Minggu, 10 April 2011

Diklat hari kedua

Kemarin, Sabtu 9 April 2011 adalah diklat hari keduaku. Di hari kedua ini jadwalnya sudah makin padat. Pagi-pagi jam 5 kami sudah olah raga pagi, padahal saat itu sedang gerimis. Untung, gerimisnya kecil-kecil jadi kami masih bisa menikmati olah raga pagi.

Materi yang diberikan pada hari kedua ini tentang Kajian Sikap dan Perilaku. Seharian kemarin narasumbernya ada 2 orang. Keduanya mampu menyajikan materi dengan sangat baik sehingga kami semua tertarik untuk mendengarkan apa yang disampaikannya.

Inti materi dari diklatku di hari kedua ini adalah kita harus memperbaiki attitude kita, agar kita menjadi pribadi dan pemimpin yang berkualitas. Setidaknya kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri, atau bagi keluarga kita. Dalam skala yang lebih luas kita adalah pemimpin bagi orang-orang yang ada di lingkungan kita. Untuk itu, kita harus selalu memperbaiki kualitas diri kita masing-masing.

Ada 6 kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu :
  1. Integritas : seorang pemimpin tak hanya harus kompeten (mempunyai skill dan knowledge yang bagus) tapi juga harus care/peduli terhadap orang lain.
  2. Kehangatan : seorang pemimpin harus memberikan dukungan sosial kepada orang lain yang meliputi dukungan emosional, material, informasi dan penilaian.
  3. Ketenangan : seorang pemimpin harus tetap tenang dalam menghadapi kondisi apapun juga, tak boleh impulsif. Semua tindakannya harus dipertimbangkan dengan masak.
  4. Tegas dan adil : ketegasan harus disertai dengan keadilan yang proporsional.
  5. Antusias : seorang pemimpin harus kreatif, jangan hanya menunggu petunjuk dan instruksi dari atasan.
  6. Visioner : seorang pemimpin juga harus selalu berpikir ke depan, demi kemajuan.

Nah, apakah kualitas seorang pemimpin itu sudah ada dalam diri kita? Jika belum, marilah kita bersama-sama mengembangkan diri kita menjadi pribadi-pribadi yang memiliki kualitas seorang pemimpin. Jika kita mampu memimpin diri kita sendiri dan keluarga dengan baik, Insya Allah kita dapat juga memimpin orang-orang lain di sekitar kita menjadi lebih baik. Dengan demikian, kita dapat berharap ada perubahan yang dapat terjadi pada bangsa kita tercinta ini.

Maaf ya, singkat saja postingannya. Tidak punya banyak waktu nih. Dan... terima kasih sekali bagi yang sudah mampir kesini. Miss you all....

28 komentar:

  1. Makasih ya mbak, sudah berbagi materi diklatnya, Ini bermanfaat untukku dan juga untuk suamiku, mbak... kebetulan beliau sekarang dipercaya mengelola yayasan tempat aku berkerja.

    btw ... ditunggu materi yang lain loh, mbak

    BalasHapus
  2. mari sama-sama membangun jiwa-jiwa kepemimpinan, mulai dari diri kita sendiri.

    salam kenal

    BalasHapus
  3. mba... sebaiknya shasha ga datang ke tempatku dalam 3 minggu ini.
    sebabnya :
    iklan "i m v u" dari google adsense agak nyleneh.
    iklan itu random oleh mesin google, kita tak bisa ngatur kemunculannya.

    BalasHapus
  4. Saya mesti lebih belajar lagi Mbak, hehe.. Makasih udah berbagi ya Mbak. Semoga sukses DIKLAT nya..

    BalasHapus
  5. pemimpin juga janganlah sok ngerasa superior.... thanks sharingnya mbak...

    BalasHapus
  6. iya mba, bisa dimulai dari melihat diri dahulu, apakah sudah mampu mengatur diri sendiri dengan baik, kemudian berlanjut kepada orang lain...

    BalasHapus
  7. pantes shasa ngasi komentar kalo ibuk lagi diklat..haha

    BalasHapus
  8. wah ini udah lumayan banyak mba Ren..jadi terinspirasi. Semangat ya diklatnya,,

    BalasHapus
  9. termasuk juga jadi pemimpin itu sekaligus jadi coach, mampu memotivasi dan menggerakkan anak buahnya berdasarkan keinginan..

    semoga lancar diklatnya ya mbak :)

    BalasHapus
  10. saya seorang pemimpin.....pemimpin keluarga... :)

    selamat melanjutkan diklat lagi ya bu...mudah2an dihari biasa bisa `colongan` komen...heheee...

    salam :)

    BalasHapus
  11. materinya bagus mbak...ntar aku suruh adekku baca...krn ia jg mo ikutin diklat bln 6...ia mo eselon 4 dan skrng msh sklh s2...

    BalasHapus
  12. terima kasih sudah berbagi artikel ini mbak..
    saya mau belajar lagi ah biar setidaknya bisa menjadi pemimpin bagi diri sendiri..
    salam :-)

    BalasHapus
  13. semoga sukses diklatnya bu.... :)

    BalasHapus
  14. wah lagi diklat toh, mbak

    BalasHapus
  15. Materinya bagus mbak semoga kelak pemimpin dinegri ini bisa menjalankan semua kepemimpinannya dengan biaik,,, nice info..........:)

    BalasHapus
  16. sudah lama tak k4 ini xixixi
    maaf hari ini baru bisa isi koment ^^

    BalasHapus
  17. semoga diklatnya bermanfaat sampai akhir hayat..

    BalasHapus
  18. waw super ... makasih mbak semoga aku bisa jadi Pemimpin yang berkualitas

    BalasHapus
  19. Kira2 pemimpin kita udah punya kualitas seperti itu gak ya... ?? seharusnya kualitas itu mjd syarat mutlak jd pemimpin, tp apa mgkn ada individu yg mampu memenuhinya?

    Nice post mbak.. :)

    BalasHapus
  20. semoga di berikan yang terbaik ya bu, di berikan kemudahan dalam diklat :D
    sukses bu!

    oya bu ada tag pertanyaan untuk mu, silahkan di ambil :))

    BalasHapus
  21. apa kabar Mbak? Wah seru ya diklat sambil nyempatkan diri ngeblog..dan memposting materi diklat ke blog..

    BalasHapus
  22. Wah, bagus tuh! makasih ya Mba, telah berbagi materi diktatnya...

    BalasHapus
  23. Ahay....kualitas seorang pemimpin, smoga saya bisa menjadi pemimpin yg punya kualitas seperti itu ya... Sukses ya mbak diklatnya

    BalasHapus
  24. Tegas dan adil itu sangat penting mb

    BalasHapus
  25. wah makasih mba sudah berbagi disini materinya,jadi aku bisa ikut belajar nih hehe :)

    selamat pagi mba ku...masih diklat ya ? hemmm shasa apa kabarnya selama mamanya diklat :D

    BalasHapus
  26. waahh,,, seru neh mbak materi diklatnya..
    mudah2an kita semua bisa jadi pemimpin yang baik yak! :)

    BalasHapus
  27. Thanks sharingnya

    Bener mBa, setiap saat kita harus berusaha meningkatkan kualitas diri. Karena kita kan pemimpin untuk diir sendiri :-)

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)