Sabtu, 20 Juni 2009

Ketika blank ide

Hal yang menyebalkan bagi seorang blogger adalah ketika blank ide. Di saat semangat untuk menulis blog sedang menggebu, tapi ternyata tak tahu harus menulis apa karena blank ide. Untuk seorang blogger, ide adalah modal utama.

Itu sebabnya, di beberapa blog banyak menuliskan tentang tips agar seorang blogger tak sampai blank ide. Sebenarnya ide menulis yang paling mudah didapat dari kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa aku lebih sering memilih untuk menuliskan kejadian-kejadian yang aku alami dan aku pikirkan sehari-hari.

Memang untuk mengisi blog yang dimiliki, seseorang menggunakan berbagai cara yang berbeda. Ada yang lebih suka mengisi blog dengan hasil karya sendiri, tapi ada juga yang mengisi blog dengan meng-copy paste-kan hasil karya orang lain. Untuk masalah copy paste, menurutku sih sah-sah saja asalkan diketahui dan mendapatkan ijin dari penulis aslinya.

Memang sih, ada beberapa penulis yang rela begitu saja kalau tulisannya dicopy paste tanpa harus meminta ijin terlebih dulu kepadanya. Tapi bila seseorang meng-copy paste tulisan orang lain secara utuh, maka sebagai warga blogger yang baik, memang seharusnya meminta ijin terlebih dahulu. Dan, akan lebih baik lagi kalau di awal atau di akhir tulisan disebutkan dari siapa tulisan tersebut diperoleh.

Pada saat aku blank ide, itulah kesempatanku untuk memposting award-award dari para sahabat. Dulu waktu pertama-tama menerima award, aku langsung memajangnya dalam postingan, karena kalau aku tunda-tunda takut malah jadi lupa. Tapi lama kelamaan, aku cenderung mengumpulkannya terlebih dahulu, kemudian aku posting sekaligus.

Seperti kali ini, aku akan memposting beberapa award dari para sahabat. Terima kasih semuanya atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan kepadaku sehingga membuatku semaking bersemangat untuk menulis di blog ini.

Award yang pertama aku terima dari : mas Agoez3. Sebagai upaya untuk mengeratkan tali silaturahim mas Agoez3 membagi beberapa award. Untukku diberikan sebuah award dengan peraturan yaitu "Untuk menerima award ini, blog sobat harus memiliki design dan isi yang bagus, memposting ilmu-ilmu baru yang bermanfaat, penuh gaya." Terima kasih awardnya mas, aku sangat tersanjung menerimanya. Award ini akan aku teruskan kepada : Marcellino Agatha, Mbak Fanda (Sungai Hidup), mbak Penny, mbak Fanny, Jonk, Sang Petualang dan Itik Bali.

Award kedua dari Sang Petualang. Lewat shoutmix, Sang Petualang menuliskan

  • Sang Petualang halo...met malam...ada award buat mbak reni...mohon diterima ya (jika berkenan)...thanks ya...Salam Lestari... (2009-06-20 3:46 AM)
Terimakasih sekali untuk Sang Petualang atas awardnya yang sangat spesial ini. Ohya, award ini aku terima dari tangan pertama, maksudnya.. award ini adalah hasil karya Sang Petualang. Award ini akan aku teruskan kepada : Mbak Kuyus, Mbak Elly, Attayaya, Mbak Narti dan Wisata Riau.

Selanjutnya adalah 2 buah award yang aku dapatkan dari Mbak Narti. Terima kasih Mbak Narti untuk award-awardnya. Kedua award yang aku borong dari Qatar ini adalah sebagai berikut :

Award pertama dari Mbak Narti yang bergambar hati ini aku bagikan lagi kepada sahabat-sahabat sebagai berikut :
Jeng Sri, Mbak Anazkia, Henny Y. Caprestya, Mbak Ajeng, Natazya, Mbak Irma, Mbak Dwina, Bintang (My World). Semoga semua suka menerima award yang cantik ini ya...

Award kedua dari Mbak Narti yang berwarna hitam ini akan aku bagikan lagi kepada : Mas Yudie, Bang Budiawan, Bang Eri Communicator, Bang Seti@wan, Awal Sholeh, Tukang Komen, Buwel dan Agoez3. Sengaja dipilih para blogger pria yang menerimanya karena award ini terkesan maskulin.

Ada satu lagi award khusus, yang aku dapatkan dari Bang Seti@wan. Award ini sebenarnya diberikan kepada siapa saja yang telah memberikan komentar atas postingannya tentang "funny jokes monkeys sms". Award yang lucu ini tidak akan aku bagikan kepada sahabat-sahabat yang lain, karena bagi sahabat-sahabat yang menginginkan award lucu ini bisa langsung mengambil di blognya Bang Seti@awan.

Nah.., selesai sudah acara bagi-bagi awardnya. Semoga lain kali aku masih berkesempatan bagi-bagi lagi untuk sahabat-sahabat yang lain. Bye for now...

44 komentar:

  1. henny jadi yang pertama komen bukan nih?
    waduh mbak..seneng deh akhir minggu dikasih award. makasih banyak ya mbak reni

    BalasHapus
  2. wow..ternyata henny jadi yang pertama mbak!
    mohon maaf sebelumnya..mau nyepam dulu biar jadi yang kedua.hihihi
    met wiken ya mbak!

    BalasHapus
  3. Lucu juga nih, ngambil award sekarang pake jam juga yah, mbak? hehehe...Thanks ya buat award cantiknya. Sebetulnya aku rencana utk memposting semua award di Baca Buku Fanda, tp berhubung award ini utk blog yg tampilannya bagus, maka aku akan membuat perkecualian.

    Memang aku suka sekali dgn header blog Sungai Hidup, sering aku berangan2 sdg duduk2 di pagi hari disitu (hehehe...membanggakan blog sendiri nih).

    Lagipula, aku sedang 'blank ide' seperti yg mbak Reni katakan. Sebenarnya krg tepat klo dibilang blank ide, krn idenya sih banyak, tp ga sempat menulisnya aja. Jadi biarlah award ini akan mengisi kekosongan itu (halah...bisa aja ya alasannya!)

    BalasHapus
  4. mungkin karena blank ide itu akhirnya banyak yang cari jalan mudah yaitu "copas".., sukses buat mbak..

    BalasHapus
  5. Hmmm... maskulin banget yah awardnya.... thanks mbak Reni, aku ambil yah awardnya.....

    BalasHapus
  6. Jika postingan seperti ini dikatakan lagi ngeblank?? Seperti apa ya postingan mbak seseungguhnya??

    hehehehhe...


    Lam kenal..

    Komen perdana, halah...

    BalasHapus
  7. Budaya bertuker award ntu udah lama di pakai para blogger untuk mendapatkan backlink sebanyak2nya. aku punya lagi satu trik lain untuk mendapatkan link popularity bunda, di coba aja di artikelku trik meningkatkan link popularity, pagerank,dan rangking alexa.

    BalasHapus
  8. mbak reni makasih banyak ya, langsung tak emabt dan tak masukkan kedalam brankas rahasia ;)

    BalasHapus
  9. Berarti, Mbak, alasan kenapa aku belum pernah posting award-award yang kuterima, coz aku belum pernah blank ide, hihihi..

    BalasHapus
  10. selamat yahh mbakkk awardnya, buanyak bangetttt, btw aku juga sering mbak, ngeblank....:(

    BalasHapus
  11. pemanfaatan momen yang tepat. simpan award, lalu posting ketika lagi nge-blank. nice :)

    BalasHapus
  12. Waktu saya cari situs Cinta saya menemukan situs yg sangat dahsyat yaitu situs Suami -istri ,nah disitu di paling bawah artikel ada tulisan bebas mengcopy paste ,wah sy langsung punya ide untuk postingan artikel di situs itu dng mengcopy paste atas sarannya,dan aku langsung kirim email ke empunya situs untuk meminta izin ,tapi dipostingan lamaku bnyk tulisanku sendiri...gitu lho mba..

    BalasHapus
  13. huiiiiiiiiiihhh makasihhhhhhhh :D :D :D

    award pertama di blog aku yang inih huhuhuh makasih yah buuu

    *hugs*

    BalasHapus
  14. wew..... aq dapat award nih.. sebelum berangkat bertualang ke Kbupaten Kepulauan Meranti yg belum genap terbentuk satu bulan, makasih ya mbak. aku ambil nih awardnya....

    BalasHapus
  15. duuuh makasih banyak ya mbak...mbak reni ini paling sering deh kasih buwel award.....tentang blanknya, buwel juga lagi blank ditinggal yayank.....heheheheehhe

    BalasHapus
  16. selamat untuk semua nya dapat

    BalasHapus
  17. benar mbak dari keseharian ide2 bisa didapat...and selamat ya mbak atas awardnya

    BalasHapus
  18. Awardnya keren-keren mbak... slamat dan sukses ya...

    BalasHapus
  19. ya mbak emang ide yang paling gampang buat nulis di blog, yaitu kejadian yang kita alami sendiri. tapi kadang pas ada ide, tapi mau posting belum sempat terus. ahirnya nggak jadi di posting deh. karena sudah kadaluwarsa. hahaha...
    awardnya keren-keren mbak.

    BalasHapus
  20. makasih awardnya mbak...

    BalasHapus
  21. Terima kasih bu reni atas bagi2nya:)
    Terima kasih semuanya:)

    BalasHapus
  22. makasih ya bunda reni dah diberi award lagi buat motivasi dan bikin semangat lagi neh. dah lumayan terkumpul awardnya

    BalasHapus
  23. Kesan pertama masuk Blog ini,terbayang ada hidung dipatahin "coklat" itu aja kali ikutan blank ide to komment

    Salam kenal & Sukses to semua

    BalasHapus
  24. Selamat deh atas award2nya. Saya kebagian juga ya, wah langsung tak bungkus. Terimakasih mbak Reni.

    BalasHapus
  25. gw lebih sering blank neh, gak tau ngapa2, hee..

    BalasHapus
  26. mbak Reni makasih awardnya ya
    tak bawa balik mbak..

    BalasHapus
  27. Selamat ya mbak,banyak awardnya. Ternyata saya juga dapat, saya bungkus dulu ya mbak.. Terimakasih mbak...

    BalasHapus
  28. kita pasti tak akan kehilangan ide kok
    hehehehehe
    palagi mbak reni,,
    nggak mungkin blank donk
    semangat
    hehehehe

    BalasHapus
  29. terima kasih ya, mbak. mbak Reni memang juragawati award deh. award yg kuterima sebagian besar dari mbak Reni.

    BalasHapus
  30. terima kasih ya, mbak. mbak Reni memang juragawati award deh. award yg kuterima sebagian besar dari mbak Reni.

    BalasHapus
  31. mudah2 an nanti saya dapat awar laptop asli

    BalasHapus
  32. Wadduh Awardnya maskulin banget,... aku suka. Makasih buanyak yah mbak, langsung ta embat ....

    Sory,.... telat ngambilnya soalnya lagi dirumah sakit jaga ibunda yang sementara kemoterafi.

    BalasHapus
  33. wah makasih banyak mba.
    blank ide ternyata masih punya ide lain.
    yup, ga satu jalan mencari ide.
    tengkyu mba

    BalasHapus
  34. selamet awotnya banyak sekaleee bunda.... *eh manggil apa nih, SKSD dah..*

    smoga smakin semangat menulis yak...

    BalasHapus
  35. wahhh??
    Seorang mbak reni bisa kehilangan ide juga?? kok bisa?? hue he he ..
    Jangan donk mbak. Tulisan mbak, khan selalu jadi penyemangatku, en inspirasi bagiku. Kalau mbak blank ide, .. aku mo lari kemana nich??

    semangat terus ya?
    En thank you awardnya .. ^.^ langsung dipasang buat postingan besok ...

    BalasHapus
  36. wadoowww...Bu Reni kehilangan ideee ? gak mungkiiiinnn...
    hehhhe....(kali ini boleh ketawa kan bu ?)
    Maaf baru mampir bu..semalam balik larut... dan baru aja balik dari kantor...kerja..kerja terus neehh..
    Tapi seger kok bu abis trima award dari Bu Reni...makasih banyak Bu...makin semangat jadinya....
    Matur nuwun Bu...pareeeng....

    BalasHapus
  37. wuahhh, saya juga kadang ada masalah dengan blank ide, tapi kalau lagi blank ide, saya tinggal benturkan kepala saya beberapa kali (sama bantal lho mba) dan akhirnya saya dapat ide heheheheh

    selamat, dan makasih awardnya ya mba :)

    BalasHapus
  38. Maaf mbak, baru bisa ngambil awardnya. Makasih banyak... :) dan selamat atas award yang mbak dapatkan...

    BalasHapus
  39. Thanks ya mbak..awardnya
    jadi gak enak..lama ngambilnya
    udah dikasih awardnya
    datengnya kelamaan

    sekalai lagi thanks ya..

    BalasHapus
  40. @all : makasih dah mampir dan udah ninggalin jejak disini. Untuk yg menerima award semoga senang menerimanya.

    BalasHapus
  41. kalo pas mati ide aku biasanya posting tips ngeblog yang pernah ku parktekkan, nah..kebetulan sekarang lagi marak kontes ywdah tersalurkan deh yang tadinya ga dapet ide jadi ngikutin kontes ajah.

    BalasHapus
  42. @trimatra : ide bagus tuh.. Bisa ditiru... ^_^

    BalasHapus
  43. makasih atas award nya ya...
    maaf nih baru bisa ambil dan baru bisa mampir hiks..hiks.. jadi ngga enak ama mba Reni deh...

    BalasHapus
  44. @penny : never mind, mbak Penny...

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)