Kamis, 11 Agustus 2011

Dering yang mengganggu

Siang ini saat aku menjalankan sholat Dhuhur berjamaah di kantor, ada dering yang mengganggu. Baru saja sholat dimulai, tiba-tiba terdengar dering HP yang cukup keras dan panjang. Tentu saja dering yang cukup lama itu menggangguku, dan pastinya mengganggu jamaah yang lain juga.

Ini bukan kali pertama terjadi. Beberapa waktu yang lalu hal yang sama terjadi. Dering yang berbeda dari HP yang berbeda pula, tapi sama-sama mengganggu konsentrasi. Apalagi bunyi deringnya berupa tawa bayi yang lucu, benar-benar mampu mengalihkan konsentrasi seluruh jamaah. Terbukti, usai sholat para jamaah ribut mempersoalkan 'tawa bayi' di tengah-tengah acara sholat.

Mengapa juga saat sholat harus membawa HP? Mengapa juga harus diaktifkan nada deringnya? Kalaupun HP memang harus dibawa kan bisa dinonaktifkan sewaktu sedang sholat. Atau minimal nada deringnya dimatikan dulu dan jangan pakai getar juga. Percuma juga kalau nada deringnya mati, tapi getarnya tetap aktif. Kalau berdering-dering di saat sholat, bukan si pemilik HP saja yang terusik tapi semua jamaah.

Untungnya saja sewaktu sholat Taraweh belum pernah ada gangguan dari nada dering HP. Semoga saja tidak akan pernah kejadian. Dan semoga juga kejadian siang ini tadi tidak terulang lagi esok hari dan seterusnya. Semoga si pemilik HP tadi merasa sungkan karena tadi nada deringnya telah mengganggu konsentrasi semua orang.

Maaf, jadinya curcol nih....

18 komentar:

  1. membawa hape waktu shalat siiih ga apa2 mba, bisa dikantongin ato masukin dalam tas.
    masalahnya adalah :
    kalo berdering dengan mengeluarkan suara yang mengganggu.

    semoga yg bawa hape tuh sadar, segera nonaktifkan suara dering, atao lebih baik mati aja tuh hape.

    BalasHapus
  2. harusnya intropeksi, kalo perlu pasang pengumuman dering hp di silent. kalo terulang, ya, berarti emang gak bener orangnya...

    BalasHapus
  3. Insya Alloh kalo sudah ada kejadian seperti itu, yang bersangkutan akan berpikir dua kali melakukan hal yang sama.

    bahkan di Masjidil haram, ketika shalat berlangsung suara dering hp seperti bersahut-sahutan, kenapa tidak digetar saja

    BalasHapus
  4. Hape mmg seringkali menjadi noise ketika sholat berjamaah di mesjid, jujur kadang2 sy jg lupa men silent kan,, lebih baik lg di off kan
    tp alhamdulillah skrg2 ini hape jrg sy bawa kalau ke mesjid

    BalasHapus
  5. kadang kalo ke masjid yang jauh dari rumah mau nggak mau memang HP dibawa mba'... tapi kalo yang deket2 rumah aja ya emang ditinggal cuman bawa mukenah ama sajadah :)

    biasanya kalau emang niat sholat jama'ah di masjid HP udah dimatikan/disilent tp kadang kalau kebetulan pas dijalan terus sholat kebetulan bisa jama'ah di masjid terkadang emang lupa untuk mematikan atau silent, itu sie pengalaman aku :)

    BalasHapus
  6. harusnya d silent, hoho cm biasanya suka lupa kali ya, hehe

    BalasHapus
  7. hehe pasti males banget kalo denger hp bunyi di tengah sholat berjamaah, padahal tanpa ada aturan tertulis pun harusnya jamaah sadar bunyinya bakal mengganggu kekhusyukan.

    BalasHapus
  8. wah biasane tempat shalat kan sudah ada pengumumannya ya mbak,.."mohon telepon seuler di-silence" koq ada yg lupa sih?? mungkin mau curhat ke Allah sambil sms-an tuh hehehe
    maaf mbak, becanda pagi hari, biar ga ngantuk :)

    BalasHapus
  9. wekeee
    emang sih kadang terganggu mba..

    kalo chika kadang2 bawa juga tapi disilent gitu mba

    BalasHapus
  10. Biasanya kalau sedang sholat berjamaah, hp selalu saya tinggal mba :)

    BalasHapus
  11. ternyata panggilan hp lebih penting dari panggilan Allah :(

    BalasHapus
  12. jangankan di masjid, di gereja juga sering...

    BalasHapus
  13. kali aja mau sambil smsan apa onlen pesbuk bu...

    BalasHapus
  14. mungkin ada baiknya ditulis "harap matikan HP" di musholla ya supaya tidak mengganggu.. :)

    BalasHapus
  15. sering banget yang beginian mbak. pernah juga ada orang rumahnya samping musholla sholat magrib bawa hape ditaro di sajadah bunyi sejak rokaat pertama sampai selesai sholat. tak ada yang mengomentari, jijik banget lihat mukanya.

    BalasHapus
  16. serharusnya di silent hp nya kalo lagi sembayang gitu. jadi gak mengganggu ya

    BalasHapus
  17. iya mbak, heran juga. saya juga pernah ngalamin hal yang sama. padahal ud jelas2 diperingatkan, supaya HP dimatikan sebelum shalat.

    BalasHapus
  18. aku sering menemukan masjid yang memasang rambu rambu untuk mematikan masjid ketika memasuki area masjid.

    dan... temanku yang bekerja di gereja, juga punya keluhan yang sama. sampai akhirnya pengurus gereja memasang sebuah alat untuk mengacak sinyal HP. jadi ketika masuk ke gereja, dipastikan semua HP tidak berfungsi. hehehheeee

    gimana kalo semua masjid dan musholla juga menerapkan hal yang sama ya Mbak...

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)