Senin, 08 Agustus 2011

Ganti Modem (Lagi) dan komentar ganda

Awalnya, aku berinternet di rumah dengan menggunakan Speedy yang dipasang secara patungan oleh beberapa orang warga di kampungku. Namun seiring berjalannya waktu, aku tidak puas dengan pemakaian secara keroyokan seperti itu. Akhirnya, pada akhir Januari 2011 yang lalu aku memutuskan untuk ganti modem.

Setelah tanya sana sini dan dengan berbagai pertimbangan, akhirnya aku pada bulan Pebruari 2011 aku tetapkan untuk beralih ke modem USB. Pilihan pun jatuh pada Prolink dan kami menggunakan kartu Flexi. Tapi lagi-lagi aku tidak puas. Entah mengapa di tempatku koneksinya kok lemot banget. Itulah yang menyebabkan mood-ku ngeblog jadi menguap, karena setiap kali mau ngeblog loadingnya lama. Bener-bener menguji kesabaranku.

Keluhanku atas koneksi internet yang membuatku bete akhirnya ditanggapi oleh suami. Bulan kemarin dia membelikan aku modem Smartfren. Walau sudah dibelikan modem baru, tapi karena moodku ngeblog terlanjur menguap, modem itu sempat aku cuekin beberapa lama. Barulah awal Agustus ini aku tergerak untuk mencobanya. Ternyata aku cukup puas, karena koneksi lumayan cepet juga. Bahkan untuk akses ke youtube tak perlu terlalu lama menunggu (^_^). Semoga saja dengan modem baru ini, semangat ngeblogku bisa bangkit lagi.

Oya, aku mau tanya nih buat sahabat semua tentang suatu masalah yang 'mengganggu'ku. Akhir-akhir ini aku menemukan adanya komentar ganda di blogku. Maksudku bukan komentar yang sama terkirim dua kali. Komentar ganda disini adalah komentar yang sama terulang lagi, persis di belakang komentar terdahulunya. Jadi komentar ganda itu muncul dalam 1 kotak komentar.

Awalnya aku mengira bahwa itu adalah 'kesalahan' dari yang menuliskan komentar. Kukira mereka meng-copy komentar dan tanpa sengaja mem-paste komentar itu. Jadi ada 2 komentar yang sama persis dalam 1 kotak komentar. Namun perkiraan itu gugur dengan sendirinya setelah aku sendiri mengalaminya. Ternyata komentarku (via HP) di tulisan mbak Lidya (Mama Cal-vin) yang berjudul Captcha pun muncul dobel. Padahal aku cuma ngetik komentar itu sekali. Aku juga sama sekali tak meng-copy komentar itu, karena aku tak tahu cara copy komentar yang ditulis via HP (maklum, gaptek sih).

Apa komentar yang muncul dobel itu semua berasal dari komentar yang ditulis via HP ya? Apakah ada sahabat blogger yang mengalami hal yang sama sepertiku? Kira-kira apa penyebabnya? #penasaran

29 komentar:

  1. bener Mbak, kalo kita komentar via HP yang terjadi dalam satu komentar tulisan kita bisa menjadi dua kali dan itu sudah saya alami Mbak, padahal post komentnya cuman satu kali. Mungkin masalah jaringan

    BalasHapus
  2. Met puasa mbak reni...
    aku juga pakai spedy mbak dan kadang2 jg suka ganguan klu mlm2 aja...tp temanku yg pki modem jg sering mengalami hal yg sama dg mbak dan kt mrk lamban dan suka doubel klu kirim komen di FB...Maaf ya mbak aku gak ngerti masalahnya..

    BalasHapus
  3. di blog saya juga pernah mbak, yang komentar double tadi. kirain saya kesalahan pengetikan, hmmm jadi penasaran apa sebabnya

    BalasHapus
  4. aku juga kemarin komen dari hp double juga mbak, biasanya sih gak

    BalasHapus
  5. sy pake simpati flash alhamdulillah lumayan lancar
    tp kata tman sy juga smart friend emang kuencenggg

    BalasHapus
  6. hai mbak,..beberapa hari kemarin,..aku juga sering liat komentar dobel di blogteman2 lainnya..mgkn benar kata Pak Ies..krn saya sendiri juga belum tahu
    oia, saya pake speedy alhamdulillah sepet mbak,..
    semoga bisa selamanya aman2 wae..:)

    BalasHapus
  7. sama donk mba make smartfrend tapi aku make frend mobinya hehehe :D
    iyah mba klo double itu karena komen via HP :D

    BalasHapus
  8. Wah moga tambah semangat ya Mbak ngeblognya dengan si Modem baru itu hhe.. :)

    Untuk komentar Ganda, itu karna nulis komentarnya pake HP mbak, aku juga sering gitu hhe... gak tau kenapa bisa gitu padahal aku juga gak pernah ngopas komentarku haha...

    BalasHapus
  9. Itu terjadi karena setelah selesai mengetik komentar, browser HP (biasanya Opera Mini) otomatis mereload. Dan pada saat itulah, komentar yang sudah kita buat otomatis Doubel. Tapi kalau tidak kita reload, tidak akan Doubel kok mbak..

    Itu setau saya sih :) (semoga enggak ngawur)

    Mbak Reni apa kabar? Luuuuuaaaaamaaa enggak silaturahmi kesini *emang jarang BW*

    BalasHapus
  10. dari hape memang suka muncul komen ganda, tapi bisa diakali dengan preview dulu

    BalasHapus
  11. Saya juga pernah mb...padahal gak ada copy..tiba2 aja setelah tampil double.
    Tapi gak semua hanyakadang2 aja...saya hanya berfikir mungkin saya yg salah.

    BalasHapus
  12. haduh ibu, sapidol kok dipake rame-rame..?
    kalo dipake sendiri mending lah daripada yang laen
    semar kenceng kalo masih status promo
    setelah promonya abis, mulai deh lemotnya balik mudik
    apalagi kalo bayarnya yg 45rebu sebulan..

    BalasHapus
  13. Selamat untuk modem barunya ya mbak...
    #Aku komen di sini saat ini jg pake modem yg sama, heheh pinjem :D

    soal komen ganda, aku kurang tau kenapa bs bgitu, maklum rada gaptek neh mbak...

    BalasHapus
  14. kalau mengenai komentar ganda daku juga gak ngerti mbak,maklum gaptek,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  15. dhe jg pernah nemu komentar ganda gt di blog. kirain knapa. mungkin via hp yah? #nunggu jawaban yg benar jg. hehehehe

    BalasHapus
  16. salam kenal mba reni....
    aku juga pake kartu flexy buat modem...
    tapi ditempatku koneksinya lumayan bagus ya mba...:)

    BalasHapus
  17. cepet ga internet kadang ditentukan dari menara BTS providernya.

    komen ganda mungkin terjadi karena jaringan yg lelet

    BalasHapus
  18. salam kenal mbak terima kasih infonya mbak

    BalasHapus
  19. terus mencari sampai ketemu yang paling cocok tuk kita.. soalnya.. masing masing emang punya kelebihannya masing masing dan tergantung area atau teknis dimana kita berada.. mungkin seperti itu :(

    BalasHapus
  20. saya juga bingung dengan komentar yang dobel dobel begitu, tapi nggak pernah memikirkannya mbak. nggak sempet.
    soal smartfren ternyata di daerah oke juga

    BalasHapus
  21. Bu renny apa kabar bu? Lama enggak main ke blog ibu huhu
    Modem ganti bu? Waduh semoga yg baru awet ya bu.. B)

    BalasHapus
  22. met menikmati modem barunya ya

    BalasHapus
  23. di makassar sy pake modem flexi dah 3thn. lumayan wlpun download gak sekencang modem gsm. kartu cdma lain blm pernah sy coba.
    klo mslh komentar dobel?? aduh sy gak pernah dpt tuch hingga kini...

    BalasHapus
  24. ak pke smart bu reni salam kenal ya ,semoga lancar dengan modem barunya

    BalasHapus
  25. kalau saya belum pernah mengalami, tapi beberapa komentar di blog saya ada yang seperti itu entah kenapa

    BalasHapus
  26. kalo saya kadang ada sih berkomentar pake hp, tp aman2 aja sih, ngga ke copy. tapi kalo ada org berkomentar di blog saya, kadang email notif yg masuk ke bb saya sering double malah 3x. padahal waktu di cek, cuma satu komennya. lebih aneh lagii

    BalasHapus
  27. Setahu saya ya mbak, cepet atau lemotnya koneksi modem, bukan karena merek modemnya...
    Tepatnya, hal itu dipengaruhi oleh dua hal,..
    pertama adalah lokasi di mana mbak koneksi...
    kedua, provider apa yang mbak pakai...

    Di rumah saya, Telkomsel Flash sangat OK, tapi belum tentu di rumah tetangga saya meskipun rumahnya bersebelahan sama saya...
    jadi gitu lho mbak...

    BalasHapus
  28. aku juga berniat ganti modem nih Mbak

    hmm, jadi mempertimbangkan smartfren nih gara gara mbak reni

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)