Rabu, 22 Juni 2011

Danau Kelimutu

Dulu sewaktu aku masih SD, aku pernah menonton tayangan di TVRI tentang sebuah dongeng atau legenda. Yang aku ingat dari tayangan itu bukan tentang dongengnya, tapi obyek dongengnya, yaitu sebuah danau yang luar biasa. Danau itu namanya Kelimutu, danau tiga warna.

Gambaran tentang keindahan danau itu membuatku sangat penasaran dan ingin bisa menyaksikan langsung keindahan ciptaanNYA itu. Entah mengapa, setiap kali aku memandang foto Danau Kelimutu, selalu muncul hasratku untuk bisa mengunjungi Danau Kelimutu.

Yang unik dan menarik adalah Danau Kelimutu memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring perjalanan waktu. Tak kurang sudah 12 kali perubahan warna terjadi dalam waktu 25 tahun terakhir ini. Perubahan warna ini diduga akibat adanya kandungan kimia berupa garam, besi, sulfat dan mineral lain, tekanan gas aktivitas vulkanik, pembiasan cahaya matahari, adanya mikro biota air, terjadinya zat kimiawi terlarut, dan akibat pantulan warna dinding dan dasar danau.

Sementara bagi yang penasaran melihat keindahan Danau Kelimutu dapat melihatnya di bawah ini.







Kabarnya pagi hari adalah waktu yang terbaik untuk menyaksikan keindahan Danau Kelimutu. Sedangkan menjelang tengah hari, apalagi sore hari, biasanya pemandangan Danau Kelimutu akan terhalang oleh kabut yang tebal.

Semoga saja suatu saat keinginanku ini dapat menjadi nyata. Amin.

25 komentar:

  1. Amin, semoga keinginannya terkabul ya mbak

    BalasHapus
  2. Bagus banget danaunya mba :)

    BalasHapus
  3. Subhanallah .... cantik banget mbak danau itu... gak heran deh semua orang ingin kesana, termasuk diriku juga, mbak...

    BalasHapus
  4. indah sekali pemandangannya,inyong jadi pengin lihat

    BalasHapus
  5. Semoga impian mBak Reni segera terwujud. Amin.

    Kalau sudah sampai jangan lupa panggil namaku 3x. Ha ha ha ... serius.

    BalasHapus
  6. ya ampun bagus banget, apalagi yang itu tuh kawah yang hijau sama coklat, ya ampunn jadi ngiler pengen kecitu,

    BalasHapus
  7. memang unik tuh danau yah bu.. :)

    BalasHapus
  8. Wah kalau aku cuma bisa lihat di uang lima ribuan dulu kan gambarnya danau ini...hehehe indonesia memang tempatnya yang menarik berwisata

    BalasHapus
  9. amin .. mudah2an terkabul keinginannya ya mbak, dan ajak2 saya .. hhehe

    BalasHapus
  10. ini bisa jadi alat promosi minuman mbak. ada yang coklat itu rasa cola, yang biru itu apa ya...hehe

    BalasHapus
  11. Indah bgt. Saya ingat dulu sering liat gambarnya di uang 5 ribuan....

    BalasHapus
  12. Amin...semoga keinginan kita terkabulkan ya Mb, untuk menikmati indahnya Ciptaan Tuhan ini.

    BalasHapus
  13. saya juga pingin liat keindahan itu mbak, tapi prioritas utama dulu adalah lombok, karena anak-anak pingin ke sana. tapi entah kapan

    BalasHapus
  14. Amin...
    Semoga Mba Reni bisa ke sana...
    Atau mungkin kita bisa barengan Mba...
    Hehehe...
    Aminnn... :)

    BalasHapus
  15. aih...indah banget danaunya..... kapan aku bisa kesana ya????

    BalasHapus
  16. kalo kesini saya juga mauuu.. aduh, kira2 kapan yaa ada yang ngasih gratisan saya buat kesono. plus akomodasi dan transport plus uang saku sekalian deh. *mupeng*

    BalasHapus
  17. Salam kenal dari rumah resep masakan Indonesia, ditunggu kunjungan baliknya :).

    BalasHapus
  18. wah, kapan bisa kesana ya...
    kudu nebeng gaphe neh...

    BalasHapus
  19. kereenn,, aSyik banGet thU berwISaTa..


    siNggah,,

    BalasHapus
  20. oooh, ini yang ada di uang 5 ribuan ya?

    BalasHapus
  21. Subhanallah... Indah sekali mbak. Kapan ya bisa kesana?

    BalasHapus
  22. Wah mba Reny, dekat sama kmpung hLmn sy, cuma saya belum pernah juga mba ke sana, hikssss..hohoho

    tapi emang indah bgt kok mba..ke sana mba Reny dpt plus2, bisa ke tmpat wisata lain, pulau Komodo, 17 pulau(pulau kelelaawar), kampung adat, semuanya sayang klo dilewatkan krna masih dalam satu pulau..

    hehehe

    BalasHapus
  23. hmm, salah satu tempat wisata yg paling saya inginkan utk dikunjungi jg.. mau nya kita pergi bareng kesana yah.
    jgn lupa ikutan giveaway saya ya :D

    BalasHapus
  24. wah sama mbak
    aku juga pingiiiiiiiiiiiiin bisa kesana....

    tapi harus tracking mendaki gitu
    berat juga menuju puncaknya

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)