Jumat, 05 Maret 2010

Pengalaman Hidup

"Pengalaman adalah guru yang paling baik"

Aku yakin kita semua pasti telah mengenal pepatah di atas dan aku yakin juga bahwa kita semua setuju dengan pepatah itu. Tak akan ada yang menyangkal bahwa memang pengalaman-lah guru yang terbaik. Nah.., masalahnya adalah bagaimana kita bisa menjadikan pengalaman itu sebagai guru yang terbaik. Dan apakah masing-masing dari kita dapat mengambil pelajaran dari pengalaman itu ?

Manusia menjalani kehidupannya sendiri dan oleh karenanya masing-masing orang memiliki pengalaman yang berbeda dari yang lainnya. Tentu saja orang-orang yang kaya akan pengalaman hidup akan mendapatkan banyak pelajaran yang berharga. Namun, bagi orang-orang yang tak memiliki banyak pengalaman, tetap saja dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain. Untuk mendapatkan 'pelajaran' tentang kehidupan, kita tak harus mengalami sendiri bukan ? Bukankah pengalaman orang lain pun dapat menjadi pembelajaran bagi kita ?

Meskipun seseorang mendapatkan pengalaman hidup yang sama dengan orang lain, tapi sikap mereka dalam menyikapi pengalaman itu bisa saja tidak sama. Cara seseorang memandang pengalamannya sangat mempengaruhi dalam mengambil pembelajaran dari pengalaman itu. Tentu saja orang-orang yang berpikiran positif akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari pengalaman itu.

Salah satu orang yang memiliki banyak pengalaman hidup dan dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari pengalamannya adalah Andy F. Noya. Aku adalah salah seorang dari sekian banyak orang yang belajar banyak darinya. Dia adalah orang yang kaya akan pengalaman hidup dan suka juga belajar dari pengalaman orang lain. Semua itu membuatnya menjadi pribadi yang memiliki kepedulian tinggi kepada orang lain. Terus terang, aku kagum padanya.

Untungnya, dia juga suka berbagi (lewat tulisan) tentang pengalaman-pengalaman. Aku merasa beruntung, dengan membaca tulisannya tentang pengalamannya dan pengalaman orang lain, aku telah ikut belajar tentang kehidupan. Tentu saja aku berharap, aku pun dapat mengambil pelajaran berharga darinya karena aku ingin menjadi pribadi yang jauh lebih baik daripada hari ini.

Itulah sebabnya aku menulis dan berbagi banyak hal di sini. Walau terkadang tulisanku hanya bercerita tentang diriku ~ yang seringkali tidak penting ~ tapi aku yakin... setidaknya ada satu atau dua orang yang dapat mengambil pelajaran dari apa yang aku tuliskan disini. Sesekali aku juga menuliskan tentang kisah hidup seseorang yang aku kenal, karena aku telah mendapatkan pelajaran berharga dari pengalaman itu. Makanya aku pun ingin membaginya lagi kepada orang lain lewat tulisanku di blog ini.

"Ngeblog" itu memang asyik dan lebih mengasyikkan lagi jika ada "nilai plus" yang dapat kita ambil darinya.


26 komentar:

  1. LOKOMOTIF, datang!!, ijin amankan posisi pertama yaaa

    BalasHapus
  2. tulisan disini tak pernah sepi dari nilai plus dan banyak memberi inspirasi pada sahabat.

    hoho, kik andy malam ini keren acaranya.

    BalasHapus
  3. sangat setuju mbak... ngeblog emang asyik karena lewat sarana ini kita bisa saling belajar, saling berbagi dan saling mendengarkan... salam terkasih...

    BalasHapus
  4. saya setuju mba..pengalaman guru yang paling mantaaf.....

    BalasHapus
  5. pengalaman adalah guru yang terbaik tapi lebih baik lagi jika ada yang mengawasi perjalanan pengalaman kita :D

    BalasHapus
  6. iya mbak, aku suka ngeblog
    bisa mencurahkan semua isi kepala ^^

    BalasHapus
  7. hehehehehe..........betul banget mba pengalaman memang guru yang paling baik!!!!!

    BalasHapus
  8. setujuu mbak..ngblog emang asyik...
    aku juga suka memaca atau memdengarkan cerita tentang perjalanan hidup seseorang, karena slalu ada pelajar yang bisa kuambil darinya dan juga membuatku lebih mengerti tentang kehidupan ini..

    lam kenal mbak..
    met weekend.. :D

    BalasHapus
  9. setuju..belajar dari pengalaman

    BalasHapus
  10. Pengalaman adalah guru yang terbaik, tetapi terkadang kita tidak bisa belajar dari pengalaman. Kita bisa mengambil hikmah dari setiap kesulitan yang kita hadapi dengan memanfaatkan pengalaman tersebut sebagai sesuatu yang bisa mengubah hidup kita, paling tidak kita tidak akan menemui kesulitan yang sama sepanjang perjalanan hidup kita…

    BalasHapus
  11. banyak nilai plus yang sudah saya dapatkan dari ngeblog, terutama bisa bertukar informasi dengan banyak sahabat di seluruh dunia termasuk mbak Reni tentunya.

    BalasHapus
  12. makasi atas kunjungannya ke blog saya : ) salam kenal yak. .
    Btw,blognya saya follow ya !

    BalasHapus
  13. salam sobat
    memang benar mba,,kita semua belajar dari pengalaman hidup.
    yang baik dan burukpun kita harus bisa menjalani hidup ini dengan penuh kesabaran dan tawakal.

    BalasHapus
  14. yups mbak, moga kita mampu menjadikan pengalaman blog dengan hal2 yang manfaat...

    BalasHapus
  15. Ehm, pengalaman guru yang terbaik, dan semestinya kita juga kudu jadi murid yang baik, menjadikannya pelajaran untuk melangkah esok depan... :-)

    BalasHapus
  16. ngeblog itu rasaya bikin seneng aja,. hhe,.. tiap kali buka internet, pasti selalunyempet-nyempetin nge-blog,atau setidaknya blogwalking buat ngebacain tulisan di blog-blog orang :lol: sampe-sampe mamaku suka ngingetinsupaya gak jadi orang autis :lol:

    BalasHapus
  17. Yah dengan artikel-artikel di blog ini juga salah satunya, hikmat dapat dipetik..

    BalasHapus
  18. Pokoknya ngeblog memang asyiik. Bisa membuat hati gundah menjadi ceria kembali.

    BalasHapus
  19. Banyak kok hal yang bisa dipetik dari tulisan mbak Reni. Pesan tulisan kan bisa tersirat mbak. Tulisan mbak Reni selalu enak untuk dibaca.

    BalasHapus
  20. Ya, ngeblog juga merupakan sarana menuangkan pengalaman, untuk berbagi dan menjadi inspirasi bagi yang lain. Selama itu positif, kita gali terus sarana menuangkan pengalaman kita...

    BalasHapus
  21. salam kenal.
    blognya saya follow ya :)

    BalasHapus
  22. saya banyak belajar dari blog ini sist.tetap semangat blogging dan sharing.

    BalasHapus
  23. sangat setuju sekali.... dengan adanya pengalaman kita jadi lebih bisa belajar secara nyata.....

    BalasHapus
  24. sangat inspirasi sekali tulisanmu

    keep posting

    BalasHapus
  25. salam sejahtera
    mengambil pelajaran dari Andi F Noya
    wah hebat banget
    saya setuju pengalaman adalah guru yang paling berharga

    BalasHapus
  26. tapi kata orang dulu itu bener, sekarang saya punya prinsip laen mba. Kesalahan adalah dosen yang paling sangat baik

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)