trus kasihan ma guru barangkali...

    Dan ketika hilang itu dalam kondisi lemas malah saya disarankan suami pake yang bayar (suami juga pake)... baca pengalaman mbak Reny kayaknya nggak dulu deh...

    BalasHapus
  28. Setuju banget mba...mengambil keputusan secara terburu-buru memang seringkali menimbulkan penyesalan di belakang hari. Tapi saya termasuk orang yang mempermasalahkan mba Reni pakai dot.com atau blogspot, yang penting tali silaturahmi kita masih berjalan....

    Oh..ya nama linknya the others & catatan kecilku sudah saya perbaiki di blogrollnya bang Pendi..
    Salam hangat selalu & met wiken...

    BalasHapus
  29. aku sudah ganti mbak dan ternyata berhasil

    BalasHapus
  30. Setuju mbak Reni.... hal ang baru pasti akan memunculkan masalah yang baru baik itu bagus maupun buruk....

    BalasHapus
  31. sabar ya mbak... slm bwt sasha

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)