Senin, 29 Juni 2009

Binatang kesayangan

Dua hari yang lalu Shasa-ku bercerita kalau dia mendapatkan pertanyaan yang ditinggalkan oleh Om Trimatra di blognya. Penasaran aku segera membuka Jejak Langkahku untuk melihat sendiri pertanyaan apa yang diberikan kepada Shasa. Ternyata, pertanyaan yang diajukan mas Trimatra seperti ini :
"andai semua binatang didunia ini boleh untuk dimiliki dan dipelihara, kamu mau pelihara apa? Alasannya??"
Sesaat kemudian Shasa bercerita kepadaku bahwa pertanyaan dari Om Trimatra itu telah dijawabnya. Katanya, jawabnya ada 6 dan aku diminta menebaknya. Namun dari keenam jawabannya yang berhasil kutebak dengan benar hanya 3 saja hehehe... (berarti nilai mama cuma 5 dong Sha? Kan salahnya separuh sendiri hehehe...)

Namun aku belum sempat membuka lagi Jejak Langkahku untuk melihat sendiri apa yang ditulis Shasa untuk menjawab pertanyaan itu. Makanya aku kaget banget sewaktu hari Minggu pagi aku menemukan foto Shasa dan jawaban Shasa ada di dalam postingan blognya Mas Trimatra yang berjudul What they said about pets ?.

Oh My God..., ternyata Mas Tri sedang mengadakan "polling" tentang binatang-binatang yang ingin dipelihara seseorang. Dan salah satu yang diminta mengisi polling itu adalah Shasa. Sayang sekali hasil polling itu tidak ditampilkan semua oleh Mas Trimatra, namun hanya diwakili oleh 4 responden dengan kategori : jawaban tersingkat, jawaban terpanjang, jawaban paling asal dan jawaban paling serius. Ternyata.... jawaban Shasa mewakili jawaban paling serius !! Hehehe........ Secara, Shasa semangat banget menjawab semua komentar-komentar yang masuk ke dalam blognya.........

Setelah membaca jawaban Shasa, aku baru tahu kalau ternyata Shasa ingin sekali bisa memelihara kupu-kupu dan kunang-kunang. Tak pernah terpikirkan olehku bahwa kedua jenis binatang itu masuk dalam kategori binatang yang ingin dipelihara Shasa. Selama ini Shasa sudah pernah memelihara berbagai jenis binatang, seperti Kelinci, Hamster, Burung Kura-kura dan Ikan hias.

Pertama kali yang dipelihara Shasa adalah burung yaitu jenis lovebird. Namun saat akhirnya burung itu mati, Shasa nangis lama sekali. Aku sampai kehabisan cara untuk menghiburnya. Setelah sekian lama waktu berlalu.., Shasa minta untuk memelihara Hamster. Kejadian yang sama terulang lagi saat hamster peliharaannya mati. Yang paling ,menyedihkan bagi Shasa adalah saat kelincinya mati. Selama berhari-hari Shasa masih merasa sedih karenanya.

Itulah sebabnya aku sempat merasa keberatan waktu Shasa minta memelihara binatang lagi. Takut melihatnya sedih tatkala binatang yang dipelihara dan disayanginya mati. Tapi lama-lama kupikir biarlah Shasa mempunyai tanggung jawab dengan memelihara binatang-binatang itu. Dan Shasa biar juga mengalami perasaan "kehilangan" itu supaya dia mempunyai pengalaman dan pengetahuan bahwa suatu saat kita bisa kehilangan sesuatu yang sangat kita sayangi. Selain itu agar Shasa juga belajar menyayangi sesama makhluk ciptaan Tuhan dan supaya dia juga tahu bahwa semua yang bernyawa pasti akan mati.

Sebenarnya aku pribadi kurang suka memelihara binatang. Berkebalikan dengan mas Judhanto, suamiku. Sejak kecil dia suka memelihara binatang. Bahkan waktu kuliah dulu dia pernah memelihara ayam cukup lama bahkan bisa menghasilkan. Selain ayam, suamiku juga pecinta burung dan ikan. Sepertinya kesenangan Shasa akan binatang menurun dari ayahnya.

Dan..., sore tadi suamiku bilang bahwa ikan cupang peliharaan Shasa mati. Walaaah.... Untungnya Shasa libur 2 hari ini bermalam di rumah eyangnya, jadi dia belum tahu kalau ikannya mati (lagi). Enaknya kapan ya aku memberitahu Shasa tentang kematian ikannya ini...? Aku belum siap melihat Shasa akan bersedih lagi.... Hikss....

31 komentar:

  1. hallo mbak ren, loly muncul lagi nih..dengan alasan a-z hehehhe..
    kasihan ya shasha, pasti sedih banget????..mending ngasih taunya pas udah sampai rumah aja mbak, biar liburannya nggak jadi kacau..kasian aja, ntar jadi kepikiran..dan saatnya seneng2 jadi bubyaaaaarrr..:D

    BalasHapus
  2. salam sobat,,,aaiii mba dihibur sajalah mba putrinya tuh,,,kasihan kan,,kayanya sedih dan kecewa.Biar liburannya happy gitu.

    BalasHapus
  3. embak di daerang saya banyak kupu2 dan kunang2 shasa bisa tak kirm lewat email

    BalasHapus
  4. oooh polling itu ya mbak...buwel juga ikutan ngevote...nggak tahu masuk yang mana.....
    Untuk shasanya di belikan ikan cupang ajah lagi mbak, coba tahu nggak cupang itu yang dulu apa udah ganti...

    BalasHapus
  5. mba, beliin ikan lagi, wah kesayangannya ikan ya mba, kalau saya sukanya sama kucing, gimana kalau kita pertemukan ...

    met liburannn :)

    BalasHapus
  6. iiiihh, imuuttttttt
    gemessssiiinnn pengen nyiummmmm

    BalasHapus
  7. shasa pasti dah hapal betul tingkah laku binatang kesayangannya, jadi klo dibelikan lagi , hehehe..takutnya nanya "lhoo..cupangku kok aneh ya, mam???"

    tapi daripada dia bersedih ga ada salahnya jika dicoba belikan cupang baru yang lebih sehat dan lebih bagus.

    jawaban shasa, selain serius juga menunjukkan karakter cerdas mam!

    BalasHapus
  8. wah mbak...kasihan dong si shasha
    padahal bentuknya lucu banget..
    hmmm

    BalasHapus
  9. waduh Shasa nya biar liburan dulu mbak jangan di kasih tau dulu biar bisa nikmatin liburan dia.
    hmm ajie tuh katanya banyak kupu2 ma kunang2 minta kirim aja via email
    kalo mo kupu2 di rumah jeruk ku kan ada mbak..

    BalasHapus
  10. Wah Shasa sama dong dengan saya, kalau dibolehkan saya pengen pelihara burung, tp burung beo aja.

    BalasHapus
  11. aku suka kelincinya tuh, lucu kalii.
    kira2 sobat yg laen ???

    Barangkali ada yg pelihara macan ya??? he.. he,,
    Terima kasih sharingnya shasa:)

    BalasHapus
  12. Saya yakin mbak, Shasa bakalan nangis tuh. Tapi, alangkah lebih baiknya di kasih tahu. Nanti, bisa di beliin lagi tuh..

    Duh, ko saya gak pernah mampir ke blognya Shasa yah...???

    BalasHapus
  13. henny juga sudah ngeliat komennya shasa disitu.
    bagus-bagus,,direview lagi kan?

    BalasHapus
  14. Sama Mbak Ren, Nita juga bukan termasuk orang yang suka melihara binatang. Sebenernya sih ada perasaan takut nggak bisa ngurusnya...

    BalasHapus
  15. Yg paling baik ya hrs diberitahu sejujurnya mbak, nanti klo dia dah plg dari liburan. Krn kehidupan dan kematian kan siklus hidup yg ga bisa dihindari? Jd hrs mulai ia pahami. Toh setelah beberapa kali memelihara hewan, ia akn terbiasa jg akhirnya.

    BalasHapus
  16. mending di belikan ikan cupang baru yang hampir sama mbak..
    biar shasa tidak tau kalau ikan cupangnya mati. dengan begitu shasa nggak akan sedih mbak. hehe...

    BalasHapus
  17. klo di beliin ikan cupang yang baruu mbak ..
    dengan sama warna dan sama bentuk...
    dengan yang lama
    kira kira masih inget gak ya mbak shasa dengan ikan cupang nya yang lama

    BalasHapus
  18. gimana pun pasti shasa tau mbak, jadi dikasih tau aja...seperti kata mbak reni, shasa punya pengalaman kehilangan, jadi kayaknya udah gak terlalu sedih

    BalasHapus
  19. Menurut saya mbak..cara terbaik memberi taukan tentang hal tersebut disaat shasa pulang kermh dengan cara yg sangat halus..misalnya dengan memulai sedikit pertanyaan' ...sayang seandainya..atau misalnya ikan kamu mati...
    Jadi dia nggak terkejut dan bersedih...
    Maaf mbak ini cuma saran

    BalasHapus
  20. aaaa..... mbak reni koq nggak masukin kucing sih?

    BalasHapus
  21. Mumpung shasa masih liburan,... beliin lagi deh mbak,..s

    BalasHapus
  22. @all : makasih semua utk atensinya dan sarannya. Akhirnya malam ini tadi Shasa pulang. Setelah diberi tahu bahwa ikannya mati, Shasa tampak sedih sekali dan bertanya : "Kok bisa ?"
    Namun ternyata Shasa sudah bisa menata emosinya, karena dia tidak nangis seperti dulu waktu binatang kesayanannya mati. Shasa hanya bilang dia minta dibelikan lagi ikan baru sebagai gantinya...
    Ahh... leganya....

    @loly, nura, itik bali, safira, anazkia, jimox, cupu-kisruh, penikmat buku, dinoe, seti@wan : terimakasih utk saran dan masukannya.

    @ajieee : senang sekali kalau kupu-2 dan kunang-2nya bisa dikirimkan utk Shasa hehehe..
    @buwel : hasilnya tanyakan ama mas Trimatra aja.., masuk kategori mana.
    @jonk : mau makan ikannya Shasa ya... Iihh... teganya... Hikss..
    @JengSri : yang mana yang imut.. ? Hamster, lovebird, kelinci atau ikan Jeng ?? Hehehe...
    @trimatra : saat ini apapun dibawa serius ama Shasa hahaha...
    @dwina : punya alamat ajieee, mau minta dikirimin kupu-2 dan kunang-2 nih mbah.. hehehe
    @agoez3 : macan ?? Gak deh...
    @henny : yang direview apa ya ?
    @mommy adit : aku emang gak telaten melihara binatang mbak.
    @fanda : akhirnya Shasa memang makin terbiasa dengan kehilangan ini, mbak.
    @zujoe : aduh.. maaf ya, gambar kucingnya ketinggalan... Gimana dong ???

    BalasHapus
  23. Saya pikir awalnya shasa akan tahu melalui blog, eh ternyata sudah diberitahu oleh ibunya, ada hikmahnya mungkin mbak ikanya shasa mati dia lebih bisa belajar menata emosinya yang masih labil

    BalasHapus
  24. @eri : aku tak bisa menyembunyikan hal itu dari Shasa, maka kuputuskan utk memberitahunya.

    BalasHapus
  25. ya mbak, lebih baik Shasa tahu. Apapun itu lebih baik jujur bukan?

    Dulu aku suka melihara burung. Burung pertama yang dipelihara namanya robin. Lucunya dia bisa jungkir balik. En selalu ceria. Rameeee dech kalau ada si robin. Lama lama burungnya bosan kali ya dikurung, ada yang lepas ada yang mati.

    Selebihnya gak pernah melihara ikan, kelinci *walau kepingin*. hanya burung .. sekarang etelah menikah, gak pernah melihara apa apa lagi. He he hidupnya nomaden, kasian peliharaannya nanti.

    BalasHapus
  26. @kuyus : sayang sekali ya kalau sampai binatang-2 itu tak terurus ya karena kita yang tak punya waktu utk mengurusnya.

    BalasHapus
  27. aku juga dikasih pertanyaan gitu tuh.

    BalasHapus
  28. @sang cerpenis : ternyata kebagian isi polling juga ya..?

    BalasHapus
  29. aku pikir tindakan tepat Sasha dikasih tau Bu...
    Selamat buat Sasha dah naik kelas dan met liburan deh...

    BalasHapus
  30. @yudie : Shasa sudah dikasih tahu kok, mas.

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)