Jumat, 07 Mei 2010

Hubungan Pagerank dan Alexa

Tahukah kawan, apakah ada hubungan antara Pagerank dan Alexa ? Apakah mereka berteman baik ? Atau sebaliknya, mereka saling bersaing ? Atau... jangan-jangan mereka selama ini malah tak saling mengenal. Meskipun aku sudah 1 tahun lebih asyik dengan dunia blog, dan sudah berkali-kali membaca tentang Pagerank dan Alexa di beberapa blog, tapi tetap saja sampai sekarang aku tak tahu apa hubungan Pagerank dan Alexa.

Mungkin bagi beberapa sobat blogger sudah tahu tentang hubungan Pagerank dan Alexa ini, namun sayang aku belum paham juga sampai sekarang *malu mode on*. Soalnya, kulihat di beberapa blog sahabat ada yang Alexa-nya masih di atas 1 juta-an tapi sudah dapat Pagerank 2 atau malah 3. Bagi yang sama-sama memiliki Pagerank 3, ternyata ada yang alexanya sudah 100.00-an tapi ada juga yang masih 800.00-an. So, kesimpulanku tak ada hubungan antara Pagerank dan Alexa. Betul...?

Mengapa aku tiba-tiba ada perhatian terhadap hubungan Pagerank dan Alexa ? Karena eh karena... aku heran sekali dengan pagerank kedua blogku. Mengingat bahwa Alexanya hampir sama, namun ternyata Pagerank-nya jauh berbeda. Untuk lebih lengkapnya kita lihat data di bawah ini. Cekidot....

Untuk Blog Catatan Kecilku Pagerank dan Alexa-nya seperti ini :


Sementara untuk Blog The Others... Pagerank dan Alexa-nya seperti ini :


Blog Catatan Kecilku, Pagerank-nya selama ini tetap stabil (gak naik-naik maksudnya hehehe) meskipun sempat pindah alamat dari dotcom ke blogspot. Hanya Alexa-nya saja yang sempat membengkak menjadi berjuta-juta hehehe. Untungnya sekarang sudah normal lagi.

Yang unik adalah Blog The Others... Selama ini Alexanya gak sempat membengkak, namun Pagerank-nya naik turun terus. Sudah 2 kali blog ini mendapat PR-3, namun 2 kali pula PR-nya tiba-tiba diturunkan ke 0. OMG... apa salahku ya..?

Nah, bagi sobat-sobat semua, jika ada yang bisa memberikan penjelasan yang singkat dan jelas padaku (tentang hubungan Pagerank dan Alexa serta mengapa tiba-tiba Pagerank Blog The Others.. tiba-tiba melorot ke 0) aku tunggu penjelasannya. Tapi apapun yang terjadi pada Pagerank dan Alexa di blogku... aku akan tetap ngeblog kok. The show must go on... (iya kan mbak Fanny...?) hehehe

31 komentar:

  1. wah, maap mbak, saya ga bisa bantu
    saya pun ga ngerti kenapa bisa tiba" o atau N/A pun si PR itu...T^T

    BalasHapus
  2. Hehe, saya gak begitu tau jawabannya mba. Soalnya bukan pakarnya. Yang saya tau, PR dihitung oleh mesin google secara algoritma dalam periodik waktu tertentu (misal 3 bulan sekali). Sedangkan alexa, he, setau saya kalau saya jarang posting, jarang bw, alexanya bertambah tebal angkanya. Saya pribadi, tidak begitu mikir, yang penting blogging kalau ada waktu.

    BalasHapus
  3. wah,kalo sepengetahuan saya,,PR tuh di pengaruhi dari jumlah link masuk ke blog kita,jumlah halaman yang terindeks google,dan unik artikel dalam blog tsb ( gak copas ). Sedang alexa,di hitung dari jumlah visitor yang datang ke blog kita,terutama yang melalui alexa toolbar. kayaknya sih begitu. .CMIIW.

    BalasHapus
  4. Yang lebih penting lagi, apa manfaatnya kalo PR-PR-an ini tinggi dan Alexanya langsing?

    BalasHapus
  5. @Clara > it's OK..
    @m.Elly > setuju mbak, yg penting blogging aja ya ?
    @sou > thanks infonya..
    @vicky > cuma senang aja karena usaha membuat blog ada wujudnya.. (PR naik atau alexa ramping) tapi apapun yg terjadi tetap ngeblog kok, mbak.

    BalasHapus
  6. Waduh Mba, apalagi gw yang gaptex ini. Maapkan akyu yah Mba ga bisa kasih pejelasan :-)

    BalasHapus
  7. saya juga tidak paham mbak....

    BalasHapus
  8. saya gak begitu mempedulikan, apakah PR atau alexa saya turun naik, yang penting ngeblog the show must go on ;))

    Laptop Anaz, ada tollbar yang langsung ngecek PR dan alexa. Alexa itu bisa turun naik tiap hari lho, mbak. Kalau kita gak posting, kalau kita gak BW yah bakalan turun tuh. Enggak tahu deh...

    BalasHapus
  9. owh ya, alexa mbak, dah turun lagi tuh, menjadi 282,116 :) *hebad!*

    BalasHapus
  10. Gak ada hubungannya mbak antara PR dan Alexa karena cara mereka menilainya beda. Kalo PR menilai dari Content, sedang Alexa menilai dari traffic kunjungan

    BalasHapus
  11. Yang penting ngeblog! Mo PR berapa ke, Alexa-nya berapa kek, enjoy aja lagi, hehehe...

    BalasHapus
  12. ga ada hubungan sodara mereka berdua itu mba.
    dan mereka berjalan di masing2 prinsip.
    lha jelas karena beda perusahaan seeeeh....

    alexa lebih mikirin trafik rata2 3 bulanan
    pr lebih mikirin popularitas web/blog

    BalasHapus
  13. setauku sih sodara kandung beda bapak beda ibu mbak heheh, aku g gt ngerti sih soale menurutku mereka tidak saling berhubungan. alexanya bagus belum tentu PR nya bagus demikian sebaliknya

    BalasHapus
  14. muup mbak..saya juga nggak ngerti soal PR ataupun mbakk..

    BalasHapus
  15. kalau aq malah g ngeti alis g pernah mikirin setahun aq ngeblog PR q 4 alexa 77.555 alexa hri ni aga pelit bgt, dikit bgt ngurangin angkanya

    BalasHapus
  16. sama ga paham juga, dan setuju, yang penting seh ngeblog aja deh :)

    BalasHapus
  17. saya numpang baca aja..
    n liat penjelasan dari temen2
    secara gak ngeri dg PR n alexa
    masang PR pun hanya karena iseng aja, gak nyangka udah punya PR ^_^

    BalasHapus
  18. Kemungkinannya adalah Google mem-banned linknya the others, atau linknya the other kurang sip, wis mbuh lah saya jug gak tau mbak..

    BalasHapus
  19. Saya memilih penutup postingan Mbak...
    Apapun yang terjadi,.. yang penting ngeblog jalan terus....

    BalasHapus
  20. jawab dikit aja sapa tau kena jawabanny y mbak..

    kalo alexa dihitung berdsaarkan traffic pengunjung dan pengelolaan site, maksudnya blog yang di kelola tiap hari dan update artikel terus biasanya alexanya otomatis akan naik, serta seringnya saling mengunjungi sesama blogger jg dapat menaikan nilai alexa.

    Nah PR atau pagerank biasa di berikan sama si mbah google dari hasil backlink/ tautan antar blog, semakin banyak blog yang memberikan backlink ke blog kita tentunya blog kita dianggap bagus oleh si mbah gugel.. nah backlink ini harus yang berkualitas dan relevan dengan blog kita.. semoga membantu.

    segitu aja deh.. salam silaturahmi mbak reni

    BalasHapus
  21. menyimak...*karena masih gaptek* hehehe...

    BalasHapus
  22. saya juga gak mudeng sis,masalah ini.Ngikutin aja apa mau mereka heheh

    BalasHapus
  23. Hahaha...saya mah pasang pagerank sama alexa cuma sbg saran spy tulisan terpampang di google (bener ngga ya). alias ngga tau sama sekali fungsinya apa. Bodohnya saya...

    BalasHapus
  24. coba aja tanya sama sergei brin ma page yang buat pagerank.... heheheh...


    yang penting tetap semangat ngeblog mbak!!

    BalasHapus
  25. oh lumayan membingungkan ya...

    BalasHapus
  26. @kenapa PR-nya Nol, bisa jadi karena terlalu royal external links/outbondlink-nya.

    BalasHapus
  27. Alexa dan PR kalau buat yang punya business online jelas berpengaruh mbak , kalau buat aku yang nggak ada business online nya sama yang penting nulis aja cuma bagus juga sih dijadikan motivasi misalnya alexa kalau kita rajin posting pasti mengecil, mengenai pr mungkin karena banyak link keluar mbak misalnya kalau posting award atau tag, juga karena kecepatan akses blog sekarang juga mempengaruhi

    BalasHapus
  28. kalo alexa sudah jelas mbak...dihitung dari banyak pengunjung tiap harinya.. dan IP unik yg mengunjungi blog tersebut.. maka rank alexa akan semakin mengecil...

    sedangkan PageRank untuk penjelasan lebih rincinya mungkin mbak bisa baca di postingan saya di label SEO tentang dasar PageRank.

    BalasHapus
  29. @all > terima kasih sekali utk semua informasi yg diberikan padaku... Yups.., apapun yang terjadi yg penting ngeblog jalan terus... Semangat..!

    BalasHapus
  30. salam kenal ....
    dari http://ketapang-insight.blogspot.com/
    kalau ada waktu jangan lupa mampir ya ...ditunggu...

    BalasHapus
  31. Sebenarnya PR halaman utama tidak sama dengan PR setiap halaman artikel

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)