Senin, 12 September 2011

Masalah ngeblog

Sejak pertama aku mempunyai blog hingga hari ini, kok rasanya ada saja masalah yang muncul ya? Ternyata begitu banyak hal yang perlu dipelajari agar bisa ngeblog dengan lancar. Untuk yang gaptek sepertiku, pasti bingung jika muncul masalah-masalah baru. Dan karena gaptek pula, aku hanya bisa bengong dan bingung, hingga akhirnya minta tolong pada sahabat-sahabat bloggerku.

Aku ingat, pertama kali masalah yang aku hadapi adalah "galat". Sungguh, aku bingung luar biasa saat kata-kata itu yang muncul di monitorku. Kemudian beragam masalah muncul seperti tak bisa ganti template, masalah dengan pergantian domain, komentar-komentar yang hilang/tidak muncul, blogku yang tiba-tiba tak bisa dibuka, kesulitan mengakses blog ini melalui Google Chrome sampai yang terakhir kemarin soal favicon.

Setelah aku menuliskan masalah favicon di blogku ini, aku dapat banyak masukan dari para sahabat. Terima kasih kepada semua sahabat yang telah memberikan komentar, masukan dan penjelasan padaku tentang masalahku itu. Dari Bang Attayaya aku jadi tahu salah satu pemilik blog yang alamat blognya diblokir oleh antivirusku tersebut. Tak sampai disitu, Bang Atta malah kemudian menuliskan pesan kepada pemilik blog tersebut dan menceritakan masalah yang sedang aku hadapi padanya.

Yang tak aku duga adalah, pemilik blog (yang alamatnya terblokir oleh antivirusku) itu merasa perlu untuk memberikan penjelasan langsung kepadaku. Dia menanyakan facebookku pada Bang Atta. Selanjutnya dia merasa perlu add aku dan menuliskan pesannya padaku. Aku yang jarang buka FB jadi tak membaca pesannya padaku. Aku baru buka FB tadi setelah membaca pesan Bang Atta di blogku.

Saat aku buka FB, aku surprise sekali karena ternyata begitu banyak pesan untukku. Semua isinya sama, yaitu penjelasan dari pemilik blog itu tentang kejadian yang aku alami terkait dengan alamat blognya. Rupanya karena aku tak kunjung merespon pesannya di FB (dan menerima pertemanannya) dia kemudian menitipkan pesan kepada beberapa orang blogger sekaligus.

Ya Allah, aku terharu banget dengan kepeduliannya. Bahkan, dia menawarkan padaku untuk bisa bertemu secara langsung denganku dan menjelaskan kejadiannya. Sungguh, aku tak menyangka bahwa aku akan mendapat respon sebaik itu. Terima kasih banyak untuk semuanya ya...

Oya, aku ingin tanya, apakah sahabat semua mengalami kesulitan untuk menuliskan komentar di blog ini? Jika kesulitan, dimana letak kesulitannya? Hal ini perlu aku tanyakan karena ada beberapa sahabat yang mengeluhkan hal tersebut. Aku minta masukannya ya, demi perbaikan blog ini dan kemudahan bagi kita semua. Terima kasih sebelumnya.

26 komentar:

  1. anak blogger emang baik-baik mba heheheheheh!!!!
    semoga bisa lancar lagi mba ya?!?!?!

    BalasHapus
  2. kalo selama ini chika memberikan komentar di blog mba reny gx ada masalah kok mba^^

    BalasHapus
  3. walaupun gak bertatap muka langsung, tapi kerterikatan hati antar sesama blogger tetap terjalin ya mbak :)

    BalasHapus
  4. Ngeblog bikin hdp jd lebih berwarna ya mbak reni, hehe
    Jd tambah ilmu jg.

    Alhmdlh saya ga ada mslh dngn kotak commentnya mbak

    BalasHapus
  5. Sama dong mb....saya salah satunya, pemilik blog yang gaptek..taunya nulis sama majang, untuk acsesoris lainnya masih ngerapa, jadi kalau terjadi masalah pusing tujuh keliling ...akhirnya keliling minta bantuan.

    Lebaran kemarin blog saya juga kena Galat mb, hmmm rasanya ...tapi karna lebaran jadi cuek aja, ehhh giliran mau aktif kembali tetep juga.

    Tapi alhamdullilah mb, itulah kenapa kita diharuskan bersyukur dengan apa yg kita punya termasuk teman-teman kita, meskipun teman dunia maya yang belum pernah membantu tetapi mereka siap sedia membantu kesulitan saya.

    Kapan ya bisa jumpa mb Reni, moga kalau panjang umur lebaran tahun depan kita bisa ketemu ya Mb.

    BalasHapus
  6. selama ini saya masuk dan koment di blog ini lancar-lancar saja Mbak

    wah perlu dishare nih Mbah Reni masalah dan pemecahan dari kesulian yang teralami, sehingga memberikan kemanfaatan bagi kita semua

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ... aku gak ngalami kesulitan meninggalkan koment disini, hanya saja yg sering modemku yg LELET banget... jadi sering ngak bisa bertamu.

    BalasHapus
  8. sampe saat ne dhe blum menemukan masalah di kotak komen mba reni.

    wlw banyak masalah, ngeblog ttp jalan n semangat yah mba^^

    BalasHapus
  9. so far, saya gak ada masalah koq mbak klo BW kesini, moga sih gk ada masalah apa2 seterusnya :)

    BalasHapus
  10. blogger emang tp deh mba...moga persahabatannya makin langgeng ya..

    BalasHapus
  11. kenapa aku ngga merasa kesulitan menulis komen disini ya Mbak? lancar2 aja tuh...he..he...entah rekan blogger lainnya gimana?

    BalasHapus
  12. ya aku juga dpt pesan ttg hal itu dari Anindya. terus kuminta fanda utk sms mbak reni. karena kan mbak reni jarang buka fb.

    BalasHapus
  13. kan kita harus saling berbagi,berbagi itu indah,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  14. kesulitannya hanya satu.. moderasinya bu. itu seringkali mengganggu proses BWnya..

    BalasHapus
  15. Saya juga seorang yang awam dibidang pe IT an ...
    Alhamdulillah saya belum pernah mengalami masalah ... dan semoga jangan pernah ada

    salam saya Bu

    BalasHapus
  16. kalo saya belum terlalu banyak dapet masalah ngeblog mbak,
    maklum masih junior, hehe..

    BalasHapus
  17. Emang temen temen blogger itu baekbaek ya mbak.. aku juga sering dapet 'perhatian' dari mereka.. hehehehe..

    Sampai skrg gak terlalu sulit seh mbak nulis komennya.. kalau dr hape emang sulit karena hapenya.. tapi mbak nlog mbak reni ini kalau buka dari hape gak versi mobile.. Padahal blogspot kebanyanan ada versi mobilenye gt mbak..

    BalasHapus
  18. Itulah keuntungannya sharing dengan sesama rekan blogger. Pasti banyak yang mau membantu permasalahan2 seputar dunia blog dan internet umumnya. Terkadang pemecahan masalah itu bisa kita dapatkan dengan cara membaca postingan, bisa juga bantuan langsung dari rekan2.

    BalasHapus
  19. Memang terus terang akhir2 ini aku kesulitan kalau mau berkomentar di blogspot, setahuku hrs mencoba berkali2 , mengklik berkali kali kadang sampai keluar kode kunci yg hrs di isi barulah bisa masuk tuh komentar, rasanya rata 2 semua blogspot begitu mbak, ini hanya mnrt pengalamanku, nggak tahu kalau yg lain. Sungguh butuh kesabaran yg tinggi utk berkomentar di blogspot

    BalasHapus
  20. anak blogger nya kompaakk dan memang harus kompak :D
    wah, kalo saya alhamduliah sejauh ini blm ada masalah.

    BalasHapus
  21. @Bli Jhoni >> iya Bli... para blogger emang baik2 banget... Jadi nyaman jadi blogger niy :)

    @Chika >> Alhamdulillah ya... (ala Syahrini)hehehe

    @nurlailazahra >> aku memang sangat terkesan dg pertemanan para blogger yg begitu hangat meski belum pernah ketemu secara langsung.

    @Tarry >> emang bener mbak... ngeblog bener2 mambuat bergairah ya? hehehe

    @M.Mul >> jadi ingat dulu waktu pertama kena galat aku panik setengah mati. Kemudian aku dibantu seorang blogger yg tinggal di Jakarta utk memecahkan masalah itu. Aku dipandu step by step lewat shoutmix yg ada di blognya. Tapi karena aku tak berhasil, maka akhirnya dia yg langsung masuk ke blogku (tentu saja setelah password & email aku serahkan padanya). Setelah dia mengutak-atik sampai pagi.., Alhamdulillah blogku kembali lagi.
    Aku gak akan pernah lupa hal ini deh mbak... :)
    Aku juga pengen bisa ketemu mbak Mul dan Dini yg centil. Semoga terwujud ya mbak...

    @PakIes >> walau banyak masalah yg aku hadapi, tapi sebagian besar yg menyelesaikannya adalah sahabat2 blogger pak. Dan utk itu aku rela menyerahkan email & password pd mereka agar mereka dapat secara langsung ngobok2 dasbor-ku karena aku pribadi tak bisa.. :)

    @M.Sukma >> Alhamdulillah jika selama ini mbak Sukma tak mengalami hambatan dan kesulitan utk komen disini.

    @Dhe >> emang banyak masalah siy, tapi setidaknya masalah itu membuatku jadi sedikit lebih ngerti tentang pernak-pernik blog berikut masalahnya. :)

    @Diah >> amin... aku sendiri tak ingin ada masalah lagi dg blog ini.

    BalasHapus
  22. @M.Isti >> yups, para blogger emang top banget deh.. :)

    @M.Misfah >> emang ada beberapa blogger yg mengeluh kesulitan setiap kali komen disini mbak. Untung mbak Misfah lancar2 aja.

    @M.Fanny >> makasih banyak mbak, dan mbak Fanda emang langsung SMS aku kok :)

    @Saryadinilan >> emang bener... berbagi itu indah dan para blogger memiliki semangat berbagi yg luar biasa.

    @Nuel >> aku baru tahu kalau ternyata moderasi mengganggu proses BW. Selama ini yg aku tahu biasanya Captcha yg sering dikeluhkan para blogger.

    @nh18 >> wah kok bisa gak pernah dapat masalah ya? senengnya... gak kayak aku yg sering pusing karena dapat masalah sementara akunya gaptek :(

    @yudi >> masih junior dalam ngeblog tapi kan punya ilmu jadi gak panik kalau dapat masalah kan?

    @Niee >> aku baru tahu kalau blog ada versi mobile-nya kalau dibuka via HP. Utk itu apa blog ini harus disetting khusus ya? #gaptek

    @Halaman Putih >> kalau aku selama ini lebih banyak dapat bantuan dari para blogger secara langsung, baik itu lewat komen, pesan (di inbox atau email) bahkan tak jarang bantuan langsung dg cara mereka turun tangan langsung mengatasi masalahku :)

    @M.Elly >> sebenarnya aku sudah tak memasang captcha supaya yg berkomentar tak kesulitan mbak. Tapi maaf jika ternyata mbak Elly tetap kesulitan komen disini ya?

    BalasHapus
  23. kalo gada masalah ga rame dong bu...
    dengan nemu masalah kan kita jadi nanya orang lain
    nambah temen deh..

    BalasHapus
  24. @thya >> syukur Alhamdulillah, sejauh ini blogger2 yg aku kenal baik2 dan kompak.

    @Rawins >> bener... karena ada masalah maka aku dapat tambah teman deh :)

    BalasHapus
  25. eh asyik donk.....
    enak saja kok...
    nyaman saja nulis komentarnya..
    :)

    BalasHapus
  26. mo nanya mbak,blogq kok gak bisa dibula lewat google chrome y?
    tiap di klik malah diarahkan ke doiku.megabyte.com

    alamat blogq onezovi.blogspot.com

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)