Selasa, 25 Januari 2011

Ganti modem

Sudah lebih dari 2 tahun ini, aku dan beberapa orang di lingkunganku sengaja patungan untuk memasang Speedy. Modem-nya ada di rumah salah satu rumah sementara ada Hup yang ditempatkan di beberapa rumah. Rumahku salah satunya yang ketempatan Hup. Dan dari Hup di rumahku tersambung ke beberapa rumah lainnya.

Masalah mulai timbul beberapa bulan terakhir ini. Koneksi internet jadi sangat lambat, bahkan seringkali mati. Yang menyebalkan adalah internetnya bisa mati selama berhari-hari. Aku dan suami tak tahu mengapa jadi seperti itu, padahal sebelumnya lancar-lancar saja. Kami menduga mungkin saja jumlah orang yang bergabung ke jaringan Speedy di lingkunganku bertambah.

Itu sebabnya aku dan suami berencana untuk mundur dari koneksi Speedy gabungan ini. Kami merencanakan untuk mempunyai modem sendiri. Hanya saja kami masih bingung mau pakai modem apa. Ada teman yang mengusulkan kami pasang Speedy sendiri, tapi masalahnya untuk pasang Speedy kami harus pasang telpon rumah dulu.

Beberapa teman mengusulkan sebaiknya aku pakai modem portabel atau USB modem. Masalahnya di Indonesia sekarang sudah ada beberapa ISP (Internet Service Provider) yang menyediakan layanan internet yang mobile. Nah, aku tak tahu ISP mana yang paling oke.

Tolong dong... beri aku saran dan masukan. Terima kasih sebelumnya.

24 komentar:

  1. selamar pagi,kalau patungan biasanya ada-ada saja, paling enak emang pasang sendiri, maaf inyong ngga ngerti modem apa yang bagus

    BalasHapus
  2. mending pake modem USB aja mba...
    pake flash, kata tmn2 saya bagus kok..

    BalasHapus
  3. Kalau saya pakai modem USB mbak, tadinya pakai T&T wireless, karena patah saya ganti dengan modem O2 harga kartu yang di pakai IM2. waktu beli modem harganya 460 rb sedangkan kartunya sekitar 250 rb. pakai yang Unlimitted. Tiap bulan saya isi 125 rb (tapi keluaran baru per bulan 150 rb). loadingnya cepet banget, mungkin karena indoseat di sini juga bagus.
    Mbak Reni sebaiknya perhatikan signal di rumah mana yang lebih bagus...
    Makasih mbak, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. emang mbak enakan pake modem sendiri...dirumah biasanya pake saya at&t modemnya..kalao kartunya pake im2..cuma kelemahannya kalau ujan drop...sekrang sinyal dirumah mbak reni apa yang paling kuat...nah..itu..yang dipake..mbak..yang penting bisa hsdpa..cukup...

    BalasHapus
  5. Saya saat ini pake Modem GSM HSDPA SIERRA 881U (agak ketinggalan sih) dengan Provider Im2.. Semuanya tergantung Area juga mba', dulu di daerah saya koneksi Indosat lemot banget, tapi belkangan udah ad apeningkatan berkala sih.
    Setau saya Im2 lebih baik daripada telkomsel Flash. Tapi saya belum ada melakukan penelitian dalam hal ini. hehhe. Saya pake Im2 yang 100rb/bln.. sekarang sih yg ada cuma 150 n 200/bulan. dengan kuota yg berbeda..

    Maen2 ke blog butut saya Mba.
    salam kenal.

    Chalief

    BalasHapus
  6. Iya, mba' harus lihat sinyal dulu, baru pilih operator mana yang mau jadi acuan. Kalau saya sudah tiga tahun pake XL dan tidak ada masalah yang berarti. Perlah download Hackintosh (Mac OS Bajakan he he) yang beasr file-nya 4.3 GB ngga ada masalah tuh, walaupun karena pause dan resum melulu, jadi selesai dalam waktu lima hari. Koneksi yang cukup membanggakan di kelas modem USB.

    BalasHapus
  7. wah sama mba saya juga sempet tuh seperti itu.....padahal kan kita tetep bayar tuh meski bisa dipakai ato ndak!!!

    speedy pelayannya memang payah.....kita komplain baru 3 hari didatangi!!! sigh!!

    BalasHapus
  8. wah maaf mbak sy nggak paham yg begituan

    BalasHapus
  9. pake smart aja, mbak. murah meriah tapi ya kadang lemot juga. cuma gak selemot flash telkomsel. dg sistem prabayar aja. ada yg 75 ribu sebulan unlimited. ada yg 45 ribu sebulan. tapi yg 45 ribu rada lemot.

    cuma sebelum beli modemnya, tanya dulu ke CS nya apakah tempat tinggal mbak Reni termasuk wilayah yg bagus sinyalnya. karena mereka ada range nya. ada yg jelek banget sinyalnya, ada yg lumayan.

    BalasHapus
  10. Awalnya saya pake spe**y, hanya 2 bulan, karena kurang praktis tidak bisa mobile, maka sudah hampir 2 tahun saya pake modem tancep dari sierra wireles dengan pake Tflas (137.500/bulan) alhamdulillah lancar. Enak dan lancar mau kemana saja tinggal masukin kantong.
    Sarann saya pake yang portable aja mbak, tinggal tancep langsung plug in di kompi mana saja

    BalasHapus
  11. saya juga sedang bingung, amu beli telkomselflash apa aha, masalahnya dua-duanya katanya bagus, yang bikin bingung duitnya. hehehe...insya Allah, lagi mulai nabung untuk beli telkomselflash, biar bisa online di rumah.

    BalasHapus
  12. emang benar mbak enaknya pake modem sendiri..
    dulu aku nggak bisa pakai Speedy, krn telp rumah ndak bisa suport katanya nomorku jadul, trus di suruh pasang nomor baru dan kendalanya jalurku padat jadi ndak bisa pasang nomor baru. Akhirnya bisa diatasi dengan pake USB modem, sekarang aku pake Flash modem lumayan cepat juga, tapi ada kalanya lemot juga tapi ndak separah waktu aku pake star one. Jadi mbak harus survei dulu sinyal yg mana yg kuat disekitar rumah mbak.

    BalasHapus
  13. Survey sinyal dulu Mbak. Kalau misalnya sinyal flexi kuat (cuma contoh), ya bisa dijadikan pilihan utama.

    BalasHapus
  14. Maaf bukannya mau membuat tambah bingung, biasanya tiap provider memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Ada baiknya jika tanya keteman sekitar, modem apa yang paling kuat sinyalnya didaerah situ.

    Salam.. .

    BalasHapus
  15. sebenernya sih kalo modemnya pake apa aja kayaknya sama.. misal EVDO, ato merek Hua Wei, tergantung sih mbak.. (bujetnya juga).

    yang lebih penting sebenernya langganan providernya mau pake apa dulu..

    BalasHapus
  16. Memang paling enak pakai sendiri, semoga dapat yang paling bagus dan perlu survey milik teman dicoba dirumah!

    BalasHapus
  17. pakai telkomsel flash asal rumahnya mbak reni terjangkau sinyal 3G juga cepat kok, sebulannya cuma 100 ribuan. murah meriah ...

    BalasHapus
  18. wah saya juga pakai speedy mbak

    BalasHapus
  19. Kl mau nyari modem yang bagus,,,pakai aja merk NOKIA mbak,,,,udah ada 3Gnya,,,,
    Hanya saja harganya juga mahal,,,,
    Kalau di hongkong sini harganya $980 kl dirupiahin sekitar 1,2 juta,,,
    Tapi dibalik harganya yang mahal,,,,kegunaannya pun juga meluas,,,memorinya juga lebih banyak,,,,
    tapi kl saya sendiri pakainya cuma HUAWEI,,,karena harganya yang agak miring,,,,hehee

    BalasHapus
  20. Wah modem suka bermasalah ya

    BalasHapus
  21. Memberikan beberapa masukan mbak, semoga tidak menggurui..hehee.
    1. pilih yang koneksi super cepet, kah?
    2. yang mobile, kah?
    3. yang paling ekonomis, kah?
    jawab:

    1. maaf mbak, belum tahu.
    2. modem USB solusinya
    3. kartu paling murah, 3(three) paket 500mb=29rb+ppn; 1gb=35rb+ppn; 2gb=50rb+ppn; unlimited=100rb+ppn
    masalahnya gak bisa HSDPA

    BalasHapus
  22. modem saya malah rusak buk, ni pake layanan hotspot gratis :D

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)