Jumat, 12 November 2010

Menulis itu tak sepenuhnya mudah

Selama ini kita sudah familiar dengan 'slogan' bahwa menulis itu mudah. Mungkin 'slogan' itu dibuat dengan maksud untuk memompa semangat agar setiap orang bersemangat untuk menulis dan menuangkan pikiran ke dalam tulisan. Namun menurutku pribadi... 'slogan' itu kurang tepat, karena bagiku menulis itu tak sepenuhnya mudah.

Aku punya alasan sendiri mengapa punya anggapan seperti itu. Tentu saja yang pertama, bagi orang yang tak terbiasa... tak mudah untuk menuangkan pikiran ke dalam tulisan. Selain itu, disaat hasrat menulis menggebu ternyata tak ketemu ide. Atau sebaliknya... saat ide ada, mood menulis melayang entah kemana. So... aku salut dengan orang-orang yang mampu menjaga moodnya untuk tetap bisa menulis dan dapat dengan mudah menemukan ide-ide tulisan.

Setelah ide didapat dan tulisan berhasil dibuat... bukan berarti urusan selesai. Tulisan yang sudah jadi dan telah dipublikasikan, berarti akan dibaca oleh banyak orang. Itu berarti akan menuai banyak komentar terhadap tulisan yang telah kita buat. Jika tulisan kita menuai pujian tentu saja sangat menyenangkan. Tapi bagaimana jika tulisan kita dikritik habis-habisan..? Tentu saja kita juga harus menerimanya dengan lapang dada.

Itulah makanya bagiku menulis itu tidak sepenuhnya mudah. Tak semua orang mampu menulis (karena tergantung kemampuan, ide dan mood). Selain itu tak semua orang mampu menerima kritik terhadap tulisan yang telah dibuatnya. Kalau hanya menulis dan tidak menerima kritik... aku rasa lebih mudah. Namun jika kita tak menerima kritikan, itu sama artinya menutup kesempatan bagi kita untuk lebih maju bukan..? Kritikan (apalagi yang 'pedas') memang tidak menyenangkan, tapi bukan berarti tidak penting.

Walaupun bagiku menulis itu tak sepenuhnya mudah, namun makin lama aku makin bersemangat untuk terus berlatih menulis. Meskipun terkadang dihantui rasa malas atau buntu ide, namun aku sudah merasakan kecanduan untuk bisa tetap menulis. Herannya.... meskipun sudah belajar menulis selama 2 tahun lewat blog... tapi kok aku masih menganggap menulis itu tak sepenuhnya mudah ya...?

Bagaimana menurutmu sobat ? Apakah bagimu menulis itu mudah...?

33 komentar:

  1. apalagi aku mba, tidak pinter merangkai kata.

    BalasHapus
  2. salut buat mba reni yang selalu hadir dengan tulisan2 apik, enak dibaca.
    kritik n protes sangat berguna untuk maju.
    tapi kadang mood pas menerima kritikan berpengaruh juga dalam menyikapi kritik itu sendiri.

    BalasHapus
  3. betul, tak semua orang dengan mudahnya bisa menulis. Sayap un kesuitan menuangkan tulisan yang mudah dimengerti dengan mencari kata-kata yang simple.
    Itu mengapa blogspot saya updatenya lama sekali.
    untuk menulis keseharian, rasanya juga tak semua bisa dituliskan. Karena harus hati2 dalam menyebut nama orang lain.

    BalasHapus
  4. menulis memang tidak mudah, namun lebih sulit lagi apabila kita tak pernah mencobanya. Menulislah dengan senang dan ringan hati, lakukan secara jujur dan bersiaplah bahwa apapun yang kita lakukan ( termasuk kita tuangkan dalam bentuk tulisan ) orang akan berpendapat berbeda. Maaf ini bukan tips, karena sesungguhnya akupun merasa menulis memang tak sepenuhnya mudah, tergantung juga pada niat dan tujuannya.

    BalasHapus
  5. Aku punya pandangan yg sama Mbak.. menulis emank bukan hal mudah.. kadang sebelum tulisannya tuntas.. aku malah gak bisa ng'lanjutin kata2ku sendiri hhe.... intinya menulis emank gak gampang.... tapi bukan berarti susah juga... mungkin tergantung kemauannya untuk nulis kali ya Mbak... :P

    BalasHapus
  6. Menulis itu mngungkapkan pikiran. Dengan sebuah konsep yang ada di benak masing-masing, dan dengan gaya sendiri. Kalau senang menulis, mungkin jadinya mudah saja ya mbak.

    BalasHapus
  7. saya harus baca minimal 5 kali baru saya publish tulisannya. takut ada salah paham atau salah ketik. :)

    BalasHapus
  8. yup bener bgt menulis itu tak mudah, kadang aja dah aq teliti yg aq anggap dag benera ternyata masih aj ada yg slah

    BalasHapus
  9. Setuju sekali.
    Benar apa kata Ibu Reni,,,Menulis memang tidak sebegitu mudahnya...Hahahahaha.
    Namun demikian, setidaknya, terutama bagi saya, mulai dari sekarang, semoga walaupun tidak ada mood tetep berusaha menulis. Terutama update blog.

    Oh ya, perkenalkan saya bloger dari blog baru, commoncyber. Blog dg dua bahasa.Indonesia dan Inggris. Salam kenal.

    BalasHapus
  10. Kalau ada waktu, ayo mampir ke gubuk jelek saya commoncyber.net

    BalasHapus
  11. memang sulit...... jadi ya saya santai saja kalo dalam hal2 seperti ini, seperti tanpa beban... halah..... :D

    BalasHapus
  12. Gak bisa kasih masukan mb, karna emang saya juga gak pinter menulis..
    Menulis blog ini juga awalnya hanya iseng2 doang, ..pas ada mood gak ada ide, pas ada ide gak ada mood..gitulah mb
    Tapi yang penting paling tidak bisa menyenagkan diri sendiri dengan mencurahkan hobby dgn menulis blog ya walaupun ada kritikan yang gak pas itu bukan hambatan justru tantangan mb...

    BalasHapus
  13. Menulis itu sulit, tapi juga mudah bagi yang udah biasa. Nulis blog lebih mudah dibanding nulis novel mbak menurut saya, karena blog itu anggap saja catatan harian yang bisa dibaca orang sedunia, he3, makanya agar tulisan di blog tidak mengundang komentar pedas ya pemiliknya harus menulis dengan bahasa yang sopan karena kepribadian seseorang juga bisa dilihat dari tulisan lho mbak..
    nulis blog sulit saat nggak mood...

    salam,

    BalasHapus
  14. menulis itu emang mudah
    tapi menulis sesuatu yang bagus dan berkualitas itu yang tak sepenuhnya mudah :)
    hehehe.. perlu banyak belajar
    chika juga pengen banget bisa nulis yang bagus dan berkualitas .. tp kayaknya masih jauh dari itu hehee

    BalasHapus
  15. Tapi tulisannya kok mantap banget plus enak di baca. Coba lihat tulisanku yang amburadul wkwkwk

    BalasHapus
  16. postingannya semua bermutu ya mba
    pastilah nggak asal nulis
    makanya nulis itu nggak sepenuhnya mudah karena mutu juga harus
    nggak kayak daku
    apa aja di tabrak
    ghehehehe

    BalasHapus
  17. menulis itu susah mba...harus butuh mood yg bagus baru dayu bs nulis yg agak2 bagus..heeee....
    tp dgn belajar psti akan smakin bisa...semangaaatttt menulisssss ^_^

    BalasHapus
  18. Setuju... menulis memang sama sekali tidak mudah, diperlukan ketekunan dan kerja keras untuk mencapai hasil yang optimal, tetapi menulis itu mengasyikan, bahkan membuat ketagihan dan manfaatnya banyak sekali :)

    Apa kabar Mbak Reni?

    BalasHapus
  19. kalau susah gampang koq...copy paste aja...hehehe...oh ya kapan kita tukeran link?

    BalasHapus
  20. oke yang penting ibu menudkung blog ane

    BalasHapus
  21. Benar banget bu. Menulis itu memang tidak mudah bagi mereka yang tidak terbiasa, termasuk saya. Sebulan saja saya ppaling banter cuma bisa menghasilkan 2 atau 3 tulisan. Ya, mau bagaimana lagi. Daripada tidak ada yang ditulis.

    BalasHapus
  22. bagi sebagian orang memang mungkin menulis itu mudah, tapi bagi saya yang sedang belajar, untuk menulis dengan menarik sehingga orang mau membaca tulisan kita bukan sesuatu yang teramat mudah, dan saya saat ini juga sedang dalam proses belajar

    BalasHapus
  23. benar mbak ... ini buktinya nich ... blogku berbulan-bulan terabaikan ...
    Aku sulit sekali menuangkan pikiran kedalam tulisan. Aku salut dach sama mbak sepertinya ndak kehabisan kata-kata dan ide dalam menulis. Mbak adalah salah satu inspirasiku selain penulis dicatatan Renungan n Kisah Inspiratif yang diFB. Salut banget dach ... Bolehkan mbak aku belajar dgn blognya mbak ini ??
    Mbak masih ingat aku khan? aku ubah tampilan blogku " Catatan Kecilku " jadi " SUKMA "... Makasih ya mbak.

    BalasHapus
  24. bener Mba, gw juga susha banget ngumpulin mood buat nulis. kalo lagi ga mood, wah bisa2 'ancur' tulisannya :-)

    BalasHapus
  25. aku masi harus byk belajar neh mba.. hehe.. semoga bisa seperti mba yg tulisannya enak dibaca..

    BalasHapus
  26. @M.Narti > aku juga baru belajar merangkai kata mbak.. dan memang suasana hati sangat berpengaruh dlm menyikapi kritikan.

    @M.Nita > jika sdg curhat ttg orang lain, aku memilih tuk tidak nyebutkan nama... demi keamanan mbak... hehehe

    @M.Abi > sudah berusaha utk jujur kok dlm menulis tp tetap aja gak selancar orang2 yg ahli dlm menuangkannya... *tersipu*

    @Ferdinand > sptnya setiap postinganmu panjang2 deh, dan rajin update juga... so sptnya gak ada kendala dlm menulis tuh.

    @M.Elly > aku salut dg mbak Elly yg punya style dlm menulis... benar2 khas mbak Elly ^_^

    @Raja > walah, telaten sekali mengulang baca smp 5x... hihi

    @Rizky > aku jg, meskipun dah hati2 dlm menulis tp tetap saja banyak salah bacanya.

    @Common cyber > siippp... pertahankan terus mood menulisnya ya..? Selamat berkarya.

    @Febriyanto > betul itu.. jangan dijadikan beban... malah gak asyik lagi nantinya.

    @M.Mul > benar mbak, aku menulis memang utk bersenang-senang kok... utk 'menyeimbangkan' diri stlh seharian berkutat dg pekerjaan & masalah kanto ^_~

    @Ica > nah, nulis fiksi aku sama sekali gak bisa sampai sekarang... :'(

    @chikarei > nah itu dia... yg berkualitas itu yg rasanya juga masih jauh dariku.. hehehe

    @daengmatterru > aduh.. terima kasih pujiannya. Jadi tersipu nih...

    @M.Anita > masak sih..? Rasanya tulisanku isinya curhat gak penting semuanya deh... hehehe

    @dayu > ayo kita terus semangat belajar menulis... OK..?!

    @M.G > setuju banget dg Mbak G. Menulis itu memang mengasyikkan dan membuat kecanduan.. cuma bedanya, mbak G sudah sangat fasih dlm menulis dan karya2nya juga keren2... BTW, terhormat banget aku dikunjungi mbak G disini..

    @bolehngeblog > seninya justru di proses menulisnya itu. setelah bersusah payah menulis dan bisa jadi satu tulisan... bangganya luar biasa. Kalau copas sih gak ada sensasinya...

    @Ibnumuksin > oke deh... ^_^

    @M.Ifan > aku sedang berusaha utk bisa update blog tiap hari... tapi tak selalu berhasil hehehe

    @Joe > memang benar mas, yg sulit adalah membuat tulisan yg membuat orang tertarik utk terus membacanya.. dan itu tak mudah ya..?

    @M.Sukma > aku masih ingat kok mbak. Kenapa ya nama blognya diganti ? Aku tersanjung sekali jika bisa menginspirasi mbak Sukma... sementara aku sendiri masih banyak belajar..

    @M.Susan > padahal kalau sedang mood... ceritanya mbak Susan mengalir deras gak abis2... hahaha. Tapi baca tulisan mbak Susan asyik kok... rame soalnya.

    @M.Dee > syukurlah jika menurut mbak tulisanku enak dibaca. terima kasih sekali... (aku tersanjung lho... #GR mode on#)

    BalasHapus
  27. Wah dg slogan mb.Reni menulis itu tidak sepenuhnya mudah aja, udh rajin menulis dan bagus2 tulisannya. Gmn kl sdh berubah slogannya menulis itu mudah ? pasti tambah keren lagi ya hehe

    BalasHapus
  28. Menulis itu membutuhkan niat.

    Aku perfeksionis banget mba, apalagi kalo pas nulis. Soalnya apa yg tertuang di blog kita kan mencerminkan buah pikiran dan pribadi yg punya blog. Jadi aku ngga mau asal nulis. Sebisa mungkin ada 'sesuatu' yg bisa disampaikan dari sebuah tulisan, jadi bukan tulisan ngalor-ngidul aja.

    Apalagi kalo tulisan menyangkut sebuah fakta, duh aku bisa lama2 browsing dulu supaya ngga salah nulis. Kalau dapet kritik ya bersyukur aja, berarti ada orang yg berbaik hati mau memperbaiki tulisan kita.

    Waktu sedikit + perfeksionis, ngga heran deh kalo postingan aku cuma sedikiiiiitt tiap bulannya. *sedih*.

    BalasHapus
  29. setuju mbak, butuh konsentrasi dan panggilan jiwa juga untuk menghasilkan sebuah tulisan :D

    BalasHapus
  30. @M.Winny > rajin update sih mbak.., tapi gak berbobot nih... hahaha

    @M.Ocha > hemm... pantas saja tulisan mbak Ocha selalu keren. Rupanya selalu dipersiapkan secara khusus ya..? Gak spt tulisanku... *malu*

    @Diah > yups... aku sependapat nih.

    BalasHapus
  31. Yang jelas, kita harus banyak membaca, mbak. Itu satu-satunya kunci untuk bisa menulis dengan baik. Yuuk...berburu buku di Vixxio lagi yuk! Besok ada quiz di Twitter lagi loh..

    BalasHapus
  32. mungkin tidak mudah tapi mungkin juga tidak sulit!

    BalasHapus
  33. @m.Fanda > aduh..., jadi malu nih. Udah lama aku gak membaca buku gara2 keasyikan ngeblog... hehehe

    @Imroee > hemmm... seperti itulah kira2.. hehehe

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)